Adsense

Manfaat Teh Hijau Kepala Jenggot, Lihat 15 Khasiat Yang Akan Dirasakan Tubuhmu

           Teh adalah salah satu minuman favorit yang biasa kita suguhkan untuk tamu. Di Indonesia ada beberapa jenis daun teh yang telah ditemukan yaitu teh hitam, teh hijau, serta beberapa daun teh lain. Salah satu daun teh yang mempunyai banyak manfaat yaitu teh hijau.



Teh hijau aadalah jenis daun teh yang termasuk ke dalam spesies Camellia sinensis. Sejak dulu teh hijau sudah banyak dikenal masyarakat sebagai minuman yang mempunyai khasiat menyembuhkan penyakit. Sampai saat ini penelitian tentang teh hijau masih terus dilanjutkan. Hasil yang telah didapat salah satunya adalah kandungan antioksidan tinggi seperti cathecin dan polyphenol sehingga membuat teh hijau ini mampu melawan berbagai macam penyakit dan berkhasiat baik bagi kesehatan.


Manfaat Teh Hijau Kepala Jenggot
Teh hijau Kepala Jenggot sudah sangat lama dikenal sebagai minuman yang membuat rileks pengganti kopi, dimana teh lebih sehat dikonsumsi karena kandungan kafein yang rendah serta mengandung antioksidan alami tinggi yang disebut polifenol. Zat antioksidan ini tidak hanya dapat membantu menyehatkan tubuh, kulit, serta rambut kamu, tetapi dapat juga sebagai penghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

Teh hijau Kepala Jenggot saat ini sudah sangat populer di berbagai belahan dunia sebagai campuran makanan, minuman, suplemen makanan hingga produk-produk kosmetik tak jarang terbuat dari ekstrak daun teh hijau. Hasil riset dari seluruh dunia membuktikan bahwa seseorang yang meminum teh hijau secara rutin mempunyai resiko terserang sakit jantung dan kanker lebih rendah karena mengandung flavonoid dimana mempunyai sifat antioksidatif dan anti karsinogenik.


Produk Ekstrak Teh Hijau
Selain itu juga mengandung katekin yaitu sejenis antioksidan untuk melawan radikal bebas serta membantu memperbaiki sel tubuh yang rusak. Katekin juga diketahui memainkan peranan penting dalam penurunan berat badan. Satu studi tentang teh hijau menemukan bahwa jika rutin minum teh hijau bisa menurunkan indeks massa tubuh serta persentase lemaknya menurun hanya dalam waktu 12 minggu. Juga terkandung senyawa bioaktif dan nutrisi-nutrisi lainnya yang dapat memacu otak menjadi lebih kuat.



Petunjuk Penyajian Teh Hijau Kepala Jenggot

Harga sekotak teh hijau Cap Kepala Jenggot adalah sekitar Rp 9000, dengan isi 25 kantong teh. Pada kemasan kotaknya tidak tercantum sejumlah manfaat terh hijau ini secara khusus, namun terdapat keterangan tulisan "Teh Hijau, bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan". Selain itu tertulis informasi penting bahwa teh hijau Cap Kepala Jenggot ini merupakan produk teh hijau yang terbuat dari daun teh yang berkualitas tinggi karena merupakan hasil petikan langsung dari pohon berusia ratusan tahun dimana mengandung benalu teh yang mempunyai segudang manfaat baik bagi kesehatan. 


Barikut ini adalah manfaat teh hijau Kepala Jenggot yang dirangkum ke dalam 15 poin, yaitu :


1. Senyawa Bioaktif yang Dapat Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Teh hijau adalah salah satu minuman yang dapat mengurangi radikal bebas pada tubuh. Ini disebabkan karena dalam daun teh hijau terkandung banyak senyawa bioaktif dan polifenol seperti catechin serta flavonoid. Keduanya bagus sebagai antioksidan tubuh.

