Manfaat Daun Serai Bagi Kesehatan Tubuh, Simak 18 Manfaat Selain Sebagai Bumbu Dapur

Manfaat Daun Serai Bagi Kesehatan Tubuh, Simak 18 Manfaat Selain Sebagai Bumbu Dapur

Baca Juga

      Tanaman serai mempunyai aroma yang khas dimana mampu meningkatkan nafsu makan. Namun selain menjadi bumbu penyedap, daun serai juga mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.


Serai bernama latin Cymbopogon Citratus dan merupakan salah satu tanaman famili poaceae. Tanaman bumbu rempah yang memiliki bentuk seperti rumput tetapi berukuran lebih besar. Bagian daunnya mempunyai tekstur yang kasar serta tajam di bagian samping-sampingnya. Saat bagian daunnya disobek maka wanginya yang khas akan langsung menyerebak keluar. Bagian dari tanaman serai yang pada umumnya digunakan untuk bumbu masak yaitu bagian batang. Batang serai berwarna putih, mempunyai struktur kasar yang tidak lunak namun juga tidak terlalu keras, berumbai pada daun tengah yang tumbuh di tandan tebal. Tinggi tandannya dapat tumbuh hingga sekitar 3 meter.


Daun Serai
Tanaman ini berasal dari Asia Selatan yaitu daerah India dan Sri Lanka. Menurut riset daun serai mempunyai kandungan minyak atsiri yang sangat kaya yaitu terdiri dari asam sitrat, sitronelol, kamfen, sabinene, dan lain-lain.

Serai adalah salah satu tanaman rempah yang sangatlah populer di Indonesia juga dipakai secara luas untuk masakan-masakan Asia. Cara menggunakan tanaman serai sebagai bumbu masakan pada umumnya dengan dihancurkan / digeprek supaya aroma wangi khasnya dapat keluar dan menyebar ke masakan kita. Seperti yang kita ketahui, untuk membumbui masakan batang tanaman serai mampu menghasilkan aroma masam seperti aroma lemon dan menambah cita rasa yang sangat lezat pada makanan. Serai bisa digunakan untuk memasak sup, kaldu, saus, kari, hingga diseduh dengan teh menjadi teh serai yang menyehatkan. 

Sate Tengiri Tusuk Serai

Selain diambil aromanya sebagai bumbu masakan, tanaman serai ternyata juga memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh. Serai ini telah termasuk tanaman terpopuler di negara seperti vietnam, thailand, kamboja, malaysia, hingga indonesia dan beberapa negara di benua Amerika - Afrika sebagai obat-obatan. Daun, batang hingga umbi tanaman serai bisa menghasilkan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh.

Sereh mempunyai banyak nutrisi aromatik penting dimana dapat memberikan berbagai manfaat  bagi kesehatan tubuh. Tanaman ini merupakan sumber vitamin penting yang diperlukan tubuh yaitu vitamin A, B1 (tiamin), B2 (riboflavin), juga vitamin B3 (niasin) B5 (asam pantotenat), B6 (pyridoxine), vitamin C serta folat. Selain itu mengandung mineral yaitu fosfor, mangan, potasium, kalsium, magnesium, tembaga, seng dan besi yang dibutuhkan untuk fungsi tubuh yang sehat. 


Dengan banyaknya kandungan vitamin dan mineral, berikut ini adalah manfaat daun serai untuk kesehatan tubuh kita :


1. Anti Kanker
Sebuah hasil riset menyimpulkan tanaman serai mengandung citral yaitu zat anti-kanker dimana mampu membunuh sel kanker. Tetapi kita tetap harus mempertahankan sel / jaringan sehat di tubuh karena bukan berarti jika minum air rebusan serai akan menyembuhkan penyakit kanker secara permanen jika dikonsumsi oleh penderita kanker, tapi serai dapat membantu untuk menghambat penyebaran sel kanker.

2. Meringankan Diabetes
Tanaman serai bisa membantu membersihkan / detoksifikasi organ pankreas serta dapat meningkatkan fungsinya, sehingga tingkat gula darah pada penderita diabetes dapat turun.

3. Mencegah Anemia


Manfaat Daun Serai Mencegah Anemia
Kandungan zat besi pada tanaman serai sangatlah penting untuk sintesis Hb (hemoglobin, protein di dalam sel-sel darah merah dimana bertugas untuk membawa O2/ oksigen ke seluruh tubuh). Sehingga tanaman ini sudah jelas bisa membantu berbagai jenis gejala anemia, terutama jika disebabkan oleh kekurangan zat besi dalam tubuh.

4. Membersihkan Bakteri serta Infeksi Jamur
Karena kandungan yang bersifat anti-septik, dengan meminum teh serai mampu membantu menghilangkan mikro-organisme jahat pada tubuh kita. Selain itu juga detoksifikasi / membersihkan darah dan menghilangkan bakteri dan jamur / ragi.

5. Anti Inflamasi serta Anti Septik
Sifat tanaman serai yang anti-inflamasi dan anti-septik, meminum jus serai bisa bermanfaat sebagai tanaman herbal untuk mengobati penyakit arthritis, asam urat bahkan radang saluran kencing.

6. Sebagai Minyak Angin
Tanaman serai mempunyai kandungan minyak atsiri dimana dapat membantu melakukan tindakan balsamic yaitu jika kamu memiliki masalah dalam saluran pernapasan. Pada umunya tanaman serai ini berkhasiat untuk meringankan gejala flu dan demam dingin karena berefek menghangatkan tubuh.

