Adsense

Manfaat Semangka Untuk Ibu Hamil, 10 Manfaat Sehat Bagi Ibu dan Janin

    

        Semangka dalam bahasa latin adalah Citrullus lanatus merupakan jenis tanaman merambat dari daerah Afrika bagian selatan. Buah semangka ini mengandung nutrisi yang sangat penting yaitu vitamin A, vitamin B6, vitamin C, kalium, magnesium dan serat.



Terdapat banyak pertanyaan mengenai ibu hamil apakah berbahaya mengkonsumsi buah semangka, hal ini ternya ditampik oleh dunia medis. Faktanya buah semangka justru dianjurkan dikonsumsi ibu hamil karena banyaknya kandungan manfaat semangka yang cukup memenuhi kebutuhan nutrisi bagi bayi di dalam kandungannya.


Buah Semangka
Sebagai pertimbangan berikut ini adalah manfaat semangka untuk ibu hamil di bawah ini :


1. Meredakan Morning Sickness 

Morning sickness merupakan gejala awal kehamilan yang biasa dirasakan oleh ibu hamil. Selalu merasa mual dan ingin muntah cenderung terjadi di pagi hari. Buah semangka dapat menjadi solusi untuk menekan terjadinya morning sickness dan memberikan efek kesegaran di pagi hari.



2. Meringankan Heartburn 

Heartburn merupakan kondisi rasa panas yang terjadi di sekitar bagian dada dan perut ibu hamil terlebih yang memiliki penyakit maag. Hal ini dapat diredakan dengan rajin mengkonsumsi semangka.


3. Mengurangi Kram Kaki 



Manfaat Semangka Untuk Ibu Hamil Mengurangi Kram

Mengkonsumsi buah semangka dapat meredakan kram kaki dimana lagi-lagi biasa dialami oleh ibu hamil. Dengan mengkonsumsi semangka maka otot-otot yang pegal akan menjadi lebih rileks serta nyaman.


4. Mencegah Pigmentasi 


Manfaat Semangka Untuk Ibu Hamil Mencegah Strechmark
Sebagian besar ibu hamil mengalami perubahan warna kulit selama masa kehamilannya di beberapa saerah tubuh. Walaupun tidak berbahaya, namun menimbulkan dampak psikologis berupa perasaan tidak nyaman karena cenderung mengurangi estetika kecantikan tubuh. Namun ini dapat diatasi jika mengkonsumsi buah semangka karenabuah ini menjaga pergerakan usus halus sehingga mencerna makanan menjadi mudah. Dengan begitu mempengaruhi tekstur kulit tidak berubah.



5. Mencegah dehidrasi 

Sebagian besar tubuh manusia merupakan cairan. Jika kebutuhan cairan dalam sehari tidak tercukupi maka tubuh akan melemah hingga mengakibatkan kematian. Terutama untuk seorang ibu hamil yang menanggung 2 badan sekaligus, selain itu jika badan ibu hamil dehidrasi akan berisiko bayi lahir prematur. Buah semangka yang mengandung 90% air ini besar manfaatnya untuk mencegah dehidrasi tubuh.


6. Mengurangi pembengkakan 

Ibu hamil pada umumnya mengalami kaki atau tangan bengkak atau disebut edema, hal ini dapat diatasi dengan memakan buah semangka. Buah semamgka yang kaya kandungan air mampu mengurangi penyumbatan pembuluh darah dan otot-otot tubuh, dimana yang menjadi faktor utama penyebab kaki atau tangan bengkak pada ibu hamil.



7. Melancarkan urin 

Mengkonsumsi buah kaya air seperti buah semangka ini dapat melancarkan buang air kecil yang berdampak positif yaitu membantu proses detoks dan mempertahankan fungsi normal ginjal.



 8. Mengandung antioksidan dan vitamin A 

Buah semangka terkandung banyak vitamin A yang bermanfaat bagi kehamilan. Vitamin A bagus untuk menjaga penglihatan janin di dalam kandungan hingga kandungan karoten di dalamnya bermanfaat sebagai antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas.



9. Mengatasi masalah pencernaan 

Mengkonsumsi buah semangka bermanfaat untuk mengatasi masalah gangguan pencernaan misalnya sakit maag dan nyeri bagian ulu hati.



10. Mendukung pembentukan tulang janin 

Kandungan kalium pada semangka berfungsi sebagai pembentukan tulang janin serta menguatkan persendian tubuh ibu hamil supaya menjadi lebih sehat dan lebih kuat selama masa mengandung.



Meskipun memiliki banyak manfaat terlebih untuk ibu hamil, tetap saja buah semangka tidak dianjurkan dikonsumsi secara berlebihan atau terlau banyak. Karena sudah menjadi pelajaran umum jika segala sesuatu yang terlalu banyak dapat berdampak tidak baik bagi tubuh misalnya sakit lambung hingga diabetes gestasional. Menurut anjuran dokter, buah semangka boleh dikonsumsi maksimal 3 irisan per hari bagi ibu hamil. Usahakan mengkonsumsi buah ini dengan secukupnya saja.