Adsense

31 Manfaat dan Khasiat Daun Kersen Bagi Kesehatan Tubuh yang Sangat Berguna

Manfaat dan Khasiat Daun Kersen


Mengatasi kolesterol yang tinggi

Manfaat dari daun kersen yang lainnya adalah sebagai obat yang dapat mengatasi kolesterol yang tinggi. Caranya dengan meminum air rebusan daun kersen dan diminum 3x setiap hari.

Sebagai Antiseptik

Daun kersen karena kandungan flavonoid, tannin, dan juga saponin ini dapat menjadi antiseptik yang membunuh mikroba dan berbagai bakteri.

Anti inflamasi

Diatas sudah disebutkan bahwa daun kersen juga dapat menurunkan gejala radang dan juga inflamasi.

Khasiat Daun Kersen sebagai  Pereda nyeri

Nyeri yang timbul di tubuh bisa Anda atasi dengan daun kersen. Daun ini punya kandungan alami yang fungsinya sangat pas untuk meredakan rasa nyeri yang menyerang tubuh Anda tanpa efek samping sama sekali.

Anti hipertensi

Daun kersen juga dapat digunakan sebagai obat anti hipertensi. Caranya dengan membuat minuman dari serbuk daun kersen dan diminum 2x sehari.

Khasiat Daun Kersen Sebagai pengontrol fungai otot jantung

Manfaat yang lain dari daun kersen adalah dapat menjaga fungsi otot jantung. Hal ini dibuktikan dengan sebuah penelitian bahwasannya daun kersen dapat bekerja sangat aktif untuk melindungi fungsi otot jantung.

Mencegah perkembangan tumor

Daun kersen ini dikenal sebagai daun yang memiliki banyak sekali manfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Salah satu Khasiat Daun Kersen adalah untuk mencegah pertumbuhan tumor. Daun kersen ini memiliki kandungan flavonoid, tannin dan saponin. Selain itu, air rebusan daun kersen juga bisa menjadi antiseptik yang sangat bagus, dan akan mencegah peradangan serta inflamasi.

Melancarkan aliran darah

Salah satu manfaat daun kersen yang juga penting adalah melancarkan aliran darah Anda. Daun ini akan membuat peredaran darah Anda ke seluruh tubuh menjadi lebih lancar dan juga terhindar dari penyakit penyumbatan darah.

Sebagai obat mengatasi diabetes

Tidak hanya buah kersen saja yang dikenal sebagai obat mengatasi diabetes, namun daun kersen juga dapat dijadikan obat mengatasi diabetas ini. Sejak zaman dahulu, daun kersen dikenal sebagai ramuan alami yang digunakan untuk mengatasi gula darah yang tinggi. Karena kandungan saponin dan flavonoidnya yang cukup tinggi, daun kersen mampu menyereksi hormon insulin yang sangat dibutuhkan tubuh untuk metabolisme gula.

Khasiat Daun Kersen Baik untuk diet

Siapa saja yang ingin diet patut mencoba daun kersen. Daun ini bisa menjaga berat badan Anda menjadi ideal. Itulah mengapa selain mengonsumsi makanan yang sehat, Anda juga disarankan untuk menggunakan daun ini.

Ada lagi manfaat lainnya, yaitu:


  • Menetralkan toksin atau racun.
  • Mencegah penyakit jantung. 
  • Mencegah kanker. 
  • Meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh. 
  • Antioksidan yang tinggi. 


Cara Mengolah Daun Kersen 

  • Untuk mendapatkan manfaat daun kersen secara optimal, maka Anda harus tahu bagaimana menyajikannya.
  • Daun kersen yang sudah tua lebih baik karena mengandung nutrisi dan zat anti inflamasi yang lebih kuat, sehingga prose penyembuhan luka dan pencegahan peningkatan asam urat relatif cepat.
  • Untuk luka baru, borok menahun, eksim, pendarahan diluar tubuh atau bekas luka yang ingin dipudarkan. Caranya bisa dengan diremas dengan tangan, ditumbuk, atau di blender lalu dioleskan pada kulit yang sakit. Lakukan 3 kali sehari agar mempercepat penyembuhan luka dan peradangan. 
  • Khasiat Daun Kersen dapat juga dibuat jus lalu diminum tanpa ditambah gula, madu atau yang lain, tujuannya agar khasiat daun kersen dapat bekerja dengan maksimal didalam tubuh. 
  • Cara lainnya yang dapat Anda praktekkan yaitu dengan menggunakan seduhan serbuk daun kersen yang sebelumnya telah di keringkan. Sama seperti sebelumnya, Anda dapat mengonsumsinya 2-3 kali dalam sehari satu gelas setiap kalinya. 
  • Kebanyakan orang mengolah daun kersen untuk mengobati penyakit dengan cara merebus daun nya tanpa di campur dengan bahan lain. Caranya, ambil 10 helai daun kersen lalu bersihkan sampai benar-benar bersih menggunakan air, kemudian rebus dengan dicampur 2 gelas air dan tunggu sampai air nya susut menjadi tinggal satu gelas saja. Minumlah 2-3 gelas perharinya, selama 2-4 hari. 


30+ Manfaat Kulit Delima Beserta Penjelasan Lengkap



Semoga artikel manfaat dan khasiat daun kersen ini dapat berguna bagi kalian, dan juga jangan lupa untuk tetap utamakan kesehatan kalian.