30+ Khasiat dan Manfaat Air Cucian Beras, Jangan Dibuang!

khasiat air cucian beras, manfaat air cucian beras, air cucian beras, kegunaan air cucian beras, manfaat, manfaat air cucian beras untuk rambut, manfaat air cucian beras untuk tanaman, manfaat air cucian beras untuk tanaman anggrek, manfaat air cucian beras untuk tubuh
Khasiat dan Manfaat Air Cucian Beras, Jangan Dibuang!


Beras mengandung beberapa zat yang dapat digunakan untuk kecantikan. Kandungan yang ada dalam beras tersebut biasa disebut dengan oryzanol. Kandungan ini memiliki kemampuan untuk menangkal sinar ultaviolet ke dalam kulit sehingga sangat baik bagi kesehatan kulit. Cucian air beras sendiri memang bisa langsung digunakan asalkan menggunakan air yang bersih. Selain dari cucian air beras, beras dan air bisa dihaluskan dan diambil sarinya.


Adapun beragam Khasiat dan Manfaat Air Cucian Beras sebagai berikut :



Menutrisi dan Menyegarkan Kulit 
Sebagaimana bulir serealia lain, bagian terbesar beras didominasi oleh pati (sekitar 80-85%). Pati beras tersusun dari dua polimer karbohidrat, yaitu amilosa, pati dengan struktur tidak bercaban dan amilopektin, pati dengan struktur. Beras juga mengandung protein, vitamin (terutama pada bagian aleuron), mineral dan air. Kandungan mineral, vitamin, serta antioksidan yang ada pada beras dapat menutrisi dan menyegarkan kulit.

Sebagai Kondisioner Rambut 
Kebanyakan dari kita belum mengetahui bahwa air cucian beras bisa juga berfungsi sebagai kondisioner rambut. Air beras adalah kondisioner rambut alami yang sangat baik, ramah lingkungan, serta dapat membuat rambut lebih lembut, mengembang dan berkilau. Cara menggunakannya cukup mudah. Siapkan air beras, tambahkan beberapa tetes minyak esensial pilihan Anda. Lalu aplikasikan pada rambut yang sudah dikeramas, diamkan beberapa menit, dan bilas dengan air dingin. Tidak seperti produk kondisioner di pasaran yang mengandung bahan kimia, kondisioner air cucian beras ini sangat bagus dan tidak akan membuat kulit kepala berketombe.


Mengobati Kulit Terbakar 
Saat berenang atau saat beraktivitas diluar ruangan kulit terbakar sinar matahari adalah sesuatu yang umum dan sering terjadi. Terlepas dari penggunaan tabir surya, kemungkinan bahwa kulit Anda akan terbakar matahari tetap ada. Jika hal itu terjadi, Anda bisa mengobatinya dengan bantuan air beras. Aplikasikan air beras pada daerah yang terbakar kemudian bilas dengan air dingin setelah beberapa menit. 


Mengobati Kulit Iritasi 
Air beras juga dapat digunakan untuk mengobati kulit yang terkena iritasi. Penggunaan air beras pada wajah dapat membantu menenangkan peradangan dan kemerahan pada wajah.Menurut sebuah studi dermatologi, pasien dengan dermatitis atopic dapat disembuhkan dengan menggunakan air cucian beras selama 15 menit setiap dua kali sehari. Atau, Anda bisa juga memasukkan beras ke dalam kain katun atau kain jenis lain yang tidak mudah robek. Setelah itu, tumbuk pelan beras dalam kain sampai hancur. Masukkan beras dalam kain yang sudah hancur tadi ke dalam air hangat untuk diusapkan ke bagian wajah. Usapkan buntalan beras dalam kain tersebut secara merata untuk mendapatkan hasil yang maksimal, setelah itu, bilas dengan air dingin dan bersihkan dengan handuk.


