Adsense

Cara Mengobati Mata Bengkak, Lakukan Langkah Pertolongan Pertama

   

     Kelopak mata jika membengkak akan mengganggu penglihatan dan rasa tidak nyaman dikarenakan gatal, nyeri, dan berair.


Ketika mata kamu membengkak, secepat mungkin ketahuilah penyebab terjadinya atau hal yang menjadi pemicu. Terdapat beberapa hala penyebab mata bengkak, diantaranya :
  • Kurang tidur
  • Menangis
  • Flu
  • Genetik
  • Alergi
  • Perubahan hormon
  • Usia
  • Mengkonsumsi narkoba
  • Gigitan serangga
  • Polusi
  • Terlalu banyak tidur
  • Infeksi kulit
  • Iritasi sekitar mata

Mata Bengkak


Berikut ini merupakan langkah pertolongan pertama apabila mengalami mata bengkak :

a. Kenali penyebab alergi apabila penderita mata bengkak memiliki alergi, dapat terjadi karena alergi kosmetik, sabun atau obat-obatan tertentu, maka langkah pencegahannya adalah meghentikan penggunaan tersebut supaya mata bengkak tidak terulang.



b. Kompres area mata dengan air dingin selama beberapa menit. Pakailah es batu, mentimun, atau kantong teh celup basah untuk mengkompres supaya menyempitkan pembuluh darah sehingga meredakan pembengkakan pada mata.






c. Memperbanyak minum air putih, apabila teridentifikasi penyebab bengkak karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan asin sehingga air putih berguna menstabilkan pembengkakan pada mata.


d. Pijat dengan lembut pada kelupak mata, ketika sedang mengompres untuk membantu melancarkan sirkulasi darah.


e. Mengatur posisi tidur, dengan meletakkan kepala di atas bantal sehingga posisinya lebih tinggi daripadatubuh, hal ini untuk mengurangi jumlah cairan yang menumpuk di mata.








Selain beberapa penanganan darurat tersebut, di bawah ini adalah tindakan mengobati mata bengka yang lebih spesifik menurut penyebab pembengkakan, antara lain :


1. Alergi

Cara Mengobati Mata Bengkak Dengan Es Batu

Alergi merupakan penyebab mata bengkak yang paling banyak dialami orang hingga saat ini. Sejumlah alergi dapat dikatakan mengalami tahap serius jika dampak yang ditimbulkan cukup parah. Tapi pada umumnya penderita mengalami pembengkakan mata karena alergi ringan, misalnya karena kemasukan debu atau kosmetik, gigitan serangga pada area mata, kemasukan bulu seperti bulu binatang, atau dapat juga karena pemakaian lensa kontak yang tidak teliti.


Cara Mengobati Mata Bengkak Karena Alergi:
  1. Langkah pertama yang pasti adalah dengan menghindari penyebabnya. Kemudian bersihkan sekitar mata lalu kompres memakai kain yang diceluokan ke air dingin atau es batu. Hal ini bisa meringankan rasa gatal dan pembengkakan secara bertahap.
  2. Konsumsi obat dengan golongan antihistamin misalnya diphenhydramine, Benadryl. Diphenhydramine membantu meringankan gejala alergi.


2. Bintitan

Cara Mengobati Mata Bengkak Bintitan

Bintitan adalah adanya sebuah bintil seperti jerawat kecil pada bagian tepi kelopak mata, dapat terjadi di bagian luar ataupun dalam kelopak mata, baik kelopak mata atas maupun bawah. Selain terasa tidak nyaman, kondisi seperti ini tampak mengganggu penampilan penderita.

Penyebab utama bintitan yaitu bakteri stafilokokus. Namun yang biasa terjadi justru disebabkan oleh penderita mata bengkak itu sendiri, seperti kebiasaan menyentuh mata ketika tangan kotor.

Cara Mengobati Mata Bengkak Karena Bintitan:
  1. Dalam jangka waktu satu sampai tiga minggu bintitan akan kempes sendiri. Proses penyembuhan bintitan dimulai saat bintil pecah dan mengeluarkan semacam nanah karena bintitan hampir sama seperti jerawat.Sehingga pemecahan tersebut biarkan terjadi secara alami tanpa dipencet atau bahkan dipecahkan sendiri.
  2. Jaga kebersihan mata dan tidak memakai make-up dan lensa kontak sementara waktu.
  3. Kompres dengan air hangat.
  4. Konsumsi analgesik / obat pereda nyeri.


3. Menangis

Mata bengkak setelah menangis / sembab timbul karena cairan air mata  mengandung garam sehingga membuat mata tampak kemerahan dan pembuluh darah bawah kulit mata yang tipis menjadi membesar.


Cara Mengobati Mata Bengkak Dengan Timun

Cara Mengobati Mata Bengkak Karena Menangis:
  1. Pakai obat tetes mata untuk mengurai kemerahan dan peradangan di pembuluh darah mata.
  2. Kompres dengan kain bersih yang sudah direndam sebelumnya dalam air dingin / balut kain langsung es batu kemudian tempelkan pada mata selama beberapa  saat.
  3. Iris timun kemudian tempelkan pada kedua mata.
  4. Minum banyak air putih.
  5. Tidak makan makanan bernatrium tinggi.
  6. Oleskan krim anti peradangan di kelopak mata bagian dalam.

Itulah beberapa cara mengobati mata bengkak yang dapat kamu coba, apabila indikasi berlanjut, segera periksakan ke dokter mata.