40+ Khasiat dan Manfaat Yoghurt yang Sangat Baik Bagi Kebugaran Tubuh

khasiat yoghurt, manfaat yoghurt, yoghurt, kegunaan yoghurt, manfaat, manfaat yoghurt untuk ibu hamil, manfaat yoghurt untuk diet, manfaat yoghurt untuk kesehatan, manfaat yoghurt untuk pencernaan, manfaat yoghurt untuk kulit,
 Khasiat dan Manfaat Yoghurt yang Sangat Baik Bagi Kebugaran Tubuh


Yoghurt merupakan hasil fermentasi dari susu, sehingga memiliki rasa yang lezat segar dan manis menyegarkan. Selain itu karena rasanya yang enak bisa dikonsumsi dengan berbagai cara, baik langsung, menggunakan biskuit, campurkan dengan buah. Yoghurt juga bisa dikonsumsi kapanpun baik pagi hari, siang maupun malam.

Adapun Khasiat dan Manfaat Yoghurt yang Sangat Baik Bagi Kebugaran Tubuh adalah :


Membantu menurunkan berat badan
Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh International Journal of Obesity pada tahun 2005, asupan kalsium melalui yoghurt membantu tubuh menggunakan lemak yang tersimpan. Dengan demikian, hal ini membantu Anda memiliki tubuh yang lebih ramping.


Meningkatkan kesehatan usus
Kultur aktif yoghurt membantu meringankan kondisi pencernaan tertentu seperti intoleransi laktosa, konstipasi, diare, kanker usus besar dan penyakit usus.


Khasiat dan Manfaat Yoghurt dapat Mengurangi risiko infeksi jamur
Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi yoghurt dapat mengurangi dan kejadian infeksi akibat jamur dalam vagina.

Baca Juga : Manfaat dan Khasiat Biji Mahoni Untuk Kesehatan


Mengatasi Bau Mulut
Yoghurt dapat menjadi pengobatan alami dalam mengatasi bau mulut dan dapat mengurangi halitosis (bau nafas yang tidak sedap) hingga 80% pada subjek penelitian. Bagi mereka yang mengkonsumsi yoghurt secara rutin juga memiliki tingkat plak dan gingivitis (suatu kelainan berupa peradangan pada gusi) yang lebih rendah.


Mengonsumsi yoghurt setiap hari dapat membantu menghasilkan kekebalan tubuh lebih tinggi. Probiotik yang ada juga membantu merangsang sel darah putih melawan infeksi dalam aliran darah.


Mengandung berbagai jenis vitamin
Satu porsi yoghurt dapat memberikan berbagai nutrisi seperti kalium, fosfor, vitamin B5, seng, yodium dan riboflavin. Yoghurt juga kaya akan vitamin B12, yang diperlukan untuk menjaga sel-sel darah merah dan menjaga fungsi kerja sistem saraf.


Khasiat dan Manfaat Yoghurt dapat Memperbaiki Mood atau Suasana Hati
Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh UCLA’s Gail and Gerald Oppenheimer Family Center for Neurobiology of Stress membandingkan kondisi otak sebelum dan sesudah penelitian dilakukan. Peneliti menemukan bahwa wanita sehat yang mengkonsumsi yoghurt secara teratur memiliki kontrol yang lebih baik akan kondisi suasana hatinya.

Menjaga sel darah merah
Sel darah merah sama pentingnya dengan sel darah putih. Sel ini harus normal dan harus terjaga. Sel darah merah tidak boleh terlalu banyak ataupun sedikit. Dalam yoghurt terkandung bahan seperti vitamin, seng, yodium, kalsium, kalium, fosfor dan masih banyak lagi yang bisa menutrisi tubuh dan menjaga sel darah merah.


