Adsense

Obat Sariawan Jitu Alami Yang Belum Pernah Kamu Pikirkan! Ini 20 Resep Cara Membuatnya

   

       Bagi sebagian besar orang, sariawan merupakan hal yang menyebalkan karena rasa nyeri yang ditimbulkan kerap mengganggu saat mengunyah makanan.


Sariawan dalam istilah kedokteran dikenal dengan nama stomatitis aftosa ini merupakan sebuah radang yang terdapat pada rongga mulut. Sariawan terlihat seperti luka sobekan pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan atau kemerahan dan permukaan cekung. Gejala akan timbulnya sariawan biasanya ditandai dengan peradangan pada daerah rongga mulut sehingga berwarna lebih merah daripada biasanya, juga bibir kering dan pecah-pecah. 


Sariawan


Penyebab timbulnya sariawan : 

1. Mulut tergigit
2. Kurang mengkonsumsi zat besi, Vitamin B 12 serta Vitamin C 
3. Product pembersih mulut yang tidak cocok
4. Bakteri. . 
5. Efek jamur. 
6.Stres dan kecemasan 
7. Haid 
8. Demam atau flu
9. Dehidrasi
10. Saraf atau operasi gigi



Sariawan biasanya dapat pulih dengan sendirinya dalam 10-14 hari. Namun jika tidak tahan dengan rasa nyerinya, obat sariawan secara alami ini dapat menjadi alternatif pilihan kamu, yuk kita simak.


1. Air garam 

Sudah bukan rahasia lagi bahwa zat beryoodium ini ampuh sebagai obat sariawan. Caranya cukup dengan menyeduh garam dengan air panas, kemudian gunakan larutan ini untuk berkumur 3-4 kali dalam sehari. 


2. Es batu 

Es batu sangat efektif untuk meredakan rasa nyeri.  Letakkan bongkahan kecil es batu tepat pada sariawan hingga es tersebut meleleh. Ini dilakukan untuk mengurangi pembengkakan, mengurangi peradangan dan juga rasa sakit. 



3. Air kelapa 

Air kelapa membantu mendinginkan sistem pencernaan dan mengatasi dehidrasi sehingga membuat sariawan kamu membaik. 

Obat Sariawan yaitu Air Kelapa


4. Pisang dan madu 

Buat pasta dari pisang dan madu sebagai obat sariawan. Caranya, campurkan pisang yang telah dihaluskan dengan sesendok madu. Oleskan pada sariawan. Ini berkhasiat untuk mencegah peradangan semakin parah. 



5. Yogurt 

Yogurt berkhasiat menjaga keseimbangan bakteri pada mulut dan tubuh kamu. Hal ini manjur sebagai obat sariawan karena dapat mempercepat proses penyembuhan. Selain itu mengkonsumsi yogurt dapat mencegah timbulnya sariawan. 





6. Daun jambu biji 

Daun jambu biji memiliki banyak khasiat salah satunya sebagai obat sariawan. Kandungan vitamin C jambu biji dua kali lipat dari jeruk manis yang hanya mempunyai 49 mg per 100 g buah. Caranya rebus 1 genggam daun jambu biji segar ditambah 1 jari kulit batangnya dengan 1 liter air, kemudian saring dan minum 2x sehari.



7. Kopi 

Ambillah sedikit bubuk kopi lalu berikan di bagian yang sariawan dan diamkan selama berapa menit, kemudian berkumur dengan air bersih. Lakukan dengan rutin setiap hari.



8. Tomat 

Makan tomat mentah ampuh sebagai obat sariawan. Atau berkumur dengan juice tomat



9. Daun Kemangi 

Cara mengobati sariawan dengan menggunakan daun kemangi. Mengunyah 4-5 lembar daun kemangi serta air minum. Cara barusan efisien untuk meredakan nyeri sariawan serta selekasnya mengobati. Dapat juga mengulaskan ramuan pasta yang terbuat dari tumbukan kunyit di gabung dengan satu sendok teh gliserin. Berikan pasta ini di bagian luka. 




