Adsense

Sehat dengan Tertawa, Simak Penjelasannya

      

      

       Ketika melihat orang tiba-tiba tertawa kita beranggapan bahwa mereka agak aneh, bahkan mungkin sangat aneh. Tapi, tertawa yang merupakan ledakan spontan kegembiraan tersebut diyakini psikolog mempunyai banyak efek samping selain untuk hiburan.


         Pertanyaan lain adalah mengapa setelah tertawa sampai sakit perut justru perasaan terasa begitu baik? Salah satu alasannya adalah karena inheren fisik. Istilah seperti "mengejang" menunjukkan keterlibatan intens yang melibatkan tubuh dan pikiran. Ada banyak alasan mengapa kita tertawa. Orang-orang terkadang cekikikan sendiri di suatu situasi misalnya. Mereka tidak bisa menahannya. Mungkin saja mereka pikir itu dapat mengisi keheningan yang tidak nyaman, atau mereka bermaksud untuk menutupi rasa malu dalam situasi yang canggung, seperti berjalan ke toilet yang salah.

Tertawa dapat memicu efek positif jangka pendek serta jangka panjang dalam tubuh. Terdapat alasan fisiologis mengapa tertawa terbahak-bahak baik untuk kesehatan. Diantaranya merangsang organ vital khususnya paru-paru yang secara otomatis menghirup lebih banyak oksigen daripada ketika bernapas biasa, ini juga berdampak positif pada otot-otot jantung sehingga sirkulasi darah lebih lancar. Selain itu, juga meningkatkan endorfin, yang memberikan "perasaan baik" melalui perintah dari otak yang membanjiri seluruh tubuh dengan perasaan ringan, berefek mengurangi tingkat kecemasan dan membantu bersantai sejenak.

Tertawa membantu meningkatkan dopamin. Dopamin merupakan neurotransmitter yang membantu mengontrol kesenangan pusat otak. Beberapa orang menyebutnya molekul motivasi yang memberikan sensasi ketika kita berhasil mencapai sesuatu. Jika kekurangan dopamin, maka dalam kehidupan sehari-hari menghasilkan ketidakmampuan untuk berkonsentrasi, kesulitan tidur dan kurangnya dorongan seksual. Namun dopamin juga dapat ditingkatkan melalui memilih makanan sehat seperti alpukat, cokelat hitam dan teh hijau, dan rempah-rempah sehat seperti kunyit dan lada hitam. 

Jangan memikirkan hal-hal terlalu serius. Belajarlah untuk menertawakan diri sendiri, dan segera itu akan menjadi cara yang spontan untuk menangani stress. Dibandingkan dengan marah, depresi atau malu, tertawa jauh lebih menyenangkan dan menyehatkan. Menghabiskan lebih banyak waktu dengan orang-orang yang membuat kita tertawa akan sangat menguntungkan, karena mereka mencintai kehidupan.