Tips Mengurangi Resiko Infeksi Akibat Lensa Kontak

Tips Mengurangi Resiko Infeksi Akibat Lensa Kontak

Baca Juga

     

      Memakai lensa kontak selain membantu penglihatan juga dapat menunjang penampilan kita, maka ikuti tips sehat untuk mengurangi resiko infeksi berikut ini :


1. Mencegah Berlebihan 

   Over using lensa kontak adalah faktor lain yang dapat meningkatkan resiko infeksi dan kerusakan mata.  Pastikan untuk memutar lensa kontak di mata untuk mengecek apakah lensa kontak masih basah sehingga aman. Jika mata mulai kering dan lensa kontak tidak lagi mengambang di atas mata maka segera lepaskan lensa kontak. Hal ini penting supaya mata kita mendapat cukup oksigen dan beristirahat. Memakai lensa kontak semalaman dapa meningkatkan risiko hipoksia, infeksi dan ulserasi kornea.
Infeksi Mata Akibat Lensa Kontak


2. Membersihkan dengan Benar

  Bersihkan dan rendam lensa kontak di cairan khusus pembersih lensa kontak selama mata kita beristirahat. Amati dengan teliti apabila masih ada debu atau kotoran yang masih menempel pada lensa kontak. Ulangi langkah perendaman hingga yakin benar bahwa lensa kontak sudah bersih.


3. Membawa Kacamata

   Bagi pemakai lensa kontak dengan mata normal, membawa kacamata dapat menghindari mata dari masuknya debu dan angin kencang. Angin selain membuat lensa cepat kering, juga dapat merobek lensa kontak apabila angin cukup kencang dan tidak menutup kemungkinan menyakiti mata kita akibat lensa kontak yang robek.


4. Ganti Lensa Kontak 

    Mengganti lensa kontak secara rutin sangan dianjurkan. Biasanya lensa kontak bertahan antara 6 bulan sampai 1 tahun, itupun jika merasa lensa tersebut masih dalam kondisi baik. Buang lensa kontak yang sudah melebihi batas usia, karena lensa tersebut sudah mulai terkikis dan mudah dihinggapi bakteri.


5. Memakai Lensa Kontak yang Cocok

  Konsultasikan ke dokter mata untuk mendapatkan rekomendasi merk lensa kontak yang cocok dengan mata kita. Kecocokan mata setiap orang dengan merk tertentu lensa kontak berbeda-beda, ini dapat mempengaruhi kenyamanan saat memakainya.


6. Menjaga Kebersihan Tangan

   Usahakan mencuci tangan terlebih dahulu menggunakan sabun sebelum menyentuh lensa kontak, baik ketika akan memakai maupun melepas lensa. Pastikan tangan tetap steril ketika berurusan dengan mata.


7. Hindari Berbagi Lensa Kontak

   Setiap orang memiliki bakteri berbeda-beda, dan bahkan kita tidak tahu orang tersebut sudah melakukan apa dengan kebiasaanya. Meminjamkan lensa kontak kepada orang lain adalah hal tabu, karena dapat menularkan bakteri dengan cepat dan kebersihannya tidk terjamin.


8. Amankan dari Air Biasa

   Jangan mencuci atau bahkan merendam lensa kontak menggunakan cairan selain cairan khusus untuk lensa kontak, karena air biasa mengandung sangat banyak bakteri dan parasit yang dapat menempel pada lensa kontak walaupun sekali percikan saja. Usahakan selalu membawa cairan pembersih khusus lensa kontak kemanapun kita pergi.

Bila kamu yang diharuskan memakai lensa kontak dalam rutinitas sehari-hari, ada baiknya memperhatikan tips di atas supaya terhindar dari infeksi yang sangat merugikan mata.

Related Posts

Tips Mengurangi Resiko Infeksi Akibat Lensa Kontak
4/ 5
Oleh

Artikel Menarik Lainnya

loading...