35+ Khasiat dan Manfaat Sereh Dibalik Kelezatannya Sebagai Bumbu Dapur

manfaat, manfaat sereh, khasiat sereh, manfaat sereh merah, manfaat sereh, manfaat sereh untuk kesehatan, manfaat sereh untuk wajah, manfaat sereh untuk diet, manfaat sereh untuk ibu hamil
Khasiat dan Manfaat Sereh Dibalik Kelezatannya Sebagai Bumbu Dapur

Tanaman sereh/serai dikenal sebagai pelengkap rasa pada masakan, namun siapa sangka sereh memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan. Di dalam batang sereh terdapat sumber vitamin penting seperti vitamin A, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B6 (piridoksin), folat dan vitamin C. Kemudian terkandung mineral penting seperti potasium, kalsium, magnesium, fosfor, mangan, tembaga, seng dan zat besi.


Adapun Khasiat dan Manfaat Sereh Dibalik Kelezatannya Sebagai Bumbu Dapur adalah sebagai berikut :



Melancarkan Pencernaan

Manfaat daun serai yang paling terkenal adalah untuk kesehatan pencernaan, ia mengatur fungsi usus dan motilitas dengan sifat anti-mikroba yang ia miliki. Zat ini membantu untuk membunuh bakteri jahat dan parasit, dan mengembalikan bakteri baik dalam usus, sehingga membantu meningkatkan masalah pencernaan seperti gangguan pencernaan, sembelit, diare, kembung usus, perut kembung, kejang perut, muntah dan kram.


Tindakan Pemurnian

Mungkin khasiat yang paling khas dari daun serai adalah efek memurnikan pada seluruh tubuh, karena membantu menghilangkan racun dari tubuh dengan meningkatkan pembersihan usus besar.



Sistem Saraf

Kandungan magnesium, fosfor dan folat adalah nutrisi penting yang diperlukan untuk perkembangan dan fungsi sistem saraf. Mereka membantu meningkatkan konsentrasi, memori dan kemampuan otak untuk memproses informasi.




Manfaat sereh digunakan untuk menghindari masalah tekanan darah tinggi bisa dibantu dengan mengkonsumsi air rebusan serai, lakukanlah secara rutin, khasiatnya akan menjaga tekanan darah agar normal dan stabil, serta membuat sirkulasi darah bisa berjalan dengan lancar. Serai mengandung potassium yang tinggi yang kandungan ini bermanfaat dalam mengatasi masalah tekanan darah yang tidak stabil pada tubuh. Laman Food.ndtv.com menyebutkan serai sebagai formula alami untuk mengatasi dan menormalkan kembali tekanan darah tinggi. Dimana serai kaya akan potasium yang manfaatnya bisa meningkatkan produksi urin di dalam tubuh, yang pada gilirannya hal ini bisa merangsang sirkulasi darah dan juga membantu menurunkan tekanan darah ke tahap normal.



Gastritis atau Mulas

Satu cangkir teh serai hangat  dapat memulihkan mulas/gastritis/gangguan pencernaan karena kandungan zat asam berlebihan. Minum teh serai ini adalah salah satu terapi untuk mengurangi kambuhnya perut mulas atau gastritis.



Mengurangi Kolesterol

Daun Serai memiliki zat anti-kolesterol dan anti-aterosklerosis, keduanya membantu mengurangi penyerapan kolesterol dari usus, serta oksidasi LDL (kolesterol jahat) dalam darah, sehingga mencegah salah satu proses awal dalam pembentukan plak aterosklerotik.



Insomnia

Insomnia atau sulit tidur dapat terjadi karena ketidakseimbangan zat kimia dalam tubuh ataupun gangguan saraf. Kegiatan pemurnian dan efek menenangkan dari serai membantu meningkatkan proses dan kualitas tidur.



Menurunkan Berat Badan

Minum teh serai membantu untuk mencairkan lemak dengan cara detoksifikasi. Efek diuretik membantu melancarkan BAB dalam volume tinggi, efektif dan cepat, mengakibatkan penurunan berat badan.



Detoksifikasi

Anti-oksidan, anti-septik dan efek diuretik dari serai menjadikannya herbal penting untuk dimasukkan dalam diet saat detoksifikasi. Proses ini sangat membantu untuk membersihkan dan memurnikan hati, ginjal, kandung kemih, pankreas dan meningkatkan sirkulasi darah. Efek diuretik membantu mengeluarkan racun secara efektif.


Sebagai Minyak Angin

Daun Serai memiliki kandungan minyak atsiri sehingga dapat membantu dalam melakukan tindakan balsamic yang dapat digunakan dalam masalah pada saluran pernapasan. Secara umum daun serai ini dapat digunakan untuk meringankan gejala yang berhubungan dengan flu dan demam dingin seperti halnya manfaat temulawak untuk menghangatkan tubuh.



