Adsense

40 Manfaat Okra dan Khasiatnya Bagi Kebugaran Tubuh

Memang tidak banyak orang mengenal tanaman ini, namun okra di beberapa tempat kerap dijadikan menu makanan sehat. Dibalik bentuknya yang indah seperti bentuk jari wanita dan teksturnya yang lembut, okra memiliki banyak gizi yang bermanfaat bagi tubuh.



manfaat, manfaat okra, khasiat okra, manfaat okra merah, manfaat okra hijau, manfaat okra untuk kesehatan, manfaat okra untuk kecantikan, manfaat okra untuk diabetes
Manfaat Okra dan Khasiatnya Bagi Kebugaran Tubuh

Adapun Khasiat dan Manfaat Okra Bagi Kebugaran Tubuh yaitu :



Menurunkan Tingkat Kolesterol

Okra merupakan tanaman yang banyak mengandung serat larut yang membantu menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung. Hal ini berarti bahwa Anda dapat menambahkan okra ke dalam daftar makanan penurun kolesterol. Okra mengikat kelebihan kolesterol dan racun dalam asam empedu, sehingga dapat mencegah banyak masalah kesehatan.



Mengobati Diabetes

Manfaat okra untuk diabetes. Okra mengandung insulin yang bermanfaat untuk pengobatan diabetes. Jus okra dapat membantu mengurangi kadar gula dalam darah, sehingga apabila mengkonsumsi jus okra secara teratur Anda dapat mengendalikan diabetes.


Mengobati Radang Tenggorokan

Okra juga banyak digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan dan batuk yang parah dikarenakan sifat antibakteri dan antiseptik pada okra. Seseorang yang menderita sakit tenggorokan dan batuk dapat mengkonsumsi jus okra secara rutin untuk menguransi rasa tidak nyaman akibat radang dan batuk.



Kesehatan Tulang

Okra juga membantu memperkuat tulang dikarenakan adanya folat yang terkandung di dalamnya. Hal ini akan meningkatkan kepadatan tulang dan dapat mencegah osteoporosis.



Mengobati Anemia

Seseorang yang menderita anemia dapat memperoleh manfaat dari okra dengan cara di jus. Jus okra dapat membantu tubuh memproduksi lebih banyak sel darah merah yang membantu mengobati anemia. Jus okra banyak mengandung vitamin-A, vitamin-C, magnesium, zat besi, dan mineral lainnya yang membantu memproduksi lebih banyak sel darah merah.



Menjaga Tekanan Darah

Okra merupakan sumber vitamin dan mineral termasuk potasium yang merupakan aspek penting bagi kesehatan manusia. Potasium akan membantu mengendurkan pembuluh darah dan arteri yang akan mengurangi tekanan darah dan mengurangi ketegangan pada sistem kardiovaskular, seperti serangan jantung. Kandungan kalium pada okra juga diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan yang tepat dalam tubuh. Dengan demikian, okra dapat menjadi salah satu makanan pilihan untuk kesehatan kardiovaskular.




Sistem Kekebalan

Berbagai komponen antioksidan dari okra membuatnya sangat bermanfaat untuk melawan radikal bebas. Disamping itu, tingginya kandungan vitamin C juga dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk membuat sel-sel darah putih, sehingga dapat memerangi patogen asing dan zat berbahaya lainnya yang dapat mengganggu kesehatan tubuh.



Manfaat okra untuk Kesehatan Kulit

Vitamin A pada okra juga dapat melindungi kesehatan kulit dengan melakukan penyembuhan luka lebih cepat, mengurangi munculnya bekas luka dan jerawat, dan menghilangkan keriput pada kulit sehingga dapat menjaga kesehatan sel-sel kulit.




Kesehatan Mata

Okra mengandung vitamin A yang sangat tinggi, beta-karoten, xanthein, dan lutein yang dapat menetralisir radikal bebas. Selain itu, kandungan nutrisi tersebut juga bermanfaat untuk melindungi mata dari risiko penyakit degenerasi makula dan katarak.




