Obat Tenggorokan Gatal Efektif Berkhasiat Yang Harus Kamu Coba

Obat Tenggorokan Gatal Efektif Berkhasiat Yang Harus Kamu Coba

Baca Juga

       Saat di tempat kerja, gejala tenggorokan gatal sangat mengganggu kenyamanan diri sendiri, kenyamanan teman kerja, sehingga berakibat menurunkan produktivitas.



Tenggorokan gatal pada umumnya dapat mengganggu waktu beristirahat, dan juga orang lain di sekitarmu. Tenggorokan yang terasa kering dan gatal kerap membuat kita gagal tertidur lelap karena rasa gatal di tenggorokan yang tidak dapat ditahan. Ini karen kelenjar lendir pada rongga mulut gagal menghasilkan lendir yang cukup yang disebabkan teriritasi oleh virus, bakteri atau allergen. Reaksi gatal muncul karena infeksi pada rongga tenggorokan.  


Penyebab Tenggorokan Gatal

Tenggorokan gatal disebabkan oleh :

1. Alergi karena lingkungan yang kurang bersih 
2. Penderita sedang batuk dan pilek 
3. Alergi pada makanan yang sudah dimakan 
4. Penderita memiliki sakit asma 
5. Adanya infeksi di saluran pernafasan 
6. Iritasi yang menyerang dari debu dan udara kering 
7. Penderita sedang sakit asam lambung 
8. Penderita mengalami muntah terus menerus 
9. Penderita memiliki tumor di tenggorokan 
10. Penderita terlalu sering berbicara atau bernyanyi dengan suara keras dalam kurun waktu yang lama.


Bila Anda mengalami tenggorokan gatal yang menyebabkan Anda sulit bernapas (sesak), dan menimbulkan ruam disertai dengan gatal, Segera mungkin untuk periksa ke Dokter ahli, Karena hal ini kemungkinan gejala reaksi anaflaksis, reaksi ini cukup berbahaya bahkan dapat mengancam jiwa Anda. Tapi jika sakit yang Anda derita hanya tenggorokan gatal saja, Anda bisa mencoba beberapa obat tenggorokan gatal yang dibedakan menjadi melalui obat obatan (bahan kimia) dan obat tenggorokan secara alami


Menggunakan Obat-Obatan 


1. Permen pelega tenggorokan 

Saat menghisap permen pelega tenggorokan, produksi air liur yang dihasilkan akan membuat tenggorokan lebih basah  sehingga dapat mengurangi rasa gatal pada tenggorokan. 

Obat Tenggorokan Gatal Permen Pelega


2. Dekongestan 

Ketika hidung tersumbat pada umumnya kita akn bernapas melalui mulut sehingga beresiko mengalami tenggorokan kering. Saat kondisi tenggorokan kering bersamaan dengan kondisi post nasal drip atau biasa disebut adanya lendir berlebihan di belakang hidung, menyebabkan tenggorokan terasa sangat gatal. Pseudoephedrine adalah kandungan dalam obat dekongestan dimana dapat membantu kamu bernapas normal seperti biasa karena zat tersebut mampu membersihkan hidung tersumbat. Dengan kata lain, dekongestan merupakan obat tenggorokan gatal yang tepat.



3. Obat kumur 

Kamu bisa memilih obat kumur yang cocok dengan kamu sebagai obat tenggorokan gatal, karena kandungan mentolnya dapat mengurangi iritasi dan rasa gatal pada tenggorokan. Berkumur-kumurlah beberapa kali setiap hari. 



4. Antihistamin dan analgesik 

Obat-obatan antihistamin bisa membantu meredakan tenggorokan gatal. Obat-obatan analgesik, seperti ibuprofen dan aspirin, juga meredakan nyeri saat tenggorokan gatal kambuh. Apabila ingin menggunakannya, ikuti petunjuk dosis yang sesuai bagi dewasa atau anak-anak.



5. Antitussive 

Cobalah antitusive, obat tenggorokan gatal dan batuk kering tersebut memiliki berfungsi sebagai penekan batuk sehingga gejala tenggorokan gatal tidak sesering sebelum mengkonsumsi obat ini.

