Adsense

6 Makanan Super untuk Melawan Kanker



Makan makanan yang bergizi sudah terbukti dapat menjaga kesehatan, lalu apa saja makanan yang perlu dikonsumsi untuk melawan kanker ?



         Terdapat beberapa bahan makanan super untuk memenangkan perang dengan sel kanker atau hanya untuk mengurangi risiko kanker, antara lain:


1. Brokoli

   Pada umumnya semua sayuran jenis kubis (seperti brokoli, kembang kol, kol) mengandung sifat antikanker, namun brokoli adalah satu-satunya sayuran dengan jumlah sulforaphane yang cukup besar. Itu adalah senyawa sangat ampuh yang meningkatkan enzim pelindung tubuh dan memaksa keluar bahan kimia penyebab kanker, misalnya kanker payudara, hati, paru-paru, prostat, kulit, perut, dan kandung kemih. Semakin banyak mengkonsumsi brokoli maka semakin baik, sehingga disarankan brokoli ditambahkan dalam daftar menu makan sehari-hari mulai dari salad, pelengkap omelet, atau bahkan topping pizza.


2. Berry

  Semua buah berkhasiat melawan kanker. Namun raspberry hitam khususnya, mengandung konsentrasi yang sangat tinggi dari phytochemical yang disebut anthocyanin, dimana memperlambat pertumbuhan sel premalignant dan menjaga pembuluh darah baru.


3. Tomat

   Buah yang berair ini adalah sumber makanan terbaik dari lycopene, sebuah karotenoid yang memberi warna merah pada tomat. Tomat sangat baik dikonsumsi karena lycopene yang terkandung di dalamnya dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker endometrium. Kanker ini menyebabkan hampir 8.000 kematian per tahun. Tomat yang telah dimasak adalah kondisi tomat terbaik untuk dikonsumsi, misalnya tomat yang dijadikan saus pasta, karena proses pemanasan meningkatkan jumlah likopen sehingga tubuh dapat dengan mudah menyerap sarinya. 


4. Kenari

   Kenari mengandung pitosterol (molekul kolesterol seperti yang ditemukan pada tumbuhan) telah terbukti untuk memblokir reseptor estrogen dalam sel kanker payudara. Mengunyah satu ons kenari dalam sehari secara rutin dapat menghasilkan manfaat terbaik.


5. Bawang Putih

  Fitokimia dalam bawang putih telah dibuktikan mampu menghentikan pembentukan nitrosamin, karsinogen terbentuk di perut (dan di usus, dalam kondisi tertentu) ketika kita mengkonsumsi nitrat, yaitu bahan pengawet makanan. Perempuan dengan jumlah konsumsi bawang putih terbanyak dalam diet maka memiliki resiko 50% lebih rendah menderita kanker usus daripada wanita yang makan sedikit.


6. Kacang

  Kacang-kacangan secara signifikan mengurangi kejadian kanker usus besar karena menyebabkan meningkatnya kadar butirat asam lemak, yang dalam konsentrasi tinggi memiliki efek protektif terhadap pertumbuhan kanker. 



Itulah daftar bahan makanan super untuk melawan kanker, semakin sering dikonsumsi semakin dekat dengan kata sehat. Sebaliknya, jangan makan olahan daging berlebihan dalam porsi besar dan berkepanjangan, itu sama sekali tidak baik bagi kesehatan terlebih dapat memicu timbulnya sel kanker. Lebih bijaklah dalam menentukan menu makanan sehari-hari.