Kesehatan Pencernaan

Okra kaya akan khasiat karena Okra mengandung serat larut yang membantu menjaga saluran usus yang sehat dengan mengurangi risiko beberapa jenis kanker, terutama kanker kolorektal. Selain itu, serat pada okra juga mencegah terjadinya gangguan pencernaan, seperti kembung, kram, sembelit, diare dan kelebihan gas. seperti manfaat wortel



Okra Bermanfaat Untuk Mengkilapkan Rambut


Okra, bila digunakan sebagai rambut bilas, memberikan manfaat yang besar  untuk rambut Anda agar mengkilap. Lendir Okra  merawat rambut Anda dengan cara alami.


Okra Menghilangkan Ketombe Rambut


Okra meningkatkan keseluruhan kondisi kulit Kepala dan melenyapkan ketombe rambut Anda . Sehingga melembabkan kulit Kepala Anda dan membuat ketombe pergi.



Okra Untuk Pelembap Kulit Kepala


Okra adalah pelembab yang sangat baik untuk kulit rambut kering dan gatal pada kulit Kepala. rambut Anda akan merasa lembut dan tidak berbahaya seperti kosmetik lainnya yang tersedia di pasar. Itu sangat bagus untuk kulit kepala dan rambut keriting



Okra Sebagai Hair Conditioner Alami


Lendir Okra dapat digunakan sebagai hair conditioner alami. Caranya ? Cuci rambut dulu dan keringkan dengan handuk . Lalu ambil lendir Okra terus oles pada tangan lendir okranya Pijatkan melalui rambut Anda terakhir  bilas rambut Anda dengan air



Okra Mengatasi Rambut Kaku Melenting


Rambut Anda kaku dan melenting ? jangan khawatir cobalah menggunakan okra untuk mengembalikan rambut lembut lagi. Rebus okra dengan air dan lendir Okra yang ada dapat Anda gunakan untuk mendapatkan rambut lembut kembali



Okra Mencegah Pigmentasi Kulit


Nutrisi yang ditemukan di okra benar-benar membantu mencegah kulit pigmentasi. hal ini berguna untuk peremajaan kulit Anda dan memperbaiki kerusakan kulit . Pigmentasi adalah ketika kulit Anda menjadi tampak keclokatan atau hitam . Baca juga Manfaat Buah Naga Untuk Kulit
Manfaat Okra Untuk Rambut



Vitamin C Okra Untuk Kulit


Vitamin c ditemukan di okra membantu mempertahankan kulit sehat dan cerah. Vitamin C Okra juga berguna dalam memperbaiki jaringan tubuh. Sehingga membantu menjaga kulit tampak awet  muda dan juga membuatnya terlihat lebih cerah



Okra Sumber Antioksidan


Jika Anda memakan makanan yang kaya akan antioksidan, itu bermanfaat membantu mencegah penyakit kanker, penyakit jantung, dan penuaan dini. Okra mengandung sejumlah besar antioksidan . Jadi, itu tidak hanya mencegah dan mengobati diabetes tapi sejumlah penyakit kesehatan lainnya




Okra Membantu Pencernaan Tubuh


Karena Okra mengandung serat larut , okra membantu mempercepat sistem pencernaan, meningkatkan kadar gula darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Hal ini sangat baik untuk sistem pencernaan.



Okra Mencegah Penyakit Ginjal


Masalah ginjal adalah ancaman jika Anda didiagnosis dengan tipe diabetes 2. Hampir setengah dari penyakit yang berhubungan dengan ginjal yang disebabkan oleh diabetes. Jika Anda mengkonsumsi okra atau lendir Okra secara teratur dalam diet pola makan Anda dan itu akan membantu mencegah penyakit ginjal.



