Cara Mengobati Anyang Anyangan dengan 10 Hal Ini, Murah dan Super Mudah

Cara Mengobati Anyang Anyangan dengan 10 Hal Ini, Murah dan Super Mudah

Baca Juga

        Penyakit ini terasa menyiksa dan memaksa penderita untuk bolak-balik ke toilet. Rasa sakit dan tidak puas ketika buang air kecil membuat penderita anyang anyangan kerap dibuat kesal.


Anyang-anyangan merupakan gangguan kesehatan yang berhubungan dengan infeksi saluran kencing. Gejalanya adalah penderita selalu merasa akan buang air kecil tetapi volume urin yang dikeluarkan relatif sedikit dan terasa nyeri. 

Penyakit anyang anyangan walaupun tidak membahayakan, namun cenderung mengganggu kenyamanan dalam beraktifitas sehari-hari. Berikut ini merupakan beberapa cara mengobati anyang anyangan :


1. Minum banyak air putih

Dengan minum air putih yang banyak, merupakan suatu cara mengobati anyang anyangan untuk melepaskan dehidrasi. Sudah tidak diragukan lagi jika mengkonsumsi air putih yang cukup dapat menjadikan tubuh sehat, terlebih apabila saluran kencing yang terinfeksi dapat memperlancar keluarnya urine secara normal.



2. Menekan jempol kaki 

Cara ini merupakan salah satu cara terefektif mengobati anyang-ayangan. Memijat dan menekan beberapa titik di telapak kaki dan jempol karena pada titik tersebut terdapat syaraf-syaraf yang terhubung ke saluran kencing sehingga dapat merangsang syaraf-syaraf di kandung kemih. Cukup dengan menekannya selama beberapa saat, hindari mengikat kaki atau jempol dengan tali atau karet.

Mengobati Anyang Anyangan Hindari Mengikat Jari

Tentu ini sangat berbahaya karena dapat menyumbat aliran darah dan berpotensi harus diamputasi jika bagian yang diikat misalnya jempol kaki sudah berwana biru atau ungu yang disebut mengalami kematian jaringan karena tidak adanya suplai darah. Sehingga lebih baik pergi ke ahli terapis dan refleksi yang lebih paham cara pengobatan lewat pemijatan dan sentuhan pada beberapa titik di tubuh.


3. Dengarkan Gemericik Air

Ketika terasa akan buang air kecil tetapi sulit untuk mengeluarkannya, ada baiknya cobalah hal sederhana berikut. Nyalakan air kran di kamar mandi kamu, kemudian dengarkan gemericik airnya, ini dapat merangsang kamu untuk berkemih.

4. Minum Rebusan Sirsak

Kupas buah sirsak, kemudian rebus dalam air sekitar 2 gelas air bersama gula. Setelah mendidih dan gula larut, angkat lalu saring. Minum air sirsak ini secara rutin. Kandungan dalam buah sirsak dapat melarutkan infeksi dalam saluran kencing.



5. Minum Ramuan Cuka Sari Apel


Mengobati Anyang Anyangan Sari Cuka Apel

Cara mengobati anyang anyangan dengan cuka sari apel yaitu cukup dengan menyiapkan 2 sdm madu dan 1 sdm cuka sari apel. Campurkan keduanya hingga rata kemudian minumkan pada penderita anyang anyangan. Ulangi minum ramuan ini sebanyak tiga kali sehari. Zat pada cuka sari apel dapat menyeimbangkan kadar keasaman di dalam saluran kencing sehingga bakteri penyebab anyang-anyangan tidak kuat berada di dalam saluran kencing, dan dengan demikian bakteri akan menghilang dari saluran kencing.



6. Minum Rebusan Daun Kumis Kucing 

Sediakan daun kumis kucing yang telah dikeringkan dan gula jawa secukupnya.Mulai dengan menyeduh daun kumis kucing seperti sedang menyeduh teh. Kemudian tambahkan gula jawa dan jangan diganti dengan gula pasir/putih, karena gula putih bisa mengurangi manfaat dari daun kumis kucing. 



7. Minum Air Jeruk Nipis

Mengobati Anyang Anyangan Jeruk Nipis

Sediakan jeruk nipis dan gula pasir secukupnya. Peras jeruk nipis ke dalam gelas kemudian tambahkan air hangat dan gula pasir secukupnya, aduk dan minumkan pada penderita anyang anyangan.



8. Minum Jus Cranberry

Mengobati Anyang Anyangan Cranberry


Cranberry termasuk jenis buah dalam family berry yang kaya akan vitamin C. Buat jus cranberry seperti membuat jus buah pada umumnya, dan bila perlu tambahkansedikit gula atau madu supaya rasa asam pada cranberry sedikit berkurang. Mengkonsumsi 50 ml jus cranberry hingga 150 mililiter jus cranberry membantu menghilangkan gejala anyang-anyangan. 


9. Jahe 

Jahe adalah tanaman obat yang dapat digunakan mengobati anyang-anyangan. Dalam jahe mengandung gingerol dimana berkhasiat sebagai bahan anti bakteri sedangkan anyang-anyangan adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Dengan meminum air jahe diharapkan infeksi pada saluran kencing segera mereda dan gejala anyang-anyangan menghilang. Caranya geprek jahe kemudian rebus dengan empat gelas air hingga mendidih. Angkat dan minum saat masih hangat. 


10. Mengoleskan Balsem Pada Pusar

Mengobati Anyang Anyangan Balsem

Ini merupakan langkah untuk mengkamuflase rasa tidak nyaman dari anyang anyangan. Dengan membubuhkan balsem ke pusar sehingga terasa panas, maka kita secara tidak sadar akan lupa kalau sedang terkena anyang anyangan.


Itulah beberapa cara mengobati anyang anyangan yang patut kamu coba, hendaknya rajinlah mencuci kedua tangan setelah membasuh kemaluan, dan usap air mulai dari depan ke belakang supaya bakteri pada lubang anus tidak masuk ke saluran kencing.

Related Posts

Cara Mengobati Anyang Anyangan dengan 10 Hal Ini, Murah dan Super Mudah
4/ 5
Oleh

Artikel Menarik Lainnya

loading...