Cara Mengobati Biduran Baik Secara Medis Maupun Alami Terampuh 100% Berhasil

Cara Mengobati Biduran Baik Secara Medis Maupun Alami Terampuh 100% Berhasil

Baca Juga

      Pada umumnya biduran dikarenakan penderita mengalami alergi. Biduran atau urtikaria merupakan reaksi kulit dimana ditandai dengan bilur merah /putih yang terasa gatal. Bilur ini bisa timbul pada satu bagian tubuh atau menyebar ke beberapa bagian tubuh lain. Selain terasa gatal, ruam tersebut dapat terasa perih. 



Biduran atau dalam medis disebut urtikaria ada yang berlangsung singkat ( urtikaria ) dan yang berlangsung lama tidak dapat hilang ( urtikaria kronik) Keduanya sama-sama terasa gatal dan perih sehingga harus diobati dengan tuntas. 

Biduran Pada Tangan


Penyebab alergi juga bermacam-macam diantaranya dapat karena makan makanan laut, kacang-kacangan, susu, telur, daging, dll.Atau dapat juga alergi terhadap cuaca yang terlalu panas atau terlalu dingin hingga stres juga dapat menyebabkan biduran. Jika demikian, telusuri penyebab alergi sehingga biduran kambuh, dan hindari mengkonsumsinya. 


Beikut ini merupakan obat-obatan untuk mengobati biduran yang bisa kamu temui di apotek :


Antihistamin 


Cara megobati Biduran Dengan  Antihistamin 


Antihistamin berperan memblokir efek histamin yaitu penyebab timbulnya biduran sehingga rasa gatal akan hilang dan mengurangi ruam atau kemerahan. Contoh obat yang mengandung antihistamin yaitu: cetirizine, fexofenadine, loratadine, CTM, atau Iterhistin. Sebelum menkonsumsi, baca dulu dosis, kontraindikasi dan efek samping karena biasanya antihistamin dapat menyebabkan efek ngantuk. 


Kortikosteroid 

Obat ini pada umumnya diresepkan oleh dokter untuk pemakain singkat namun dengan dosis tinggi misalnya prednison, metil prednisolon, dan dexametason. Kortikosteroid bisa mengatasi biduran dengan cara menekan antibodi penderita biduran sehingga gejala urtikaria menjadi ringan. Konsumsi kortikosteroid biasanya dianjurkan hanya 3 – 5 hari tidak lebih, ini disebankan penggunaan jangka panjang bisa menyebabkan berbagai efek samping dan komplikasi misalnya tekanan darah tinggi, glaukoma, katarak dan diabetes.


Antagonis reseptor leukotrien 

Antagonis reseptor leukotrien merupakan obat dimana bisa membantu mengurangi ruam kemerahan dan pembengkakan karena biduran. Obat biduran boleh dikonsumsi jangka panjang sebagai pengganti kortikosteroid karena Antagonis reseptor leukotrien tidak memiliki efek samping seperti steroid.  


Siklosporin 

Siklosporin bekerja dengan cara menyerupai kortikosteroid, yaitu menekan antibodi. Namun efek samping obat ini adalah tekanan darah tinggi, masalah ginjal peningkatan kadar kolesterol, sakit kepala, dan  gemetar involunter. Karena memiliki banyak efek samping maka diskusikan telebih dahulu dengan dokter sebelum mulai menggunakannya. 


Omaluzimab 


Cara megobati Biduran Dengan  Umaluzinab


Bagi jenis biduran yang tidak mempan terhadap antihistamin, cobalah mengkonsumsi obat omalizumab. Omalizumab dimasukkan ke tubuh penderit biduran melalui suntikan, bekerja mengurangi antibodi yang terkait dengan urtikaria.



Apabila kamu tidak terlalu menyukai obat kimia, kamu juga dapat mencoba cara mengobati biduran dengan bahan-bahan alami yang dapat ditemukan di sekitar kita, antara lain sebagai berikut :


1. Buah Asam dan Temulawak 

Cara megobati Biduran Dengan  Buah Asam dan Temulawak

Siapkan buah asam, 15 gr temulawak, dan gula aren. Rebus semua bahan dengan 2 gelas air sampai tersisa setengahnya. Biarkan dingin dan saring. Minum ramuan buah asam dan temulawak ini untuk mengobati biduranmu. Dapat pula ditmbahkan madu untuk menambah rasa lezat. 



2. Bawang Merah dan Daun Kelor 

Siapkan bahan berupa 3 lembar daun kelor, 1 butir bawang merah, dan 2 gr pulosari. Rebus semua bahan dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Saring dan minum ramuan ini 2x sehari. 



3. Kunyit dan Sambiloto 

Siapkan 10 gr sambiloto, 20 gr kunyit, 3 butir bawang merah, 30 gr daun kelor, 1 sdm adas. Tumbuk semuanya hingga halus. Rebus dengan 600 cc air sampai tersisa sepertiga bagian. Saring dan minum ramuan ini sebanyak 3xsehari. 



4. Daun Jombang 


Cara megobati Biduran Dengan  Daun jombang


Rebus 30 gr daun Jombang dengan 400 cc air sampai tersisa setengahnya. Minum ramuan ini selagi hangat. 



5. Akar Rosa Multifona Thumb 

Rebus akar Rosa Multifona Thumb dengan 400 cc air sampai tersisa setengahnya. Saring dan minum ramuan alami ini setiap pagi dan sore hari. 



6. Minyak Kayu Putih dan Zaitun 


Cara megobati Biduran Dengan  Minyak Kayu Putih dan Zaitun


Siapkan minyak kayu putih, minyak zaitun, kemudian menthol kristal masing-masing 1 sdm. Aduk semua bahan sampai merata lalu gosokkan pada kulit yang terkena biduran. 



7. Jahe dan Cuka Beras Hitam 

Siapkan 100 cc Cuka Beras hitam, 30 gr jahe, dan gula merah. Tumbuk jahe sampai halus lalu rebus semua bahan ke dalam air. Setelah dingin dan disaring, minum ramuan ini sebanyak 2x sehari. 



8. Leunca 

Cuci tanaman leunca yang sudah dibuang akarnyalalu ditumbuk. Balurkan pada bagian kulit yang terkena biduran sampai warna leunca menjadi hijau. Lakukan sebanyak 3x sehari untuk mengobati biduranmu. 



9. Daun Sirih 

Siapkan daun sirih dan ketepeng masing-masing 20 lembar. Rebus semua bahan lalu saring. Minum ini untuk mengobati biduran secara alami. Selain mengobati biduran, daun sirih juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan secara alami. 



10. Air Kelapa Hijau


Cara megobati Biduran Dengan  Air Kelapa Hijau


Air kelapa berkhasiat sebagai penetralisir racun khususnya racun di dalam tubuh kita. Pastikan memilih kelapa hijau yang masih muda dan segar.



Itulah cara megobati biduran baik secara medis mauun tradisional, kamu dpat mencobanya sesuai kecocokan pada tubuhmu. Jika masih belum terasa membaik, konsultasikan kondisimu ke dokter supaya mendapat penanganan lebih lanjut.


Related Posts

Cara Mengobati Biduran Baik Secara Medis Maupun Alami Terampuh 100% Berhasil
4/ 5
Oleh

Artikel Menarik Lainnya

loading...