Daun teh hijau tak hanya sebagai minuman untuk kesehatan saja namun kandungan teh hijau dipercaya bisa meningkatkan fungsi kerja otak sehingga kamu bisa menjadi lebih pintar. Kafein adalah salah satu bahan aktif dalam manfaat teh hijau cap kepala jenggot. Jumlah kandungan kafein yang tak terlalu besar apabila dibandingkan dengan kopi sehingga teh hijau cukup aman untuk kesehatan tubuh dan otak kamu. Kadar kafein yang sesuai kadarnya mampu meningkatkan kerja neurotransmitter misalnya dopamin dan noreponefrin, juga kemampuan memori serta reflek otak dapat menjadi lebih baik. Teh hijau mempunyai kandungan zat antioksidan yang disebut Epigallocatechin Gallate / EGEG dimana melindungi sel serta molekul tubuh dari berbagai macam ancaman hingga kerusakan. Produk teh yang dikenal mempunyai kandungan utama zat ini adalah teh hijau cap kepala jenggot.



2. Meningkatkan Kemampuan Fungsi Otak



Manfaat Teh Hijau Kepala Jenggot Untuk Otak
Selain terdapat kafein, teh hijau juga terkandung asam amino L-theanine dimana berfungsi untuk mengurangi kecemasan yang terkadang penyebabnya adalah kafein. L-theanime adalah asam amino aktif yang bisa menembus penghalang darah ke otak. Sehingga sebagian besar orang mengakui bahwa setelah minum teh hijau membuat tubuh menjadi lebih produktif.


3. Memperlancar Pencernaan

Rutin mengkonsumsi teh hijau kepala jenggot dapat membuat proses pencernaandi dalam tubuh kamu menjadi lebih lancar serta sehat. Teh hijau yang mengandung bioflavonoid ini berkhasiat memperkuat sistem pencernaan karena kandungan polifenol/tanin berperan aktif melancarkan pencernaan.

4. Mengurangi Resiko Kanker



Manfaat Teh Hijau Kepala Jenggot Mengurangi Kanker
Teh hijau dikenal sebagai sumber zat antioksidan yang sangat bagus seperti buah apel. Dalam sebuah riset menyatakan bahwa orang yang secara teratur meminum teh hijau mempunyai resiko yang lebih kecil mengidap kanker. Produk teh hijau cap kepala jenggot menjadi salah satu pilihanuntuk dikonsumsi sehari-hari karena alasan praktis. 


Kanker adalah salah satu penyakit ganas dimana menyebabkan angka kematian  yang tinggi di Indonesia. Kanker terjadi karena adanya pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh yang tak terkendali. Pada umumnya ini disebabkan karena terdapat kerusakan oksidatif serta kekurangan zat antioksidan.
Analisis studi observasional membuat pernyataan bahwa seseorang yang rutin meminum teh hijau mempunyai resiko 22% lebih rendah daripada seseorang yang tidak mengkonsumsi teh hijau.

5. Menurunkan Resiko Alzheimer dan Parkinson
Teh hijau memiliki peran cukup besar sebagai pengurang resiko Alzheimer di saat usia kamu memasuki usia senja. Alzheimer adalah jenis penyakit neurogeneratif dimana paling sering menjangkit pada manusia usia lanjut. Penyakit ini adalah penyebab utama terserang penyakit demensia. Disamping Alzheimer, penyakit otak yang juga sangat berbahaya yaitu penyakit parkinson. Penyakit ini pada umumnya menjangkit seseorang pada usia sekitar 50 tahunan. Penyakit parkinson bisa menyebabkan produksi dopamin menurun drastis sehingga kemampuan menggerakkan anggota tubuh menjadi berkurang. Gejalanya yaitu sering gemetaran di bagian tangan serta kaki ketika tubuh sedang tidak beraktivitas. Manfaat teh hijau kepala jenggot untuk menanggulangi kedua penyakit itu terletak di kandungan catechin-nya. Zat ini  mampu membangun sistem pertahanan di neuron dalam sistem tubuh kamu terutama di bagian otak.




