Manfaat Air Putih Yang Tidak Kamu Sangka ! Ini 18 Manfaatnya

Manfaat Air Putih Yang Tidak Kamu Sangka ! Ini 18 Manfaatnya

Baca Juga

      

       Air putih termasuk minuman segar dan sangat baik bagi kesehatan serta anggota tubuh kamu. Kondisi haus merupakan respon tubuh saat membutuhkan asupan cairan secepat mungkin karena kenyataanya seluruh organ tubuh manusia sangat membutuhkan asupan cairan dalam jumlah banyak sebagai menunjang berbagai aktivitas sehari-hari. 



Minuman jenis yang lain seperti soft drink merupakan minuman tinggi gula dan kalori sehingga bisa menambah berat badan kamu. Sedangkan minuman berenergi pun harus dipertimbangkan karena mengandung gula serta kafein. Air putih yang bebas kalori dan gula adalah pilihan tersehat untuk menjaga tubuh supaya memenuhi kadar cairan cukup,


Pada umumnya manusia memerlukan minum air putih sebanyak 8 gelas air setiap hari dimana setara dengan 1,5 liter air. Faktanya kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda dapat tergantung oleh jenis kelamin. Bagi wanita dewasa, dianjurkan minum delapan gelas berukuran 200 ml per hari atau 1,6 liter air. Sedangkan bagi pria dianjurkan minum 10 gelas berukuran 200 ml atau 2 liter air setiap hari.


Manfaat air putih bagi tubuh manusia tidak perlu diragukan lagi, berikut ini merupakan banyaknya manfaat air putih dimana mempunyai peran vital terhadap kelangsungan hidup manusia :



1. Menjaga kadar cairan di tubuh


Kadar Cairan Tubuh


Adanya kadar cairan tubuh yang normal menjadikan tubuh tidak mengalami gangguan fungsi pencernaan dan saat proses penyerapan makanan, sirkulasi, ginjal, dll. Sekitar 60 % tubuh manusia terdiri atas cairan, maka dengan minum air yang cukup dapat mengganti cairan yang keluar dari tubuh, membantu transportasi nutrisi pada tubuh,  mencerna makanan, mengatur suhu tubuh, dll.



2. Kulit Berkilau 

Minum air putih cukup bisa melembabkan kulit dan membuatnya terus terlihat segar, lembut, bercahaya serta halus. Racun di dalam tubuh kita memiliki efek yang dapat mengakibatkan kulit meradang, pori pori tersumbat sehingga timbulah jerawat. Dengan mengkonsumsi air bisa meningkatkan proses pengeluaran racun lewat keringat dengan lancar sehingga kulit tetap halus dan cerah dan tidak kusam lagi. 



3. Peremajaan Sel Darah 

Jika minum air putih pada pagi hari sangat bermanfaat guna memperbaharui seluruh sel darah dalam tubuh. Ketika tubuh terasa lemas, pusing dan kekurangan darah, hendaknya minumlah air dalam jumlah banyak.Ini supaya membantu tubuh kamu membentuk sel darah baru.


Baca juga : 







4. Penyeimbang Sistem Getah Bening 

Ketika sistem getah bening bekerja optimal, maka tubuh akan mempunyai kekuatan untuk dapat melawan infeksi sehingga bisa menganggu kualitas kesehatan tubuh kamu. 



5. Penyeimbang Sistem Limpa 

Air di pagi hari bisa membantu menyeimbangkan sistem limpa. Dengan menghidrasi tubuh, bisa memaksimalkan fungsi tubuh Anda dalam seharian, menyeimbangkan cairan tubuh dan mencegah infeksi.



6. Melangsingkan Tubuh 

Memiliki berat badan ideal adalah impian semua orang. Untuk kamu yang ingin mempunya berat badan proporsional, mulailah mencukupi kebutuhan air putih setiap harinya karena air putih dapat membantu mengendalikan kalori dalam tubuh. 



7. Membangkitkan otot 


Manfaat Air Putih Membangkitkan Otot


Sel-sel otot yang tidak cukup cairan tidak bisa mempertahankan cairan dan elektrolit sehingga otot akan mudah kelelahan. Otot tidak dapat berfungsi dengan baik dan kemampuan otot tersebut cenderung berkurang. 



