Adsense

Janin Usia 4 Bulan Sebesar Apa ? Pengen Tau, Yuk Simak Artikel Berikut Ini (+ video )

     Banyak bumil -bumil yang penasaran tentang seperti apa janin usia 4 bulan sebesar apa , Nah untuk itulah artikel ini ditulis, supaya dapat mengulas, dan memberikan gambaran mengenai bagaimana bentuknya hehe  bagaimana mungilnya, bagaimana lucunya janin usia 4 bulan tersebut, yuk langsung saja hehe...


janin usia 4 bulan sebesar apa , janin usia 4 bulan , usia janin 4 bulan , usia kehamilan 4 bulan , janin 4 bulan sebesar apa
Gambar ibu hamil janin usia 4 bulan sebesar apa
   Pada janin usia 4 bulan, bumil akan dikejutkan dengan sebuah perubahan signifikan dari perkembangan janin. Bumil kini sudah dapat mendapati sebuah perubahan pada dalam perutnya. Perut bumil pun kini sudah tampak sedikit membesar diikuti dengan sebuah perubahan janin yaang terkandung dalam rahimnya.


     Pergerakan janin sudah muulai lebih terasa dibandingkan dengan janin usia tiga bulan. Banyak bumil yaang mendapati pegerakan janin saat kandungan memasuki usia 4 bulan. Saat janin sudah memasuki usia 4 bulan, janin tersebut sudah menyerupai seperti manusia, sudah lengkap dengan bermacam-macam indera pada dalam tubuhnya. Kemampuan janin akan semakin berkembang dan janin sudah dapat dikatakan dewasa. Semua organ sudah terlihat tumbuh hampir sempurna namun dibutuhkan pematangan agar organ janin lebih sempurna.

Perkembangan Janin


    Bumil yaang memasuki usia kandungan 4 bulan akan dikejutkan dengan perkembangan janin yaang terkandung pada dalam rahimnya. Memang perkembangan janin baru dapat terdeteksi melalui manfaat USG kehamilan, namun bumil sekiranya dapat mendapati berbagai macam sebuah perubahan pada dalam dirinya dan pada dalam rahimnya.

Berikut ini perkembangan janin yaang terkandung pada dalam rahim sang ibu yaang harus diketahui :

  1. Saat usia 4 bulan, janin akan muulai mendewasakan dirinya terutama pada bagian tubuh janin. Dinamakan pendewasaan dikarenakan organ pada janin sudah terkandung semua, tinggal pematangan dan pendewasaannya saja.
  2.  Organ yaang mengalami pendewasaan adalah organ bagian telinga luar, telinga luar sudah terbentuk bahkan sudah muulai mengeras.
  3. Saat usia ini janin sudah dapat mendengarkan suara dari luar. Petugas medis, bidan dan dokter kandungan akan menyarankan kepada bumil untuk selalu mengajak berbicara janin yaang terkandung pada dalam rahimnya. Hal ini dikarenakan janin sudah dapat mendengarkan suara dari luar.
  4. Pendengaran janin akan terus berkembang sampai usia perkembangan janin 7 bulan.
  5. Janin dapat merespon suara yaang pada dengarnya, terutama janin akan merespon suara ibunya.
  6. Paru-paru janin sudah dapat tumbuh secara sempurna.
  7. Janin muulai belajar bernafas.
  8. Wajah bagian luar janin sudah terbentuk, sehingga samar-samar ibu dapat melihat wajah janinnya.
  9. Perkembangan janin 4 bulan sudah dapat merespon suara ibu dengan gerakan.
  10. Mata atau indera penglihatan janin belum sempurna dan belum mampu melihat. Namun indera penglihatan janin sudah muulai mendapati sensitif terhadap cahaya yaang datang ke arahnya. Jika pada atas perut bumil diberikan sinar terang, bayi akan menutupi matanya dengan tangannya. Alasannya adalah bayi sudah muulai sensitif dengan cahaya.
  11. Jaringan kulit kepala janin sudah muulai terbentuk.
  12. Syaraf otak janin sudah muulai berkembang lebih sempurna dibandingkan sebelumnya.
  13. Alis janin sudah muulai tampak.
  14. Janin sudah dapat melakukan gerakan berupa menghisap jempol-jempol tangannya. Tidak hanya itu saja janin sudah dapat melakukan peregangan pada tubuhnya, dapat menelan kencing dan juga dapat cegukan.
  15. Ukuran janin sebesar 5,5 inci dengan detak jantung yaang dapat dirasakan lewat USG ataupun lewat perasaan bumil.
  16. Janin sudah memiliki panjang dan juga berat. Saat usianya 4 bulan, berat janin sekitar 135 gram dan panjangnya sekitar 16 cm.
  17. Ibu dapat mendapati gerakan janin dengan meraba perutnya.
  18. Rambut halus pada janin muulai terbentuk.
  19. Plasenta dalam tahap ini muulai terbentuk secara sempurna dan sudah dapat menjalankan fungsinya secara penuh.
  20. Otot janin muulai terbentuk dengan kuat.
  21. Sistem pencernaan janin sudah dapat menjalankan fungsinya. Selama 24 jam, janin sudah dapat menelan air ketuban sebanyak 450 sampai dengan 500 ml setiap harinya.
  22. Organ hati janin sudah dapat membentuk darah, dapat membentuk metabolisme hemoglobin dan juga bilirubin. Hati janin dapat menubah bilirubin menjadi biliverdin yaang disalurkan menuju ke usus janin sebagai sisa metabolisme dari tubuh janin.


