35+ Khasiat dan Manfaat Kangkung Untuk Kebugaran Tubuh

manfaat, manfaat kangkung, khasiat kangkung,   manfaat kangkung untuk lovebird, manfaat kangkung untuk bayi, manfaat kangkung untuk lovebird muda, manfaat kangkung untuk ibu hamil, manfaat kangkung untuk lovebird lomba
Khasiat dan Manfaat Kangkung Untuk Kebugaran Tubuh

Kangkung merupakan tanaman yang biasa kita jumpai di pasar dan biasa dimasak menjadi hidangan yang lezat dan bergizi. Tanaman kangkung memiliki banyak kandungan yang kaya manfaat bagi kesehatan.


Adapun Khasiat dan Manfaat Kangkung Untuk Kebugaran Tubuh antara lain :



Mengurangi Kolesterol

Kangkung sebagai sumber yang sangat penting untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh anda. Penelitian yang dilakukan dengan subjek tikus telah membuktikan bahwa kangkung efektif untuk menurunkan kadar kolesterol serta triglycoside dalam darah.



Sangat Baik Untuk Mata

Mungkin anda tidak menyangka bahwa sayuran kangkung terdapat kandungan vitamin A, karotenoid, dan lutein. Ketiga kandungan vitamin dan mineral ini dapat membantu menjaga kesehatan mata. Selain itu zat ini dapat membantu mencegah katarak.



Mengatasi Sembelit

Sembelit atau susah buang air besar dapat mengakibatkan berbagai penyakit karena mencernaan menjadi tidak lancar. Konsumsi kangkung dengan rutin karena kandungan seratnya akan melancarkan proses buang air besar.



Mengobati Ambeien

Ambeien ternyata dapat diobati dengan memanfaatkan akar kangkung. Caranya dengan merebus akar kangkung dengan 3 gelas air, didihkan hingga menjadi setengah gelas, minum 3 kali sehari.



Menjaga Sistem Imun

Sayuran hijau adalah salah satu sumber sayuran yang dapat menjaga sistem imun dan meningkatkan tingkat kekebalan tubuh manusia. Dengan mengkonsumsi Sayuran hijau maka anda dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh anda.


Menjaga Kesehatan Jantung

Kangkung memiliki nutrisi penting dan kandungan yang cukup tinggi vitamin A dan C serta beta-karoten. Nutrisi ini dapat membantu mengurangi radikal bebas di tubuh (sebagai antioksidan) sehingga dapat membantu mencegah kolesterol yang teroksidasi. Kolesterol yang teroksidasi pada dinding pembuluh darah, menyebabkan arteri tersumbat, serangan jantung atau stroke. Selain itu, folat yang terkandung dalam kangkung dapat membantu untuk mengkonversi bahan kimia yang berpotensi berbahaya yang disebut homosistein, yang pada tingkat tinggi dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke. Magnesium merupakan mineral yang menurunkan tekanan darah dan memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung.



Mengobati Bisul

Ternyata kangkung juga bisa dijadikan obat untuk menghilangkan bisul. Caranya haluskan akar dan daun kangkung lalu balurkan pada bagian tubuh yang ada bisulnya.



Melancarkan Air Seni

Kadangkala buang air kecil bisa tersendat, dan hal tersebut akan menimbulkan rasa sakit. Bila tidak segera diatasi kemungkinan terbentuknya batu di saluran urin bisa saja terjadi. Dengan memanfaatkan kangkung air seni bisa kembali lancar. Caranya rebus akar kangkung dengan dua gelas air, tunggu hingga menjadi satu gelas. Saring airnya lalu minum selagi hangat sekali sehari.


Sumber Antioksidan

Kandungan antioksidannya berupa vitamin C menjadikan kangkung sebagai salah satu sayuran yang bermanfaat dalam menangkal radikal bebas. Sehingga tubuh senantiasa sehat dan bebas dari berbagai penyakit.



Mengobati Mimisan

Pendarahan melalui hidung atau yang sering disebut mimisan seringkali dialami oleh anak-anak. untuk mengatasinya kita bisa menggunakan kangkung. Tumbuk halus daun kangkung yang telah dibersihkan, seduh dengan air panas dan gula aren. Saring airnya lalu minumkan pada si kecil.



