35+ Khasiat dan Manfaat Susu Kedelai Yang Tidak Disangka Sangka !

Susu kedelai kerap menjadi alternatif apabila tidak ada susu sapi. Kandungan gizi pada susu kedelai tidak kalah dengan kandungan gizi pada susu sapi. Susu sapi rendah lemak dan susu kedelai mengandung sejumlah gizi yang sama. Dalam satu cup susu, masing-masing susu tersebut mampu menyediakan 8 gram protein, juga sejumlah kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin D, dan vitamin B-12.

Meskipun kalori yang dimiliki susu kedelai tidak sebanyak kalori dari susu sapi, susu kedelai diperkaya dengan kandungan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung.



manfaat, manfaat susu kedelai, khasiat susu kedelai,   manfaat susu kedelai untuk ibu hamil, manfaat susu kedelai melilea, manfaat susu kedelai bagi wanita, manfaat susu kedelai untuk diet, manfaat susu kedelai untuk kesehatan
Khasiat dan Manfaat Susu Kedelai Yang Tidak Disangka Sangka !

Beberapa kandungan susu kedelai yaitu :

  • Kalsium dan magnesium yang terkandung dalam kedelai diduga mampu membantu mengurangi gejala pra-menstruasi, mengatur kadar gula darah, dan mencegah sakit kepala sebelah atau migrain.
  • Kedelai tinggi akan kandungan asam lemak seperti omega-3 yang dapat membantu mengurangi kadar lemak darah (kolesterol total dan trigliserida), sehingga mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan serangan jantung.
  • Susu kedelai juga mengandung seng atau zinc yang penting untuk sistem kekebalan tubuh.
  • Vitamin B12 membantu memproduksi sel darah merah sehingga mencegah anemia. Sumber Vitamin B12 antara lain telur dan produk susu. Namun, bagi pemakan sayuran alias vegetarian atau mereka yang alergi terhadap susu sapi, konsumsi susu kedelai membantu melengkapi kebutuhan Vitamin B12
  • Vitamin D penting untuk kesehatan tulang. Banyak susu kedelai yang dijual telah ditambahkan dengan vitamin D.
  • Susu kedelai mengandung protein yang hampir sama banyaknya dengan susu sapi, tapi dengan kalori yang lebih rendah.


Adapun Khasiat dan Manfaat Susu Kedelai Yang Tidak Disangka Sangka antara lain :



Mengatasi Kulit Berminyak

Salah satu masalah kulit yang cukup menjengkelkan adalah kadar minyak berlebih di area wajah. Ini menyebabkan tampilan wajah terlihat kusam dan tidak sehat. Mengkonsumsi sari kedelai secara rutin akan sangat membantu produksi kolagen sekaligus melakukan perbaikan terhadap serat elastin. Dengan ini, kadar minyak berlebih di area wajah bisa berkurang drastis dan kulit tidak terlihat kusam.


Manfaat Susu Kedelai dapat Melembabkan Kulit

Pelembab alami juga terkandung di dalam manfaat sari kedelai yang akan memperbaiki sel kulit mati sekaligus mencegah dehidrasi organ di dalam tubuh. Konsumsi sari kedelai secara rutin sehingga kamu bisa memiliki kulit yang lembap, lembut sekaligus segar setiap hari.



Mencegah terbentuknya jerawat

Manfaat susu kedelai yang lain adalah untuk mencegah terbentuknya jerawat. Beberapa penelitian membuktikan bahwa terdapat hubungan antara susu dan juga pembentukan jerawat. Mengonsumsi produk susu secara berlebih mampu menstimulasi jerawat dan memperburuk kondisi kulit.



Menghilangkan Flek Hitam Wajah

Bintik hitam atau sering disebut dengan flek hitam terjadi karena penuaan dini, tidak menjaga kebersihan kulit dan terlalu sering terkena sinar matahari. Untuk mengatasi masalah tersebut bisa dilakukan dengan mengkonsumsi sari kedelai secara rutin yang akan secara perlahan membuat noda hitam di area wajah semakin berkurang.



Mencegah penuaan dini

Susu kedelai dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan kadar kolagen. Setelah seorang wanita mengalami menopause, kolagen yang diproduksi pada epidermis akan mengalami penurunan. Kolagen adalah komponen yang bertanggungjawab dalam kekenyalan kulit dan juga menjaga elastisitas kulit. Isoflavon pada kedelai merupakan anti-aging agent yang berperan dalam menangkal radikal bebas dan juga membantu mencegah penuaan dini. Selain itu, tingginya kandungan air pada kedelai akan membuat kulit kita senantiasa lembab dan tidak kering.



