13 Khasiat dan Manfaat Mandi Air Hangat Selain Kesegarannya

manfaat, manfaat mandi air hangat, manfaat mandi air hangat bagi ibu hamil, manfaat mandi air hangat di pagi hari, manfaat mandi air hangat untuk burung, manfaat mandi air hangat sebelum tidur, manfaat mandi air hangat malam hari
Khasiat dan Manfaat Mandi Air Hangat Selain Kesegarannya

Mandi dengan air hangat sesekali Anda butuhkan sebagai refleksi tubuh dari keseharian pekerjaan yang padat. Biasanya mandi air hangat dipercaya untuk menghilangkan penat dan letih di tubuh. Namun tahukah anda selain hal itu ternyata mandi air hangat memiliki lebih banyak manfaat?


Adapun 13 Khasiat dan Manfaat Mandi Air Hangat Selain Kesegarannya antara lain :



Menghilangkan insomnia

Manfaat Mandi Air Hangat dapat menghilangkan insomnia. Insomnia adalah masalah kesehatan yang sulit untuk tidur pada malam hari. Pada umumnya tubuh memang memerlukan istirahat untuk menjalankan aktifitas pada besok harinya. Namun bagi penderita insomnia untuk menidrukan diri sangatlah sulit jadi mereka lebih banyak memilih untuk begadang. Jika dibiarkan terus menerus ini akan menganggu kesehatan dalam jangka waktu yang lama. Salah satu cara yang murah untuk mengatasi insomnia adlah dengan mandi air hangat sebelumnya. Mandi dengan tenang dan nikmati setiap air yang meresap kekulit agar bermanfaat untuk  tubuh


Menyehatkan jantung

Jantung merupakan salah satu organ vital yang berfungsi untuk memompa darah keseluruh tubuh. Jantung yang sehat membuat badan lebih segar dan buagar setiap harinya. Namun tahukah kamu bahwa bukan hanya dengan melakukan olahraga saja badan menjadi segar namun juga dengan manfaat mandi air panas jantung ikut sehat. Ini karena air panas melancarkan sirkulasi dari peredaran darah di dalam tubuh.



Diabetes

Penyakit diabetes merupakan masalah yang terjadi karena kadar gula dalam darah yang naik dalam tubuh sehingga menimbulkan komplikasi bagi tubuh. Diabetes dapat terjadi karena faktor keturunan yang mana resiko untuk terkena diabetes lebih beresiko bagi yang memiliki riwayat keluarga yang pernah terkena diabetes. Dan salah satu fakta terbaru yang ditemukan adalah diabetes dapat diatasi dengan mandi menggunakan air hangat yang mana air hangat berfungsi untuk menurunkan kadar gula dalam darah menjadi lebih seimbang.


Menghilangkan stres

Stres dapat terjadi karena banyaknya kegiatan yang dilakukan sehari – hari dan jadwal pekerjaan yang banyak sehingga anda mudah mengalami stres. Sedangkan untuk stres umumnya banyak dialami oleh pekerja kantoran yang di buru – buru jadwal kegiatan. Cara terbaik untuk menghilangkan stres adalah dengan mandi menggunakan air yang hangat dan suasana yang lebih tenang untuk berdiam diri.



Meredakan demam

Demam bisa menyerang siapa saja termasuk orang dewasa dan anak – anak. Demam terjadi karena cuaca yang tidak menentu sehingga langsung menyerang sistem kekebalan tubuh. Dan untuk meredakan demam dapat diatasi dengan meredakan demam menggunakan air yang hangat. Air hangat berfungsi untuk menurunkan kondisi panas tubuh dan pilek yang menyerang tubuh secara keseluruhan. Jadi cobalah untuk meredakan demam salah satunya dengan mandi menggunakan air hangat.



Manfaat Mandi Air Hangat dapat Melancarkan peredaran darah

Sirkulasi peredaran darah di dalam tubuh haruslah lancar karena ini berguna untuk mengoptimalkan kinerja dari setiap organ – organ di dalam tubuh untuk berfungsi sebagaimana mestinya. Begitu pentingnya peredaran darah sehingga jika terganggu saja akan mempengaruhi kesehatan seseorang. Dan manfaat mandi air panas adalah melancarkan peredaran darah. Terutama peredaran darah menuju keotak. Karena jika otak mengalami kekurangan darah makan bisa dipastikan anda akan terserang migrain.