Pencerah Kulit yang Alami 
Beras memiliki bahan pemutih kulit alami yang khasiatnya tak kalah dengan susu yang dicampur bersama minyak zaitun. Untuk memutihkan kulit wajah dengan cepat, lakukan treatment ini sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Rasakan perbedaan yang signifikan. Bukan hanya lebih cerah, kulit Anda akan terasa jauh lebih halus dan lembut. Khasiat dan Manfaat Air Cucian Beras Caranya cukup sederhana, cuci beras dengan air di dalam sebuah wadah. Selanjutnya, saring beras dan cuci kembali sampai air yang didapatkan benar-benar bersih. Simpan air bekas saringan tersebut ke dalam wadah lain dan biarkan semalaman sampai bagian tepung beras mengendap dari airnya. Esok paginya, pisahkan endapan maupun air dalam wadah berbeda. Gunakan endapan sebagai scrub di wajah kemudian bilas wajah menggunakan air beras, diamkan sampai kering lalu bilas dengan air bersih. Treatment ini tidak hanya bisa digunakan untuk wajah, tapi bisa untuk tubuh juga.


Mengontrol Kelebihan Minyak Pada Kulit Wajah 
Jika jerawat yang bermunculan di wajah Anda disebabkan oleh minyak berlebih, jangan lagi bingung bagaimana cara mengatasinya, karena air beras tetap bisa menjadi jawabannya. Manfaat air beras untuk wajah kulit berjerawat ini juga sama ampuhnya seperti menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Cara penggunannya sangat mudah, sisihkan saja air beras yang sudah bersih bekas mencuci beras untuk dimasak. Pertama-tama, cuci wajah terlebih dahulu dengan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Lalu, cuci kembali wajah dengan air beras yang sudah disiapkan. Diamkan air cucian beras di wajah Anda sekitar 5-10 menit, lalu bilas dengan air bersih. Dengan penggunaan rutin, minyak di wajah Anda akan berkurang dan wajah lama kelamaan akan terlihat lebih cerah. Lakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


Mengobati  Jerawat dan Menghilangkan Bekas Jerawat 
Air cucian beras bisa juga digunakan untuk mengobati jerawat pada wajah Anda. Air cucian beras dapat membantu mengontrol wabah jerawat pada wajah dan juga membantu memudarkan bintik-bintik gelap pada kulit. Air cucian beras juga dapat mengencangkan pori-pori, yang selanjutnya dapat mengurangi kemungkinan timbulnya jerawat. Caranya: siapkan air cucian beras yang sudah bersih (air terakhir sebelum beras akhirnya ditanak). Kemudian, endapkan air beras tersebut selama beberapa jam sampai bagian yang seperti tepung terkumpul di bawah. Selanjutnya, pisahkan air dari tepung beras tersebut dan ambil tepungnya yang masih basah. Balurkan tepung beras tadi ke seluruh bagian wajah yang memiliki flek atau bekas jerawat. 

Pembersih Wajah 
Ya, air cucian beras bisa Anda manfaatkan sebagai pembersih wajah, loh! Caranya sangat mudah. Pertama, ambillah satu cangkir beras. Kedua, cucilah beras tersebut dengan cepat sehingga debu dan kotoran menghilang, lalu buang airnya. Ketiga, tambahkan air bersih baru, lalu aduk-aduk beras menggunakan tangan. Rendam beras selama 30 menit agar nutrisi yang terkandung pada beras mengalir ke dalam air. Keempat, saring air dari beras, lalu basuh wajah dengan air tersebut sambil dipijat lembut dengan jari-jari selama sekitar 6 menit. Terakhir, bilas wajah dengan air bersih, keringkan dengan handuk lembut sambil. Cara mengeringkan wajahnya jangan digosok, ya, tapi ditepuk-tepuk. Atau, Anda bisa juga membersihkan wajah menggunakan air cucian beras dengan cara ini. Ambilah bola kapas, celupkan ke dalam air cucian beras, lalu pijat ke wajah Anda dengan gerakan memutar. Biarkan air di wajah Anda mengering dengan sendirinya, lalu bilas wajah dengan air dingin segar. Gunakan air cucian beras untuk membersihkan wajah setiap saat sehingga didapatkan wajah yang bersih dan cantik. Air cucian beras yang disimpan di udara terbuka hanya bertahan satu hari. Tapi, jika disimpan di dalam lemari es, air cucian beras yang disimpan dalam wadah tertutup bisa bertahan sekitar satu minggu.


Mencegah Penuaan
Semakin bertambahnya usia maka semakin kesehatan kulit wajah pun ikut turu.Apabila kesehatan wajah ikut turun mmaka akan mengakibatkan seseorang menjadi terlihat lebih tua. Untuk mengatasi ini yaitu dengan cara mengkonsumsi makanan yang bernutrisi dan bergisi. Atau juga bisa dengan mencuci muka secara rutin denga air cucian beras. Tips mencegah penuaan dini yang selanjutnya yaitu dengan melakukan perawatan salon secara rutin.


Menghaluskan Kulit
Manfaat cuci muka di salon tak jauh beda dengan manfaat cuci muka dengan air cucian beras. Mempunyai kulit yang halus merupakan dambaan setiap wanita. Untuk mendapatkan kulit yang halus ini kita dapat meanfaatkan perawatan di salon ataupun dirumah. Perawatan yang lebih ekonomis yaitu perawatan di rumah secara mandiri, kita dapat memanfaatkan buah-buahan untuk masker. selain itu kita juga perlu mencuci muka dengan air beras guna membuat kulit wajah yang halus seperti kulit bayi.


Kulit Bercahaya dan Memudarkan Flek Hitam 
Biasanya para wanita menggunakan kosmetik siap pakai untuk mendapatkan kulit yang bercahaya serta untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Tidak semua orang cocok menggunakan krim kecantikan tersebut. Alih-alih mempercantik tampilan wajah, malah mendapatkan kulit wajah yang semakin rusak. Mencuci muka dengan air beras secara teratur dapat mencerahkan dan mencegah masalah kulit. Secara bertahap, kulit muka akan menjadi lebih bercahaya dan flek hitam pun akan semakin memudar. Karena nutrisi penting dan protein didalam air beras dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit. 


Mengcegah dan Menghilangkan Komedo
Cara membersihkan komedo dengan pasta gigi sudah biasa dilakukan, lalu bagaimana cara membersihkan komedo dengan air cucian beras. Air cucian beras memiliki kandungan yang mampu mengangkat komedo pada wajah. Salah satu manfaat cuci muka dengan air cucian beras yaitu mencegah dan menghilangkan komedo. Caranya yaitu cuci muka dengan air beras seitiap pagi atau setiap akan tidur. Maka masalah komedo pun akan segera teratasi.

Mencegah Kanker
Air tajin mengandung karbohidrat seperti nasi, namun hanya berupa sarinya saja. Sari beras yang terdapat dalam air tajin ternyata dapat mencegah munculnya kanker dalam tubuh. Jadi selain mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, bisa dibarengi dengan meminum air tajin untuk meningkatkan kesehatan.


Mengatasi masalah pencernaan
Air tajin ternyata juga dapat mengatasi masalah pencernaan yaitu gastroentritis dan sembelit. Gastroentritis merupakan penyakit asam lambung berlebih. Air tajin dapat digunakan untuk menetralkan asam lambung tersebut. Minumlah air tajin secara rutin untuk meredakan masalah maag yang mengganggu. Selain itu, air tajin juga dapat mengatasi masalah sembelit. Masalah sembelit tidak boleh dianggap remeh karena ini cukup penting untuk membuat tubuh menjadi bersih dari kotoran. Minumlah air tajin yang hangat dan kental untuk mengatasi masalah pencernaan tersebut.


 Dapat menambah energi
Seperti yang kita ketahui bahwa beras sendiri memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dan dapat menjadi sumber energi untuk kebutuhan sehari-hari. Air cucian beras juga mengandung karbohidrat sehingga dapat menjadi minuman penambah energi. Tak hanya bagi anak-anak, air tajin ini dapat diminum oleh orang dewasa sebagai penambah energi. Jadi tak perlu bingung memilih minuman penambah energi yang ada di pasaran. Air tajin sendiri sudah memiliki kandungan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh.


Zaman dahulu digunakan untuk bayi
Air tajin adalah air pengganti susu formula yang mana zaman dahulu masih kesulitan membeli susu. Sakin susahnya banyak anak anak yang diberi air tajin sebagai pengganti  susu formula.

Meringankan sakit tenggorokan
Masih ingat di waktu kecil, ibu sering memberikan bekas air cucian beras pada saat sakit tenggorokan ? nah, ternyata khasiat air cucian beras juga dapat mengatasi sakit tenggorokan.


Meringankan Sariawan
Sariawan merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh panas dalam, air cucian beras dapat mengobati sariawan yang disebabkan oleh panas dalam.


Mengobati panas dalam
manfaat air cucian beras yang berikutnya adalah untuk mengobati panas dalam. Air cucian beras sejak jaman dahulu telah digunakan untuk berbagai masalah yang ditimbulkan pada saat panas dalam. Entah bagaimana hubungannya dengan panas dalam, tapi ramuan ini telah digunakan semenjak jaman dahulu.

Mencegah pikun atau alzheimer
Air tajin memiliki nutrisi yang baik untuk otak dan syaraf-syarafnya. Orang lanjut usia bisa meminum air tajin pada pagi hari untuk menghindari pikun atau alzheimer. Selain itu aktivitas otak juga perlu terus dilakukan sehingga tidak mudah pikun.


Mengurangi berat badan
Air tajin biasanya dipakai untuk menggantikan susu, terutama bagi yang alergi terhadap susu. Selain bisa diminum oleh orang yang alergi terhadap susu, air tajin juga rendah kalori dan mengandung berbagai nutrisi baik yang diperlukan. Jadi sebagai alternatif susu, air tajin tidak akan menyebabkan kegemukan atau dapat mengurangi berat badan.


Menjaga kadar kolesterol dalam darah
Meminum air tajin secara teratur juga dapat menjaga kadar kolesterol dalam darah. Air tajin mengandung zat-zat yang ada dalam beras kecuali laktosa. Hal tersebut membuat air tajin menjadi aman untuk dikonsumsi bagi orang yang ingin menjaga keseimbangan kolesterol tubuh.


Menjaga kesehatan jantung
Masalah penyakit jantung merupakan masalah yang perlu diwaspadai karena jika terlambat akan fatal akibatnya. Air tajin beras merah dapat dijadikan salah satu solusi untuk menjaga kesehatan jantung. Air tajin sendiri mengandung vitamin E dan magnesium. Kedua kandungan tersebut memang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung. Cukup minum air tajin secara teratur sehingga kesehatan jantung dapat terjaga dan akan mengurangi risiko terkena stroke.

Sebagai lulur
Memiliki kulit tubuh yang halus dan cerah tentu menjadi idaman. Air tajin tidak hanya bisa menghaluskan kulit wajah saja namun juga keseluruhan kulit tubuh. Cara membuat lulur dari air tajin yaitu dengan mencampurkan air tajin dengan pasta almond. Setelah tercampur rata maka balurkan ke seluruh tubuh. Biarkan selama beberapa menit sebelum dibersihkan dengan air. ini bisa dipakai beberapa kali dalam seminggu untuk menjaga kulit agar tetap cerah, halus, dan kencang.


Mencerahkan bibir
Bibir yang gelap bisa disebabkan oleh banyak faktor misalnya merokok, obat-obatan, polusi, dan lain-lain. Bagi para wanita, tentu saja bibir yang gelap tersebut dapat mengganggu penampilan. Ada banyak produk pencerah bibir di pasaran, namun jika ingin produk yang alami maka bisa menggunakan air tajin. Air tajin cukup dioleskan pada bibir setiap hari dan berulangkali sehingga bibir menjadi lebih cerah.



Nah itu lah artikel mengenai Manfaat dan Khasiat Air Cucian Beras nya , semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan .

0 Response to "30+ Khasiat dan Manfaat Air Cucian Beras, Jangan Dibuang!"

Post a Comment