Adsense

Kegunaan Asam Mefenamat Terlengkap Beserta Dosis, Efek Samping 30+

Apakah Anda tahun asam mefenamat? Bagi Anda yang pernah sakit gigi dan pergi ke dokter biasanya akan diberikan obat penghilang rasa nyeri. Nah itulah yang disebut asam mefenamat. Waktu sakit gigi dokter sering memberikan asam mefenamat. Manfaat asam mafenamat yang paling utama adalah untuk meredakan nyeri.

Kegunaan Asam Mefenamat


Apa Itu Asam Mafenat??

manfaat asam mafenamatAsam mefenamat sendiri adalah salah satu obat yang mengandung mefenamic acid. Obat ini terdapat dalam bentuk kaplet selaput, tablet dan suspensi. Asam mefenamat ini memiliki rumus molekul C15H15NO2 dengan nama kimia N-(2,3-Xylyl) anthranilic acid. Obat ini termasuk kelompok anti inflamasi  non steroid yang menghambat sintesa prostaglandin dalam jaringan tubuh dengan menghambat enzim cyclooxygenase sehingga mempunyai fungsi sebagai antiinflamasi (anti peradangan), analgesik (anti nyeri), dan antipiretik (menerunkan demam).


Dosis Asam Mefenamat dan Cara Pemakaian


Asam mefenamat tersedia dalam bentuk tablet, kaplet, kapsul dan sirup. Pada beberapa sediaan tablet dan kapsul dibuat lapisan salut selaput, hal ini difungsikan agar obat tidak hancur dan melukai lambung. Kekuatan sediaanya adalah sebagai berikut:
  • Kekuatan dosis asam mefenamat sirup : 50 mg/ 5 ml
  • Kekuatan dosis asam mefenamat tablet, kaplet dan kapsul : 250 mg dan 500 mg.


Dosis penggunaan asam mefenamat umumnya adalah:
  • Dosis penggunaan asam mefenamat disesuaikan dengan kondisi pasien, sehingga gunakanlah obat sesuai dengan dosis dan anjuran yang diberikan oleh doker atau apoteker.
  • Tidak direkomendasikan untuk anak < 14 tahun
  • Anak 14 tahun – dewasa : awal 500 mg, kemudian dilanjutkan 250 mg setiap 6 jam. Tidak boleh lebih dari 7 hari untuk nyeri akut dan 3 hari untuk nyeri haid



Kegunaan atau Manfaat Asam Mefenamat

Asam mefenamat dimanfaatkan utamanya sebagai obat berbagai penyakit. Obat dari asam mefenamat ini dapat mengatasi nyeri ringan seperti sakit gigi, sakit kepala, nyeri pasca operasi, nyeri otot, nyeri yang disebabkan oleh trauma, dan disminore primer (nyeri saat menstruasi). Berikut ini deskripsi manfaat asam mefenamat :

Mengatasi nyeri yang disebabkan oleh trauma

Sama halnya dengan nyeri pasca operasi, nyeri yang diakibatkan oleh trauma disebabkan oleh terputusnya keberlangsungan hubungan antar jaringan tubuh yang di rasakan oleh otak menjadi rasa sakit. Obat asam mefenamat ini bisa digunakan untuk membantu proses kejiwaan seseorang akibat trauma berlebihan. Walaupun masalah psikologis tidak bisa disembuhkan dengan obat fisik, namun tetap saja membutuhkan dukungan obat fisik seperti manfaat asam mafenamat untuk mengatasi nyeri yang tiba-tiba muncul.

Kegunaan Asam Mefenamat untuk Mengatasi nyeri pasca operasi

Pada nyeri ini disebabkan oleh terputusnya kontinuitas jaringan yang merangsang tubuh, mengeluarkan prostaglandin yang diterjemahkan oleh otak menjadi rasa sakit. Lalu dapat menyebabkan peradangan di daerah tersebut. Asam mefenamat dapat mengurangi keluarnya prostaglandin sehingga rasa sakit yang kita rasakan dapat berkurang dan hilang.

Mengatasi nyeri saat menstruasi

Nyeri yang ditimbulkan saat menstruasi memang normal tetapi pada beberapa orang rasa sakit ini tidak dapat ditahan sehingga dokter memberikan resep asam mefenamat ini. Saat menstruasi, rahim akan berkontraksi dan meradang untuk meluruhkan dinding dalam rahim oleh sebab itu seseorang akan merasakan sakit sebelum dan saat proses ini.

Manfaat asam mafenamat dapat menurunkan volume pendarahan yang parah saat menstruasi. Obat ini dapat mempengaruhi kesuburan. Dokter akan memberikan obat ini dari hari pertama menstruasi atau saat ada gejala akan menstruasi, umumnya akan dikonsumsi selama 2-3 hari.

Mengatasi nyeri otot

Kegunaan Asam Mefenamat , Nyeri otot biasanya disebabkan oleh kakunya otot. Nyeri otot membuat kita merasa tidak nyaman dan tidak jarang kita merasa gelisah. Nyeri yang bisa terjadi di tangan, kaki, kepala, pinggang, atau bagian tubuh lainnya ini utamanya di sebabkan karena otot yang kurang relaks dan terlalu sering berkontraksi. Banyak obat-obat penghilang rasa nyeri yang bisa di dapatkan dengan mudah di apotek. Bahan obat-obat nyeri otot tersebut utamanya adalah manfaat asam mefenamat.

Mengatasi nyeri di kepala

Nyeri di kepala sejatinya ada dua jenis. Pertama nyerinya di timbulkan akibat beban pikiran akibat stress, yang mana salah satu gejalanya adalah migrain. Jenis nyeri yang kedua adalah nyeri yang diakibatkan oleh gangguan syaraf yang menimbulkan kejang-kejang. Pemberian obat mefenamat bisa diberikan untuk kedua nyeri tersebut, namun penggunaannya lebih banyak di berikan untuk mengatasi nyeri di kepala akibat beban pikiran seperti migraen dan headache.

Kegunaan Asam Mefenamat Mengatasi Nyeri pada Gigi

Kegunaan Asam Mefenamat , Nyeri pada gigi ini bisa disebabkan oleh berbagai masalah seperti adanya karang gigi, terjadinya penyakit rahang, gigi berlubang, dan masih banyak lagi. Sakit gigi bisa juga menjadi gejala penyakit, namun juga bisa menjadi sumber penyakit. Sakit gigi ditandai terjadinya nyeri pada gigi, penanganan yang bisa dilakukan oleh medis salah satunya yaitu dengan memberikan obat penghilang rasa nyeri dari asam mefenamat.


Kontraindikasi

Harap perhatikan! Tidak semua orang aman menggunakan asam mefenamat, ada beberapa kondisi orang yang tidak direkomendasikan untuk mengkonsumsi obat ini, diantaranya adalah:

Anak-anak < 14 tahun
Penderita dengan kerusakan hati dan ginjal.
Ibu menyusui, karena asam mefenamat dikeluarkan melalui ASI.
Wanita hamil terutama pada periode kehamilan akhir karena dapat menyebabkan penutupan duktus arteriosus yang prematur pada janin. Duktus arteriosus adalah pembuluh darah janin selama dalam kandungan yang digunakan untuk sistem pernapasan. Pada kondisi normal, secara otomatis duktus arteriosus akan menutup saat bayi dilahirkan.
Pasien sebelum atau sesudah menjalani operasi bypass karena dapat meningkatkan risiko stroke dan infark miokard (kematian jantung).
Memiliki gangguan pencernaan seperti pendarahan, tukak, radang dan perforasi lambung atau usus.
Orang yang diketahui memiliki riwayat alergi terhadap asam mefenamat atau aspirin, serta komponen-komponen lain obat di dalamnya.


Peringatan dan Perhatian

Sebelum dan selama menggunakan obat asam mefenamat  ini, perhatikan hal-hal berikut:

  • Jika mengalami efek samping yang parah dan berkepanjangan hentikan penggunaan dan segera hubungi dokter atau apoteker.
  • Jangan diminum dalam keadaan perut kosong, minumlah setelah makan untuk menghindari efek samping pada saluran pencernaan.
  • Asam mefenamat tidak direkomendasikan untuk ibu hamil dan menyusui, oleh karena itu sampaikan kepada dokter atau apoteker jika Anda sedang hamil atau menyusui.
  • Hati-hati pada pasien dengan gangguan pencernaan, tukak dan pendarahan saluran cerna. Jika terjadi diare parah segera konsultasikan ke dokter atau apoteker karena perlu adanya penyesuaian dosis atau penghentian obat secara bertahap.
  • Penggunaannya harus hati-hati pada orang yang memiliki riwayat anemia, asma, infark miokardiak, stroke, penyakit jantung, gangguan ginjal dan gangguan hati karena dapat meningkatkan risiko efek samping.
  • Selama mengkonsumsi asam mefenamat jangan menggunakan obat lain tanpa sepengetahuan dokter atau apoteker. Karena ada beberapa obat yang bila digunakan secara bersamaan dapat meningkatkan risiko efek samping misalnya antikoaguan (anti penjendalan darah).
  • Jangan menggunakan obat ini tanpa petunjuk dan anjuran dokter atau apoteker.


Manfaat Rumput Fatimah Terlengkap 15+

Efek Samping Asam Mefenamat


Seperti halnya dengan obat-obat lainnya, asam mefenamat juga berpotensi menyebabkan efek samping. Efek samping yang umum terjadi diantaranya:

  • Penggunaan terus menerus dengan dosis 2000 mg atau lebih sehari dapat mengakibatkan agranulositosis (berkurangnya jumlah granulosit) dan hemolitik anemia (anemia akibat sel darah merah mati lebih cepat).
  • Reaksi alergi yang biasanya ditanda dengan munculnya rasa gatal pada kulit, kemerahan, bengkak pada lidah dan kulit dan kesulitan bernapas.
  • Meningkatkan risiko penyempitan otot pernapasan (bronkospasme) yang dapat memicu serangan asma.
  • Meningkatkan risiko pendarahan dan penyakit kardiovaskuler
  • Pusing, vertigo dan sakit kepala.
  • Gangguan pencernaan seperti mual, muntah, iritasi lambung, sakit perut, nyeri ulu ati, diare, konstipasi, dispepsia dan kolik


Efek samping tersebut tidak selalu terjadi di setiap orang, bilapun terjadi memiliki tingkat keparahan yang berbeda tergantung dengan kondisi tubuh. Untuk menghindari hal tersebut maka penggunaanya harus sesuai dengan anjuran dokter atau apoteker. Jika mengalami efek samping jangan panik, segera hentikan pemakaian dan hubungi dokter atau apoteker.