Manfaat Masker Tomat yang Mengejutkan! Ini Resep 5 Masker Tomat Sesuai Jenis Kulit

Manfaat Masker Tomat yang Mengejutkan! Ini Resep 5 Masker Tomat Sesuai Jenis Kulit

Baca Juga




       Bahan ajaib untuk kulit tidak lain tidak bukan adalah - tomat! Jika kamu tidak percaya, tunggu sampai kamu mencoba dan lihat hasilnya dan buktikan manfaat masker tomat pada kulitmu.



Buah tomat mengandung banyak nutrisi, seperti senyawa fenolik, karotenoid, asam folat, dan vitamin C. Manfaat masker tomat untuk kulit adalah sebagai berikut:

1. Sebagai antioksidan dan antityrosinase sering digunakan untuk meringankan kulit dan juga                 melindungi kulit dari kerusakan. 
2. Memberi efek anti-penuaan, memudar garis-garis halus, keriput, dan bintik-bintik usia. 
3. Mengandung lycopene yang memberikan perlindungan dari photodamage. 
4. Kandungan Vitamin C meningkatkan produksi kolagen dan elastin di kulit, membuatnya tetap             kenyal. 
5. Menyeimbangkan kadar pH kulit, menyeimbangkan minyak alami yang dihasilkan oleh kulit. 
6. Menghapus sel-sel mati dan menutup pori-pori.

Dengan banyaknya manfaat masker tomat, buah ini bisa digunakan untuk jenis kulit yang berbeda sehingga memecahkan masing-masing masalah jenis kulit. Kamu pasti bertanya-tanya bagaimana membuat masker tomat di rumah. Berikut adalah beberapa cara bagaimana tomat dapat diaplikasikan sebagai masker tomat sesuai dengan jenis kulitmu.



1. Masker Tomat untuk Wajah Berjerawat

Bahan :
1/2 potong buah tomat segar
1/2 sendok teh minyak zaitun

Manfaat Masker Tomat untuk Wajah Berjerawat

Cara :
Hancurkan tomat dan campur dengan minyak zaitun, aduk rata. Oleskan masker tomat ini pada wajah dan biarkan selama 10-15 menit. Bilas dengan air hangat terlebih dahulu dan kemudian dengan air dingin.
Masker tomat ini akan mudah diserap ke dalam kulit dan mengontrol minyak berlebih yang diproduksi oleh kulit dan menyumbat pori-pori.



2. Masker Tomat untuk Komedo

Bahan :
1 buah tomat yang sudah dihaluskan
1 sdm gandum
1 sdm yogurt

Manfaat Masker Tomat untuk Komedo


Cara :
Campur yogurt dan tomat. Kemudian, perlahan-lahan tambahkan gandum ke campuran dan aduk rata. Setelah didinginkan, aplikasikan masker tomat ini pada wajah kamu dan diamkan selama 15 menit. Lalu bilas dengan air biasa.
Gandum bertindak sebagai pembersih dan menghapus semua kotoran yang telah terakumulasi dalam pori-pori. Yogurt memiliki asam laktat yang membantu dalam proses pengelupasan sel-sel mati. Setelah pori-pori bersih, komedo akan hilang.


3. Masker Tomat untuk Kulit Kombinasi

Bahan :
1 buah tomat yang sudah dihaluskan
1/2 buah alpukat yang sudah dihaluskan

Manfaat Masker Tomat untuk Kulit Kombinasi

Cara :
Campur kedua bahan dan aplikasikan masker tomat wajah kamu. Bilas setelah 10 menit.
Sifat zat tomat akan menyeimbangkan produksi minyak di kulit kamu. Alpukat mengandung hydrating dan nutrisi bergizi yang akan menjaga kulit kamu tetap sehat. Hal ini juga memperlambat proses penuaan kulit dengan kandungan vitamin C dan vitamin E nya.




4. Masker Tomat untuk Kulit Kering

Bahan :
1 buah tomat
1 sdt olive oil

Manfaat Masker Tomat untuk Kulit Kering


Cara :
Potong tomat menjadi dua bagian. Peras sarinya ke dalam mangkuk. Tambahkan minyak zaitun, aduk rata. Oleskan masker tomat ini pada wajah kamu dan biarkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air hangat.
Masker tomat ini akan membuat kulit kamu lembut dan baik pelembab minyak zaitun mengandung asam lemak esensial yang menyehatkan kulit dan menghilangkan kekeringan pada kulit.




5. Masker Tomat untuk Kulit Berminyak

Bahan :
1/2 buah tomat
1/4 buah ketimun

Manfaat Masker Tomat untuk Kulit Berminyak


Cara :
Peras sari dari tomat ke dalam mangkuk. Tambahkan ketimun yang telah ditumbuk atau dihaluskan secara menyeluruh. Oleskan masker tomat ini ke wajah kamu dengan bantuan bola kapas atau dengan tangan. Bilas setelah 15-20 menit.
Ketimun menyeimbangkan pH kulit. Hal ini juga mengencangkan pori-pori kulit yang biasanya diperbesar ketika kamu memiliki kulit berminyak manfaat masker tomat ini juga akan membantu untuk mencegah jerawat karena membuat kulit bebas minyak.


Selain menggunakan tomat sebagai masker, ada banyak manfaat dari memakan buah tomat. Ini akan tercerminkan pada kulit kamu jika tomat termasuk dalam diet biasa kamu. 


Related Posts

Manfaat Masker Tomat yang Mengejutkan! Ini Resep 5 Masker Tomat Sesuai Jenis Kulit
4/ 5
Oleh

Artikel Menarik Lainnya

loading...