Adsense

40 Khasiat dan Manfaat Buncis Terlengkap yang Mencengangkan

manfaat, manfaat buncis, khasiat buncis,  manfaat buncis untuk kesehatan, manfaat buncis untuk bayi, manfaat buncis untuk diet, manfaat buncis untuk ibu hamil, manfaat buncis rebus, manfaat buncis untuk diabetes, manfaat buncis untuk kecantikan
Khasiat dan Manfaat Buncis Terlengkap yang Mencengangkan

Buncis mengandung beberapa kandungan gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia. Beberapa kandungan gizi tersebut diantaranya adalah Vitamin A, Vitamin B1, B2, B3, B6, B11, Vitamin C, Lemak, Protein, Kadar abu, Mangan, Molibdenum, Magnesium, Potasium, Zat besi, Fosfor, Kalsium, Tembaga, Karbohidrat, Serat kasar, dll.


Adapun 40 Khasiat dan Manfaat Buncis Terlengkap yang Mencengangkan antara lain :



Menyembuhkan Mood Swing

Mood Swing amatlah bahaya karena bisa menyebabkan seseorang jadi lesu karena psikosomatis. Mood Swing atau perubahan suasana hati terlalu cepat juga akan membuat kepribadian seseorang dinilai buruk oleh masyarakat. Nah, bila anda memang pengidap mood swing, tak ada salahnya mencoba manfaat buncis.


Mengatasi Morning Sickness

Morning Sickness adalah  sindrom mual pada ibu hamil. Biasanya melanda saat baru bangun tidur hingga pagi. Untuk meringankan gejala morning sickness, ada baiknya mencoba makan rebusan buncis.



Kaya dengan Beta Karoten yang Baik untuk Mata

Beta Karoten amat diperlukan tubuh manusia sebagai zat yang baik untuk perkembangan otot mata. Ketika otot mata sehat, maka anda akan terbebas dari segala macam jenis gangguan mata. Buncis ternyata banyak pula mengandung beta karoten, meski tubuh sayuran ini tak berwarna merah.


Mengandung Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks yang terdapat pada sayuran ini  akan membuat tubuh anda jadi bugar dan sehat selalu. Jika anda sering merasa letih dan pusing. Stress dan nafsu makan berkurang. Bahkan hingga membuat tubuh anda nampak kurus, tak ada salahnya mencoba khasiat buncis.



Menghindari Gigi Mudah Patah

Manfaat Buncis sebagai sumber kalsium juga amat baik untuk kesehatan gigi anda. Sehingga gigi menjadi kuat, tidak mudah patah dan berlubang. Jaringan tulang penyangga gigi juga kuat, jadi gigi tak mudah goyang.

Mencegah Tulang Keropos

Penyakit pengeroposan tulang lebih dikenal sebagai osteoporosis, bisa menimpa siapa saja disegala usia. Kandungan fosfor yang ada pada Buncis diyakini akan membuat tulang anda selalu padat.



Membesarkan Otot dan Tulang

Kandungan protein yang tinggi pada Buncis diyakini akan membesarkan otot dan tulang anda secara maksimal. Tentu saja ini sungguh bagus untuk anda para manusia yang hobi melakukan body building.



Mencegah Tumbuhnya Sel Kanker

Khasiat Buncis juga akan mencegah tumbuhnya sel kanker di tubuh anda. Semakin banyak mengonsumsinya secara rutin, maka sel-sel kanker mustahil untuk tumbuh di tubuh anda. Ini terjadi karena sayuran boontjes ini kaya dengan asam amino essensial.



Mengeluarkan Racun dari dalam Tubuh

Manfaat Buncis ternyata bisa juga mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Detoksifikasi racun ini akan membuat tubuh anda terbebas dari racun dan radikal bebas yang selama ini tanpa sadar telah mengendap di tubuh anda.



Melancarkan Metabolisme Tubuh

Metabolisme tubuh manusia sangat dipengaruhi tingkat kepadatan aktivitas. Semakin banyak aktvitas manusia, maka semakin cepatlah metabolismenya. Nah, metabolisme itu sendiri adalah sebuah proses pembakaran zat makanan menjadi energi yang diedarkan ke seluruh tubuh. Supaya s ini berjalan lancar, sebaiknya anda memakan Buncis yang bermanfaat ini.



Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat buncis untuk diet. Buncis mengandung kalori yang cukup rendah, sehingga sangat cocok bagi individu yang ingin menjalani program diet untuk menurunkan berat badan atau hanya untuk sekedar menjaga berat badan



Menjaga Kesehatan Jantung

Kacang buncis dapat membantu menurunkan risiko terserang penyakit jantung karena kandungannya yang tinggi akan kadar flavonoid, yaitu antioksidan polifenol yang biasa ditemukan pada buah dan sayuran. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi buncis dan mendapat asupan flavonoid yang cukup dapat membantu Anda dalam mencegah berbagai kondisi terkait seperti serangan jantung dan stroke 



Manfaat Buncis untuk Ibu Hamil

Kacang buncis kaya akan folat, yang bila dikonsumsi selama kehamilan dapat membantu mencegah kelainan pada janin. Buncis ini juga dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan jantung bayi yang sehat, oleh karena itu buncis merupakan sayuran untuk ibu hamil yang cukup ideal.



Memperbaiki Kesehatan Pencernaan

Karena kandungan seratnya yang tinggi, buncis juga dapat bermanfaat bagi orang-orang yang menderita irritable bowel syndrome (IBS) dan sembelit. Buncis ini memiliki efek diuretik sedang pada tubuh, yang dapat merangsang keluarnya urin secara normal dan menghilangkan racun yang berbahaya dari tubuh



Mencegah Penuaan Dini

Buncis juga mengandung sejumlah flavonoid dan antioksidan yang berperan penting dalam mencegah penuaan dini yang diakibatkan radikal bebas. Vitamin A yang hadir dalam sayur buncis ini juga dapat memperlambat tanda-tanda penuaan dini, seperti kulit kering, keriput, dan bintik-bintik hitam .



Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Buncis juga mengandung kadar vitamin yang cukup tinggi, yang dapat berfungsi sebagai antioksidan kuat, yang dapat menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Selain itu, sayuran hijau ini juga dapat membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh 


Manfaat Buncis untuk Diabetes

Penderita diabetes dapat menambahkan buncis ke dalam menu sehatnya untuk membantu dalam mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan adanya serat dalam kacang buncis yang dapat memperlambat metabolisme karbohidrat sehingga mencegah lonjakan kadar gula darah pada penderita diabetes.



Dapat Meningkatkan Kesuburan

Gaya hidup dan nutrisi yang tepat sangat mempengaruhi tingkat kesuburan pada Anda. Buncis dan jenis polong-polongan lainnya merupakan sumber nutrisi yang sangat baik bagi mereka yang berisiko mengalami infertilitas (kemandulan). Hal tersebut dikarenakan buncis rendah akan indeks glikemik dan juga mengandung kadar folat dan zat besi yang signifikan, dimana tiga faktor tersebut dapat memperbaiki kesuburan dan mencegah infertilitas. Selain itu, asam folat dan antioksidan lainnya juga berperan besar dalam proses ini



Mengontrol Kadar Glukosa Dalam Tubuh

Buncis yang direbus dengan benar dapat memudahkan protein yang terkandung dalam buncis terserap sempurna di dalam tubuh. Buncis memiliki kandungan protein yang tidak jauh beda dengan kandungan protein yang terdapat dalam telur. Sehingga apabila seluruh protein yang terkandung dalam buncis dapat terserap oleh tubuh, dapat memenuhi kebutuhan protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain memenuhi kadar protein yang diperlukan oleh tubuh, protein ini juga mampu mengontrol kadar glukosa atau gula darah dalam tubuh sehingga dapat terhindar dari penyakit gula atau diabetes.




Memiliki Kandungan Rendah Kalori

Buncis rebus memiliki kandungan kalori yang rendah sehingga baik untuk menjaga berat badan bahkan dapat menurunkan berat badan. Dengan memiliki berat badan yang ideal, dapat membantu tubuh untuk meminimalisir terserang berbagai jenis penyakit.



Meremajakan Kulit

Memiliki kulit yang terlihat muda dan sehat merupakan idaman bagi semua orang terlebih wanita. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan seperti buncis rebus, penuaan dini dapat dicegah. Hal ini dapat membantu menangkal radikal bebas dari luar dan membantu peremajaan kulit sehingga kulit menjadi awet muda.



Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buncis rebus dengan kandungannya yang terjaga dengan baik mengandung berbagai jenis vitamin, seperti vitamin B1, B6 dan vitamin C. Beberapa kandungan vitamin yang terdapat dalam buncis rebus tersebut membantu meningkatkan sistem imun dan kekebalan tubuh. Dengan mengkonsumsi makanan dengan vitamin yang cukup, tubuh dapat memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik serta mampu menjaga dirinya agar tidak mudah terserang berbagai jenis penyakit.



Mengatasi Masalah Batu Ginjal

Selain menjaga sistem pencernaan, kandungan serat yang terkandung dalam buncis rebus dapat membantu kerja ginjal dengan melarutkan batu ginjal yang terbentuk di dalam ginjal. Selain melarutka batu ginjal, mengkonsumsi buncis rebus dapat digunakan untuk pencegahan terjadinya pembentukan batu ginjal.



Memperlambat penyebaran virus HIV dalam tubuh 

Sebuah studi yang dilakukan di Hong Kong pada 2010 lalu mendapati adanya efek mengagumkan dari buncis Prancis terhadap beragam tumor, jamur, serta virus HIV. Dari ke-3-nya, dampak paling menghebohkan tentunya berkenaan dengan penyebaran virus HIV dalam tubuh. Berbeda dengan virus lain, keberadaan HIV umumnya tidak bisa dihilangkan secara total dari dalam tubuh. Bila dibiarkan tanpa perawatan khusus, maka virus ini bisa berkembang menjadi AIDS. Baik HIV maupun AIDS, keduanya menyerang sel-sel yang biasanya dipakai tubuh untuk mengatasi infeksi. Ketika berada dalam tubuh, virus HIV akan menciptakan DNA palsu yang kemudian menyatu dengan DNA asli dalam tubuh. DNA palsu inilah yang nantinya menyebabkan infeksi berkepanjangan dalam tubuh. Biasanya guna memperlambat tumbuh-kembang virus, para dokter akan memberikan terapi antiretroviral. Jadi agar terapi berjalan maksimal, maka sertakan makanan yang juga memiliki dampak serupa seperti spirulina dan juga buncis Prancis tentunya.


Membantu mempertahankan pola makan sehat 

Tentu saja bukan cuma pengidap obesitas atau diabetes saja yang disarankan untuk mengonsumsi buncis secara teratur. Anda yang ingin mempertahankan pola makan sehat juga harus rajin makan buncis, apalagi sayuran ini bisa membantu menurunkan berat badan. Makan buncis membuat perut kenyang lebih lama karena hormon pemicu lapar yakni ghrelin juga diperlambat produksinya.



Meningkatkan kesuburan dan melindungi bayi baru lahir 

Percaya atau tidak, gaya hidup dan pola makan seseorang turut menentukan kesuburan. Agar infertilitas menjauh, maka konsumsilah sayur memiliki indeks glikemik rendah serta banyak mengandung folat dan zat besi seperti buncis. Tak hanya baik untuk pria atau wanita dewasa, manfaat buncis lainnya juga baik untuk janin karena kandungan asam folatnya. Kekurangan asupan folat dapat menyebabkan bayi lahir cacat.



Melancarkan sirkulasi darah

Manfaat buncis bagi kesehatan yang terakhir adalah dapat melancarkan sirkulasi darah. Zat besi yang terkandung dalam buncis baik untuk meningkatkan produksi hemoglobin yang memungkinkan darah mengankut lebih banyak oksigen ke seluruh tubuh sehingga sirkulasi darah akan manjadi lebih lancar.



Menenangkan pikiran

Buncis juga mempunyai sifat hipoglikemik yang mampu menenangkan saraf, mengurangi tingkat stres, serta mampu meningkatkan kesehatan mental anda. Hasilnya pikiran akan menjadi lebih tenang dan terkendali.


Baca Juga : Manfaat Teh Hijau Kepala Jenggot,  Lihat 15 Khasiat Yang Akan Dirasakan Tubuhmu

Nah itu lah artikel mengenai Manfaat dan Khasiat buncis  nya , semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan .