Adsense

13 Multi Khasiat Minyak Kelapa

   

   Dari sejumlah jenis minyak, minyak kelapa selain digunakan dalam pengolahan makanan, juga memiliki sejumlah manfaat selain dari segi konsumsi 


Berikut adalah 13 manfaat minyak kelapa yang perlu diketahui : 

1. Mencukur
  Jika terjadi iritasi pada kulit yang disebabkan oleh pisau cukur, minyak kelapa bagus sebagai antibakteri yang menjaga agar luka pada kulit terbebas dari bakteri dan kuman yang melekat pada pisau cukur maupun di udara. Apalagi kalau pisau cukurnya sudah berkarat!!

2. Pemulihan Ruam
   Ruam yang disebabkan dari reaksi alergi ringan dapat diatasi dengan menggunakan minyak kelapa. Propylene glycol adalah salah satu bahan kimia yang biasa ditemukan dalam pelembab komersial yang dapat menyebabkan iritasi kulit dan dermatitis. 

3. Merawat Bibir
  Gunakan minyak kelapa untuk melembabkan, memelihara dan menghaluskan bibir pecah-pecah secara alami. Sebuah studi pada lip balm mengandung aluminium, kadmium, kromium dan mangan dalam konsentrasi tinggi, sehingga dalam jangka panjang beresiko pada  reproduksi yang tentunya merugikan kesehatan. 

4. Pembersih Wajah
   Efektif sebagai pencuci muka agar kulit wajah tetap bersih dan cerah. Pijat ke kulit wajah kemudian usapkan handuk hangat dengan lembut. 90% kandungan produk pembersih wajah mengandung bahan kimia berbahaya seperti sodium lauryl sulfate atau sodium laureth sulfate, yang, dalam kombinasi dengan bahan kimia lainnya, dapat membentuk nitrosamines sehingga beresiko menyebabkan kanker bahkan dapat meningkatkan jerawat. 

5. Penghapus Make-Up
  Tidak hanya dapat membersihkan wajah, juga dapat digunakan sebagai penghapus riasan alami, bahkan maskara yang membandel hingga eyeliner

6. Krim malam
  Jika tidak ingin menggunakan minyak kelapa di bawah riasan, menerapkannya dengan ringan sebelum tidur akan melembabkan kulit karena asam lemak yang membentuk emolien alami karena dapat mengobati struktur kutikula kulit sehingga menjaga kulit tetap lembut. 

7. Deodoran
  Sedikit minyak kelapa yang dicampur dengan minyak esensial seperti lavender sangat efektif membebaskan ketiak dari bau keringat, jauh lebih baik daripada antiperspirant yang mengandung aluminium.

8. Anti Jamur
  Karena sifatnya yang antimikroba dan antibakteri, minyak kelapa sangat efektif dalam menjaga kesehatan kaki atlet. Oleskan pada bagian bawah kaki setelah mandi setiap hari. Antivirus, antibakteri dan senyawa antijamur dalam minyak kelapa telah terbukti untuk menonaktifkan mikroorganisme seperti bakteri, kuman dan jamur. 

9. Mandi
  Sebagai cara alternatif untuk mandi, tuangkan satu sendok minyak kelapa di air kamar mandi dengan beberapa minyak esensial. Ini bermanfaat untuk membantu membunuh bakteri pada air, terutama bagi anak-anak. 




10. Scrub
   Menggabungkan minyak kelapa dan garam dengan perbandingan yang sama, ditambah sedikit baking soda untuk membuat scrub buatan sendiri berkhasiat melembutkan, menghaluskan dan melembabkan kulit. 

11. Lotion
   Produk pelembab biasanya mengandung bahan kimia berbahaya seperti aluminium, phthalates, paraben, formalin dan propylene glycol. Minyak kelapa selain harum, dapat menjadi pelembab alternatif yang mengandung banyak kelebihan yang dibutuhkan kulit. 

12. Pasta Gigi
     Untuk memerangi kerusakan gigi dan bahkan untuk memutihkan gigi, membuat pasta gigi minyak kelapa sendiri dengan mencampur 1 sendok teh minyak kelapa dengan ujung sendok teh baking soda dan 2 tetes minyak esensial peppermint. Kemudian sikat gigi seperti biasa. 

13. Kodisioner
   Orang dengan rambut yang cenderung keriting sering beralih ke gel penutrisi rambut berbasis alkohol dan mousse, yang melapisi rambut, mencegah dari menyerap kelembaban dan mengeringkan batang rambut. Hanya beberapa tetes minyak kelapa semua yang kita butuhkan untuk mendapatkan rambut sehat alami, halus, dan bersinar.