Adsense

Bahaya!! Simpan High Heelsmu Sekarang Sebelum Ini Terjadi!





   Taukah kamu, ternyata aksesoris tubuh yang satu ini akan menimbulkan pengaruh yang negatif jika berlebihan dalam pemakaiannya


      Menggunakan sepatu hak tinggi atau high heels merupakan keperluan yang tidak dapat dipisahkan untuk sebagian wanita. Delapan dari sepuluh wanita merasa tampil percaya diri dengan menggunakan sepatu hak tinggi. Dengan menggunakan sepatu high heels dapat membuat kaki terlihat jenjang dan cantik. Namun yang perlu kita ketahui adalah kita juga harus mengetahui bahwa menggunakan sepatu hal tinggi terlalu sering dalam kurun waktu yang alam justru menjadi hal yang sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh, karena sebagian besar beban tubuh akan bertumpu pada ujung kaki.



Berikut masalah yang sering timbul ketika kamu sudah sering menggunakan sepatu high heels dalam segala aktivitas sehari-hari :



1. Otot Tubuh Mengecil 

     Penggunaan sepatu high heels dalam waktu yang sering dapat menimbulkan masalah pada kaki. Tubuh yang tidak seimbang yang dihasilkan dari penggunaan sepatu high heels dalam periode yang cukup lama, sehingga akan memicu masalah pada otot-otot tubuh kamu yaitu menyebabkan atrofi otot atau pengecilan otot. Otot-otot akan mengecil bahkan penelitian menemukan penggunaan sepatu hak tinggi dalam kegiatan sehari-hari akan memperpendek otot kaki karena memaksakan pemakainya untuk berjalan jinjit sehingga dalam jangka waktu yang cukup lama, otot pada bagian tersebut akan mengalami pemendekkan dan pengecilan.


2. Pembengkokan Jari Kaki

    Tekanan yang didapat secara teus menerus pada bagian depan kaki akibat penggunaan sepatu berhak yang terlalu berlebihan, terutama sepatu dengan ujung lancip atau terlalu kecil dan meyempit dapat menyebabkan kelainan bentuk kaki khususnya pada jari kaki. Selain itu dapat memicu Bunions. Bunions adalah kondisi ketika terdapat benjolan abnormal tulang di pangkal jempol kaki. Menurut American Academy of Orthopaedic Surgeons, penyakit ini seringkali terjadi pada wanita dan disebabkan karena sepatu yang sempit dan berhak tinggi. Bunions menimbulkan rasa luar biasa sakit pada penderitanya dan biasanya hanya bisa diobati melalui operasi.







3. Memicu Tubuh Bungkuk

    Saat menggunakan sepatu hak tinggi, tubuh akan condong ke depan guna mempertahankan keseimbangan. Hal tersebut dapat membuat tulang punggung menjadi bengkok, dan bila berlangsung lama dapat membuat kamu menjadi bungkuk. Penggunaan high heels yang terlalu sering akan membuat postur tubuh anda berubah, sehingga terjadi perubahan pada pinggul dan tulang belakang menjadi tidak sejajar, inilah yang menyebabkan tubuh terlihat melengkung selain itu juga akan mempengaruhi cara jalan anda ketika kamu melepaskan high heels di kehidupan sehari-hari.


Baca juga : 6 Makanan Super untuk Melawan Kanker
                    5 Upaya Membantu Penderita Kanker


4. Penyebab Tumor Jinak/ Kanker

     Menurut Dr David Agus yang merupakan seorang profesor di University of Southern California mengungkapkan bahwa sepatu ber hak tinggi sangat berkaitan erat dengan resiko kanker. Resiko ini terjadi karena adanya iritasi, peradangan atau pun rasa sakit karena penggunaan sepatu ber hak tinggi yang tidak nyaman dipakai. Usahakan memilih bentuk high heels sesuai dengan kaki kamu, yang tidak akan menimbulkan peyempitan dan tidak terlalu tinggi, sehingga terasa nyaman ketika dipakai untuk berjalan. Apabila terlalu sering menimbulkan rasa nyeri pada jari maka akan memicu tumor jinak atau kanker.





Demikianlah, beberapa ulasan mengenai bahaya sepatu high heels. Ada beberapa saran yang dapat dilakukan jika memang harus menggunakan sepatu high heels, yaitu : 

- Pilihlah heels yang ketinggiannya <10 cm. Menurut Dr. Greene, mengenakan high heels dengan tinggi lebih dari 5 cm sebaiknya digunakan sesekali, untuk makan malam ataupun acara pernikahan. Hal ini akan mencegah beban berat tubuh yang akan bertumpu pada kaku. Selain itu, menggunakan heels yang tidak terlalu tinggi akan mengurangi resiko terjatuh.  Sedangkan untuk sehari-hari, pakailah sepatu yang memiliki hak sekitar satu sampai satu setengah inci. Selain itu, sepatu dengan hak berukuran lebar juga lebih bersahabat dengan kesehatan kamu dibandingkan dengan high heels dengan hak runcing yang kurang stabil.

- Hindari penggunaan sepatu high heels terlalu lama, dan apabila memungkinkan bawalah sepatu flat sebagai sepatu pengganti untuk merelaksasikan otot kaki. 

- Lakukan pula message dengan rutin pada kaki, sambil lakukan perendaman menggunakan air hangat pada malam hari setelah penggunaan sepatu high heels tujuan dilakukan hal ini adalah membantu memperlancar peredaran darah. Selain itu, gunakanlah sepatu berbeda setiap harinya agar kaki dan betis kamu tidak bergerak ke posisi yang sama dalam jangka waktu lama.


Jika kamu ingin tampil anggun, cantik dan menarik dengan sepatu tinggi, lebih baik disarankan untuk menggunakan wedges. Walaupun begitu, wedges juga tidak menutup kemungkinan membuat kaki seseorang mengalami peradangan. Agar kita bisa mencegahnya, solusi terbaiknya adalah tidak terlalu sering menggunakan sepatu dengan hak yang tinggi dalam jangka waktu yang lama.