Anti Inflamasi dan Anti Septik


Karena sifat anti-inflamasi dan anti-septik, jus serai dapat digunakan sebagai herbal penting untuk mengobati arthritis, asam urat dan radang saluran kemih.



Membersihkan Bakteri dan Infeksi Jamur

Berkat kandungan sifat anti-septik, minum teh sereh dapat membantu untuk menghilangkan mikro-organisme jahat dalam tubuh, detoksifikasi dan membersihkan darah, menghilangkan bakteri, jamur atau ragi.



Anemia

Zat besi yang terkandung dalam daun serai penting untu ksintesis hemoglobin (protein dalam sel darah merah bertanggung jawab untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh). Serai dapat membantu untuk berbagai jenis anemia, terutama yang disebabkan dari kekurangan zat besi.



Mengoptimalkan Pembuangan Racun dari dalam Tubuh

Dengan minum rebusan serai atau teh serai maka membantu untuk mengoptimalkan proses pembuangan racun dari dalam tubuh. Selain itu akan membersihkan dan menyehatkan organ hati dan ginjal. Nantinya racun-racun akan diluruhkan dengan ekskresi ginjal melalui proses urinisasi, adapun racun pada organ hati akan dibuang melalui proses keringat. Laman Organicfacts.net menyebutkan bahwa konsumsi serai membantu membersihkan dan membuang limbah beracun dan berbahaya dari dalam tubuh, ini karena serai memiliki sifat diuretik. Yang manfaatnya bisa membersihkan dan menyehatkan organ hati dan ginjal, serta dapat membantu menurunkan kadar asam urat berlebih di dalam tubuh.



Diabetes

Hasil teh serai dapat membantu untuk membersihkan / detoksifikasi pankreas dan meningkatkan fungsinya, sehingga menurunkan tingkat gula darah pada penderita diabetes.



Anti Kanker

Sebuah penelitian menemukan bahwa serai mengandung citral, salah satu zat anti-kanker yang dapat membunuh sel kanker. Namun tetap mempertahankan sel atau jaringan sehat dalam tubuh kita. Namun, ini tidak berarti bahwa minum air rebusan serai / teh sendiri akan menyembuhkan kanker secara permanen, melainkan dapat membantu.



Mengatasi Masalah Gangguan Pernafasan

Manfaat Serai digunakan secara luas dalam pengobatan Ayurveda karena kandungannya yang memiliki efek penyembuhan dalam mengobati penyakit batuk dan pilek. Selain itu, di dalam serai terkandung vitamin C yang memiliki efek penyembuhan, yang membantu mengatasi masalah penyumbatan hidung, flu dan gangguan pernafasan lainnya, seperti asma bronkial dan lainnya.



Menyembuhkan Pilek dan Flu

Serai memiliki khasiat antibakteri dan antijamur yang membantu dalam mengobati batuk, demam dan gejala flu lainnya. Plus, di dalam serai sarat akan kandungan vitamin C yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Selain itu, Anda bisa memanfaatkan minyak sereh untuk menghilangkan rasa sakit pada otot dan persendian, disamping juga memanfaatkannya untuk pengobatan flu dan sakit kepala akibat flu. Bahkan kandungan di dalam serai berkhasiat secara efektif untuk “mendobrak” lendir dan mengatasi masalah penumpukan dahak, sehingga bermanfaat untuk meringankan masalah pernafasan. Hal ini berguna sekali begi mereka yang menderita bronkitis atau asma.



Melawan Penyakit Malaria

Sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal obat tanaman internasional "Planta Medica", hasil menunjukkan bahwa minyak esensial yang ditemukan di dalam serai mampu menekan resiko penyakit malaria sebesar 62 sampai 87 persen. Studi tersebut dengan menggunaan obyek tikus percobaan. Dan masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui besarnya manfaat yang diperoleh pada manusia.


Manfaat Daun Serai Untuk Kulit dan Rambut

Serai merupakan sumber Vitamin A dan C yang bermanfaat untuk menutrisi kulit dan rambut. Dengan cara memperbaiki sirkulasi darah, membersihkan kulit tubuh, bahkan bisa mengobati jerawat dan eksim. Pada sebuah tulisan berjudul “The Benefits of Lemongrass for Skin”, menjelaskan bahwa konsumsi serai membantu untuk meringankan berbagai masalah kulit. Serai yang bersifat anti mikroba dan anti bakteri bermanfaat untuk menghambat dampak buruk bakteri atau mikroba pada kulit. Hal ini juga membantu menghindari masalah infeksi kulit akibat bakteri seperti folikulitis dan selulitis. Serai juga sebagai fungisida yang membantu penyembuhan kulit akibat infeksi jamur. Ramuan ini juga mampu bertindak dalam membatasi sekresi minyak dan mengencangkan kulit.




