Adsense

30+ Khasiat dan Manfaat Brokoli Terlengkap yang Harus Diketahui

khasiat brokoli, manfaat brokoli, brokoli, kegunaan brokoli, manfaat, manfaat brokoli untuk ibu hamil, manfaat brokoli untuk bayi, manfaat brokoli untuk kesehatan, manfaat brokoli untuk pencernaan, manfaat brokoli hijau,
Khasiat dan Manfaat Brokoli Terlengkap yang Harus Diketahui


Brokoli merupakan sayuran yang banyak dijumpai namun sedikit peminatnya karena rasanya yang sedikit pahit. Namun dibalik itu semua brokoli memiliki khasiat dan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. 
Brokoli berasal dari keluarga kubis yang memiliki kandungan kalori yang rendah. Berdasarkan pada penelitian dalam 100 gr brokoli, ditemukan jika sayuran ini mengandung 34 kalori. Akan tetapi, sayuran hijau dari Laut Tengah ini mempunyai serat, vitamin, mineral, anti oksidan yang tinggi yang baik untuk tubuh. 


Adapun beberapa Khasiat dan Manfaat Brokoli Terlengkap yang Harus Diketahui :


Kesehatan Pencernaan
Brokoli yang tinggi serat, tentu saja akan membantu menjaga lapisan perut agar tetap sehat. Sulforaphane dalam brokoli membantu menjaga bakteri agar tidak ditumbuhi atau menempel terlalu kuat ke dinding perut.


Mengontrol Tekanan Darah
Kandungan potasium yang terdapat dalam brokoli sangat penting untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh, ia juga baik untuk anda yang mengalami tekanan darah tinggi.

Anti Penuaan
Seperti yang kita tahu, brokoli sangat tinggi akan vitamin C dan memiliki banyak antioksidan. Hal ini, membantu melawan radikal bebas penyebab penuaan yang sering merusak kulit.
Dianjurkan untuk mengkonsumsi brokoli secara teratur, untuk membantu mengurangi garis-garis halus, keriput, masalah kulit seperti jerawat dan juga pigmentasi.


Menjaga Sistem Pencernaan
Kandungan serat yang ada dalam brokoli membantu sistem pencernaan untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Serat yang ada dalam brokoli dapat mencegah sembelit. Selain itu, brokoli juga mengandung sulforaphane yang dapat meningkatkan produksi enzim pada hati. Enzim yang diproduksi oleh hati yang dipengaruhi oleh sulfarophane ini dapat mengeluarkan zat penyebab gejala kanker. Tidak hanya itu, sulfarophane juga dapat mengurangi resiko masalah pencernaan seperti maag dan infeksi lambung.
Perawatan Kulit
Kadar vitamin C, mineral tembaga, seng, vitamin K, asam amino dan folat pada brokoli sangat membantu dalam menjaga kesehatan kulit dan juga sangat ideal untuk menjaga kekebalan tubuh.
Ini juga berarti, bahwa brokoli melindungi kulit dari infeksi dan akan menjaga cahaya alami dari kulit anda.


Khasiat dan Manfaat Brokoli Dapat Meningkatkan Vitamin D
Kekurangan vitamin D adalah masalah besar. Kendati brokoli tidak memiliki kandungan vitamin D yang tinggi, namun brokoli mengandung vitamin A dan K yang dapat membantu menjaga metabolisme vitamin D Anda agar tetap seimbang. Jika Anda kerap mengonsumsi suplemen vitamin D, pastikan menambahkan brokoli di dalam menu harian Anda untuk mengimbangi efek dari suplemen tersebut ya.


Antioksidan Kuat
Brokoli memiliki kadar antioksidan yang kuat, seperti lutein, zeaxanthin, beta-karoten dan antioksidan lainnya.
Sayuran hijau ini pun sangat terkonsentrasi dengan vitamin C, sehingga sangat bermanfaat untuk kekebalan tubuh. Selain itu, brokoli juga mengandung flavonoid yang membantu mendaur ulang vitamin C secara efisien.


Kesehatan Mata
Seperti wortel, brokoli pun mengandung lutein yang tinggi. Lutein adalah zat antioksidan yang membantu menjaga kesehatan mata.
Kadar lutein dalam brokoli hampir sama dengan kadar lutein dalam wortel, sehingga kita bisa mengganti wortel dengan brokoli untuk membantu melindungi dari degenerasi makula (kondisi yang mengaburkan penglihatan sentral) dan katarak.
Brokoli juga mengandung beta-karoten, vitamin A, fosfor, B kompleks, vitamin C dan E. Semua nutrisi ini sangat bagus untuk perbaikan kerusakan karena radiasi berbahaya karena penggunaan ponsel atau terlalu sering berada di depan layar.


