Adsense

Kegunaan Sianida Lengkap dari Berbagai Bidang Lengkap Beserta Bahayanya 30+

Tahukah kamu apa itu sianida sianida biasanya sangat identik dengan kata racun kita ketahui belum lama ini terdapat kasus akibat racun sianida. Memang benar sianida merupakan salah satu jenis racun bahan beracun tersebut sangat mematikan, namun berbeda dengan pandangan kimia. Pada pandangan kimia sianida bukanlah sebuah racun tetapi ia merupakan sebuah ikatan yang memiliki 3 rangkap yaitu antara atom karbon dan nitrogen dimana atom karbon dan nitrogen tersebut menjadi suatu kombinasi yang dapat membentuk sebuah senyawa.

gambar kegunaan sianida

Ternyata senyawa tersebut jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dapat menyebabkan keracunan seperti kasus mirna saat itu. Namun perlu diketahui meskipun sianida merupakan jenis racun tetapi, sianida ini memiliki manfaat tersendiri, karena kita tahu bahwa tiada yang tersisa di dunia ini tanpa adanya manfaat. Begitu pula dengan sianida ini. Untuk itu mari kita mengenal manfaat sianida, adapun beberapa manfaat sianida adalah sebagai berikut :


Manfaat sianida


Kegunaan Sianida Membantu dalam proses penambangan emas maupun perak

Fungsi dari senyawa sianida adalah ia mampu untuk membantu proses penambangan emas maupun peark, sianida berufngsi untuk ekstraksi emas, dimana emas tersebut berukuran nano maupun mikro yang berasal dari batua. Jenis sianida yang digunakan dalam ekstraksi emas adalah sianida alkali atau alkali sianida. Karena sangat banyak jenis sianida maka setiap jenis tersebut memiliki fungsi dan manfaat masing-masing yang berbeda-beda.

Logam emas dapat larut dala siania sehingga larutan tersebut menjadi karbon aktif atau sering disebut dengan granular resin anion sehingga dapat membut dan membantu proses penyaringan partikel kasar pada penambangan emas. Tidak hanya itu senyawa komplek dari larutan sianida pun dapat digunakan untuk pelarutan emas dalam sebuat proses sianidasi.

Membantu penindustrian dalam membuat warna

Manfaat lain dalam bidang industri dari sianida adalah dapat membantu membuat prussian Blue, atau zat kimia biru, dimana zat tersebut merupakan zat yang sangat dibutuhkan dalam pembuatan warna. Prussian blua atau sering juga disebut dengan Berin Blue ini atau disebut juga dengan sebutan biru berlin ini merupakan reaksi kimia antara larutan alkali dengan larutan sianida sehingga membentuk biru berlin, dengan demikian pigmen warna biru berlin ini dapat didapatkan ketika mengabungkan zat alkali dengan zat sianida dan juga lauratan jenuh dari besi III kloirda.

Dengan adanya kombinasi tersebut dapat membantu pigmen warna menjadi terbentuk dengna baik. Pigmen biru ini tentu sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Adapun manfaat pasti dari pigmen biru ini biasanya digunakan untuk cat, atau pun tinta. Sehingga mengapa tinta ataupun cat tidak boleh sampai kemakan karena ia mengandung beberapa kandungan sianida, dimana hal tersebut tentu dapat membahayakan pula.

Untuk membunuh hama

Hama tidak hanya terletak pada pertanian saja atau disalah saja tetapi, ternyata sama juga ada di rumah diantaranya adalah kuman tikus tikus yang ada di rumah rumah atau di gudang. Untuk itu anda memerlukan senyawa sianida ini untuk membasmi hama tersebut, namun yang perlu diingat adalah jangan menggunakan senyawa sianida secara berlebihan, karena hal itu dapat meracuni diri si pemberi sianida itu sendiri. Oleh karena itu sebelum menggunakan sianida, ketahuilah takaran yang pas dalam menggunakan sianida agar tidak membahayakan anda.

Untuk penelitian Laboratorium

Ternyata asam sianida ini dipakai untuk melakukan penelitian laboratorium, terutama bagi sianida yang berbentuk larutan dimana larutan itu memiliki kadar 2%. Asam sianida dalam bentuk larutan dimanfaatkan untuk melakukan reaksi proses kimia sintesis.

Digunakan dalam industri logam

Manfaat lain yang dapat diperoleh dari sianida adalah dapat digunakan untuk mempermudah industri logam, bahkan sianida sudah dikonsumsi kurang lebih 13% secara global dimana konsumsi yang tersebut digunakan untuk mengolah pertambangan. Dalam mengelola pertambangan tersebut dapat digunakan untuk memulihkan sayang perak emas dan juga tembaga.