Khasiat Sereh untuk Meningkatkan Metabolisme dan Membakar Lemak

Minum teh sereh dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, yang membuat pencernaan lebih lancar dan mengoptimalkan proses pembakaran kalori di dalam tubuh.



Mengatasi Masalah Bau Badan

Serai digunakan dalam pembuatan deodoran karena sifat pembersihan dan antibakterinya, yang ini membantu melawan bau badan dan mencegah infeksi jamur dan bakteri. Anda bisa menambahkannya ke pemandian kaki untuk membersihkan kaki, sehingga menjadi harum.



Untuk Aromaterapi

Serai terdiri dari bahan bermanfaat minyak atsiri seperti nerol, sitronelol, dipentene, myrcene, geraniol dan metil heptenone yang memiliki sifat anti jamur, insektisida dan antiseptik. Hal itu membuatnya sering  digunakan dalam aromaterapi, yang membantu menyegarkan tubuh. Efek pendinginannya  bermanfaat bagi tubuh selama cuaca panas, serta bisa meningkatkan semangat dalam jiwa.



Untuk Sistem Imun Tubuh

Serai memiliki manfaat untuk sistem vital tubuh seperti pencernaan, pernapasan, ekskresi dan sistem saraf. Manfaatnya untuk memaksimalkan proses penyerapan nutrisi dan memperkuat mekanisme imun tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa serai memberikan tindakan anti-inflamasi bagi tubuh.



Manfaat Sereh untuk Mengatasi Rematik

Serai efektif untuk menghilangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh rematik. Selain itu juga bermanfaat dalam mengatasi masalah keseleo dan semacamnya.



Menghindari Depresi

Sereh memiliki sifat antidepresan serai yang membantu mengobati masalah depresi. Kandungan di dalamnya akan bekerja untuk mengaktifkan pelepasan serotonin yang berfungsi untuk memerangi depresi, kecemasan, meningatkan semangat dan memberikan efek menenangkan. Anda bisa meminum secangkir teh sereh ketika merasa tertekan atau mood rendah. Teh ini akan membantu Anda tetap tenang.


Meredakan Nyeri Haid

Sereh baik untuk kesehatan wanita, membantu mengurangi rasa sakit menstruasi karena efek kandungan di dalam sereh yang menenangkan.




Untuk Ibu yang Baru Memiliki Anak

Serai sangat bermanfaat bagi ibu baru yang sedang menyusui bayinya. Serai memiliki khasiat untuk membantu meningkatkan produksi ASI. Selain itu sifat antimikroba dan antibakterinya juga membantu bayi agar dan terbebas dari infeksi sehingga bisa selalu sehat. Ibu menyusui ini bisa minum satu sampai dua cangkir teh sereh dalam sehari. Hanya saja, jangan berlebihan dalam mengonsumsi teh sereh ini, maksimal dua cangkir teh untuk Ibu menyusui. Demikian juga konsumsi sereh ini harus dihindari bagi wanita yang selama masa kehamilan.



Manfaat Sereh untuk Mengurangi Nyeri Radang Sendi

Sereh memiliki sifat anti-inflamasi dan penghilang rasa sakitnya. Sereh membantu mengobati radang sendi, rematik, osteoartritis, asam urat dan beberapa jenis nyeri sendi lainnya. Dengan sifat anti-inflamasinya ini membantu untuk meminimalisir aktivitas siklooksigenase-2, itu merupakan jenis enzim yang memicu masalah peradangan dan timbulnya rasa sakit, yang umumnya menyerang bagian persendian. Selain itu, serai juga membantu meredakan kejang otot atau keseleo dengan merilekskan otot. Anda dapat mencampur minyak sereh dengan minyak kelapa (dengan perbandingan 1: 2), setelah dicampur maka digosokan pada bagian tubuh yang terkena sakit. Kemudian biarkan selama 1 jam atau lebih, setelah itu barulah dibilas. Lakukan satu kali dalam sehari. Anda juga disarankan untuk minum teh sereh sebanyak dua kali dalam sehari agar memperoleh manfaat terbaik.



Menjaga Sistem Saraf

Serai yang mengandung magnesium, fosfor dan folat berkhasiat untuk perkembangan dan fungsi sistem saraf. Yang hal ini penting dalam meningkatkan konsentrasi, daya ingat dan kemampuan otak untuk memproses informasi. Sereh telah terbukti menjadi tonik untuk sistem saraf, yang manfaatnya dapat merangsang pikiran, serta juga membantu untuk menghindari munculnya perasaan gugup, kejang, vertigo dan beberapa gangguan neuronal seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson. Kandungan di dalam sereh juga berkhasiat untuk membantu menenangkan saraf dan juga membantu mencegah timbulnya kecemasan dan stres.



Nah itu lah artikel mengenai Manfaat dan Khasiat Sereh  nya , semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan .


0 Response to "35+ Khasiat dan Manfaat Sereh Dibalik Kelezatannya Sebagai Bumbu Dapur"

Post a Comment