Manfaat Susu Kedelai dapat Melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV

Selain baik untuk kesehatan organ dalam tubuh Anda, susu kedelai juga baik untuk melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar UV. Pengaplikasian krim atau moisturizers dengan komposisi ekstrak kedelai mampu menekan risiko terbentuknya kanker pada kulit Anda, yang disebabkan oleh radiasi sinar UV. Selain itu, ekstrak kedelai juga mampu menyembuhkan peradangan dan menghentikan kerusakan pada kulit Anda akibat sinar UV.



Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

Berbagai kebutuhan nutrisi ibu hamil seperti vitamin, asam folat, omega 3, protein, kalsium dan berbagai mineral lainnya bisa didapatkan secara lengkap hanya dengan mengkonsumsi sari kedelai secara rutin. Tidak hanya mencukupi gizi, namun sari kedelai juga akan mengurangi rasa mual saat masa kehamilan sekaligus meningkatkan pertumbuhan janin semakin optimal.



Pencegahan Kanker Prostat

Manfaat sari kedelai tidak hanya baik untuk wanita dan bayi saja, namun juga sangat berkhasiat untuk para pria. phytoestrogen yang ada pada sari kedelai akan menghambat produksi dari hormon testoteron sehingga resiko kanker prostat bisa jauh lebih berkurang.


Menjaga Kesehatan Profil Lipid Darah

Manfaat Susu Kedelai Berbeda dengan susu sapi yang mengandung kolesterol serta lemak jenuh, pada sari kedelai tidak mengandung kolesterol dan dengan asupan sari kedelai teratur maka akan menurunkan kadar trigliserida serta kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kolesterol baik.


Anti Aging

Semua orang pastinya selalu ingin tampil awet muda dibandingkan dengan usia sebenarnya. Satu cara terbaik yang bisa kamu lakukan adalah mengkonsumsi sari kedelai sebab mengandung vitamin E, vitamin B, vitamin C, Beta-Karoten, Chromium, Selenium, Kalsium, Tembaga, Magnesium, dan juga Isoflavon yang sangat baik untuk tetap terlihat lebih awet muda.


Mengobati Migrain

Migrain atau sakit kepala sebelah yang sering terjadi secara tiba-tiba tanpa diketahui penyebabnya ini lebih sering dialami wanita dibandingkan dengan pria. Penyebab utamanya adalah siklus hormonal wanita. Dengan mengkonsumsi sari kedelai secara teratur maka migrain bisa dicegah dan juga dihilangkan secara aman dan alami.


Menjaga Kesehatan Mental

Dalam 1 cangkir sari kedelai terkandung 5.8% vitamin B6 yang baik untuk produksi serotonin neurokimia sehingga bisa memperbaiki mood seseorang. Sementara magnesium akan meningkatkan serotonin yang serupa dengan obat antidepresan.


Pencegahan Osteoporosis

Osteoporosis merupakan satu penyakit yang biasanya diderita saat usia semakin bertambah akibat dari semakin sedikitnya hormon di dalam tubuh. Kandungan vitamin D serta kalsium yang terdapat di dalam susu sapi juga terkandung dalam sari kedelai. Sedangkan fitoesterogen akan membuat kalsium lebih cepat diserap tubuh sebagai pencegahan terhadap osteoporosis.


Membantu Program Diet

Dalam 1 cangkir sari kedelai mengandung sampai 8 gram protein, 4.5 gram lemak serta 12 gram karbohidrat. Ini membuktikan jika manfaat dari sari kedelai hampir serupa dengan susu sapi akan tetapi kadar kalorinya lebih sedikit sehingga sangat baik untuk dimasukkan ke dalam menu diet kamu.


Menurunkan Resiko Diabetes

Diabetes militus timbul karena kekurangan kadar insulin di dalam tubuh yang menyebabkan kelainan protein, karbohidrat, air, lemak dan juga elsktrolit. Sementara asam amino-nya akan menjaga hormon insulin dalam tubuh selalu seimbang.


Manfaat Susu Kedelai dapat Mencegah Kanker

Salah satu penyakit ganas yakni kanker juga bisa dicegah dengan rutin mengkonsumsi sari kedelai yang banyak mengandung mineral, protein serta vitamin. Selain itu, kandungan selenium akan berperan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas pemicu sel kanker.