7. Detoksifikasi
Sebagai anti-oksidan, anti-septik serta berefek diuretik dimana membantu pengeluaran racun di dalam tubuh secara efektif., membuat tanaman serai menjadi tanaman herbal yang cocok dimasukkan dalam menu diet kamu ketika detoksifikasi. Proses ini akan sangat membantu sebagai pembersih dan pemurnian organ hati, pankreas, ginjal, kandung kemih, serta dapat meningkatkan sirkulasi darah. 

8.  Menurunkan Berat Badan


Manfaat Daun Serai Menurunkan Berat Badan
Dengan meminum teh serai bisa membantu tubuh untuk meluruhkan lemak-lemak tubuh melalui cara detoksifikasi. Efek diuretiknnya dapat membantu melancarkan buang air besar dalam jumlah relatif banyak, efektif serta cepat sehingga dapat menurunkan berat badan.

9. Mengurangi Insomnia
Gangguan insomnia atau menjadi sulit tidur ketika malam hari bisa terjadi karena ketidak seimbangan zat-zat di dalam tubuh / gangguan saraf. Zat pemurnian yang mempunyai dampak positif menenangkan dari tanaman serai ini membantu meningkatkan kualitas tidur kamu.

10. Mengurangi Kolesterol
Tanaman serai mengandung zat anti-kolesterol serta anti-aterosklerosis dimana keduanya dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol berlebih dari usus dan oksidasi LDL (kolesterol jahat) yang ada di dalam darah sehingga mampu mencegah terjadinya salah satu proses awal pembentukan plak aterosklerotik.

11. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi
Kandungan potasium relatif tinggi  dapat mendorong diuresis yang bisa membantu untuk menurunkan serta mengatur tekanan darah kamu apabila berada diatas normal. Minum teh serai hangat secara teratur untuk hasil maksimal.


Manfaat Daun Serai Teh Serai
12. Melancarkan Pencernaan
Manfaat lain dari tanaman serai yang paling kesehatan pencernaan yang notabene mengatur fungsi usus serta motilitas melalui sifat anti-mikroba di dalam serai. Zat pada serai berfungsi sebagai pembunuh bakteri jahat serta parasit, dan juga mengembalikan bakteri baik di dalam usus. Hal ini membuat masalah-masalah pencernaan yang umum misalnya gangguan pencernaan, perut kembung, sembelit, diare, kembung usus, kejang perut dapat dihindari. Sari tanaman serai mampu memulihkan rasa mulas/gastritis/gangguan pencernaan yang disebabkan oleh kandungan zat asam berlebih di dalam usus. 

13. Menjaga Sistem Saraf
Magnesium, fosfor serta folat adalah nutrisi penting yang sangat diperlukan untuk perkembangan serta menstabilkan fungsi sistem saraf. Zat-zat tersebut berfungsi membantu meningkatkan konsentrasi, ingatan dan kemampuan otak dalam memproses informasi.

14. Pembersihan Racun
Khasiat utama yang paling menonjol dari tanaman serai yaitu dapat memurnikan seluruh tubuh kita, karena racun dari dalam tubuh dapat hilang karena pembersihan usus besar berjalan baik.

15. Menghaluskan Kulit Wajah
Jika kamu adalah seorang penggemar kosmetik yang berbahan alami, air rebusan serai dimanfaatkan menjadi solusi alternatif pengganti toner. Penyegar wajah yang alami ini tentunya membuat wajah terlihat lebih bersih dan cantik karena mengandung astringent dan antiseptik dimana membantu menghilangkan jerawat, komedo hingga menghaluskan kulit wajah. Disamping itu, tanaman ini juga bisa membantu mengecilkan pori-pori kulit wajah.

16. Menjaga kesehatan sel-sel tubuh
Tanaman serai mengandung zat antioksidan dimana membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Serai juga membersihkan darah serta memperkuat fungsi limpa untuk membuang sel-sel darah yang kotor. Selain itu juga mendukung fungsi kelenjar timus dimana sebagai penghasil sel darah putih dan membantu merangsang regenerasi sel. Folat serta kalium pada sereh berperan membantu pembentukan DNA dan juga mempromosikan pembelahan sel yang sehat.

17. Aromaterapi



Manfaat Daun Serai Sebagai Aromaterapi
Serai mengandung senyawa sehat minyak esensial, misalnya nerol, sitronelol, geraniol, myrcene, dipentene, dan metil heptenone dimana mempunyai sifat anti-jamur, insektisida serta antiseptik. Minyak pada umunya digunakan sebagai aromaterapi karena memberikan efek terapeutik yang membantu merevitalisasi serta menyegarkan tubuh. Minyak serai mempunyai zat alami sebagai perangsang sirkulasi darah serta meremajakan jaringan kulit sehingga membantu untuk mengangkat dan dapat  mengencangkan kulit.

18. Melancarkan Menstruasi
Tanaman ini juga sangat efektif sebagai pelancar aliran menstruasi dan dapat menenangkan kram perut serta pinggul dan ketidaknyamanan lain ketika menstruasi.

Tumbuhan ini sangat aman untuk dikonsumsi dan tidak memiliki efek samping ketika mengkonsumsinya. Jadi tidak perlu ragu lagi untuk menggunakannya sebagai alternatif obat herbal ya!

Related Posts

Manfaat Daun Serai Bagi Kesehatan Tubuh, Simak 18 Manfaat Selain Sebagai Bumbu Dapur
4/ 5
Oleh

Artikel Menarik Lainnya

loading...