Adsense

Apakah Penyakit Paru-Paru Basah Bisa Menular ? Simak Penjelasan Lengkap Ini Beserta Cara Penularannya

    

   Penyakit paru paru basah termasuk salah satu penyakit mematikan jika kamu terlambat ditangani secara medis, dna resiko lebih besar jika anak - anak yang terjangkit paru paru basah.


Penyakit paru-paru basah ini adalah penyakit dimana ditandai dengan adanya peradangan di organ paru-paru. Penyebabnya adalah adanya kontaminasi oleh infeksi bakteri streptococcus pneumoniae yang menyebabkan kantong udara atau alveoli di dalam paru paru bengkak dan dipenuhi cairan, nanah, dan jamur sehingga membuat paru-paru kamu meradang dan kemampuan untuk menyerap oksigen menjadi lebih berkurang. 

Cairan Pada Paru Paru Basah


Dan ini menyebabkan timbul gangguan terhadap sistem metabolisme tubuh, sebab biasanya gejala penyakit paru paru basah ini yaitu ketika penderita menarik napas, bagian dalam dada seakan tertusuk dengan pisau sehingga dapat dibayangkan rasa sakit yang luar biasa dialami oleh penderita paru paru basah, jadi jangan menganggap remeh penyakit paru paru basah ini.Sebelum adanya penemuan antibiotik, setengah dari pasien yang terjangkit paru-paru basah meninggal. Untuk itulah penyakit paru-paru basah tidak dapat dianggap sebelah mata.


Pada umumnya usia rentan terjangkit penyakit paru paru basah adalah usia antara di bawah 2 tahun sampai usia di atas 65 tahun. Penyakit ini terjadi saat organ pernafasan terinfeksi.


Setelah kuman-kuman masuk dalam tubuh, biasanya langsung masuk ke kantung udara dan bagian-bagian lain dalam paru-paru kemudian berkembang biak dengan sangat cepat. Ini yang menyebabkan katung-kantung udara dalam paru paru menjadi terisi cairan atau nanah. 


Banyaknya pertanyaan-pertanyaan mengenai apakah penyakit paru paru basah bisa menular atau tidak menular? Jawabannya adalah penyakit paru-paru basah tergolong dalam penyakit yang menular. Proses penularannya diakibatkan karena beberapa faktor, antara lain :


1. Peralatan Pribadi 

Peralatan pribadi sehari-hari seperti alat  makan, alat mandi, dll merupakan media penularan penyakit paru paru basah. Ini disebabkan oleh bakteri streptococcus pneumoniae dapat bertahan dalam berbagai kondisi diantaranya menempel pada alat makan. Jika kamu atau anggota keluargamu terkena paru paru basah usahakan menjaga peralatan pribadimu. 



2 Udara 

Penularan Paru Paru Basah


Ketika berada di dalam satu ruangan dengan penderita paru paru basah, kamu dapat beresiko juga terjangkit penyakit paru paru basah. Ini disebabkan karena bakteri streptococcus pneumoniae ini berterbangan di udara dan terhirup oleh orang lainnya hingga menginfeksi tubuh orang yang tertular. 



3. Melalui Batuk Dan Bersin 

Penularan melalui batuk dan bersin sudah tidak diragukan lagi, karena ketika seseorang yang terjangkit paru paru basah batuk maka bakteri tersebut dapat keluar bebas ke udara, begitu pula dengan bakteri dari ludah penderita ketika bersin dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh dan menginfeksi orang lain.



Itulah penjelasan tentang apakah penyakit paru-paru basah bisa menular. Penyakit ini ditularkan melalui berbagai bentuk media, maka diharapkan tetap waspada dimanapun kamu berada. Mulailah menjaga kebersihan dan selalu mencuci tangan sebelum kamu mulai aktifitas sehari-hari. Jika sudah terlanjur terkena penyakit paru paru basah maka harus segera mendapatkan penanganan medis karena penyakit paru paru basah ini masih dapat disembuhkan.