Adsense

22 Manfaat dan Khasiat Biji Mahoni Untuk Kesehatan

Siapa yang tidak tahu biji mahoni, bentuknya yang pipih dan berwarna coklat biasanya digunakan untuk bermain anak-anak dengan cara diterbangkan ke atas dan nantinya akan berputar layaknya baling - baling. Buah mahoni sekilas mempunyai warna yang mirip sekali dengan buah sawo. Buah Mahoni pun mempunyai pohon yang dimanfaatkan sebagai bahan tekstil.

Namun dilain hal biji mahoni mempunyai banyak sekali manfaat diantaranya seperti :


Eksema dan rematik

1/2 sendok teh serbuk biji mahoni diseduh dengan 1/2 cangkir air panas. Tambahkan 1 sendok makan madu. Diminum selagi hangat. Lakukan 3 kali sehari.

Melancarkan buang air besar

Khasiat biji mahoni juga ampuh dalam melancarkan buang air besar. Biji buah yang satu ini akan bekerja seperti sebuah serat yang mengikat banyak sisa makanan dalam organ pencernaan. Manfaatnya juga dapat memproses dan mengolah makanan yang Anda konsumsi agar benar-benar dapat dibuang dari dalam tubuh dengan lancar.

Demam, masuk angin

Obati demam dan masuk angin dengan ramuan mahoni. Caranya: 1/2 sendok teh serbuk biji mahoni diseduh dengan 1/4 cangkir air panas, lalu tambahkan 1 sendok makan madu. Diminum selagi hangat, lakukan 2-3 kali sehari.

Menambah Nafsu Makan

Jika anda sering hilang nafsu makan, maka mahoni bisa dijadikan sebagai solusi.

Menyehatkan organ jantung

Khasiat biji mahoni yang pertama adalah menyehatkan organ jantung Anda. Siapa sangka biji buah yang berukuran kecil ini punya manfaat yang besar untuk jantung. Anda dapat mencegah penyakit jantung seperti jantung koroner dan juga serangan jantung yang sering menyebabkan kematian pada penderitanya.

Tingkat Kehamilan

Daging buahnya yang dikonsumsi dapat meningkatkan kesuburan.

Nyeri Haid

salah satu cara untuk mengatasi nyeri saat haid adalah dengan menggunakan herbal mahoni. Makan sejumput buah mahoni pada hari pertama siklus menstruasi, akan mengurangi rasa sakit.

Mengurangi Alzheimer

Tambahkan biji buah mahoni pada makanan anda maka dapat dikurangi. Penyakit Alzheimer tidak dapat disembuhkan dan tidak regeneratif, oleh karena itu bentuk-bentuk bantuan untuk bertahan hidup seperti ini sangat diperlukan.

Mengatasi Sembelit

Biji mahoni juga dapat digunakan untuk mengobaati sembelit. Konsumsi buah ini dengan cara dihancurkan kemudian diminum bersama dengan air hangat untuk meredakan sembelit.

Penangkal Serangga

Biji mahoni yang diambil dalam bentuk bubuk, dapat berfungsi sebagai semacam semprotan penangkal serangga. Secara khusus, saponin dalam bijinya cenderung untuk mencegah serangga. Bagi orang-orang yang tinggal di iklim tropis atau yang tidak bisa menghindari kontak dengan serangga seperti nyamuk pembawa malaria, bubuk biji mahoni dapat digunakan sebagai suplemen untuk meningkatkan perlindungan terhadap penyakit yang ditularkan oleh serangga.

Mengontrol Gula Darah

Manfaat biji mahoni yang lainnya adalah dapat digunakan uintuk mengobati diabete atau penyakit gula darah. Caranya dengan mengkonsumsi 1/2 sdt biji mahoni bubuk dengan air hangat sebelum makan dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Kandungan saponin yang ada pada tanaman mahoni, langsung bertanggung jawab untuk membantu mengeluarkan gula darah. 

Hipertensi (Tekanan darah tinggi):

Manfaat pertama dari biji mahoni adalah untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Caranya: 8 gram biji segar diseduh dengan 2 gelas air panas. Setelah dingin disaring lalu dibagi menjadi 2 bagian. Minum pagi dan sore hari.

Penambah berat badan

Bagi Anda yang ingin menambah berat badan, Anda dapat mengonsumsi biji mahoni. Biji buah ini mengandung senyawa alami yang mampu membuat berat badan Anda naik dengan alami. Anda perlu mengecek berat badan ideal yang sesuai dengan tinggi Anda terlebih dahulu agar hasilnya lebih memuaskan setelah mengonsumsi biji ini.

Menambah kesuburan

Pasangan suami istri yang baru menikah pasti ingin segera memiliki momongan. Kesuburan yang sehat sangat penting untuk mencapai hal tersebut. Jika Anda ingin memiliki anak, Anda dapat mencoba manfaat biji mahoni. Biji buah ini berkhasiat dalam meningkatkan kesuburan baik pria dan wanita.

Menyehatkan organ pencernaan

Organ pencernaan seperti lambung dan juga usus perlu dijaga kesehatannya agar sistem pencernaan Anda juga berjalan dengan lancar. Untuk menyehatkan pencernaan, Anda dapat mencoba manfaat biji mahoni. Biji buah ini sangat baik untuk memberikan perlindungan kesehatan pada lambung serta usus.


Mencegah penyakit diare

Khasiat biji mahoni untuk mencegah diare didukung oleh sifat anti bakterinya. Perlu Anda ketahui bahwa diare muncul karena masuknya kuman serta bakteri ke dalam organ pencernaan Anda. Konsumsi biji buah ini lebih lanjut akan membuat tubuh Anda terbebas dari serangan bakteri penyakit diare.

Manfaat Mahoni yang Lainnya

Ekstrak buah mahoni dan biji mahoni bubuk keduanya merupakan suplemen gizi yang dapat diambil untuk berbagai hasil positif. Manfaat kesehatan dari buah mahoni dan biji mahoni lainnya meliputi :

  • menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • menurunkan membangun lemak dalam aliran darah
  • memerangi radikal bebas dengan antioksidan


Baca Juga : 30 Manfaat dan Khasiat Kolang Kaling 
yang Menakjubkan Untuk Kesehatan


Semoga artikel tentang manfaat dan khasiat Biji mahoni dapat bermanfaat untuk anda. Dan ingat untuk tetap utamakan kesehatan .