Okra Rendah IG (indeks glikemik)


Jika Anda terkena penyakit diabetes, dokter akan menyarankan Anda untuk makan makanan dengan rendah gula atau IG . Okra adalah salah satu dari makanan yang mempunyai   gi indeks 20 yang sesuai standar medis, yang gi nilai okra dianggap sangat rendah. Baca juga Manfaat Alpukat , Manfaat Buah Naga , Manfaat Pisang , Manfaat Nanas , Manfaat Buah Plum , Manfaat Buah Jamblang , Manfaat Buah Salak , Manfaat Buah Timun Suri



Okral Berguna Mengontrol Kadar Kolesterol


sayur Okra ini memastikan penyerapan kolesterol dengan baik dan mencegah penyakit jantung . penyakit terjadi karena kolesterol dalam darah. Kolesterol adalah faktor dominan dalam tubuh yang memicu obesitas dan penyakit jantung.




Okra Bermanfaat Untuk Kontrol Obesitas Tubuh


Penggunaan okra, baik dalam baku atau mengolah Okra dimasak seperti sup  dapat menghindari obesitas tubuh. Obesitas belum tentu karena konsumsi lemak dan kalori makanan tetapi juga karena kurangnya nutrisi.




Okra Mencegah Kanker Usus Besar


Okra bermanfaat mencegah kanker usus besar. Sudah hal umum diyakini bahwa semua penyakit mulai di usus besar. Menambahkan okra untuk makanan Anda berguna sebagai pencegahan kanker usus besar dan penyakit terkait untuk sebagian besar.



Okra Bermanfaat Untuk Kanker Rongga Mulut


Okra juga berguna mencegah kanker. Kanker adalah salah satu penyakit yang menyebabkan kematian terbanyak didunia termasuk juga diindonesia . Kanker memiliki berbagai macam jenis  termasuk kanker rongga mulut.




Okra Mencegah Sembelit


Okra dapat membantu mengatasi masalah sembelit atau kesulitan buang air besar. Sembelit terjadi jika kita jarang BAB . Oleh karena itu jika anda ingin sembelit anda sembuh cobalah memakan sayur atau buah okra ini . Karena kandungan serat pada okra berguna memgatasi sembelit anda.



Okra Bermanfaat Mengkontrol Penyakit Asma


Asma juga dapat diobati perlahan dengan menyertakan okra / wanita jari di makanan Anda. Orang didiagnosis dengan asma sangat disarankan untuk mengkonsumsi okra.



Okra Mengandung Vitamin K


Okra memiliki senyawa viatamin C vitamin k merupakan faktor utama dalam proses pencegahan pembekuan darah . Hal ini juga vitamin K pada okra memainkan peran utama dalam memperkuat tulang dalam tubuh kita.




Manfaat Okra Bagi Ibu Hamil


Okra mengandung folat . folates hadir dalam okra bermanfaat mengurangi cacat tabung saraf pada bayi yang baru lahir. Jadi, buah okra  sangat dianjurkan bagi Ibu Hamil atau perempuan selama prasangka periode  kehamilan. Baca selengkapnya Manfaat Okra Bagi Ibu Hamil



Okra Bermanfaat Mencegah Diabetes


Okra dikenal berkhasiat untuk membantu dalam pencegahan diabetes  Hal ini karena okra kaya serat yang membantu dalam pencegahan penyakit ini. Cara  terbaik untuk menggunakan okra untuk mengendalikan diabetes adalah dengan menggunakan lendir okra/okra air. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengolah lendir okra untuk diabetes :
ambil dua buah okra  dan potong . Lendir okra yang Lengket cair akan  keluar setelah Anda menyayat okra . Jangan di cuci . Lalu ambil segelas penuh air dan masukkan buah okra tersebut ke Lakukan ini  di malam hari . Di pagi hari, keluarkan Okra yang telah di endapkan semalam dan minum airnya di gelas kaca . Anda harus melakukan ini  setiap hari dan minum rutin di pagi hari untuk mengontrol  tingkat gula darah Anda. Dan Hal ini penting untuk dicatat bahwa rendaman lendir okra membantu mengobati diabetes jauh lebih baik daripada saat dimasak. Tidak apa-apa mengolah  okra untuk makanan atau lauk seperti kari dan Sup, tetapi menggunakan lendir okra langsung yang direndam dalam air untuk pemulihan atau pencegahan diabetes lebih cepat dalam mengangkat kadar gula darah dibetes . 


