Menghitung Berat Badan Ideal ! Ini 6 Tips Sebelum Melakukannya, Baca dan Praktekkan !

Menghitung Berat Badan Ideal ! Ini 6 Tips Sebelum Melakukannya, Baca dan Praktekkan !

Baca Juga


       Sebelum menghitung berat badan ideal, perhatikan dulu kebiasaanmu karena dapat berpengaruh dalam menentukan kualitas hidup dan kesehatanmu. 


Berikut adalah tips kebiasaan yang harus dilakukan sebelum mulai menghitung berat badan ideal :

1. Tetapkan Sebuah Tujuan

Sebelum menghitung berat badan ideal tetapkanlah sebuah tujuan yang diperlukan untuk memotivasi diri kamu dalam menurunkan berat badan. Tapi harus serealistis mungkin, karena sebagai pencegah apabila kamu mulai menyerah untuk menurunkan berat badan, apalagi menghitung berat badan ideal.
Kamu tidak bisa kehilangan 10 pon dalam seminggu karena hal itu tidak menyehatkan. Tapi cukup satu atau dua pon dalam seminggu tanpa perlu merasakan kelaparan. Dan untuk itu, kamu perlu membakar 500 sampai 1.000 kalori lebih dari apa yang kamu konsumsi setiap hari.


Menghitung Berat Badan Ideal ! Tips 1 Sebelum Melakukannya


2. Mengurangi Porsi Makan

Kamu tidak akan bisa kehilangan berat badan jika tidak melepaskan piring besarmu. Sebelum mulai menghitung berat badan ideal hal ini sangat dianjurkan untuk mengurangi porsi berarti makan lebih sedikit dari biasanya, dan makan lebih sedikit berarti lebih sedikit mengandung kalori. Biasanya, ketika kita makan, kita cenderung makan lebih banyak dari apa yang dibutuhkan yang merupakan kebiasaan buruk sebagian besar manusia. Bagi menjadi separuh bagian jatah porsi makanmu merupakan porsi ideal untuk memastikan kamu memakan porsi yang lebih kecil. 


Menghitung Berat Badan Ideal ! Tips2 Sebelum Melakukannya



3. Jangan Makan Sambil Melakukan Kegiatan Lain

Sebelum menghitung berat badan ideal kebiasaan ini perlu dihindari, Penggabungan melakukan kegiatan dengan waktu makan kamu secara bersamaan dapat menyebabkan kamu makan tanpa berpikir. Kamu cenderung fokus pada apa yang "pekerjaan sambilanmu", dan menjadi tidak sadar berapa banyak makanan yang masuk ke dalam mulut dan perut. Dan pada akhirnya, kamu akan makan berlebihan sehingga berat badanmu akan jauh dari kata ideal. Untuk itulah, dianjurkan makan di meja makan, dan fokus pada makananmu.




4. Mempertimbangkan Kapasitas Perut

Sebelum mulai menghitung berat badan ideal kamu harus mulai makan sebelum merasa terlalu lapar, dan berhenti sebelum merasa terlalu kenyang. Hal ini karena ketika kita kelaparan, kita cenderung makan lebih dari kita rencanakan sesuai porsi ideal kita. Ini adalah penyebab orang-orang yang melaparkan diri untuk menurunkan berat badan akan berakhir dengan sebuah kegagalan. Ingatlah untuk makan perlahan-lahan dan tidak ketika sedang kelaparan. Juga, ingat untuk mengakhiri makan sebelum kamu merasa puas sehingga bersendawa.



5. Tidur Pulas

Sebelum mulai menghitung berat badan ideal jaga jangka waktu tidur kamu. Pola tidur kamu memiliki banyak hubungannya dengan berat badan kamu. Kurang tidur yang cukup dapat menyebabkan kenaikan berat badan secara signifikan. Kamu akan merasa lelah karena tidak tidur dengan lelap malam sebelumnya. Akibatnya, kamu mungkin akan tergoda untuk melewatkan latihan hari berikutnya atau kegiatan rutin lainnya yang melibatkan gerakan fisik. Dan parahnya, ketika merasa ngantuk di tempat kerja cenderung memakan cemilan atau sesuatu untuk mengurangi kantuk. Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa orang-orang yang tidur dengan jangka waktu yang tidak memadai rawan untuk ngemil walaupun mereka sadar dengan kondisi berat badan mereka. Mereka juga lebih cenderung memilih makanan ringan yang tinggi karbohidrat. Studi lain telah menunjukkan bahwa tidur terlalu sedikit dapat mendorong seseorang untuk memiliki porsi makan lebih besar, sehingga lagi-lagi berat badan ideal masih terasa jauh.

Menghitung Berat Badan Ideal ! Tips 5 Sebelum Melakukannya



6. Berpikiran Positif

Percaya atau tidak, bagaimana kamu berpikir mempengaruhi kesehatanmu dengan cara yang tidak bisa kamu bayangkan. Selalu berpikiran positif dan mengatakan kepada diri sendiri bahwa kamu sehat dan akan berhasil menghilangkan lemak di tubuhmu. Juga menjaga pikiran agar tidak stres dan belajar untuk tidak mengambil segala sesuatu terlalu serius.


Itulah hal-hal dalam kehidupan sehari-hari sebelum mulai menghitung berat badan ideal yang harus kamu terapkan dalam kebiasaanmu. Ubah kebiasaan lamamu menjadi beberapa kebiasaan sehat diatas, pasti menghilangkan lemak dan memiliki berat badan ideal bukanlah sekedar impian!

Related Posts

Menghitung Berat Badan Ideal ! Ini 6 Tips Sebelum Melakukannya, Baca dan Praktekkan !
4/ 5
Oleh

Artikel Menarik Lainnya

loading...