Adsense

Pernah Tidak Sengaja Menelan Rambut ? Bahayakah... Yuk simak ulasannya berikut...






Hal kayak gini biasanya dialamin waktu kita datang ke warung makanan yang di pinggir-pinggir jalan. Waktu pesen nasi rames.
Tiba-tiba saat ngunyah berasa kayak ada sesuatu yang mengganjal dan tidak enak :v dan karena udah terlanjur dikunyah gak sengaja bakalan tertelan..... Iya kalau sempet ngebuah sih aman... kalau gak sempet ya udah ketelen deh..
Mau  lapor ke yang buat, barang bukti gak ada ... kan udah ketelen...
Trus gimana hayo nasib si sehelai rambut di perut kamu itu hehe..

Nah... loh... gimana hayo... takut kan pasti... hehe hehe

Slow.. aja bro... hehe


Karena enurut Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat, sebenarnya tidak berbahaya sebab belum pernah ada laporan orang yang sakit karena tidak sengaja menelan rambut.

Mengapa kita tidak harus panik jika tidak sengaja menelan rambut di makanan kita? Menurut ahli kulit dari Northwestern University, Maria Colavincenzo rambut terbuat dari protein padat bernama keratin yang tidak aktif serta tidak bermasalah jika dimakan. Tetapi ada kemungkinan kecil bakteri staph yang bisa membuat diare ada di rambut.

Rambut dalam makanan bermasalah jika jumlahnya banyak sekali, contohnya jumlah yang sama dengan yang ada di kepala kita (tentu tidak akan ada yang memakan sepiring rambut bukan?). Jika kita memakan rambut dalam jumlah banyak sekali makan maka bisa merusak sistem pencernaan dan membuat rambut menggumpal di dalam perut, disebut trichobezoars, yang menyebabkan sakit perut yang hebat.


Sebenarnya kita sudah secara tidak langsung memakan keratin, bahan yang membuat rambut manusia. Produsen makanan menggunakan L-cysteine, sejenis asam amino dalam keratin, untuk menstabilkan adonan dan menambah rasa asin. Beberapa produsen menggunakan L-cysteine sintetis atau dari bulu bebek. Tetapi ada juga yang menggunakan rambut manusia. Ini bersih dan aman sebab produsen yang menggunakan rambut manusia merebus rambut tersebut di hydrochloric acid.


Jadi sebenarnya sehelai dua helai rambut di makanan tidak akan merusak pencernaan Anda. Lebih mengejutkan lagi FDA menganggap tidak masalah jika ada satu dua belatung tidak sengaja termakan dalam makanan


Nah ini biar lebih jelas lagi



Bahaya Menelan Rambut 



Meskipun banyak ahli yang menyebutkan bahwa tidak masalah jika menelan rambut, namun ada beberapa kondisi yang membuat kegiatan menelan rambut itu menjadi berbahaya, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Bakteri dan Kuman di Rambut

Menelan rambut tidaklah mengapa karena rambut terbuat dari zat keratin yang diproduksi oleh tubuh sendiri namun akan berbahaya jika ternyata di dalam rambut terdapat berbagai bakteri dan kuman yang menempel di dalamnya. jika sampai tertelan maka bakteri dan kuman tersebut juga dapat masuk ke dalam perut dan pada akhirnya akan membuat orang tersebut menjadi sakit tergantung dari jenis bakteri dan kuman itu sendiri. Selain itu rambut adalah bagian tubuh yang berada di atas yang tidak bisa dilihat dengan mata secara langsung, jadi ada kemungkinan adanya berbagai kotoran dari atas sangatlah banyak sehingga dapat beresiko mengandung kuman dan bakteri pula. Selain itu terkadang orang juga menggunakan berbagai zat kimia untuk merawat rambut yang mungkin akan berbahaya jika zat kimia tersebut masuk ke dalam perut.


Trichobezoar

Trchobezoar atau yang juga disebut sebagai sindrom rapunzel ini merupakan sebuah istilah medis untuk menunjukkan adanya rambut dalam jumlah banyak di dalam perut. Jumlahnya ini memang terkadang sangat banyak dan tidak masuk akal yang membuat sakit perut pada penderitanya. Biasanya para penderita penyakit ini memiliki kelainan untuk makan rambut setiap hari dan membuat pencernaan menjadi terganggu karena rambut sendiri tidak dapat dicerna oleh organ pencernaan.


Ditelan oleh Bayi

Rambut juga sangat berbahaya jika ditelan oleh mereka anak bayi atau balita. Hal ini dikarenakan sifat rambut yang sebenarnya susah ditelan dapat membuat mereka mual dan muntah hingga mengeluarkan banyak isi perutnya. Jika ini terjadi maka kesehatan bayi dan anak balita bisa terganggu apalagi jika tidak ada pengawasan dari orang dewasa yang bisa menolong mereka mengeluarkan rambut yang tertelan tersebut. Ketika rambut sudah masuk ke dalam perut pun akan sulit dicerna dan bisa membuat gangguan pada pencernaan.


Cara Mencegah Rambut Tertelan 


Karena ada beberapa kondisi yang membuat rambut itu berbahaya jika tertelan maka sebaiknya melakukan pencegahan supaya rambut tidak tertelan. Ada beberapa cara pencegahan supaya tidak sampai menelan rambut:


Periksa Kebersihan Makanan

Sebelum anda makan sebaiknya selalu periksa kebersihan makanan apakah ada kotoran atau rambut di dalamnya jika ada maka sebaiknya untuk membuang rambut tersebut. Jika anda maka di restoran anda juga bisa melakukan complain pada manajer dan koki supaya mereka tidak mengulanginya lagi dan anda juga bisa meminta makanan yang baru.


Gunakan Penutup Kepala saat Memasak

Mengapa para juru masak atau koki selalu menggunakan penutup kepala saat memasak ya memang untuk menghindarkan jatunya kotoran dan rambut dari kepala mereka. Jadi jika anda masak pun sebaiknya untuk menggunakan penutup kepala supaya kualitas masakan tetap terbaik dan kebersihannya juga terjamin.


Jaga Kebersihan Dapur

Menjaga kebersihan dapur sangatlah penting karena jika dapur kotor dan banyak kotoran akan sangat memungkinkan banyak benda asing yang masuk ke dalam masakan termasuk rambut.



Nah... kebersihan itu adalah kunci utamanya... :)

Jadi jangan sampai takut lagi ya.. hehe....
jangan lupa untuk share artikel ini ya dan follow trus ...

dan yang paling penting UTAMAKAN KESEHATAN