10. Baking soda 

Obat sariawan alami yang berikutnya adalah baking soda. Caranya larutkan baking soda dalam air. Kamu biasa atur kekentalannya, apabila encer gunakan sebagai obat kumur atau sedikit kental gunakan sebagai pasta untuk menutup sariawan. Baking soda membantu menghilangkan bakteri pada dalam mulut serta mengurangi rasa nyeri.



11. Temulawak 

Temulawak banyak digunakan pada ramuan jamu tradisional, terutama untuk jamu penambah nafsu makan. Tetapi tanaman herbal ini juga dapat digunakan sebagai obat sariawan. Bahannya adalah satu buah rimpang temulawak, asam jawa dan gula aren. Ketiganya direbus hingga airnya menyusut setengahnya. Saring dan minum 2x sehari. 



12. Kaki kuda, pegagan, antanan 

Ketiga nama tersebut adalah jenis tanaman yang digunakan untuk obat sariawan. Cukup direbus selama 15 menit dan airnya diminum. Selain ampuh sebagai obat sariawan, ramuan ini juga berkhasiat untuk obat disentri, sakit perut, radang usus, dan batuk. 




13. Temu kunci 

Caranya cukup cuci bersih temu kunci kemudian dikunyah-kunyah dan telan. Bentuk rimpang temu kunci menyerupai wortel yang tumbuhnya vertikal ke bawah. 




14. Delima putih

Buah delima secara garis besar dapat dibedakan menjadi 2 macam berdasarkan warnanya, yaitu delima putih dan delima merah. Delima putih biasa digunakan sebagai obat sariawan. Caranya 2 buah delima putih diambil bijinya tumbuk hingga halus. Rendam dalam segelas air selama 2 hari, gunakan untuk berkumur. 


Obat Sariawan yaitu Delima Putih



15. Kembang sepatu 

Caranya sebagai obat sariaan cukup mudah, yaitu daun bunga sepatu direbus dalam air mendidih selama 15 menit. Saring kemudian minum airnya. 




16. Daun sirih hijau 

Dua lembar daun sirih hijau dibersihkan lalu dikunyah hingga lumat di mulut. Biarkan sebentar lalu buang karena tidak dianjurkan untuk dimakan. Ini sangat berkhasiat untuk obat sariawan.




17. Tanaman adas 

Cara membuatny adalah 1 sendok teh adas, 1 cangkir daun beluntas, 2 biji kapulaga, semua dihaluskan. Beri sedikit garam lalu seduh dengan segelas air panas. Setelah dingin airnya digunakan untuk berkumur.  Ramuan herbal ini selain sebagai obat sariawan juga dapat mengatasi bau mulut. 



18. Asam jawa 

Ambil asam jawa dan kunyit. Keduanya direbus dengan 4 gelas air hingga tersisa setengahnya. Agar rasanya lebih enak bisa ditambahkan gula. Airnya disaring lalu diminum 2x sehari tiap pagi dan sore setelah makan. Lakukan secara rutin.



19.  Bawang Merah

Kandungan pada bawang merah menumpulkan rasa sakit sehingga dapat digunakan sebagai obat sariawan. Cukup iris iris tipis bawah merah, kemudian aplikasikan irisan bawang merah tersebut diatas sariawan.



20. Cabe Rawit

Capsaicin yang terkandung dalam cabe rawit membantu saraf mati rasa sehingga cocok untuk menumpulkan rasa nyeri sariawan. Letakkan potongan cabe pada sariawan, diamkan sebentar. Atau kamu yang suka makanan pedas, saat sariawan makanlah yang pedas-pedas, ini ampuh sebagai obat sariawan tanpa kita sadari.



Demikian 20 obat sariawan secara alami yang patut kamu terapkan, banyaklah minum air putih untuk mencegah timbulnya sariawan yang tidak diundang ini ya.