17 Obat Gondongan Termanjur Yang Telah Terbukti Ampuh, Wajib Kamu Coba!

17 Obat Gondongan Termanjur Yang Telah Terbukti Ampuh, Wajib Kamu Coba!

Baca Juga

   

        Gondongan merupakan penyakit menular yang ditularkan melalui nafas dan air liur penderita. Penyakit gondongan dapat timbul saat daya tahan tubuh seseorang sedang menurun.



Gondongan merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus Paramyxovirus dimana menyerang kelenjar liur (kelenjar parotis) yang berada ada pada kedua pipi bagian belakang sehingga kelenjar tersebut meradang dan membengkak. Namun pembengkakan juga bisa terjadi pada kelenjar gonad, pankreas, dan meninges. 


Kelenjar liur


Penyakit gondongan pada umumnya menyerang anak-anak dalam rentang berusia dibawah 15 tahun namun tidak menutup kemungkinan pula terjangkit pada orang dewasa. Pada orang dewasa gondongan dapat menyerang bagian tubuh yang lain misalnya sistem pancreas, syaraf pusat, payudara, prostat, dan skrotum. Gondongan yang menyerang anak laki-laki atau pria dewasa dapat berpengaruh juga pada testis atau buah zakar mereka. Kadang kadang laki-laki yang terjangkit gondongan akan merasakan sakit dan bengkak di bagian buah zakar. 


Gondongan

Gondongan dapat menular melalui air liur penderita, metode penyebarannya bisa lewat bersin, percikan ketika bicara, berciuman, dan batuk. Penyakit ini hanya menyerang sekali seumur hidup karena jika pernah terjangkit, maka setelah sembuh kamu mempunyai kekebalan terhadap godongan.

Gondongan terasa sakit dan tidak nyaman, sehingga meskipun penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya namun memerlukan pengobatan agar cepat sembuh. Dengan demikian, pengobatan  untuk penderita gondongan supaya menghilangkan rasa sakit dan meningkatkan daya tahan tubuh penderita.



1. Daun tapak dara 


Obat Gondongan Daun Tapak Dara


Daun tapak darasudah dikenal menjadi obat yang paling manjur untuk menyembuhkan penyakit gondongan. Cara meramunya yaitu siapkan segenggam daun tapak dara yang sudah kamu cuci bersih kemudian tumbuk sampai halus. Setelah halus, langkah terakhir yaitu menempelkan tumbukan daun tapak dara tersebut pada daerah gondong. Lakukan secara rutin sampai gondongan kempes.


2. Bunga sepatu 

Bunga berwarna mencolok dan berbentuk corong ini biasa digunakan sebagai obat gondongan alami. Caranya sediakan sekitar 30 gram bunga sepatu, jika bunganya belum mekar dapat diganti dengan daunnya. Rebus bunga sepatu dalam air 400 ml. Setelah mendidih dan agak dingin, minum air rebusannya sebanyak 3x sehari dengan takaran sama. 



3. Daun simbar menjangan 

Siapkan 2 lembar daun simbar menjangan, cuci, lalu tumbuk hingga halus sambil diberi sedikit air dan garam. Setelah halus oleskan ramuan ini pada daerah gondongan. Lakukan 2x sehari secara rutin hingga sembuh. 



4. Belimbing wuluh 


Obat Gondongan  Belimbing Wuluh


Obat gondongan juga dapat memakai belimbing wuluh dengan cara menyiapkan 10 dahan ranting daun belimbing wuluh dan 4 buah biji bawang putih. Kemudian haluskan hingga membentuk bubur dan balurkan pada daerah gondongan.



5. Supplemen Vitamin C 

Untuk mengobati penyakit gondongan yang disebabkan oleh virus ini, kamu harus meningkatkan antibodimu salah satu caranya yaitu dengan banyak mengkonsumsi supplemen dan makanan atau minuman bervitamin C. Buah buahan segar yang kaya vitamin C perlu untuk menstabilkan antibodi tubuh sehingga melemahkan virus penyebab gondongan.



6. Yodium 

Yodium terdapat pada sayuran yang mengandung yodium. Mengkonsumsi garam menjadi salah satu alternatif namun tidak disaranka dikonsumsi secara berlebihan karena menimbulkan hipertensi.


7. Selada Air 

Selada air adalah salah satu sayuran kaya yodium sehingga dapat meredakan gondongan jika dikonsumsi rutin. Cukup dengan mengolah selada air ini menjadi sayur atau masakan seperti sup, tumisan atau lalapan. 


8. Bawang putih 

Bawang putih banyak berperan dalam mengobati berbagai penyakit, tidak tekecuali sebagai obat gondongan. Caranya cukup dengan memasak masakan yang ditambahkan banyak bawang putih di dalamnya. Bawang putih dapat merangsang produksinya glutathione dalam tubuh kita, yang berfungsi sebagai penambah kinerja kelenjar parotid. Semakin baik kinerja kelenjar parotid maka pembengkakan gondongan akan semakin menghilang secara perlahan lahan.



9. Minum Obat Demam dan Antinyeri 


Obat Gondongan Pereda Nyeri


Cara tercepat mengatasi rasa sakit gondongan yaitu dengan meminum obat penghilang rasa sakit dan penurun demam misalnya ibuprofen dan parasetamol yang dapat ditemukan pada setiap apotek.



10. Makan Makanan Lunak 

Ketika terjangkit gondongan maka penderita merasa sakit saat mengunyah dan menelan, sehingga perlu memakan makanan lunak seperti bubur. Tapi pastikan yang dimakan mengandung gizi tinggi karena jika tidak, dapat menunda proses penyembuhan sakit gondongan. 



11. Banyak Minum Air Putih


Obat Gondongan Minum Air Putih


Ketika demam, banyak cairan dalam tubuh yang menguap sehingga membutuhkan cairan pengganti. Jika kelenjar partoid mengalami dehidrasi, rasa sakit gondongan akan semakin parah yaitu rasa nyeri dan linu semakin tajam. Oleh sebab itu usahakan tubuh penderita gondongan terhidrasi dengan baik. 



12. Hindari Jus Buah 

Memang fakta bahwa buah mengandung vitamin dan mineral tinggi, tetapi bagi penderita gondongan, jus buah tidak dainjurkan dikonsumsi terlebih yang berasa asam karena iritasi kelenjar parotis dapat teriritasi dan menyebabkan kelenjar partoid yang sudah membengkak menjadi semakin dehidrasi. 



13. Kompresan Dingin dan Hangat 

Supaya mengurangi pembengkakan dan rasa sakit gondongan, kompres menggunakan es didaerah yang bengkak. Rasa dingin dapat memberi efek pati rasa sehingga mengurangi sakit. Begitu pula dengan kompresan air hangat juga bermanfaat akan mengurangi pembengkakan pada daerah gondong dan rasa sakit. Terapkan kompresan setiap 2-3 jam selama 10-15 menit.


14. Pasta Jahe 

Jahe mengandung sifat anti-inflamasi. Menerapkan pasta yang terbuat dari jahe yang ditumbuk halus dan ditambah sedikit air, lalu terapkan pada daerah yang bengkak akan memberikan manfaat dalam mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. 



15. Ramuan kunyit dan keancur 

Bahan yang perlu dipersiapkan: 

Adas 5gr 
Kunyit 20 gr 
Kencur 10 gr 
Temu ireng 10 gr 
Temulawak 20 gr 
Tapak dara 10 gr 
Air 700 ml ( 3 gelas) 
Madu murni atau gula

Semua bahan dicuci bersih lalu rebus dalam air 700 cc atau setara dengan 3 gelas hingga mendidih Sisakan air separuhnya, saring dan minum dipagi dan malam hari. Tambahkan madu atau gula supaya lebih manis.



16. Gel Lidah Buaya 


Obat Gondongan Gel Lidah Buaya


Gel Lidah Buaya merupakan obat gondongan efektif pereda rasa sakit. Untuk mendapatkannya, bukalah membuka daun tanaman lidah buaya yang segar. Gosokkan gel tersebut di daerah yang meradang, juga dapat ditambahkan sedikit bubuk kunyit. Dalam beberapa hari rasa sakit dan bengkak akan hilang.


17. Istirahat Cukup 

Penderita gondongan perlu banyak istirahat supaya demam turun. Kurangi berbicara agar otot-otot di sekitar rahang dimana dekat dengan kelenjar parotis dapat beristirahat sehingga mengurangi rasa sakit. 

Related Posts

17 Obat Gondongan Termanjur Yang Telah Terbukti Ampuh, Wajib Kamu Coba!
4/ 5
Oleh

Artikel Menarik Lainnya

loading...