Janin Usia 4 Bulan Sebesar Apa Sih ? Kok perut saya masih kecil ?


    Sering sekali terjadi dalam masyarakat kondisi dimana seorang ibu yaang sudah hamil 4 bulan perut masih kecil, memangnya janin usia 4 bulan itu sebesar apa sih ?. Jadi, sebetulnya bagaimana penjelasan kondisi atau fenomena tersebut? Apakah itu terdapatlah salah satu gangguan kehamilan? Nah, sebelumnya harus Kalian ketahui bahwa ukuran perut setiap wanita hamil tidak sama satu sama lain. Itu dia yaang bisa menjadi salah satu alasan kenapa saat usia janin 4 bulan, perut Kalian tidak terlihat terlalu besar seperti ibu-ibu hamil paterdapat umumnya. Walaupun seperti itu, sebenarnya memang terdapat segelintir faktor penyebab yaang dapat membuat kehamilan janin Kalian terganggu sehingga kondisi kehamilan janin Kalian tidak terlihat besar seperti orang hamil paterdapat umumnya. Dann jika Kalian mengalami permasalahan tersebut, sangat disarankan Untuk Kalian untuk segera melakukan pemeriksaan USG supaya penyakit atau gangguan yaang membuat perut Kalian terlihat kecil tersebut dapat dideteksi dann dapat segera ditangani. Dapat jadi itu hanyalah masalah ringan, namun dapat jadi itu juga merupakan sebuah masalah yaang sulit ditangani. Nah, supaya Kalian jauh lebih memahami berbagai faktor penyebab yaang dapat mengakibatkan ukuran perut tetap kecil meskipun sudah hamil janin usia 4 bulan, simak penjelasan berikut ini.


Penjelasan Dann Faktor Penyebab Kenapa Setelah Hamil Janin Usia 4 Bulan Sebesar Apa Kok Perut Masih Kecil, sebagai berikut :


    Untuk mengetahui bagaimana kondisi kesehatan bayi ketika Kalian mendapati bahwa kondisi perut Kalian tidak wajar, Kalian disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan USG. Walaupun seperti itu sebaiknya Kalian tidak harus terlalu khawatir, karena segelintir kasus seperti itu biasanya memang cukup berisiko Untuk ibu berusia dalam atas 35 tahun yaang sedanng hamil muda. Yaang harus Kalian perhatikan dalam sini terdapatlah asupan nutrisi yaang cukup dann juga berbagai jenis makanan ibu hamil 4 bulan yaang memang disarankan. Nah, berikut ini terdapatlah segelintir jenis faktor penyebab kondisi hamil 4 bulan perut masih kecil.


Plasenta Terganggu

   Untuk semua wanita hamil, memang terdapat segelintir risiko gangguan kehamilan yaang dapat terjadi. Salah satunya terdapatlah gangguan plasenta yaang dapat terjadi antara sang ibu dann bayi yaang terdapat dalam dalam kehamilan janin. Kondisi ini berkaitan dengan kondisi kesehatan sang ibu, dann biasanya akan menumbulkan rasa nyeri yaang luar biasa. Gejala ini mirip dengan gejala orang yaang sedanng mengalami gangguan paterdapat organ hati dann orang hipertensi.

Merokok dann Meminum Alkohol

   Masalah kedua yaang dapat berakibat ukuran kehamilan jauh lebih kecil dari orang hamil paterdapat umumnya terdapatlah kebiasaan merokok dann juga meminum alkohol. Dua kebiasaan buruk tersebut merupakan dua penyebab yaang dapat berakibat ukuran perut kecil saat hamil meskipun usia kehamilannya sudah mebisakan seseorang memiliki ukuran kehamilan yaang cukup besar.

Faktor Genetik

   Bukan hanya pola hidup kurang sehat saja yaang dapat berakibat kondisi hamil 4 bulan perut masih kecil. Walaupun seperti itu faktor genetik atau keturunan pun sebenarnya juga berkaitan dengan kondisi perut kecil saat hamil ini. Walaupun seperti itu harus Kalian ketahui juga bahwa kelainan genetik ini dapat dipicu karena terdapatnya gangguan yaang terjadi paterdapat ibu hamil.

Usia Ibu

   Seperti yaang lalu sudah paparkan dann dibahas bahwa usia iu hamil sebenarnya juga cukup berpengaruh dann berkaitan dengan kondisi perut yaang kecil ini. Usia sang ibu juga dapat berpengaruh terhadap ukuran kehamilan janinnya sendiri. Pada usia kehamilan dalam bawah 18 bulan dann usia sang ibu jauh lebih dari 35 tahun, risiko kondisi perut yaang jauh lebih kecil ini meningkat dua kali lipat. Maka dari itu Kalian harus sering dann secara rutin memeriksakan kehamilan janin Kalian ke dokter, sehingga jika terjadi suatu hal yaang berbahaya maka kehamilan janin Kalian akan segera ditangani jauh lebih lanjut.

nah ini video usg janin usia 4 bulan sebesar apa , hehe jangan takut ya bumil-bumil

nah ini adalah janin usia 4 bulan sudah sebesar apa hehe :)

Bila ada pertanyaan sialahkan ditanyakan di kolom komentar di bawah ini  terimakasih kunjungannya