8 Manfaat Berciuman Yang Jarang Diketahui

8 Manfaat Berciuman Yang Jarang Diketahui

Baca Juga


     Berciuman adalah sifat unik manusia yang sering dianggap sebagai salah satu cara perpindahan kuman dari tubuh satu orang ke orang lain, yang pada akhirnya membangun imunitas. Terdengar tidak romantis, bukan? Namun ternyata sebuah ciuman memiliki fungsi biologis yang bermanfaat bagi kesehatan kita lho...!!


8 Manfaat Kesehatan dari Berciuman
        Berciuman  menjadi cara baru untuk menerima hormon tertentu, seperti testosteron (selaput lendir dalam mulut yang permeabel terhadap hormon seperti testosteron) Melalui mulut terbuka ketikan berciuman, pria memperkenalkan testosteron ke dalam mulut wanita yang diserap melalui selaput lendir/air liur sehingga meningkatkan gairah dan kemungkinan bahwa ia akan terlibat dalam proses reproduksi. Menurut para ilmuwan, sebuah ciuman benar-benar dapat menjauhkan kita dari dokter. Dan berikut ini delapan alasan yang menjelaskan hal tersebut :

1. Mengurangi Tekanan Darah  
  Berciuman dapat melebarkan pembuluh darah, sehingga membantu menurunkan tekanan darah

2. Meringankan Kram dan sakit kepala
   Efek pembuluh darah-pelebaran dijelaskan di atas juga membantu untuk menghilangkan rasa sakit, terutama dari sakit kepala atau kram menstruasi. 

3. Membersihkan Rongga Mulut 
  Ketika berciuman, produksi air liur di dalam mulut meningkat, dan ini membantu untuk membersihkan plak pada gigi yang dapat menyebabkan gigi berlubang. Nyatanya, bakteri penyebab gigi berlubang juga dapat ditularkan melalui ciuman, terutama jika pasangan berciumanmu memiliki kebiasaan mulut yang buruk. Bahkan bakteri tersebut dapat menyebar dari ciuman ibu kepada bayinya.

4. Melepaskan Hormon Bahagia
  Saat berciuman, otak melepaskan obat mujarab bahagia seperti serotonin, dopamin, dan oksitosin. Hal ini tidak hanya penting untuk kebahagiaanmu, juga juga dapat membantu memperkuat hubungan dengan pasangan. Menariknya, menurut para peneliti yang mengungkapkan bahwa berciuman telah berevolusi sebagai cara untuk merangsang sistem otak yang berhubungan dengan gairah seks, cinta romantis, dan keterikatan sehingga manusia dipicu untuk mencari berbagai calon pasangan, kemudian memusatkan perhatian pada satu orang untuk memiliki anak. Bibir juga padat dengan neuron sensorik yang dirangsang oleh sentuhan dengan bibir orang lain.




5. Membakar Kalori 
  Ini tidak akan menggantikan sesi berolahragamu, tetapi ciuman yang kuat dapat membakar hampir 8-16 kalori. Hmm...tidak terlalu buruk untuk sebuah ciuman. 

6. Meningkatkan Self-Esteem 
   Satu studi menemukan bahwa pria yang menerima ciuman penuh gairah sebelum mereka berangkat kerja mendapatkan lebih banyak uang. Ini menunjukkan bahwa sebuah ciuman membuat orang lebih bahagia sehingga meningkatkan harga diri dan pada akhirnya lebih produktif dalam bekerja. 

7. Mengencangkan Otot Wajah 
   Berciuman yang kuat (terlalu bersemangat(?)) membantu membentuk up leher dan rahang karena sejumlah otot-otot wajah saling berkontraksi.





8. Kompatibilitas Pasangan
  Ciuman bisa menjadi ukuran kuat daya tarik awal untuk seseorang sehingga ciuman pertama bisa menjadi turn-on. Wanita khususnya, lebih mementingkan ciuman sebagai "perangkat penilaian pasangan" dan sebagai sarana "memulai, mempertahankan, dan pemantauan status hubungan mereka dengan pasangan."

Rata-rata orang menghabiskan lebih dari 20.000 menit berciuman hidup mereka. Terbukti berciuman meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi stress secara signifikan. Selain manfaat di atas, berciuman dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh  dan mengurangi respon alergi pada orang dengan kulit atau hidung allergies. Beberapa penjelasan diatas menjadi alasan yang mendasar mengapa "ciuman" perlu dilakukan, namun karena beberapa kebudayaan membatasi kegiatan berciuman kecuali dalam pernikahan mereka. Mungkin terdapat diantara kita ciuman (bertukar air liur) pertama diberikan oleh seorang ibu kepada anaknya. Psikolog menduga bahwa makanan yang dikunyah dari mulut ke mulut adalah bagaimana bayi menerima nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kuat dan sehat baik diimbangi atau setelah menyusui karena memulai awal proses pencernaan dan membuat vitamin seperti B-12 lebih mudah diserap.
Jadi ada banyak manfaat dari berciuman, tapi lakukan pada waktunya ya..!!


Related Posts

8 Manfaat Berciuman Yang Jarang Diketahui
4/ 5
Oleh

Artikel Menarik Lainnya

loading...