Adsense

Lebah Madu Penghasil Madu Yang Berkhasiat Bagi Kesehatan, Ini Penjelasannya

     

  

       Masyarakat luas biasa menggunakan madu sebagai selai untuk roti panggang, tapi tahukah kamu bahwa madu dari lebah madu alami mempunyai segudang khasiat bagi kesehatan?


Madu adalah cairan solid atau kental yang dihasilkan oleh hewan lebah yang berasal dari nektar bunga, memilik tekstur menyerupai sirup tetapi rasa yang dihasilkan oleh madu dari lebah madu ini lebih manis. Rasa manis tersebut dihasilkan oleh substansi monosakarida, glukosa dan fruktosa dimana ketiga zat tersebut juga yang memberikan rasa manis pada gula yang biasa kita konsumsi sehari-hari. Sebagian besar kandungan madu dari lebah madu adalah gula dan sejumlah vitamin serta mineral lebih sedikit. Ada juga beberapa zat lain yang dianggap sebagai antioksidan seperti chrysin, pinobanksin, katalase dan vitamin C. 


Lebah Madu


Sedangkan enzim penting yang terdapat pada madu lebah madu ialah enzim diastase, enzim invertase, glukosa oksidase, peroksidase, dan enzim lipase. Enzim diastase ialah enzim pengubah karbohidrat komplek atau polisakarida menjadi karbohidrat sederhana atau monosakarida. Enzim invertase yaitu enzim pemecah molekul sukrosa menjadi glukosa serta fruktosa. Enzim oksidase yaitu enzim pembantu oksidasi glukosa menjadi peroksida. Enzim peroksidase memproses oksidase metabolisme. Semua zat tersebut berguna untuk proses metabolisme tubuh. Selain enzim-enzim tersebut, madu dari lebah madu ini juga mengandung asam, yaitu asam glutamat. Sementara itu asam organik yang terdapat dalam madu adalam asam asetat, asam butirat, format, suksinat, glikolat, malat, proglutamat, sitrat, dan piruvat.





Karena hanya sedikit kandungan air pada madu, membuat mikroorganisme di dalamnya tidak bisa berkembang dalam cairan madu alami. Beberapa orang juga lebih suka minum madu  lebah madu secara langsung tanpa diolah terlebih dahulu karena kandungan nutrisi di dalamnya dapat langsung diserap oleh tubuh.


Madu Lebah Madu Alami



Khasiat madu dari lebah madu berpotensi memberikan kesembuhan, kekuatan dan memiliki sejuta manfaat terlebih apabila dikonsumsi oleh lansia. 


Madu lebah madu bisa mengobati sakit jantung dan penyakit dalam lainnya dikarenakan madu dari lebah madu ini mengandung karbohidrat, glukosa, fraktose, zat gula tebu, protein, potassium, zat besi, belerang serta fosfor. Madu dari lebah madu berkhasiat untuk mengobati bermacam-macam penyakit, diantaranya :
1. Jantung
2. Paru-paru
3. Liver (hati)
4. Ginjal
5. Sakit tenggorokan
6. Infeksi saluran kencing
7. Rematik
8. Penyakit kulit
9. Gusi
10. Syaraf
11. Otak
12. Keracunan
13. Pendarahan dalam
14. Typhus
15. Disentri
16. Malaria
17. Demam
18. Campak
19. Pilek
20. Memperkuat daya ingat
21. Mengurangi Gejala Alergi
22. Asma
23. Anti bakteri 
24. Menurunkan Berat Badan
25. Menyehatkan saluran pencernaan
26. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
27. Mengatasi gejala insomnia
28. Menyuburkan rambut
29. Mengurangi resiko kanker
30. Melawan radikal bebas
31. Awet muda
32. Menghilangkan bekas jerawat
33. Mencerahkan kulit
34. Mengatasi bibir pecah-pecah
35. Mempertajam daya penglihatan
36. Mencegah osteoporosis
37. Menambah tingkat kesuburan
38. Selulit
39. Meredakan stress
40. Obat kumur
41. dan lain-lain


Madu Menyembuhkan Luka

Beberapa kandungan madu lebah madu : Mengandung vitamin C sebagai obat sariawan, bibir pecah-pecah, juga tulang persendian. Madu lebah madu juga mengandung vitamin B Complex dan vitamin K berkhasiat mencegah pendarahan. Selain itu madu lebah madu juga mengandung gula dari sari buah-buahan yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes memakai dosis secukupnya atau sebagai pemanis makanan dan minuman


Manfaat madu dari lebah madu alami sangat banyak apabila disebutkan satu per satu, bagi kamu yang ingin merasakan khasiat madu lebah madu bisa diminum rutin, tentunya cari madu dengan kualitas alami, ya!