6. Menurunkan Resiko Infeksi.
Pada lingkungan sekitar kita akan selalu menjumpai bakteri relatif banyak yang dapat menyerang tubuh darimana saja misalnya bakteri Streptococcus Mutans. Bakteri ini adalah termasuk jenis bakteri yang berbahaya pada umunya berada di mulut. Bakteri Streptococcus Mutans dapat membuat mulut bau dan tmengakibatkan kerusakan gigi contohnya gigi berlubang. Untuk mengatasi hal itu kamu dapat mengkonsumsi teh hijau kepala jenggot untuk mengurangi resiko timbulnya kerusakan gigi dan bau mulut. Selain bakteri Streptococcus ini, teh hijau dapat juga mempunyai manfaat sebagai peningkat metabolisme pada tubuh sehingga bisa menghadapi segala serangan dari virus misalnya virus influenza dll.




7. Mengurangi Resiko Penyakit Diabetes Tipe 2



Manfaat Teh Hijau Kepala Jenggot Mengurangi Diabetes
Diabetes tipe 2 disebabkan akibat tubuh tidak dapat membuat insulin dimana berfungsi untuk menyerap glukosa di dalam darah. Glukosa merupakan sumber energi terpenting untuk tubuh sehingga jika tubuh tidak mampu menyerapnya maka berakibat penumpukan yang dapat menyumbat pembuluh darah. Hasil studi yang sudah dilakukan pada masyarakat di jepang menghasilkan bahwa seseorang yang meminum teh hijau mepunyai resiko terjangkit diabetes tipe 2 relatif lebih rendah 42% daripada seseorang yang tidak mengkonsumsi teh hijau.

8. Mengurangi Resiko Menderita Penyakit Kardio
Penyakit kardio atau disebut kardiovaskular adalah penyebab angka kematian terbesar di seluruh dunia. Beberapa penyakit yang termasuk ke dalam penyakit kardio yaitu penyakit jantung serta stroke. Manfaat teh hijau kepala jenggot sebagai pengurang resiko penyakit kardio yaitu kandungan zat antioksidan yang besar dari teh ini. Teh hijau dapat membantu peningkatan zat antioksidan dalam darah sehingga bisa terlindung partikel kolesterol LDL dari oksidasi dimana salah satu penyebab utama penyakit jantung. Jika kamu mengalami tekanan darah rendah atau bahkan hipotensi konsumsi teh hijau cap kepala jenggot secara teratur setiap hari dapat membantu meredakan, karena salah satu manfaat teh hijau kepala jenggot yaitu dapat menaikkan tensi darah rendah, teteapi jika kamu memiliki tensi tinggi jangan khawatir saat meminum teh hijau, karena tidak membuat tensi naik jika diminum sesuai takarannya.


9. Menurunkan Berat Badan



Manfaat Teh Hijau Kepala Jenggot Untuk Diet
Obesitas termasuk masalah terbesar untuk setiap orang akhir-akhir ini karena tidak hanya dapat menganggu penampilan tetapi juga berdampak pada kesehatan tubuh kamu. Bagi kamu yang megalami obesitas cobalah meminum teh hijau kepala jenggot. berdasarkan hasil studi peminum teh hijau bisa menurunkan berat badan secara signifikan selama kurang lebih 12 minggu. Studi tersebut dilaksanakan oleh 240 orang pria dan wanita secara acak dengan hasil adanya tingkat penurunan lemak di daerah lingkar pinggang dan perut, sehingga sangat cocok bagi yang memiliki perut buncit. Kandungan kafein pada teh hijau juga mampu meningkatkan kerja fisik sampai 12% dari biasanya, maka sudah pasti mengkonsumsi teh hijau 2-3 kali setiap hari mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lemak.

10. Membuat Berumur Panjang
Sebuah hasil riset di Jepang yang sudah melibatkan50.530 orang menunjukkan hasil bahwa seseorang yang gemar meminum teh hijau teratur memiliki resiko meninggal selama periode 11 tahun lebih kecil daripada seseorang yang tidak memimum teh hijau. Walaupun terdapat pro dan kontra terhadap hasil riset tersebut setidaknya dapat diambil kesimpulan melalui manfaat teh hijau kepala jenggot yang mampu mengurangi resiko kemantian karena penyakit jantung serta kanker. 


11. Memperkuat Tulang 


Manfaat Teh Hijau Kepala Jenggot Untuk Tulang


Selain dapat menghindari penyakit di bagian persendian dan tulang, teh hijau juga dapat dijadikan alternatif herbal untuk memperkuat serta mempertahankan kepadatan tulang kamu. Hal ini disebabkan karena kandungan flouride tinggi dimana dapat ditemukan di dalam daun teh hijau. Beberapa riset membuktikan bahwa kandungan EGCG pada teh hijau bisa membantu pencegahan rematik (rheumatoid arthritis)dan dapat menghentikan sistem imun memproduksi molekul dimana dapat menyebabkan rematik. Dengan demikian jika kamu meminum teh hijau teratur dapat membantu meringankan inflamasi serta kerusakan sendi.



12. Melindungi Organ Hati


Manfaat lain dari teh hijau cap kepala jenggot yaitu melindungi organ hati dari zat berbahaya yang masuk dalam tubuh misalnya karena mengkonsumsi alkohol hingga rokok. Di suatu riset yang menggunakan sampel seekor tikus juga menunjukkan bahwa teh hijau kepala jenggot dapat melawan perkembangan sel-sel tumor di organ hati. Selain itu teh hijau cap kepala jenggot dapat mencegah seseorang terjangkit penyakit hepatitis.




13. Menjaga Kesehatan Mulut



Manfaat Teh Hijau Kepala Jenggot Untuk Kesehatan Mulut


Berdasarkan hasil studi, sebuah zat antioksidan bernama catechin dimana terkandung di dalam daun teh hijau mampu membantu menghentikan pertumbuhan segala macam bakteri khususnya yang menyebabkan infeksi gusi dan gigi berlubang. Selain itu, zat ini juga mampu mengurangi bau mulut.


14. Menjaga Kesehatan Kulit 
Sering terpapar sinar matahari dapat membuat kulit kamu terkena radiasi ultraviolet (UV) yang bisa meningkatkan risiko kanker kulit. Teh hijau mengandung zat antioksidan tinggi bernama epigallocatechin gallate (EGCG) dimana bergunan untuk mengobati kanker kulit. Para ilmuwan mengungkapkan bahwa ekstrak teh hijau yang diproduksi dalam bentuk kapsul mampu memperkecil atau bahkan dapat menyembuhkan penyakit kanker kulit.

15. Membuat Tubuh Rileks

Kandungan theanin pada teh hijau kepala jenggot dikenal mampu memberikan efek menenangkan pikiran. Bersantailah sejenak sembari menyeruput teh hijau kepala jenggot, usahakan air panas yang digunakan untuk menyeduh tidak terlalu tinggi atau 100 derajat Celsius. Cathecin yang bermanfaat tinggi di dalam kandungan teh hijau bisa rusak jika dalam suhu yang tinggi, sehingga suhu 70-75 derajat Celcius adalah suhu yang paling bagus untuk menyeduh teh hijau. Disamping itu, kamu bisa tambahkan perasan lemon ke dalam teh. Vitamin C dapat membuat penyerapan cathecin ke dalam tubuh kamu menjadi lebih optimal. Sebaliknya, jangan mencampur teh hijau dengan susu karena bisa menurunkan penyerapan di dalam usus.


Nutrisi serta kandungan baik yang terdapat di teh hijau kepala jenggot dapat kamu rasakan dengan mengkonsumsi 2 – 3 cangkir teh setiap hari atau sekitar 300 mg per hari. Dan usahakan sebisa mungkin membatasi konsumsi teh hijau maksimal 300 mg per hari, untuk menghindari efek samping dari teh hijau. Walaupun teh hijau mempunyai banyak manfaat, namun jika segala sesuatunya dikonsumsi secara berlebihan dapat mengakibatkan dampak buruk. Sehingga minumlah sesuai dosis ya!