Mengurangi Berat Badan
Manfaat sayur brokoli merupakan salah satu sayur yang memiliki kandungan kaya akan serat. Kandungan serat dalam brokoli mampu membuat perut menjadi terasa kenyang lebih lama. Oleh karena itu, brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang dapat membantu dalam proses diet atau penurunan berat badan. Meskipun rasa dari brokoli ini kurang begitu enak, namun efek yang diberikan untuk mengurangi berat badan sangat bermanfaat bagi yang mengalami masalah berat badan.
Kesehatan tulang
Brokoli sangat cocok untuk anak-anak, lanjut usia dan ibu menyusui. Mengapa demikian? Karena, brokoli mengandung kadar kalsium dan vitamin K yang tinggi.
Keduanya sangat penting untuk kesehatan tulang dan pencegahan osteoporosis. Brokoli juga kaya akan nutrisi lain, seperti magnesium, seng dan fosfor.


Anti-Inflamasi
Brokoli adalah anti-inflamasi yang dapat memperlambat kerusakan sendi termasuk osteoarthritis.
Sulforaphane dalam brokoli juga dapat membantu penderita radang pada sendi, karena bahan kimia ini dapat menghambat enzim yang menyebabkan kerusakan sendi dengan menghentikan molekul kunci penyebab peradangan.
Selain itu, brokoli mengandung iskhiosianat dan asam lemak omega-3 yang membantu mengatur peradangan.

Kesehatan Jantung
Salah satu manfaat dari brokoli ini adalah mengurangi kolesterol, dan secara tidak langsung itu pun dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan membantu menjaga pembuluh darah agar tetap kuat.
Brokoli juga mengandung sulforaphane yang merupakan anti-inflamasi yang dapat mencegah atau membalikan kerusakan pada lapisan pembuluh darah yang juga disebabkan oleh peradangan karena kronis.
Brokoli dapat menjadi solusi masalah gula darah, karena sangat bagus untuk kesehatan jantung. Serat, vitamin dan asam lemak dalam brokoli membantu mengurangi kolesterol jahat, dan melindungi pembuluh darah dari kerusakan.


Khasiat dan Manfaat Brokoli dapat Mengurangi Kolesterol
Brokoli yang tinggi serat, membantu mengeluarkan kolesterol dengan mengikat asam empedu di saluran pencernaan.
Serat larut dalam brokoli ini mampu mengikat sayuran dengan kolesterol dalam darah. Sehingga, kolesterol mudah diekskresikan dan keluar dari tubuh kita dengan mudah, bahkan varietas brokoli tertentu dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah hingga 6 persen.


Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Kandungan vitamin C yang terdapat dalam sayur ini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Daya imun yang kuat dapat membantu Anda dalam melawan infeksi.


Pencegahan Kanker
Manfaat kesehatan brokoli yang paling terkenal meningkatkan kekebalan tubuh dan menyerang kanker. Sama seperti sayuran cruciferous lainnya, seperti kembang kol, kubis brusel dan kubis ini sangat protektif terhadap beberapa kanker perut dan usus.
Seain itu juga, brokoli mengandung khasiat membersihkan dan menghabiskan estrogen atau penyebab kanker dalam tubuh. Jadi, brokoli juga sangat cocok untuk mencegah kanker payudara dan kanker rahim.


Membantu Meminimalisirkan Penyakit Akibat Diabetes
Kandungan sulforaphane yang terdapat dalam brokoli diduga dapat mencegah kerusakan pembuluh darah kecil yang disebabkan oleh kadar gula darah tinggi pada penderita diabetes. Namun, hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut lagi.

Mencegah terjadinya Depresi
Depresi bisa dialami oleh siapa saja dan dapat mengakibatkan perasaan yang tidak tenang pada penderitanya. Depresi biasanya terjadi karena adanya tekanan pikiran yang berat atau memendam perasaan yang begitu berat. Banyak yang mengatakan bahwa orang yang mengalami stress atau gangguan pikiran ringan, dapat dihilangkan dengan mengkonsumsi coklat. Namun ternyata, brokoli juga dapat berfungsi seperti coklat karena memiliki kandungan asam folat dan vitamin B. Kandungan asam folat dan juga vitamin B dapat memperbaiki suasana hati dan mencegah terjadinya depresi. Untuk itu, bagi yang memiliki masalah tekanan batin, kelelahan dan daya ingat yang buruk akibat suasana hati yang tidak stabil, dapat diatasi dengan mengkonsumsi brokoli.


Sumber antioksidan
Salah satu kandungan paling tinggi dalam brokoli adalah vitamin C-nya, vitamin ini sangat penting dan berperan sebagai antioksidan yang akan membantu tubuh memerangi radikal bebas.


Meningkatkan Kecerdasan Menjaga Kesehatan Saraf Pusat
Tidak hanya ikan laut yang dipercaya mengandung omega 3 yang dapat membantu meningkatkan kecerdasan. Namun sayuran juga dapat membantu meningkatkan kecerdasan hampir sama seperti ikan laut pada umumnya. Brokoli ternyata juga memiliki kandungan  asam lemak omega 3 yang dapat menstimulasi perembangan otak. Anak yang mengkonsumsi omega 3 dipercaya dapat menjadi anak yang cerdas. Selain itu, brokoli juag mengandung kalium dan magnesium dalam kadar yang tinggi. Sehingga brokoli dapat membangun otot, tidak hanya otak.


Mengobati penyakit asma
Brokoli mengandung banyak vitamin A, vitamin C, vitamin B6 dan mineral seperti zat besi, kalsium juga serat makanan. Super food ini juga diyakini memiliki sifat anti-karsinogenik. Mengkonsumsi brokoli kukus setiap hari dapat mengobati penyakit asma.


Mencegah penyakit alzheimer
Sudah disinggung pada beberapa point diatas, bahwa brokoli mampu mencegah penyakit kardiovaskular serta menjaga saraf dan meningkat fungsi otak. Oleh karena itu, brokoli merupakan makanan yang dapat mencegah penyakit alzheimer (pikun). 

Khasiat dan Manfaat Brokoli Dapat Mencegah Osteoarthritis
Osteoarthritis atau degenarasi tulang rawan biasanya terjadi pada usia pertengahan ke atas. Menurut penelitian, brokoli mengandung senyawa yang disebut dengan Sulforaphane, yang dapat menghalangi enzim penyebab kerusakan tulang rawan, dengan cara mencegah terjadinya peradangan.


Manfaat brokoli untuk ibu hamil dan bayi
Konsumsi brokoli sangat dianjurkan bagi ibu hamil. Dengan mengkonsumsi brokoli secara teratur ibu hamil dapat terhindar dari penyakit anemia yang kerapkali mengintai ibu hamil. Selain itu, kandungan asam lemak omega-3 dalam brokoli sangat baik untuk perkembangan otak bayi dalam kandungan (janin).


Membantu menyehatkan gigi
Tidak hanya tulang, sayur brokoli juga mampu menyehatkan gigi Anda. Sayuran ini dapat memberikan gizi yang lengkap untuk menguatkan struktur gigi dan juga melindunginya dari kuman dan bakteri. Anda juga dapat mencampur sayuran ini dengan sayuran lainnya untuk menambah asupan sehat pada gigi.


Mengatasi hipertensi
Manfaat brokoli juga ampuh untuk mengatasi hipertensi. Sayuran ini mampu mencegah tekanan darah Anda menjadi naik sehingga tidak membuat hipertensi mengganggu kesehatan tubuh. Kelebihannya yang lain yaitu dapat mengontrol tekanan darah Anda agar tetap dalam keadaan normal.

Mencegah penyakit stroke
Kelebihan brokoli yang mungkin belum Anda ketahui adalah ampuh dalam mencegah penyakit stroke. Kandungan nutrisi yang terkumpul dalam sayuran ini mampu menjadi benteng pertahanan yang menyehatkan tubuh Anda agar tidak terjangkit stroke. Gejala stroke pun bisa dengan mudah diredakan.


Mengurangi Alergi
Jika kamu memiliki masalah dengan alergi, cobalah untuk rutin mengonsumsi brokoli setiap hari. Brokoli memiliki kandungan kaemferol yang baik untuk mengurangi masalah alergi dalam tubuh kamu.


Mencegah Kanker Kulit
Brokoli dapat melindungi kulit kita dari bahaya sinar UV, Ladies. Selain mengkonsumsinya, kamu juga bisa menggunakan produk kecantikan yang mengandung brokoli untuk mendapatkan perlindungan kulit ekstra.


Anti Radang
Tak hanya itu kehebatan si brokoli ini. Seperti apa yang dijelaskan dalam whfoods.com, brokoli masih memiliki kesaktian yang lain, yaitu sebagai makanan dengan fungsi anti peradangan yang hebat.


Detoksifikasi
Tiga nutrisi utama dalam brokoli yang bisa membantu sistem detoksifikasi, yaitu glucoraphanin, gluconasturtiian dan glucobariscin. Trio nutrisi ini bekerja dengan cara mengaktifkan, menetralkan serta menghancurkan zat-zat bersifat racun dalam tubuh kita nih.


Khasiat dan Manfaat Brokoli dapat Melawan radikal bebas.
Bagi Anda yang sering pergi keluar dan bermain di terik matahari sangat berbahaya dengan radikal bebas. Untuk melawan radikal bebas Anda harus mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung antioksidan. Vitamin C adalah salah satu anti-oksidan bentuk dalam tubuh. Antioksidan diperlukan untuk melawan radikal bebas. Selain itu, vitamin C adalah antihistamin yang efektif untuk meredakan flu.




Nah itu lah artikel mengenai Manfaat dan Khasiat  nya , semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan .