40 Manfaat dan Khasiat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan

Belimbing wuluh .... hmzz saat kita membayangkannya tentu hal pertama bukan manfaat dan khasiatnya yang terbayang, tetapi rasa asam yang sangat tinggilah yang pertama kali terbayang oleh kita.  Namun ternyata kandungan gizi dan mineral pada buah belimbing wuluh sangat banyak. Bahkan nutrisi yang dikandungnya merupakan zat yang penting dan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Belimbing wuluh mengandung gizi seperti energi, protein, lemak, dan karbohidrat. Beberapa vitamin seperti vitamin A, B dan C juga ada di dalamnya.

Nah sungguh banyak sekali kandungannya yang dibutuhkan oleh tubuh, nah terus manfaatnya untuk tubuh adalah sebagai berikut ini :


Dapat Dijadikan Jus

Siapa bilang buah masam tidak dapat dikonsumsi. Ternyata buah belimbing wuluh yang rasanya begitu asam juga bisa dijadikan jus. Dengan penambahan gula, jus akan terasa menyegarkan. Cara membuatnya, sediakan 100 gr belimbing wuluh, 100 gr seledri batang besar, air matang ½ gelas dan es serut ½ gelas. Blender buah belimbing dan daun seledri hingga halus. Sajikan dengan es serut

Dapat Dijadikan Masker

Khasiat masker dari buah belimbing wuluh dapat menutrisi kulit dan mencegah dari munculnya tanda-tanda penuaan. Sehingga wajah dapat menjadi cerah dan awet muda. Masker sangat mudah dibuat, hanya menghaluskan buah belimbing wuluh secukupnya dan oleskan pada wajah hingga 10 menit, bersihkan dengan air dingin.

Mencerahkan Wajah

Wajah yang kusam akibat debu dan polusi menjadi momok yang cukup menyebalkan, apalagi bagi kaum wanita. Untuk mencerahkan kulit kita bisa menggunakan belimbing wuluh. Karena kandungan vitamin C nya mampu menyamarkan noda hitam dan membersihkan kulit.

Manfaat dan Khasiat Belimbing Wuluh dapat Membuat wajah Terlihat Awet Muda

Kitap pasti merasa senang jika wajah terlihat lebih muda dari usia yang seharusnya. Hal tersebut bisa kita dapatkan bila menggunakan buah belimbing wuluh. Senyawa antioksidannya mampu meremajakan sel kulit dan mengelupas sel kulit mati.

Melembabkan Kulit

Kulit kering dan bersisik tidak enak dilihat sehingga perlu mencari cara untuk mengatasinya. Kita bisa memanfaatkan belimbing wuluh untuk menjaga kulit tetap lembab dan terhidrasi dengan baik karena buah tersebut mengandung air yang cukup banyak.

Mencegah Penuaan Dini

Setiap orang pasti akan menjadi tua, namun jika pada usia muda tanda-tanda penuaan telah muncul tentu akan merusak penampilan. Gunakan buah belimbing wuluh sebagai lulur agar kesehatan kulit selalu terjaga.

Menyehatkan Kulit

Kulit butuh dirawat setiap hari agar selalu sehat dan cerah berseri. Tentu banyak cara untuk melakukannya, salah satunya dengan menggunakan belimbing wuluh. Kandungan nutrisinya yang cukup tinggi dapat memenuhi kebutuhan nutrisi kulit setiap hari.

Memerahkan Bibir

Bibir yang merah cerah tentu sangat diinginkan setiap wanita. Daripada menggunakan produk berbahan kimia yang dapat beresiko, lebih baik menggunakan bahan alami seperti belimbing wuluh. Cara menggunakannya, belah buah tersebut lalu gosokkan bagian dalam buah pada bibir seperti menggunakan lipstick. Lakukan setiap hari agar hasil segera terlihat.

Lulur belimbing Wuluh

Belimbing wuluh ternyata juga bisa dijadikan lulur untuk menutrisi dan membersihkan kulit. Sesekali kita memang memerlukan lulur untuk perawatan kulit di tubuh kita. Cara membuatnya haluskan 10-15 buah belimbing wuluh dan tambahkan air hangat secukupnya. Balurkan pada seluruh tubuh sebelum mandi dan tunggu hingga 10 menit. Setelah itu lanjutkan dengan mandi seperti biasa.

Mengecilkan Pori-pori Kulit Wajah

Pori-pori kulit yang besar akan merusak penampilan, terutama di daerah wajah. Kita bisa mengecilkan pori-pori dengan menggunakan belimbing wuluh. Caranya, haluskan buah belimbing wuluh dicampur dengan air garam secukupnya. Oleskan pada wajah dan diamkan hingga 10 menit. Bersihkan wajah dengan air dingin.

Manfaat dan Khasiat Belimbing Wuluh dapat Meningkatkan Imunitas Tubuh

Daya tahan tubuh dapat berubah-ubah sesuai dengan aktivitas dan asupan gizi yang masuk ke tubuh setiap hari. Untuk menjaga agar imunitas tubuh tetap stabil, kita memerlukan vitamin C setiap harinya, dan itu bisa kita dapat dari buah belimbing wuluh.

Sumber Antioksidan yang Tinggi

Buah belimbing wuluh sangat kaya nutrisi dan antioksidan. Seperti yang kita tahu, antioksidan mampu menangkal radikal bebas dan mencegah aktivitas sel yang abnormal. Dengan begitu penyakit kanker pun dapat dicegah.

Mengobati Gondongan

Gondongan bisa diobati menggunakan belimbing wuluh. Caranya, tumbuk hingga halus buah dan daun belimbing wuluh secukupnya. Tambahkan 3 siung bawang putih, haluskan hingga rata. Oleskan pada leher yang mengalami gondongan dua kali sehari hingga sembuh.

Menghilangkan Jerawat

Untuk mwnghilangkan jerawat menggunakan buah belimbing wuluh, kita bisa membuat ramuannya dengan mencampurkan beberapa bahan lain. Haluskan 6 buah belimbing wuluh dengan cara digiling, campurkan dengan ½ sendok teh serbuk belerang dan satu jeruk nipis yang diperas airnya. Setelah semua bahan halus dan tercampur rata, oleskan pada wajah yang berjerawat.

Mengatasi Sariawan

Sariawan bisa jadi muncul karena kekurangan vitamin C. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kita bisa mendapatkannya dari buah belimbing wuluh. Cara menggunakannya juga cukup mudah. Oleskan bagian dalam buah pada mulut yang terdapat sariawan. Hati-hati dalam melakukannya karena akan terasa perih. Bisa juga dengan memasukkannya dalam masakan dan mengunyahnya langsung saat makan.

Mengobati Penyakit Diabetes

Manfaat dan Khasiat Belimbing Wuluh dapat mengobati Penyakit diabetes sangat berbahaya bila tidak ditangani dengan tepat. Gula darah berlebih dapat merusak kerja organ tubuh yang lain sehingga dapat menimbulkan penyakit komplikasi. Diabetes sulit disembuhkan namun bukan berarti tidak mungkin. Kita dapat menstabilkan gula darah dengan meminum air rebusan belimbing wuluh.

Caranya, ambil 6 buah belimbing wuluh dan segera bersihkan. Haluskan buah tersebut dan rebus dengan segelas air. Jadikan hingga setengah gelas, segera saring dan didinginkan. Minumlah ramuan tersebut dua kali sehari hingga kadar gula darah kembali ke posisi normal.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Hipertensi merupakan salah satu penyakit yang sulit diobati jika tidak dibarengi dengan pola hidup sehat. Namun jika memang sudah mencoba berbagai obat tak kunjung sembuh, kita bisa mencoba buah belimbing wuluh untuk menurunkan tekanan darah agar kembali normal. Caranya, ambil 3 buah belimbing wuluh lalu cuci bersih. Potong-potong buah tersebut dan rebus dalam 3 gelas air. Tunggu hingga menjadi 1 gelas lalu saring airnya, biarkan hingga dingin. Minum air rebusan tersebut setiap hari sehabis sarapan.

Mengatasi Sakit Gigi

Sakit gigi benar-benar menyiksa karena dapat merusak aktivitas dan membuat kepala menjadi pusing. Kita juga tidak bisa makan dan berbicara dengan bebas sehingga menjadi terganggu. Banyak cara tradisional yang bisa dilakukan untuk menghilangkan sakit gigi tersebut. Salah satunya dengan menggunakan belimbing wuluh. Caranya, ambil satu belimbing wuluh lalu cuci hingga bersih. Kunyah bersamaan dengan garam pada gigi yang sakit, dan rasakan denyut pada gigi perlahan menghilang.

Menghilangkan Panu

Panu disebabkan jamur yang menyerang kulit sehingga muncul bercak putih di kulit. Panu tidak berbahaya sama sekali, namun dapat merusak penampilan sehingga orang yang mengalaminya tidak akan percaya diri menggunakan baju terbuka. Untuk mengatasinya, gunakan belimbing wuluh sebanyak 10 buah, haluskan bersamaan dengan kapur sirih secukupnya. Oleskan ramuan tersebut pada kulit yang terdapat panu, setidaknya dua kali sehari agar panu segera hilang.


Manfaat dan Khasiat Belimbing Wuluh untuk Mengobati Penyakit Rematik

Rematik ditandai adanya rasa nyeri di tulang dan persendian. Kebanyakan yang mengalami penyakit tersebut adalah orang tua. Untuk mencegah atau mengobati rematik kita bisa menggunakan buah belimbing wuluh.

Caranya, sediakan bahan berupa 5 buah belimbing wuluh, 8 lembar daun kantil, 15 biji cengkeh dan 15 butir lada hitam. Haluskan semua bahan tersebut, lalu tambahkan 2 sendok makan air jeruk nipis dan 1 sendok makan minyak tersebut. Setelah semua menyatu gunakan untuk memijat bagian tubuh yang terasa nyeri.

Mengobati Batuk

Penyakit batuk jika dibiarkan akan menjadi parah bahkan bisa mempengaruhi kesehatan paru-paru. Jika telah mencoba berbagai obat namun tak kunjung sembuh, cobalah menggunakan ramuan belimbing wuluh.

Caranya, ambil daun, bunga dan buah belimbing wuluh lalu cuci bersih. Rebus dengan semua bahan dengan 4 gelas air, tambahkan gula secukupnya. Didihkan hingga rebusan menjadi dua gelas. Tunggu hingga dingin, lalu saring hingga airnya siap diminum. Lakukan dua kali sehari sampai batuk menjadi sembuh.

Manfaat Lainnya : 

  • Mengatasi Kulit Berminyak
  • Membuat Kuku Terlihat Kilat dan Bersih
  • Mencerahkan Kulit
  • Mempertajam Penglihatan
  • Mengatasi Flek Hitam pada Kulit Wajah
  • Dapat Digunakan untuk Membersihkan Gigi Palsu
  • Meredakan Peradangan atau Iritasi
  • Menghambat Perkembangan dan Perubahan Bakteri
  • Mengobati Pegal Linu


Nah itulah semua manfaat dan khasiat dari belimbing wuluh untuk kesehatan, semoga bermanfaat untuk kalian semua, dan pesan kami untuk tetap utamakan kesehatan .

0 Response to "40 Manfaat dan Khasiat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan"

Post a Comment