25 Khasiat dan Manfaat Kol yang Ternyata Sangat Kaya Gizi

Kol atau kubis merupakan salah satu tanaman sayuran terfavorit untuk dijadikan menu hidangan rumahan. Bahkan di beberapa tempat sayuran ini sangat populer sebagai lalapan yaitu hanya dimakan mentah-mentah tanpa dimasak terlebih dahulu sebagai pendamping lauk pauk. Ternyata kol selain lezat juga mempunyai kandungan manfaat bagi tubuh. Sungguh sangat bermanfaat kol ini .


manfaat, manfaat kubis, khasiat kubis, manfaat kubis ungu, manfaat kubis mentah, manfaat kubis bagi kesehatan, manfaat kubis untuk diet,
Khasiat dan Manfaat Kol yang Ternyata Sangat Kaya Gizi







Adapun 25 Khasiat dan Manfaat Kol yang Kaya Gizi adalah :



Baik untuk jantung

Kandungan kalium dalam kol sangat berperan untuk kesehatan jantung dan menjaga peredaran darah agar tetap sehat dan terhindar dari penyumbatan pembuluh darah ke jantung.


Baik untuk janin

Setiap janin membutuhkan asam folat, untuk itu ibu hamil yang mengkonsumsi kol juga dapat membantu kebutuhan gizi asam folat dengan konsumsi kol.



Sehat untuk pencernaan

Sayuran kaya akan serat, termasuk kubis, untuk itu jenis kol akan membantu menyehatkan pencernaan di bandingkan dengan konsumsi daging.



Melancarkan BAB

Seperti manfaat sayuran lainnya, manfaat kubis atau manfaat kol juga dapat menjadi sayur yang memudahkan melancarkan BAB, kandungan serat sayuran sangat membantu melancarkan BAB.




Mengatasi Sakit Kepala

Menggunakan daun kubis yang dikompres hangat dapat membantu mengurangi rasa sakit pada kepala. Selain itu, menghancurkan daun kubis dan meletakkannya di dahi juga dapat meringankan sakit kepala. Untuk sakit kepala kronis, membuat jus kubis 25-50 ml dapat membantu membasmi sakit kepala tersebut.


Kesehatan Tulang

Kol, sayuran yang sangat banyak mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, dan kalium. Mineral ini dikenal dengan kemampuannya untuk menjaga kesehatan tulang manusia.



Baik Untuk Mata


Kubis adalah sumber sayuran yang kaya beta-karoten, sebagian besar orang, terutama yang sudah ‘berumur’, beralih rutin mengkonsumsi kubis karena kemampuannya untuk mencegah degenerasi makula dan dapat meningkatkan kesehatan mata dan mencegah pembentukan katarak. Zat beta karoten dari beberapa penelitian dapat mengurangi kanker prostat.



Baik Untuk Otak

Kol atau kubis sumber sayuran yang sangat banyak vitamin K dan antosianin yang dapat membantu kesehatan mental dan konsentrasi otak. Nutrisi ini juga dapat mencegah kerusakan saraf, meningkatkan pertahanan membantu mencegah penyakit Alzheimer, dan demensia. Oleh karenanya kubis sangat bermanfaat untuk kesehatan otak anda.


Detoksifikasi Tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi dan sulfur dalam kol dapat membantu menghilangkan racun (radikal bebas). Radikal bebas ini adalah salah satu faktor penyebab utama arthritis, penyakit kulit, rematik dan asam urat.



Manfaat Kol dapat Menurunkan Berat Badan

Kol merupakan salah satu jenis sayuran yang paling dianjurkan untuk orang yang ingin menurunkan berat badan dengan cara alami yang sehat. Kol memiliki banyak kandungan vitamin yang bermanfaat, mineral, dan zat gizi lainnya, anda dapat memakan kol dalam jumlah yang banyak karena memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dan rendah kalori, ia tidak akan menyebabkan berat badan anda.



Mengandung vitamin C

Tidak hanya buah-buahan seperti pada jeruk, anggur atau pada apel terdapat kandungan vitamin C, kol juga memilikinya sehingga akan menjadikan sistem imun yang lebih kuat. Vitamin C juga sangat baik untuk merawat kesehatan kulit seperti juga pada manfaat minyak zaitun dan manfaat minyak almond. seperti khasiat daging buaya


Mengontrol tekanan darah tinggi

Kalium memang senyawa yang baik untuk mengurangi gejala hipertensi, tingginya kandungan kalium dalam Kol/Buncis membuatnya merupakan salah satu makanan yang disarankan untuk darah tinggi.



Mencegah kanker

Golongan kubis-kubisan seperti kol memiliki zat yang mampu memerangi sel kanker dalam tubuh. Zat tersebut akan merangsang enzim untuk menahan laju pertumbuhan tumor. Penelitian di Cina juga menghasilkan wanita yang mengkonsumsi sejumlah sayuran seperti kol, brokoli mengalami penurunan resiko terjadinya gejala kanker payudara.



Membantu pembentukan sel darah merah

Zat besi merupakan komponen yang membuat proses pembentukan sel darah merah lebih produktif, sehingga menghindarkan diri dari gejala anemia. Mengkonsumsi kol dapat disandingkan dengan jus jeruk, karena manfaat jeruk mampu mengoptimalkan penyerapan zat besi dari manfaat kol.


Membantu mengeluarkan racun pada tubuh

Manfaat sayur kol yang lain adalah untuk membantu mengeluarkan racun pada tubuh. Kandungan sulfur serta antioksidan dalam kol membantu mengeluarkan zat sisa racun yang dapat mengganggu kesehatan. Kandungan vitamin C pada kol juga bermanfaat untuk mengganti sel sel tubuh yang rusak.



Menjaga kecantikan kulit dan mencegah jerawat

Selain mengandung vitamin C dan E, dalam kol juga terdapat kandungan sulfur. Sulfur ini membantu melawan jamur serta bakteri yang menyebabkan jerawat. Untuk menggunakan kol sebagai masker untuk mencegah jerawat, sobat cukup menghaluskan kol kemudian gunakan sebagai masker pada wajah. Diamkan 10 – 15 menit sebelum dibilas dengan air hingga bersih.



Mencegah penuaan dini

Kandungan vitamin C dan vitamin E serta ditambah dengan kandungan antioksidan pada kol bermanfaat untuk membantu mencegah terjadinya penuaan dini. Kandungan kol tersebut membantu menjaga regenerasi dan kesehatan kulit.



Manfaat Kol dapat Mencegah anemia

Dalam kol terdapat kandungan zat besi, yang mana zat besi ini bermanfaat dalam proses pembentukan sel darah merah. Zat besi ini yang membantu mencegah anemia pada tubuh.



Mencegah peradangan

Kol mempunyai kzndungan zat glutamine. Glutamine ini merupakan agen anti inflamasi yang kuat, hal ini menjadikan kubis bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi peradangan seperi iritasi, demam, dan bermacam macam gangguan pada kulit.


Mencegah terjadinya sembelit

Seperti yang sudah diketahui, kol mengandung serat yang cukup tinggi. Serat ini yang membantu melancarkan sistem pencernaan sehingga mencegah terjadinya sembelit.



Membantu progam diet

Kol mempunyai kandungan kalori yang cukup rendah sehingga membuat kol menjadi pilihan lain sebagai menu diet. Selain mempunyai kandungan kalori yang cukup rendah, kol juga mempunyai kandungan serat yang bermanfaat untuk menjaga kelancaran sistem pencernaan.



Membantu mengatasi pembengkakan payudara pasca melahirkan

manfaat sayur kol115Pasca melahirkani bunda akan dihadapkan masalah pada payudara. Payudara biasanya akan membengkak dan menimbulkan rasa sakit atau istilah jawa nawoni. Untuk mengatasi masalah ini bunda dapat menggunakan kol sebagai obatnya. Ambil satu buah kol lalu lubangi menyerupai bentuk payudara. Taruh kol tad dalam freezer sampai mengeras. Setelah mengeras gunakan kol tadi untuk mengompres payudara. Letakkan payudara kedalam lubang kol lalu tutup dengan bra. Biarkan kol mencair dan sampai kol layu seperti direbus.



Manfaat Kol dapat Mencegah morning sickness

Mengkonsumsi kol secara rutin juga membantu mringankan gejala morning sickness pada ibu hamil.



Membantu megatasi sariawan

Sudah bukan rahasia lagi kalu vitamin C ini bermanfaat untuk membantu mengatasi sariawan. Betipula kandungan vitamin C pada kol, mengkonsumsi kol secara rutin dapat membantu mengatasi masalah sariawan.



manfaat, manfaat kubis, khasiat kubis, manfaat kubis ungu, manfaat kubis mentah, manfaat kubis bagi kesehatan, manfaat kubis untuk diet,


Nah itu lah artikel mengenai Manfaat dan Khasiat  nya , semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan .

0 Response to "25 Khasiat dan Manfaat Kol yang Ternyata Sangat Kaya Gizi"

Post a Comment