Bermanfaat dalam bidang fotografi

Manfaat yang tidak dipercaya lainnya adalah sianida dapat digunakan dalam bidang fotografi, sianida memang berfungsi sebagai zat pembersih sehingga ia baik untuk membersihkan komponen-komponen yang digunakan dalam bidang fotografi

Kegunaan Sianida Bermanfaat dalam bidang pertanian

Memang racun ini atau sianida ini merupakan salah satu jenis gas bahasa itu dalam bentuk gas padat ataupun cair yang dapat mematikan, karena sianida ini terbentuk secara alami maka sangat sulit bagi mereka untuk menghindari zat-zat yang ada pada sianida. Tetapi tidak perlu khawatir ternyata ia memiliki manfaat yang sangat baik dalam pertanian. Sianida bermanfaat untuk membasmi hama yang ada pada pertanian dan mengganggu proses pertanian.

Sebagai pil bunuh diri

Hal ini memang terlihat aneh, namun memang manfaat dari sianida adalah untuk pin bunuh diri yang biasanya digunakan oleh mata-mata pilih sering berasal dari asam prussic, di mana bentuk dari racun sianida ini adalah padat

Untuk famugasi

Kegunaan Sianida dalam bentuk gas atau hidrogen sianida ternyata sering digunakan memfumugasikan gudang ataupun area di sekitar cargo kapal tentu senyawa ini dapat disimpan dalam bentuk cairan. Dengan menggunakan senyawa ini akan membantu membersihkan kargo kapan sehingga kapal akan mudah dikendarai.

Digunakan untuk memproses film penghapus emas

Sianida dapat bermanfaat untuk memproses film penghapus emas yang terletak pada biji hal ini dapat dilakukan dengan listrik atau logam yang sangat bersih dan dengan membuat kertas ataupun dengan menggunakan plastik.


Itulah beberapa yang dapat anda peroleh dari Kegunaan Sianida atau manfaat senyawa sianida, perlu diketahui dengan pasti bahwa jenis yang dia tidak hanya satu janis untuk saja tetapi sianida memiliki beberapa jenis seperti bentuk cair padat maupun gas. Untuk mewaspadai agar tidak terjadi hal-hal yang buruk pada diri anda perlu ditegaskan sekali lagi bahwa menggunakan sianida harus sesuai dengan takarannya. Tidak hanya sianida obat apapun bila digunakan secara berlebihan akan mengalami kegagalan dalam reaksi sehingga akan menyebabkan penyembuhan tetapi dapat menyebabkan gejala-gejala penyakit yang bahkan sampai mematikan. Dengan mengetahui manfaat sianida ini tentu akan membuat anda lebih bijak dalam menggunakan sianida.

Baca Juga











Nah terus untuk kesehatan, apa sih dampaknya ?

  • Semua orang berpotensi terpapar sianida. Salah satunya orang yang sering merokok atau terpapar asap rokok.
  • Sianida juga pernah digunakan bersamaan bahan kimia lainnya, pada perang Iran dan Irak tahun 1980. 
  • Dalam beberapa kasus pembunuhan, racun sianida adalah yang paling banyak digunakan. Hal ini dikarenakan sianida bisa memicu kematian dalam hitungan menit. Mereka langsung menyerang organ pusat dalam tubuh yang penting seperti jantung dan otak.
  • Saat masuk ke dalam tubuh, racun sianida menghambat kerja enzim cytochrome-x-oxidase yang terletak di mitokondria. Enzim ini berfungsi mengikat oksigen guna memenuhi kebutuhan pernapasan sel. Nah, jika enzim tersebut tidak bekerja dengan baik karena dihambat oleh racun sianida, sel-sel tubuh akan mengalami kematian.
  • Apabila mengkonsumsinya dalam jumlah besar, sianida bisa menghilangkan kesadaran, kejang, cedera paru, tekanan darah rendah, lambatnya denyut jantung dan gagal pernapasan.
  • Dalam jumlah kecil, penggunaan sianida dalam tubuh bisa menyebabkan sakit kepala, pusing, muntah, mual, lemah, peningkatan denyut jantung, dan gelisah.
  • Dalam industri manufaktur, sianida kerap kali digunakan untuk membuat kertas, tekstil, dan plastik. Dalam bentuk gas, sianida digunakan sebagai bahan pembasmi hama. 
  • Sianida memiliki ciri khas bau yang menyerupai almond pahit. Akan tetapi, tak semua sianida mengeluarkan bau ini. 
  • Sejumlah peneliti menemukan lebih dari 2.000 spesies tanaman dapat melepaskan sianida. Kandungan yang dikeluarkan pun juga bervariasi. Tanaman tersebut antara lain adalah singkong, almond, aprikot, bahkan apel.
  • Sianida adalah bahan kimia yang bisa ditemukan di mana saja. Bahan ini juga terkandung dalam asap rokok dan produk pembakaran bahan sintetis, seperti plastik.
  • Sianida punya bentuk yang beragam. Dari mulai sianida padat, cair, dan gas yang tidak terlihat dan tak berwarna.
  • Sianida adalah bahan toksik yang bekerja cepat dan menyebabkan kematian dalam hitungan detik.