37 Manfaat dan Khasiat Kunir Putih ( Kunyit Putih ) untuk Kesehatan

Kunir putih atau lebih dikenal dengan kunyit putih ( curcuma mangga ) sudah tidak asing lagi untuk orang indonesia yang kaya akan obat - obatan herbalnya, lebih sering lagi kita mendengarnya dijadikan sebagai jamu, yups karena memang kunir putih tersebut memiliki banyak sekali manfaat serta khasiat.

Manfaat dan Khasiat Kunir Putih ( Kunyit Putih ) untuk Kesehatan, khasiat kunir putih, manfaat kunir putih, khasiat kunyit putih, manfaat kunyit putih
Manfaat dan Khasiat Kunir Putih ( Kunyit Putih ) untuk Kesehatan


Nah berikut adalah manfaat dan khasiat dari kunir putih atau kunyit putih


Menurunkan Kadar Gula Darah

Mengkonsumsi kunyit putih dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah, yang selanjutnya dapat mencegah diabetes. Meskipun begitu, masih diperlukan penelitian secara medis lebih lanjut untuk membuktikan apakah kunyit putih dapat digunakan untuk menurunkan kadar gula darah.

Sebagai Antinyeri

Kunyit putih juga dipercaya dapat digunakan sebagai analgesik atau obat untuk mengatasi rasa sakit. Tetapi, seberapa efektif kunyit putih untuk mengatasi rasa sakit ini tergantung pada seberapa besar atau banyak dosis yang Anda gunakan.

Antibakteri dan Antijamur

Kunyit putih dipercaya dapat mengurangi jumlah mikroba di mulut yang tidak kalah efektif jika dibandingkan obat kumur yang banyak tersedia di pasaran. Selain itu, ekstrak kunyit putih juga dapat membantu menghambat aktivitas jamur pada tubuh manusia.

Manfaat dan Khasiat Kunir Putih untuk Mengobati Diare

Seperti yang telah diketahui, diare merupakansebuah penyakit yang menyebabkan frekuensi buang air besar menjadi lebih sering. Apabila Anda sedang mengalami gangguan pencernaan seperti diare ini, Anda dapat mengobatinya dengan memanfaatkan khasiat kunyit putih ini.

Mengobati Keputihan pada Wanita

Khasiat kunyit putih juga dapat digunakan untuk mengatasi keputihan pada wanita. Untuk mengobatinya, Anda dapat mengiris kunyit putih secara tipis, kemudian rebuslah hingga mendidik. Diamkan beberapa saat agar tidak terlalu panas. Kemudian air rebusan tersebut dapat Anda gunakan untuk membersihkan organ kewanitaan. Untuk hasil yang maksimal, gunakan dua kali sehari secara rutin.

Melembabkan Kulit Kering

Kunyit putih mengandung antiseptik dan antioksidan yang dapat memberikan nutrisi pada kulit kering sehingga dapat membantu melembabkannya. Dalam penggunaannya, Anda dapat mencampurkannya dengan madu karena madu dapat mengikat air yang dapat berguna untuk mempertahankan kelembaban dan kesehatan kulit.

Mengobati Luka Bakar dan Eksim

Khasiat kunyit putih untuk selanjutnya yaitu dapat digunakan untuk mengobati luka bakar. Hal ini dikarenakan kunyit putih mengandung berbagai nutrisi yang dapat berfungsi untuk memulihkan luka bakar dan juga menyembuhkan eksim.

Mengobati Masuk Angin

KManfaat dan Khasiat Kunir Putih juga dapat digunakan untuk mengobati sakit masuk angin. Untuk membuat ramuan pereda masuk angin pun cukup mudah. Anda hanya perlu merebus kunyit putih yang telah dihaluskan hingga mendidih. Kemudian minum selagi masih hangat.

Meningkatkan Nafsu Makan

Khasiat kunyit putih dapat digunakan untuk meningkatkan nafsu makan, terkhususnya untuk anak-anak yang sulit makan. Karena seperti yang telah diketahui, kurangnya asupan makanan dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Mengobati Sakit Maag

Sakit maag biasanya terjadi karena pola makan yang tidak teratur, mengkonsumsi makanan yang dapat memicu asam lambung, dan mengalami stres. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat mengkonsumsi air rebusan kunyit putih untuk mengurangi dampak buruk yang dapat ditimbulkan akibat sakit maag.

Mencegah Kanker

Manfaat kunyit putih yang pertama adalah untuk menurunkan risiko terkena kanker. Hasil penelitian yang dilakukan oleh American Institute of Cancer menyatakan bahwa kandungan antioksidan yang terdapat dalam kunyit putih sangat efektif dalam mencegah kerusakan DNA yang menjadi penyebab terjadinya kanker.


Manfaat dan Khasiat Kunir Putih dapat Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Kunyit putih memiliki kandungan alami yang mana berkhasiat nyata untuk membantu proses penyembuhan penyakit kanker. Cara mengolahnya tidaklah sulit, kunyit bisa diparut halus, diperas sarinya dan diminum langsung.

Mengobati Diare

Apabila Anda termasuk orang yang sering mengalami gangguan pencernaan yang kemudian pada akhirnya menyebabkan diare, maka Anda dapat mencoba untuk mengobatinya dengan memanfaatkan kunyit putih ini.

Untuk Obat Luar

Kunyit putih juga ternyata dapat digunakan sebagai obat luar. Caranya, parut kunyit putih lalu campur dengan asam kawak atau dapat pula dicampur dengan minyak kelapa. Kemudian balurkanlah pada bagian yang sakit. Cara ini dapat digunakan untuk luka lebam, bangkak, dan juga bisul.

Mengobati Masuk Angin

Manfaat dan Khasiat Kunir Putih Untuk mengobati gejala masuk angin, Anda dapat mengambil 200 gram kunyit putih, kemudian dicuci sampai bersih, kupas dan parut. Hasil parutan tersebut diperas dan air perasannya kemudian direbus. Air rebusan inilah yang dimanfaatkan untuk mengobati masuk angin. Dapat pula ditambahkan madu untuk pemanisnya.

Mengobati Keputihan

Untuk mengobati keputihan Anda bisa mengiris tipis-tipis kunyit putih, kemudian merebusnya hingga mendidih. Diamkan beberapa saat agar tidak terlalu panas atau sampai hangat. Kemudian air rebusan tersebut dipakai untuk membersihkan organ kewanitaan. Lakukanlah dua kali sehari pada pagi dan sore sampai keputihan benar-benar sembuh.

Ramuan lainnya adalah dengan mencampur 10 lembar daun sirih, 1 jari temulawak dan 1 ruas kunyit. Kemudian cucilah semua bahan tersebut dan potong-potong kecil. Setelah itu rebuslah dengan tambahan air sebanyak 1 liter air selama kurang lebih 15 menit. Ketika masih hangat, gunakan untuk mencuci organ kewanitaan Anda. Agar hasilnya maksimal, lakukan secara rutin dua kali sehari.

Mencegah Kanker Payudara

Salah satu penyakit yang ditakutkan oleh kaum wanita selain kanker serviks adalah kanker payudara. Maka untuk mengurangi resikon terjadinya kanker ini Anda dapat membuat ramuan kunyit putih. Caranya adalah kunyit putih dan keladi putih di uci sampai bersih kemudian dipotong-potong. Lalu rebuslah dengan air sebanyak 4 gelas. Setelah mendidih minumlah ramuan tersebut.

Menambah Nafsu Makan

Sama halnya dengan temulawak, kunyit putih juga ternyata mampu membantu menambah nafsu makan. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang melakukan program menambah berat badan. Selain itu, khasiat ini juga tentunya berguna untuk anak yang susah makan.

Penyegar Kulit

Sebagai penyegar kulit, Anda dapat mencampurkan kunyit, madu dan juga jus lemon secara sekaligus. Minumlah campuran tersebut setiap hari secara rutin. Anda akan merasakaan manfaatnya setelah beberapa kali meminum ramuan tersebut.

Obat Awet Muda

Jika Anda ingin memiliki wajah awet muda, Anda juga dapat menggunakan kunyit putih. Sifat antioksidan dari kunyit putih yang dicampur dengan madu terbukti dapat mengurangi bahkan menghindari proses penuaan dini.

Penyembuh Luka Bakar dan Eksim

Sama seperti penyembuhan luka dan radang, eksim dan luka bakar pun bisa dihilangkan dengan membuat ramuan kunyit putih yang dicampur madu. Keduanya bisa digunakan sebagai obat luar dan obat dalam.

Zat Anti Radang

Manfaat kunyit putih untuk kesehatan yang selanjutnya adalah sebagai zat anti radang. Anti bakteri yang terkandung di dalam kunyit putih ini sangat bermanfaat untuk proses penyembuhan luka dan infeksi. Sehingga Anda akan terhindar dari bekas luka atau kapalan.

Melembabkan Kulit yang Kering

Kunyit putih memiliki kandungan antiseptik dan antioksidan sehingga memberikan nutrisi pada kulit yang kering agar lebih lembab tanpa perlu menggunakan pelembab buatan. Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan madu karena madu dapat mengikat air yang berguna untuk mempertahankan kelembaban dan kesehatan kulit bagian dalam.



yups, semoga artikel yang berjudul manfaat dan khasiat kunir putih ini dapat bermanfaat untuk kalian semua, dan harus selalu ingat untuk utamakan kesehatan .

0 Response to "37 Manfaat dan Khasiat Kunir Putih ( Kunyit Putih ) untuk Kesehatan"

Post a Comment