Meningkatkan kualitas otak

Manfaat kangkung dengan kandungan vitamin B kompleks dan omega 3 membantu kinerja otak lebih baik. Sehingga sayur kangkung sangat baik dihidangkan pada anak-anak yang dalam masa pertumbuhan, karena mampu meningkatkan kecerdasan otak.



Pencegahan terhadap diabetes

Mengkonsumsi kangkung menghasilkan zat-zat yang mampu menghambat penyerapan gula pada tubuh. Jadi anda mungkin tidak terlalu khawatir jika memakannya dengan nasi. Selain manfaat kangkung yang dapat mencegah dalam menyerap gula dalam tubuh ini, tentunya anda juga dapat menikmati manfaat nasi tanpa perlu khawatir.



Pencegahan Anemia

Badannya yang terasa lesu dan lemah disertai kepala yang terasa pusing dapat menjadi pertanda anda kekurangan darah. Kangkung terdapat ada zat besi yang dapat merangsang produksi sel darah merah dalam tubuh. Hal ini juga terdapat pada manfaat ubi jalar dan kacang-kacangan seperti pada manfaat kacang panjang atau pun manfaat kacang merah.


Sangat Baik untuk Ibu Hamil

Selain sayur katuk, sayur kangkung juga bermanfaat bagi ibu hamil terutama bagi ibu yang menyusui. Karena kangkung dapat memperlancar ASI pada ibu yang menyusui. Selain itu, kangkung juga dapat mencegah sembelit pada ibu hamil.



Mencegah Bau Mulut

Bau pada mulut tentu sangat menggangu aktifitas kita. bau mulut sering terjadi pada saat kita berpusa atau mengkonsumsi makanan yang mengeluarkan bau yang tidak sedap. Tidak perlu khawatir sayuran kangkung dapat menghilang bau pada mulut, karena kangkung mempunyai minyak esential yang dapat mengurangi bau pada mulut.



Sebagai Pengontrol Darah

Kangkung juga bermanfaat untuk pengontrol darah dalam tubuh. Karena kangkung mempunyai zat kimia yang dapat mencegah pembekuan darah di pembuluh darah jantung dan otak.



Mengurangi Nyeri Haid

Sering kali kita merasa nyeri pada saat haid. Kangkung dapat mengurangi rasa nyeri tak tertahankan pada saat haid. Cukup menumbuk daun kangkung lalu tambahkan air hangat, kemudian saring dan tambahkan madu agar ada rasa manis.


Manfaat Kangkung Sebagai Obat Insomnia (Sulit Tidur)

Kangkung sangat booming sebagai pemicu kantuk. Nah, bagi yang terkena insomnia, sangat di sarankan untuk mengkonsumsi kangkung. Dengan cara yang mudah, kangkung cukup di tumis layaknya makanan sebagai pelengkap nasi.



Mencegah Penyakit Sariawan

Kangkung yang berwarna hijau ini, mampu mencegah penyakit sariwan. Seperti pada penjelasan sebelumnya, kangkung mengandung Vitamin C, yang dapat mencegah sariawan dan gusi berdarah. Jika Anda sedang sakit gigi, inilah obatnya, Anda cukup mengunyah daun kangkungnya saja. Daun kangkung mengandung antiseptik alami yang dapat membunuh kuman pada gigi.


Meningkatkan daya tahan tubuh

Khasiat kangkung dapat membuat sistem imun Anda lebih kuat. Hal tersebut berkaitan dengan meningkatkan kualitas daya tahan tubuh Anda agar semakin kuat. Efeknya, Anda akan mendapatkan tubuh yang semakin kebal dan tahan banting dari serangan penyakit, terutama penyakit yang mudah menular dari bakteri maupun virus.



Baik untuk kesehatan tulang

Jangan ragu mengonsumsi kangkung untuk membuat tulang Anda lebih sehat. Pada sayuran yang satu ini terdapat banyak kandungan kalsium yang akan membuat tulang Anda lebih kuat dan juga sehat. Penyakit osteoporosis bisa Anda cegah mulai dari sekarang jika memakan sayur ini setiap harinya, jangan menunggu sampai Anda menua.



Membantu Program Diet

Kangkung mengandung kalori dalam jumlah yang kecil, sedangkan kaya akan serat. Hal tersebut sangat cocok untuk yang sedang menjalani program diet. Karena seratnya dapat memberikan efek rasa kenyang lebih lama. lLebih baik lagi jika mengkonsumsinya sebagai rebusan saja, karena jika ditumis tentu menggunakan minyak yang justru memberikan banyak kalori yang membuat tubuh lebih gemuk.