Menurunkan Kadar Kolesterol

Sari kedelai juga memiliki peran penting dalam menyingkirkan lemak jahat di dalam tubuh yang menjadi penyebab timbulnya plak kolesterol pada dinding arteri. Kandungan lesitin akan membuat kolesterol larut dalam darah yang akan mencegah penyumbatan pembuluh darah. Sedangkan kandungan isoflavon-nya bertugas sebagai antioksidan dan meningkatkan kadar kolesterol baik yang akan membersihkan kolesterol dinding arteri kemudian dibawa menuju hati dimana kolesterol akan kembali dipecah sekaligus dikeluarkan.



Mencegah Sakit Kardiovaskular

Sari kedelai juga mengandung vitamin E yang baik sebagai pencegahan terhadap penyakit stroke dan juga jantung koroner. Vitamin E pada sari kedelai akan mencegah terjadinya plak di pembuluh darah arteri yang menjadi penyebab pembuluh darah tersumbat. Sementara kandungan asam folat serta vitamin B6 berperan untuk pencegahan penyakit jantung. Untuk kandungan magnesium pada sari kedelai juga berperan sebagai penghambat pelepasan tromboksan atau zat yang membuat keping darah sehingga lebih mudah menggumpal.


Baik Untuk Autisme

Autisme adalah gangguan perkembangan pada anak yang membuatnya tidak bisa berinteraksi dengan lingkungan sekitar seperti memiliki dunia sendiri. Penderita autisme juga dihimbau untuk menghidari asupan protein susu atau kasein serta protein tepung atau glutein sebab akan sulit untuk dicerna dan mengakibatkan terjadinya gangguan fungsi pada otak dan menjadikan penderita autisme semakin hiperaktif. Mengkonsumsi sari kedelai sangat baik untuk tetap memperoleh asupan vitamin, protein dan juga mineral tanpa perlu mengalami efek samping seperti saat mengkonsumsi kedua zat yang sudah disebutkan diatas.



Khasiat Susu Kedelai dapat Mengurangi Gejala Pra-Menstruasi

Bagi para wanita juga sangat disarankan untuk rajin mengkonsumsi sari kedelai yang banyak mengandung magnesium serta kalsium sehingga membantu dalam mengatasi gejala pra menstruasi setiap bulannya.



Mencegah Anemia

Dalam sari kedelai mengandung vitamin B12 yang akan membantu dalam produksi sel darah merah dan menjadi solusi baik untuk kamu yang vegetarian dan tidak bisa mengkonsumsi telur atau susu sapi sebagai sumber vitamin B12 tersebut.



Manfaat Susu Kedelai dapat Membantu menurunkan berat badan

Salah satu manfaat susu kedelai adalah dapat menurunkan berat badan. Susu kedelai diketahui memiliki kandungan protein yang tinggi, serta diperkaya dengan asam lemak dan berbagai macam vitamin dan mineral. Mengonsumsi susu kedelai secara teratur dapat meningkatkan keseimbangan gizi pada tubuh Anda tanpa perlu mengonsumsi lemak jenuh dan juga kolesterol yang biasanya terkandung dalam produk susu lain, misalnya susu sapi. Selain itu, susu kedelai juga memiliki kandungan fat-burning vitamins, yaitu riboflavin dan vitamin B12. Kedua jenis vitamin ini membantu pembentukan energi dan dibutuhkan untuk metabolisme asam lemak pada tubuh. Tingginya kandungan serat pada susu kedelai juga akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.



Meningkatkan kekuatan pembuluh darah dan menjaga kestabilan tekanan darah

Susu kedelai diketahui mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 yang berhubungan dengan pembentukan fito-antioksidan kuat. Komponen ini akan membantu melindungi pembuluh darah Anda luka dan pendarahan. Komponen ini juga akan mengikat lapisan pembuluh darah dan mencegah lapisan sel tersebut dari serangan radikal bebas dan juga dari tumpukan kolesterol. Pengikatan lapisan sel ini juga akan meningkatkan kestabilan aliran darah dan fleksibilitas pembuluh darah Anda, sehingga dapat menjaga tekanan darah Anda tetap stabil dan normal.



Mencegah osteoporosis

Berdasarkan jurnal studi yang di-post oleh The National Library of Medicine (NLM), diperoleh bahwa susu kedelai memberi keuntungan dalam mencegah pengeroposan tulang yang diakibatkan kurangnya hormon pada ovarium. Kedelai diketahui mengandung kalsium yang tinggi. Selain itu, kedelai juga mengandung magnesium dan boron, yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. Isoflavon yang terdapat pada kedelai mampu mencegah kerusakan pada tulang. Salah satu jenis isoflavon yang terdapat pada kedelai adalah daidzein, yang komponennya serupa dengan obat ipriflavone, yaitu obat yang digunakan secara meluas di Eropa dan Asia untuk mengobati penderita osteoporosis.


Mencegah sindrom postmenopause

Khasiat susu kedelai yang lain adalah mencegah sindrom postmenopause. Selama masa menopause, produksi hormone estrogen pada tubuh wanita mengalami penurunan. Penurunan hormone estrogen secara tiba-tiba ini akan menyebabkan beberapa masalah kesehatan selama masa postmenopause (setelah menopause). Setelah masa menopause, wanita akan memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung, diabetes dan obesitas. Selain itu, wanita juga akan cenderung mengalami depresi, ketidakstabilan mood, insomnia, dan juga gangguan psikologi lainnya. Fitoestrogen yang terdapat dalam kedelai mampu menggantikan kekurangan estrogen. Konsumsi kedelai secara teratur akan mencegah dan meredakan sindrom yang muncul setelah menopause tersebut.



Memperbaiki Profil Lipid

Komponen yang paling penting dari susu kedelai adalah kemampuannya untuk memperbaiki profil lipid darah Anda. Tidak seperti produk susu lainnya, yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol tinggi, lemak pada susu kedelai sebagian besar tidak jenuh dengan nol kolesterol. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa asupan kedelai secara teratur, secara signifikan dapat membantu Anda dalam menurunkan konsentrasi trigliserida dan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL)



Menjaga Kesehatan Mental

Susu kedelai dapat membantu Anda dalam mengurangi risiko mengalami gangguan mental, hal ini dikarenakan kedelai mengandung sejumlah mikronutrisi seperti magnesium, vitamin B, serta kandungan yang tinggi akan vitamin D yang berperan dalam menjaga kesehatan mental.



Mencegah Osteoporosis

Osteoporisis adalah penyakit lainnya yang terkait dengan usia dan hormon. Fitoestrogen pada kedelai dapat membantu mempercepat penyerapan kalsium oleh tubuh dan mencegah hilangnya massa tulang. Untuk hasil yang optimal, pastikan untuk membeli susu kedelai yang diperkaya dengan ekstra kalsium dan vitamin D.


Mengatasi Masalah Intoleransi Laktosa

Manfaat susu kedelai yang pertama ini telah cukup banyak diketahui oleh masyarakat umum. Beberapa anak dan orang dewasa memiliki alergi terhadap susu sapi. Kondisi itu dikenal dengan istilah intoleransi laktosa karena penderita memiliki enzim lactase yang terbatas dalam tubuh. Enzim lactase ini berfungsi memecah laktosa menjadi glukosa dan galaktosa agar usus lebih mudah mencernanya. Karena jumlah enzim yang terbatas itu, maka penderita intoleransi laktosa sulit mencerna susu sapi. Akibatnya, akan timbul respon seperti mual, muntah, diare atau gejala sakit perut lainnya. Kelebihan susu kedelai dibandingkan susu sapi adalah karena tidak ada laktosa pada susu kedelai sehingga anak dapat mencerna susu dengan mudah.



Anti karsinogenik

Konsumsi susu kedelai memiliki keuntungan menurunkan risiko kanker prostat pada pria. Hasil dari beberapa penelitian merekomendasikan untuk mengonsumsi susu kedelai untuk menurunkan risiko terjadinya kanker prostat. Selain itu, kanker payudara yang turut berhubungan dengan kadar estrogen juga dapat dicegah dengan konsumsi susu kedelai.



Manfaat Susu Kedelai dapat Membantu Melancarkan Buang Air Besar

Tidak perlu bingung mencari obat untuk menghilangkan susah buang air besar (sembelit), ternyata susu kedelai juga bisa membantu kita mengatasi penyakit yang satu ini. Susu kedelai mengandung probiotik bernama oligosakarida. Kandungan ini diketahui bisa menghilangkan sembelit dan melancarkan buang air besar.



manfaat, manfaat susu kedelai, khasiat susu kedelai,   manfaat susu kedelai untuk ibu hamil, manfaat susu kedelai melilea, manfaat susu kedelai bagi wanita, manfaat susu kedelai untuk diet, manfaat susu kedelai untuk kesehatan

Nah itu lah artikel mengenai Khasiat dan Manfaat Susu Kedelai  nya , semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan .

0 Response to "35+ Khasiat dan Manfaat Susu Kedelai Yang Tidak Disangka Sangka !"

Post a Comment