8. Melindungi Jantung 

Berdasarkan riset, orang yang terbiasa minum minimal 5 gelas air putih dalam 1 hari, mempunyai kemungkinan meninggal karena penyakit jantung turun hingga 41% daripada orang yang minum air putih kurang dari 2 gelas perhari.



9. Memelihara fungsi ginjal 

Cairan dalam tubuh adalah “alat” transportasi sisa yang keluar masuk menuju sel. Racun utama tubuh adalah nitrogen urea darah, yaitu sejenis cairan dimana dapat melewati ginjal kemudian diproses dan dikeluarkan ke dalam bentuk urine. Ketika cairan tubuh tercukupi, urine mengalir jernih, dan bebas bau. Namun jika cairan tubuh tidak tercukupi, urine akan berwarna dan berbau lebih menyengat karena ginjal harus menyerap cairan ekstra guna menjalankan fungsinya. Hal ini yang menyebabkan jika kekurangan minum air putih dapat berisiko terserang penyakit batu ginjal.



10. Membantu Pengeluaran Racun

Berkeringat dan buang air kecil terjadi karena adanya cairan di dalam tubuh kita. Kedua proses ini merupakan salah satu mekanisme tubuh untuk membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh. 



11. Mempertahankan fungsi usus
.
Usus adalah salah satu organ sistem pencernan. Ketika meminum air saat keadaan perut kosong, dapat membersihkan usus kembali sehingga bisa lebih mudah menyerap nutrisi makanan yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu jika meminum air putih yang cukup, makanan yang kamu konsumsi dapat dengan lancar melewati saluran pencernaan sehingga mencegah sembelit. 


12. Meningkatkan Kerja Otak


Manfaat Air Putih Meningkatkan Kerja Otak


Otak membutuhkan banyak kandungan oksigen supaya dapat berjalan optimal sehingga dengan minum air putih (H2O) maka otak akan terpenuhi kebutuhannya. Berdasarkan sebuah riset, minum 8-10 gelas air putih setiap harinya mampu meningkatkan performa kognitif otak sebanyak 30%. Sebaliknya, otak akan melemah apabila terjadi dehidrasi.



13. Mengurangi Resiko Kanker 

Kebiasaan meminum air putih minimal 5 gelas dalam sehari dapat mengurangi risiko kanker usus sebanyak 45%, mengurangi risiko kanker kandung kemih sebanyak 50%, serta mengurangi risiko.



14. Mengembalikan Mood

Ketika seseorang sedang stress atau tidak mood terhadap pekerjaannya, masalah rumah tangga, dll, dianjurkan minum segelas air putih supaya membantu mengembalikan mood dan tubuh serta pikiran kembali segar. 



15. Memperpanjang Pernafasan 

Sering minum air putih yang cukup dapat membuat nafas menjadi lebih panjang. yang bermanfaat untuk membentuk tubuh menjadi lebih sehat. Hal ini tentunya menjadi poin plus bagi yang memiliki hobi atau profesi yang memungkinkan memiliki nafas panjang.



16. Memperkuat Tulang 

Manfaat Air Putih Memperkuat Tulang


Banyak meminum air putih bermanfaat bagi kesehatan tulang kamu karena dapat membantu membentuk sel-sel tulang baru.



17. Mencegah Sakit Kepala 

Berdasarkan hasil riset oleh peneliti dari Universitas Masstricht Belanda,minum air putih sebanyak tujuh gelas dalam sehari mampu mengobati seseorang yang terserang sakit kepala dan meningkatkan kualitas hidup bagi para penderita migrain.



18. Mempertahankan Suhu Tubuh 

Saat berada di lingkungan yang panas, maka otomatis tubuh akan berkeringat. Ketika sedang berkeringat, cairan dalam tubuh berkurang. Berkeringat adalah proses alami pada tubuh manusia dimana membantu menurunkan suhu tubuh supaya tubuh tidak terlalu panas. Sehingga dengan minum banyak air akan terhindar dari dehidrasi ketika sedang beraktivitas berat/di lingkungan panas yang berpotensi mengeluarkan banyak berkeringat.



Kadar cairan yang cukup merupakan hal penting bagi tubuh kita, salah satunya berasal dari air putih. Minumlah air putih sesuai kebutuhan supaya kondisi kesehatan tubuh kita tetap terjaga.



Related Posts

Manfaat Air Putih Yang Tidak Kamu Sangka ! Ini 18 Manfaatnya
4/ 5
Oleh

Artikel Menarik Lainnya

loading...