Baik untuk kesehatan kulit
Yoghurt membantu Anda untuk memiliki kulit bersih dan mulus. Asam laktat dalam yoghurt bertindak sebagai exfoliator, yang membantu menyingkirkan sel-sel mati. Selain dikonsumsi, Anda juga dapat menggunakan yoghurt sebagai masker agar kulit wajah lebih sehat.


Membantu menurunkan tekanan darah tinggi
Tak hanya kalsium, yoghurt juga mengandung banyak kalium. Kandungan kalium dalam yoghurt membantu menurunkan tekanan darah.


Mengandung bakteri baik
Yoghurt memiliki kultur aktif dan hidup. Ini berarti ia memiliki probiotik, yang hidup di saluran pencernaan Anda. Probiotik ini menghilangkan semua mikroorganisme berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan pada usus atau organ sistem pencernaan lain. Probiotik juga membantu fungsi kerja sistem pencernaan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Khasiat dan Manfaat Yoghurt dapat Menurunkan Resiko Diabetes
Dalam penelitian terbaru, asupan yoghurt probiotik secara langsung berhubungan dengan penurunan risiko terkena diabetes tipe 2. Yogurt mendukung pencernaan dan penyerapan nutrisi ke seluruh saluran pencernaan, dimana hal ini sangat penting untuk regulasi gula darah yang sehat.


Mudah dicerna
Orang yang mengalami intoleransi laktosa karena beberapa alergi, dapat dengan aman menikmati dan mendapatkan manfaat dari yoghurt. Sebab, yoghurt lebih mudah dicerna dibandingkan susu. Kultur aktif yang hidup di dalam yoghurt menciptakan laktase, yang akan membantu meningkatkan penyerapan laktosa pada orang yang intoleran.


Menjaga tulang tetap sehat
Semangkuk yoghurt dapat memberi Anda banyak kalsium dan vitamin D. Kedua komponen ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Kalsium yang ada di dalam yoghurt juga membantu menjaga kepadatan dan memperkuat tulang sepanjang hidup Anda. Dengan demikian, konsumsi yoghurt membantu untuk mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis.


Makanan berprotein tinggi
Yogurt dapat menjadi sumber protein yang sangat baik. Yogurt Yunani dibuat lebih tebal dan memiliki 20 gram protein per porsi. Sedangkan  yoghurt tradisional sedikitnya memiliki 5 gram protein. Jika mungkin anda membutuhkan protein, cari merek yang menyediakan sekitar 8 sampai 10 gram protein per porsi.


Menjaga Kesehatan Jantung
Salah satu produk susu seperti yoghurt ini telah terbukti dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, yang merupakan faktor utama terhadap risiko penyakit jantung. Terlepas dari kandungan lemaknya, yoghurt juga memiliki manfaat bagi kesehatan jantung dengan meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan tekanan darah.


Menjaga sistem saraf
Ternyata yoghurt bisa membantu menjaga sistem saraf. Hal ini penting agar sistem saraf dalam tubuh terus bisa bekerja aktif dan merespon apapun yang dibutuhkan. Sistem saraf ini tidak boleh putus atau rusak, karena akan menyebabkan penyakit diantaranya adalah stroke dan juga gangguan saraf seperti kelainan jiwa. Untuk itu anda bisa mengonsumsi yoghurt yang mengandung berbagai nutrisi dan vitamin serta riboflavin. Konsumsi secara rutin setiap harinya.


Menyehatkan Gigi
Meskipun yoghrt mengandung gula tapi tidak menyebabkan gigi berlubang. Asam laktat dalam yogurt juga ada untuk memberikan perlindungan gusi. Orang-orang yang makan setidaknya dua ons yoghurt per hari, memiliki risiko lebih rendah terhadap penyakit periodontal yang parah daripada orang-orang yang tidak melakukannya.


Pencegahan Osteoporosis
” Gizi yang cukup memainkan peran utama dalam pencegahan dan pengobatan osteoporosis, dan mikronutrien terbesar adalah kalsium dan vitamin D, ” kata Jeri Nieves, PhD, MS, direktur of bone density testing di Rumah Sakit Hayes Helen New York. Manfaat susu memang mengandung banyak kalsium, yang telah terbukti memiliki efek menguntungkan bagi kepadatan massa tulang di segala usia. meskipun hasilnya tidak selalu konsisten, kata Nieves, juga asisten profesor epidemiologi klinis di Columbia University. Asam laktat  menyerap kalsium dan fosfor yang baik untuk kekuatan tulang. Vitamin K yang terdapat pada manfaat yoghurt juga membantu metabolisme tulang agar berjalan dengan baik.

Membantu Pencernaan
Prebiotik (bakteri menguntungkan) dalam beberapa yogurt menyeimbangkan mikroflora dalam usus Anda, yang dapat membantu pencernaan serta menjaga Anda biasa, kata Robin Plotkin, RD, seorang ahli kuliner dan gizi. Namun pastikan yoghurt favorit anda, mengandung setidaknya satu miliar unit pembentuk koloni (CFUs) budaya hidup.


 Mengatasi Rambut Rontok
Rambut rontok menunjukan rambut yang kurang gizi dan kurang terhidrasi.Buat masker rambut dengan, kombinasi manfaat buah pepaya sebanyak 250 gram dan setengah cangkir yoghurt. Tumbuk bahan bersama-sama sampai halus. Oleskan pada rambut yang bersih, dan biarkan selama 60 menit sebelum dibilas dengan sampo ringan. Lakukan perawatan ini secara rutin minimal satu minggu sekali, untuk mendapatkan kulit wajah yang bersinar dan rambut yang indah tanpa repot ke salon.


Menyingkirkan Ketombe
Yogurt mengandung sifat anti jamur dan anti-bakteri yang membantu merangsang pertumbuhan rambut dengan bertindak sebagai pembersih alami dan menyingkirkan ketombe. Manfaat anti-bakteri juga membantu menenangkan kulit kepala dan mengurangi rasa gatal. Pijat kulit kepala dengan yoghurt dan cuci kepala dengan air hangat setelah 15 menit. Sifat asam laktat membantu melembabkan kulit kepala dan mengangkat sel kulit mati, sehingga menyembuhkan ketombe dan memulihkan kesehatan rambut.





Menyembuhkan Kulit Terbakar
Yogurt mengandung seng yang membantu meringankan kulit dan sensasi gatal-gatal dari pembakaran. Campur yoghurt dengan menambahkan beberapa minyak esensial seperti manfaat minyak zaitun. Gunakan ini pada permukaan kulit yang terbakar dan biarkan selama 15 menit sebelum membilasnya.


Memerangi Jerawat
Menambahkan yoghurt ke dalam menu diet harian atau sebagai perawatan wajah untuk menyembuhkan jerawat. Karena sifat asam, yogurt menghancurkan berbagai bakteri penyebab jerawat, jamur dan kuman dalam tubuh. Terapkan krim yoghurt krim pada wajah (masker wajah) dan cuci setelah 30 menit dengan air bersih untuk membersihkan kulit.
Atau buat pasta dari yoghurt dengan menambahkan manfaat kunyit bubuk, gula dan bubuk cendana. Pijat pasta pada kulit dan bilas dengan air dingin setelah 15 menit.


Mengangkat Sel Kulit Mati
Sifat pelembab yogurt dapat menjadi scrub yang sangat baik untuk mengangkat sel kulit mati. Hal ini sangat baik untuk mereka yang memiliki kulit kering dan sensitif. Buat scrub alami di rumah – 2 sdm yogurt dan 1 sdm oat. Lakukan eksfoliasi kulit dengan cara, memijat lembut kulit dengan gerakan memutar. Komedo –  tambahkan yoghurt denga sedikit tepung beras, hingga menjadi pasta tebal. Gosok ke kulit dengan gerakan memutar kecil, kemudian cuci dengan air dingin.


Melembabkan Kulit Kering
Zat yang terkandung dalam yoghurt kaya akan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi kekencangan kulit sehingga kulit tetap lembab. Campurkan 1 sendok makan yoghurt dengan 1/2 sendok makan minyak kelapa, dan oleskan pada permukaan wajah atau siku. Biarkan selama 10 menit, kemudian bersihkan dengan menggunakan tisu.


Mengurangi penyakit diare
Walaupun bisa melancarkan pencernaan namun jangan khawatir, faktanya yoghurt bisa mengurangi terjadinya penyakit pada perut karena adanya kultur aktif pada yoghurt. Dengan begitu diare bisa berhenti dan perut mencoba mencerna makanan dengan benar. Sedangkan diare merupakan efek dari salah makan dan cara usus mencerna makanan dengan salah.


Khasiat dan Manfaat Yoghurt dapat Menghindari penyakit usus
Bahan-bahan makanan yang difermentasi dengan baik justru melindungi usus dengan baik. penyakit usus sangat dihindari karena akan kesulitan dalam mengobatinya. Namun yoghurt bisa membantu menyembuhkan penyakit usus yang sering menyerang karena kesalahan makanan dan sering mengonsumsi makanan yang menyebabkan luka, misalnya pedas atau asam.


Mengurangi infeksi jamur
Ternyata jamur dapat membahayakan tubuh dan bisa menginfeksi tubuh kita. Nah, yoghurt bisa menjaga itu semua. Terutama jamur yang menyerang alat vital perempuan. Karena membutuhkan asam yang kuat, konsumsi yoghurt akan berperan penting. Dengan kandungannya yang memiliki anti bakteri dan juga mencegah infeksi jamur dengan asamnya, maka anda jangan khawatir lagi.

Menguatkan sel darah putih
Bahan fermentasi mengandung probiotik, termasuk juga yoghurt. Ternyata probiotik bisa membantu anda dalam menjaga serta menguatkan sel darah putih dalam memerangi penyakit. Hal ini ada kaitannya pada poin sebelumnya yang menguatkan imun tubuh. Sel darah putih memang penting, karena berfungsi sebagai pemakan racun dan juga melawan infeksi yang ada di dalam darah.


Melegakan tenggorokan
Bagi anda yang sedang batuk atau tidak enak tenggorokan, tidak ada kendala untuk mengonsumsi yoghurt. Rasa asam yakni asam laktat, vitamin C dan juga rasa susu dengan kandungan kaliumnya justru membantu melegakan tenggorokan. Beberapa minuman akan memperparah anda yang sedang sakit. Namun tidak untuk yoghurt. Konsumsi yoghurt bersamaan dengan buah dan blender untuk dijadikan jus atau smoothies.


Menyegarkan tubuh
Yoghurt berbeda dengan minuman manis dan instan di luaran. Walaupun sama-sama menyegarkan namun yoghurt jauh lebih sehat. Vitamin C nya bisa meningkatkan kesehatan serta kebugaran tubuh. Rasanya tubuh juga lebih segar maka yoghurt dingin sangat nikmat dikonsumsi dengan kondisi dingin.





Memberikan Energi
Khasiat dan Manfaat Yoghurt Tidak hanya enak, yoghurt bisa menutrisi anda dan memberikan energi lebih pada tubuh. Walaupun sedikit asam dan juga termasuk minuman yang tergolong camilan namun yoghurt bisa menyumbangkan kalori. Energi tersebut didapat dari kalori dan lemak yang ada dan diubah agar bisa menutrisi tubuh. Jangan khawatir merasa lemas dan juga kelaparan.



Nah itu lah artikel mengenai Manfaat dan Khasiat yoghurt  nya , semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan .

0 Response to "40+ Khasiat dan Manfaat Yoghurt yang Sangat Baik Bagi Kebugaran Tubuh"

Post a Comment