Adsense

5 Upaya Membantu Penderita Kanker


       Apakah ada teman atau anggota keluarga yang baru didiagnosis mengidap kanker sehingga merasa minder? Yang ada dipikirannya hanya perasaan takut dan depresi. Jadi bagaimana kita bisa membantunya? 


Inilah hal-hal yang perlu diketahui untuk dilakukan supaya kerabat penderita kanker merasa lebih baik :


1. Belajarlah untuk Mendengarkan 

   Salah satu cara terpenting dalam mendukung penderita kanker adalah dengan mendengarkan curahan hatinya kapan pun ia membutuhkan. Akan lebih baik jika kita tidak memberikan saran akan curhatnya, ini menunjukkan bahwa kita mengakui sulitnya situasi yang ia alami.


2. Bersikap seperti Biasa

    Dalam hal ini, bersikap biasa bukan berarti acuh tak acuh, melainkan tetap menganggapnya "kerabat kemarin" dalam arti kondisi ketika ia masih sehat. Perilaku tersebut justru yang paling dihargai sebagai "bantuan" dengan pendekatan ringan dan hati-hati sehingga ia tidak merasa dibedakan dari yang lain. Sangat penting untuk menjaga kadar semangat para penderita kanker.





3. Mengadakan Pesta Potong Rambut 

  Rata-rata penderita kanker sadar akan kondisinya sehingga ingin menyumbangkan rambutnya sebelum semuanya rontok. Namun tentu saja ia melakukannya dengan diliputi perasaan sedih. Jadi adakanlah sebuah pesta memotong rambut, ajak teman dan kerabat yang lain untuk bergabung. Tidak perlu memotong habis rambutmu, cukup potong saja sekitar satu jengkal atau bahkan lebih. Itu adalah cara yang menyenangkan untuk menyingkirkan sedikit beban yang ditanggungnya, dengan dikelilingi kerabat akan terasa bahwa banyak yang menunggu kesembuhannya. 


4. Jangan Bertanya Apa yang Dirasakan

   Ini sangat tidak bijaksana dan menjadi hal tabu untuk menanyakan perasaan seorang penderita kanker. Tentu saja jawabannya tidak jauh dari kata takut, cemas, tertekan, malu, dan sedih. Cukup ceritakan saja apapun hal lain diluar sana yang dapat membantu menghibur hatinya.


5. Bergabung dalam Penyembuhan

    Untuk perawatan kanker di rumah sakit tentu mengeluarkan biaya yang tidak murah, jika bisa membantu dalam hal pendanaan. Walaupun sedikit, itu akan sangat berarti baginya. Jika sekiranya belum cukup mampu, kunjungi ia dan temani sesaat sebelum melakukan operasi hingga proses pemulihan. Dengan begitu telah menunjukkan bentuk dukungan untuknya dan membantunya melawan penyakit yang ia derita.