Menyehatkan rongga mulut

Rongga mulut paling mudah terkena infeksi karena dalam mulut inilah Anda melakukan pengolahan makanan pertama kali dengan air liur. Banyaknya kuman yang menempel di sekitar gigi dan gusi pun akan membuat Anda mudah terkena penyakit. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan kangkung dengan kandungan vitamin C nya yang baik untuk kesehatan mulut.


Mencegah kegemukan

Bagi Anda yang ingin tetap mendapatkan berat badan ideal, Anda perlu memakan kangkung. Sayura ini tidak akan membuat tubuh Anda menjadi gemuk. Berat badan Anda akan tetap terjaga dan juga seimbang. Namun Anda juga perlu meningkatkan kualitas pola hidup Anda dengan rajin melakukan olahraga ringan setiap harinya.



Sebagai Sumber Zat Besi

Tubuh membutuhkan zat besi untuk membantu pembentukan sel darah merah. Tanpa zat besi darah tidak akan terbentuk dengan sempurna, akibatnya tubuh bisa merasa pusing dan lemas. Mengkonsumsi kangkung yang kaya zat besi dapat mengurangi resiko terkena anemia atau kekurangan darah.



Manfaat Kangkung untuk Melancarkan Pencernaan

Kurang serat dapat mengakibatkan seseorang mengalami kesulitan buang air besar. Kondisi tersebut juga sering dialami oleh ibu yang tengah hamil. Jika pencernaan terganggu tentu metabolisme tubuh juga ikut terhambat. Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa memanfaatkan sayur kangkung karena kandungan seratnya yang cukup tinggi dapat melancarkan pencernaan.



Membantu Pembentukan Tulang pada Janin

Tidak hanya memberikan manfaat bagi orang-orang, bahkan janin pun bisa mendapatkan manfaat dari kangkung. Ibu hamil bisa memenuhi kebutuhan kalsiumnya dengan mengkonsumsi kangkung, dimana nutrisi dari kangkung tersebut akan dialirkan ke janin. Kalsium tersebut akan mendorong dan membantu pembentukan tulang dan gigi pada janin.



Detoksifikasi Racun dalam Tubuh

Tubuh kita seringkali terpapar polusi dan terkontaminasi dengan makanan yang banyak mengandung bahan kimia. Salah satu upaya untuk mengeluarkan racun tersebut adalah dengan mengkonsumsi kangkung. Kandungan seratnya yang tinggi akan mengikat lemak jahat, asam empedu dan kolesterol berlebih sehingga tubuh dapat mengeluarkan racun tersebut bersama feses.



Mengobati Sakit Gigi dan Gusi Bengak

Sakit gigi atau gusi bengkak sungguh tidak nyaman, selain tidak enak makan kepala juga menjadi pusing. Hal tersebut tentu akan menghambat segala aktivitas. Dengan berkumur-kumur menggunakan air rebusan akar kangkung sakit tersebut perlahan akan hilang.



Mengatasi Penyakit Kuning

Penyakit kuning terjadi sebagai pertanda ada yang tidak beres dengan fungsi hati. Kulit, mata, dan lidah menjadi berwarna kuning disertai tubuh yang lemas. Untuk mengatasinya kita bisa menggunakan kangkung karena sayuran ini dapat meningkatkan kerja hati. Kandungan antioksidannya membantu hati mengeluarkan zat sisa dari dalam tubuh.



Mengatasi Mual pada Ibu Hamil

Ibu yang sedang hamil sering kali merasa mual, dan akan sangat mengganggu terutama dapat menurunkan selera makan. Padahal ibu hamil harus makan dengan teratur agar janin dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Mengkonsumsi tumisan kangkung akan meredakan rasa mual dan menambah selera makan.



Manfaat Kangkung untuk Menghilangkan Ketombe

Untuk menghilangkan ketombe kita tidak menggunakan kangkung dengan cara dikonsumsi, melainkan dengan menggunakan air rendamannya. Rendam seikat kangkung semalaman dan esoknya gunakan untuk berkeramas sambil mengosok kulit kepala. Bilas dengan air bersih.





Nah itu lah artikel mengenai Manfaat dan Khasiat  nya , semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan .

0 Response to "35+ Khasiat dan Manfaat Kangkung Untuk Kebugaran Tubuh"

Post a Comment