Obat Tenggorokan Gatal Antitussive



Menggunakan Bahan-Bahan Alami


1. Madu 

Madu merupakan obat alami untuk tenggorokan gatal dan batk berdahak. Bahkan, madu juga punya khasiat yang cukup besar melawan kuman, bakteri dan virus penyebab daya tahan tubuh menurun. Jangan berikan madu pada anak di bawah usia 12 bulan, karena bakteri pada madu dapat menimbulkan botulisme bayi, yang menyebabkan kematian.


2. Teh Jahe 

Jahe dan teh bekerja secara efetif untuk memberikan rasa hangat pada tubuh. Jahe mengandung zingiberin yang membuang racun dalam tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah. Kandungan inflamasi juga bekerja ampuh mengatasi peradangan akibat infeksi virus. Cara membuatnya: Beberapa ruas jahe di iris dan tambahkan dalam secangkir teh hangat favorit kamu. Ganti gula putih dengan madu jika ingin rasa manis. Sering-seringlah minum ramuan ini saat tenggorokan gatal.


Obat Tenggorokan Gatal Teh Jahe



3. Minyak kayu putih

Steaming adalah pengobatan yang lakukan dengan minyak kayu putih, yaitu proses penguapan agar dapat melancarkan pernafasan dan mengencerkan dahak penyebab tenggorokan gatal dan batuk. Caranya: Siapkan 1 ember air panas. Tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih, aduk kemudian hirup uapnya. Untuk hasil yang maksimal, tutup ember dengan handuk supaya uap tidak pergi kemana-mana. Lakukan hal ini selama 10-15 menit. 


4. Kumur air garam 

Gunakan air garam sebagai air kumur. Garam bekerja sebagai penghilang panas. Sebab, panas menyebabkan tenggorokan kering dan terasa sakit. Garam bermanfaat sebagai antiseptik yang mampu membersihkan lendir di tenggorokan. Kumur-kumur selama 10 detik lalu ludahkan dan usahakan untuk tidak menelannya.


 5. Sup ayam 

Sup ayam selain enak dan mudah dibuat juga membantu melegakan tenggorokan. Kaldu sup ayam bermanfaat dapat menghangatkan tubuh dan meringankan iritasi pada tenggorokan. Sup ini sangat efektif untuk merangsang pengeluaran lendir di tenggorokan.


6. Bawang

Bawang dapat mengobati tenggorokan gatal walaupun tidak banyak yang tahu. Cara membuatnya: Cacah  beberapa siung bawang dan masukkan pada setengah cangkir gula putih. Aduk sampai benar-benar rata dan didiamkan selama 1 malam penuh. Gula putih akan mencair dan bercampur dengan cacahan bawang seperti sirup. Untuk mempercepat proses ini, didihkan racikan obat tenggorokan gatal ini beberapa menit dalam api kecil. Minum ramuan ini sebanyak 1 sdm. setiap 2 jam sekali. 


Obat Tenggorokan Gatal Bawang


7. Pisang 

Obat Tenggorokan Gatal Pisang


Mengkonsumsi pisang segar dianjurkan sebagai obat tenggorokan gatal. Pisang bertekstur lembut, mudah dicerna dan sangat kaya dengan antioksidan. Selain itu, pisang mengandung vitamin C yang tinggi untuk tubuh sehinggacocok digunakan untuk mengatasi peradangan dan meningkatkan daya tahan tubuh.




8. Air putih 

Pada saat tenggorokan gatal maka tubuh akan dehidrasi, tenggorokan kekurangan lendir dan air sebagai pelumas. Oleh karena itu, meminum air putih 9 gelas per hari sangat penting ketika cuaca panas.


9. Susu dan kunyit 

Minum susu yang dicampur kunyit mampu membantu meringankan tenggorokan gatal. Cara membuatnya, rebus secangkir susu dan tambahkan 1 sendok teh kunyit bubuk. Minum setiap malam sebelum tidur.





10. Cuka sari apel 

Cuka apel cukup lama digunakan untuk pengobatan rumahan dan bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah sebagai obat tenggorokan gatal. Cara membuatnya cukup sediakan satu gelas air panas, tambahkan satu sdm cuka sari apel dan madu. Aduk rata dan minum secara rutin.




Related Posts

Obat Tenggorokan Gatal Efektif Berkhasiat Yang Harus Kamu Coba
4/ 5
Oleh

Artikel Menarik Lainnya

loading...