Membersihkan tubuh secara keseluruhan

Tahukan kamu bahwa ternyata mandi dengan air hangat akan membuka seluruh pori – pori yang terdapat pada kulit kamu. Dengan dengan demikian semua kotoran akan keluar melalui pelebaran pori – pori karena air hangat. Sehingga pembersihan tubuh yang dilakukan dapat berjalan maksimal dan sesuai dengan keinginan kamu. Dan setelah selesai mandi ada baiknya menyiram tubuh dengan beberapa kali siraman untuk menutup kembali pori – pori yang terbuka tadi dengan menggunakan air yang dingin. Air dingin berfungsi untuk mengecilkan kembali ukuran pori – prori pada kulit.



Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mengutip dari Menprovement, mandi air dingin dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sebuah studi di Inggris menemukan bahwa mandi air dingin secara teratur meningkatkan sel darah putih yang dapat memerangi bibit penyakit. Mandi air dingin terbukti dapat meningkatkan tingkat kecepatan metabolisme dan aktivasi sistem imun.



Menjaga kesehatan rambut dan kulit

Mandi air panas kadang terpaksa dilakukan saat sakit. Namun jika sedang tidak sakit, mandi air dingin lebih dianjurkan. Air panas dapat membuat kulit kering. Selain itu, kulit juga berkurang drastis kelembaban serta kekenyalannya akibat air panas. Sedangkan air dingin dapat mengencangkan pori sehingga kotoran tak gampang masuk dan mengendap. Untuk rambut, air dingin membuat rambut lebih bersinar, kuat dan sehat. Jika memiliki kebiasaan menggunakan konditioner setelah keramas, maka penggunaan air dingin tak akan mengikis kandungan pelembab pada konditioner. 


Memberi tambahan energi sepanjang hari 

Sebelum menyesap kopi di pagi hari, mandi air dingin bisa jadi rutinitas yang mampu menyingkirkan rasa malas sekaligus meningkatkan kewaspadaan. Membayangkan mandi dengan air hangat memang menyenangkan apalagi udara pagi memang dingin. Namun, justru mandi air dingin lebih punya efek positif.  Dilansir dari Medical Daily, saat kulit bersentuhan dengan air dingin, tubuh merespons dengan menarik napas panjang sehingga asupan oksigen juga banyak. Detak jantung meningkat dan darah terpompa cepat ke seluruh tubuh. Mekanisme ini membuat tubuh punya energi sepanjang hari.  Mandi air dingin juga mampu meningkatkan kewaspadaan karena suhu dingin memicu otak untuk memproduksi hormon norepinefrin yakni sejenis adrenalin yang dapat membantu pikiran untuk waspada secara alami.



Manfaat Mandi Air Hangat dapat Menurunkan berat badan 

Mungkin ini informasi menarik bagi mereka yang sedang menjalankan program diet. Mandi air dingin rupanya dapat membantu menurunkan berat badan. Tubuh manusia mengandung dua jenis lemak yakni, lemak putih dan lemak coklat. Lemak putih adalah tumpukan lemak saat tubuh mengonsumsi kalori melebihi kebutuhan. Sedangkan lemak coklat adalah lemak baik yang kita gunakan untuk menghasilkan panas demi menjaga tubuh tetap hangat. Lemak jenis ini terbakar saat tubuh terpapar suhu dingin.  seperti manfaat belimbing wuluh .



manfaat, manfaat mandi air hangat, manfaat mandi air hangat bagi ibu hamil, manfaat mandi air hangat di pagi hari, manfaat mandi air hangat untuk burung, manfaat mandi air hangat sebelum tidur, manfaat mandi air hangat malam hari,

Nah itu lah artikel mengenai Manfaat Mandi Air Hangat dan Khasiat  nya , semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan .

0 Response to "13 Khasiat dan Manfaat Mandi Air Hangat Selain Kesegarannya"

Post a Comment