Okra Tinggi Kandungan Serat


Okra isi okra / wanita jari diketahui tinggi akan kandungan serat, dan oleh karena itu, banyak spesialis kesehatan merekomendasikan okra  untuk untuk melancarkan pencernaan. serat membantu proses pencernaan dalam tubuh dengan baik . Cara mengolah buah okra atau sayur okra ini  pun beragam seperti dibuat resep masakan sup , dibuat air rendaman Okra atau Infused Water Okra yang sangat bermanfaat dan  berkhasiat untuk obat kolesterol dan diet menurunkan berat badan serta Okra juga berguna untuk kulit khususnya pada wanita



Membantu melindungi paru-paru

Okra merupakan tanaman sayur yang banyak menngandung nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh. Salah satunya adalah manfaat senyawa flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan seperti beta-karoten, xanthin dan lutein yang dapat membantu melindungi paru-paru.




Membantu metabolisme energi

Kandungan mangaan dan magnesium yang berperan sebagai co-faktor berbagai jenis enzim dalam tubuh. Magensium bertindak sebagai katalisator dalam reaksi-reaksi biologi di dalam tubuh, sedang mangaan berfungsi dalam sintesis ureum, pembentukan jaringan ikat dan tulang, serta mencegah peroksidasi lemak oleh radikal bebas. Kedua senyawa ini sangat penting dalam proses pengontrolan metabolisme energi dalam tubuh.




Menjaga keseimbangan tubuh

Okra juga kaya akan manfaat vitamin B kompleks seperti niacin, vitamin B-6 (pyridoxine), thiamin dan asam pantotenat. Seperti kita ketahui bahwa vitamin B kompleks sangat diperlukan hampir dalam semua fungsi tubuh manusia.

Kinerja vitamin B kompleks saling berkaitan erat satu sama lain. Kekurangan salah satu dari jenis vitamin B kompleks bisa mengakibatkan ketidakseimbangan dalam tubuh seperti kekurangan energi, sistem saraf yang kurang sehat, pencernakan yang buruk, serta kadar kolesterol yang tidak sehat. Untuk itu, pastikanlah untuk mencukupkan vitamin B komplek dalam setiap diet.



Memperkuat tulang dan gigi

Selain beberapa jenis kandungan nutrisi di atas, dalam okra segar juga banyak mengandung vitamin K  yang merupakan co-faktor untuk enzim pembekuan darah dan diperlukan untuk memperkuat tulang. Selain itu, okra juga sebagai penghasil manfaat kalsium yang baik bagi kesehatan tulang dan gigi.




Membantu menjaga sistem kekebalan tubuh

Mengkonsumsi okra dapat membantu tubuh untuk mengembangkan sistem kekebalan terhadap infeksi, mengurangi batuk dan melindungi tubuh dari radikal bebas yang berbahaya berbahaya. Hal ini dikarenakan dalam sebuah okra terdapat 36% kandungan manfaat vitamin C dari rekomendasi harian untuk tubuh.

Selain itu, manfaat zat besi dalam okra juga dapat membantu mengatur molekul hemoglobin. Sel-sel darah merah bertanggung jawab dalam pendistribusian oksigen dari paru-paru ke ke seluruh tubuh. Zat besi juga berperan dalam proses metabolisme energi, termasuk sintesis DNA oleh beberapa enzim, serta dalam sistem kekebalan tubuh.



Resiko catat pada janin

Tanaman okra segar merupakan penghasil atau sumber folat yang baik. Dari 100 gram okra segar terdapat kandungan sekitar 22% RDA. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan folat terutama bagi wanita hamil, dapat membantu menurunkan resiko cacat pada tabung saraf janin dalam kandungan.



Mencegah kanker rongga mulut

Antioksidan yang terkandung dalam okra atau bamia merupakan salah satu senyawa yang dapat membantu mencegah kanker rongga mulut.




Nah itu lah artikel mengenai Manfaat okra dan Khasiat  nya , semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan .