50 Khasiat dan Manfaat Bersepeda Yang Sangat Menakjubkan

Banyak Orang yang menyukai jenis olahraga ini, banyak orang juga yang menggunakan sepeda untuk media transportasi, namun banyak orang yang tidak tahu seberapa besar sebenarnya manfaat dari bersepeda ini, nah anda juga termasuk orang yang belum mengetahui manfaat serta khasiatnya ? kalau begitu langsung saja simak berikut adalah manfaat dan khasiat dari bersepeda : 

manfaat, manfaat bersepeda bagi wanita, manfaat bersepeda sore hari, manfaat bersepeda bagi kesehatan, manfaat bersepeda setiap hari, manfaat bersepeda statis

Khasiat dan Manfaat Bersepeda


Menghilangkan kecanduan negatif

Jika seseorang terkena masalah kecanduan pada hal-hal negatif seperti rokok, alkohol, dan sebagaianya, maka dengan bersepeda diharapkan mampu menghilangkan kecanduan tersebut. Hal ini karena kegiatan bersepeda sudah diyakini banyak orang mampu membuat hidup menjadi lebih bahagia, lebh kreatif dan lebih sehat.



Memicu jiwa untuk membuat terobosan kreatif

Banyak Penulis, seniman dan lainnya yang sering bersepeda untuk mendapatkan sebuah ide baru yang kreatif. Sebuah studi yang dilakukan para ahli, menemukan bahwa hanya 25 menit bersepeda, setidaknya bisa menghasilkan satu pemikiran kreatif.


Meningkatkan kemampuan dalam olahraga lainnya

Jika Anda ingin meningkatkan kemampuan olahraga lainnya seperti sepak bole, bola basket, tenis lapangan dan lainnya. Pada sebuah studi medis yang dilakukan di Norwegia, yang digelar oleh sebuah klub aerobik, menunjukkan hasil bahwa dengan bersepeda bisa meningkatkan kekuatan tubuh, kelincahan, dan keseimbangan yang hal ini dinlai bisa berdampak besar untuk kemampuan dalam olahraga lainnya.



Sangat ramah lingkungan

Jika bersepeda, tentunya Anda tidak perlu mengisi bahan bakar seperti bensin. Sehingga ketika dikayuh maka tidak akan ada asap kendaraan yang keluar (asap kendaraan menimubulkan polusi yang merusak bumi). Dengan lebih memilih bersepeda sebagai alat kendaraan, bararti Anda berkontribusi untuk membuat lingkungan yang menjadi lebih bersih.




Mendukung gerakan “Go Green”

Dengan membiasakan menggunakan sepeda dibandingkan motor ataupun mobil, berarti Anda telah mendukung gerakan Go Green artinya Anda telah ikut dalam berusaha untuk menyelamatkan bumi yang sudah semakin panas (akibat penggunaan kendaraan bermotor, pabrik, dll). Walaupun baru sedikit ikut gerakan Go Green, tapi jika Anda konsisten melakukannya, maka bisa menginspirasi orang lain.



Mengatasi masalah kemacetan

Jika Anda tinggal di ibukota, tentunya sudha mengetahui kondisi kemacetan yang setiap hari terjadi. Dengan bersepeda, maka Anda bisa menempuh jalan-jalan kecil ataupun menyalip dengan mudah, sehingga Anda dapat terhindar dari penatnya kemacetan.




Membuat Pikiran Lebih Tenang

Dengan bersepeda, membuat pikirandapat lebih tenang. Hal itu karena saat mengayuh sepeda, ada irama keteraturan yang dilakukan. Kegiatan fisik yang dilakukan juga bisa berpengaruh pada pikiran seseorang. Sehingga setelah bersepeda, memberkan efek berupa kenyamanan dan kepuasan di dalam jiwa.




Dapat berhemat

Mungkin Anda pernah mendengar istilah “Bike To Work”. Dengan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, maka Anda dapat menghemat biaya transportasi sehari-hari. Karena memang diakui, biaya transportasi yang ada umumnya cukup mahal, termasuk menggunakan kendaraan pribadi maka perlu membeli bensin. Jika menggunakan sepeda, maka uang untuk membeli bensin atau membayar biaya angkutan umum bisa untuk ditabung.



Berpeluang menambah banyak teman

Jika Anda hobi bersepeda, maka nantinya akan tertarik mengikuti sepeda santai. Maka, dari situ Anda akan bertemu dengan banyak orang baru. Sehingga anda nantinya bisa ikut bergabung dengan kelompok atau klub sepeda. Sehingga dengan bersepeda bersama, dapat menambah sosialiasi di antara banyak orang yang hobi bersepeda. Memiliki hobi bersepeda, maka akan menjadi tertarik untuk mengikuti event-event seperti sepeda santai. Anda nantinya bertemu dengan banyak orang baru yang memiliki hobi sama.




Meningkatkan energi dan semangat

Apabila Anda kurang bersemangat saat di kantor, tempat kuliah atau sekolah, cobalah untuk membiasakan diri bersepeda, termauk berangkat dengan bersepeda mungkin agak merepotkan, tetapi manfaatnya cukup sepadan. Dimana, menurunnya tubuh yang mudah lelah dan lesu merupakan indikasi kurang berolahraga. Sehingga dengan bersepeda ini (dibandingkan berkendaraan bermotor) maka akan memicu tubuh untuk lebih berenergi dan bersemangat.



Mengecilkan paha

Memiliki timbunan lemak di paha tentunya cukup mengganggu, terutama untuk kaum wanita yang dapat mengurangi kepercayaan diri. Dengan olahraga bersepeda, maka kaki menjadi bagian tubuh yang paling banyak bergerak, yang hasilnya adalah banyak lemak akan dibakar, yang akhirnya membuat ukuran paha menjadi proporsional. Selain itu, mengayuh pedal sepeda membuat otot-otot mulai dari paha sampai pergelangan kaki menjadi terangsang agar menjadi lebih kencang dan kuat.



Mengurangi resiko diabetes

Diabetes tipe 2 termasuk penyakit berbahaya yang menjadi ancaman serius. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak sampai orang tua. Penyakit diabetes dapat dicegah dengan rutin melakukan aktivitas fisik, salah saunya yang disarankan adalah rajin bersepeda, disamping juga memenuhi keseimbangan nutrisi tubuh. Pada sebuah penelitian yang dilakukan dalam skala besar di negara Finlandia. Hasil penelitian menemukan bahwa orang yang bersepeda lebih dari 30 menit per hari memiliki 40 persen risiko lebih rendah terkena diabetes




Meningkatkan kerja otak

Profesor Arthur Kramer menjelaskan bahwa bersepeda dapat meningkatkan aliran darah ke otak, hal ini berguna untuk mencegah penyakit alzheimer. Para peneliti dari Universitas Illinois juga menemukan bahwa bersepeda bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mental hingga 15 persen. Yang berdampak baik juga dalam perkembangan sel-sel otak.


Membuat Awet Muda

Bersepeda secara teratur sebenarnya dapat berdampak baik bagi kulit, hal itu karena dengan bersepeda membantu peningkatan aliran darah yang lebih banyak oksigen ke jaringan kulit yang hal ini sangat baik untuk membantu proses pengeluaran racun berbahaya dari dalam tubuh (melalui keringat), serta membuat Anda terlihat lebih muda.



Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa aktivitas seperti bersepeda memiliki pengaruh positif pada sistem kekebalan tubuh, yang artinya tubuh tidak mudah jatuh sakit, dari serangan penyakit. Orang yang mengalami kondisi kekebalan yang lemah, rentan mengalami penyakit seperti batuk dan pilek.



Mencegah kanker

Kanker tergolong penyakit yang cepat menjalar ke seluruh tubuh. Perkembangan kanker di dalam tubuh yang paling banyak dikhawatikan orang-orang. Anda dapat membantu tubuh untuk terhindari dari kanker dengan hanya melakukan olahraga sepeda. Bersepeda membuat tubuh mengeluarkan keringat dan tentunya sehat, sehingga memperkecil resiko berkembangnya sel kanker.




Meningkatkan Stamina

Bersepeda dinilai menjadi cara yang sangat  baik untuk meningkatkan stamina, hal ini karena akivitas mengayuh sepeda umumnya lebih lama daripada melakukan aerobik atau berjalan kaki. Bersepeda dapat memperkuat organ jantung dan paru-paru, sehingga tubuh menjadi terlatih, untuk nantinya mampu melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik dan lancar.



Mengatasi stress

Saat bersepeda, tubuh akan terpicu untuk mengeluarkan hormon yang bernama endorfin. Hormon endorfin memiliki efek untuk memicu rasa nyaman dan suasana hati (mood) menjadi cenderung positif. Selain itu, hormin endorfin juga berfungsi untuk mengurangi rasa sakit. Dengan mood yang bagus dan rasa nyaman di dalam tubuh, sangat penting untuk mengurangi beban yang menggelayuti pikiran. Apalagi dengan pemandangan yang bagus saat bersepeda di alam sekitar, maka menjadi sangat efektif untuk menghilangkan stres secara maksimal. Dengan begitu, apabila mengalami depresi atau stress, cobalah ke luar rumah menuju ke alam sekitar untuk bersepeda. Yang membuat rasa penat di dalam jiwa menjadi hilang.



Menjaga kesehatan sendi tubuh

Selain otot, sendi-sendi pada kaki dan tangan akan ikut aktif saat bersepeda, seperti sikut, lutut, pergelangan kaki, dan pergelangan tangan bagian sendi tersebut secara otomatis bekerja dan bergerak saat bersepeda. Hal ini memberikan manfaat, yang membuat persendian menjadi semakin fleksibel. Gerakan yang melibatkan hampir semua tubuh, membuat otot dan sendi-sendri tubuh tersebut mengalami peningkatan aktivitas yang membuatnya lebih kuat dan fleksibel. Selain itu, koordinasi dan keseimbangan tubuh juga ikut terlatih.



Menjaga berat badan

Bersepeda ria yang dilakukan juga dapat dijadikan tujuan diet, dengan pola makan yang terjaga, maka sangat efektif melakukan aktivitas bersepeda untuk mencegah kegemukan pada tubuh. Saat bersepeda, kinerja kardiovaskular dan otot menjadi maksimal, yang juga memaksimalkan pembakaran kalori di dalam tubuh, bersamaan dengan tingkat metabolisme tubuh yang meningkat sehingga bagi Anda yang suka bersepeda dapat menurunkan berat badan dengan mudah. Bersepeda dapat membakar kalor sekitar 300 kalori per jam dengan kecepatan biasa (bersepeda santai). Dapat membakar 400 kalori per jam apabila bersepeda dengan kecepatan 11 mph. Dapat membakar 700 kalori apabila bersepeda di medan berat selama 1 jam. Jika Anda membakar 300 kalori saja dalam sehari, berarti Anda sudah bisa menurunkan berat badan 1 Kg dalam 25 hari.



Memperkuat Kerangka Tubuh

Apabila ada yang mengira jika sering bersepeda akan membuat postur tubuh sedikit membungkuk. Hal ini tidaklah besar, hal itu karena dengan bersepeda, justru kerangka tubuh menjadi semakin kuat dan tegak. Dengan tulang yang kuat tentunya akan membuat Anda lebih mudah melakukan aktivitas sehari-hari. Bersepeda dapat meningkatkan kekuatan, kepadatan dan keseimbangan tulang, sekaligus juga mencegah osteoporosis.



Mengatur pernapasan

Entunya kita akan terengah-engah jika mengayuh sepeda dalam waktu lama atau jarak hingga berkilo-kilo meter. Namun, hal itu dapat menyehatkan pernapasan tubuh. Manfaatnya berupa tubuh dapat lebih tertaur dalam bernapas. Untuk itu juga, jika ingin bersepeda dalam waktu cukup lama (lebih dari 30 menit), disarankan sebelum olahraga bersepeda untuk melakukan pemanasan tubuh.



Menyehatkan jantung

Bersepeda termasuk olahraga kardio, hal itu karena bersepeda (walaupun hanya 10 menit) sudah bisa membantu memaksimalkan kinerja organ jantung, organ paru-paru, dan sistem sirkulasi di dalam tubuh menjadi optimal. Rajin bersepedasecara teratur membantu untuk menurunkan tingkat kolesterol jahat di dalam darah, menguatkan otot jantung, dan menurunkan tekanan darah. Menurunnya tingkat kolesterol jahat berarti mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah. Otot jantung yang biasa terlatih akan menjadi lebih baik fungsinya, yang membuat proses peredaran darah dan oksigen ke seluruh tubuh menjadi optimal. Dengan baiknya kinerja sistem peredaran darah, hal ini sangat penting untuk menurunkan risiko stroke, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi. Usahakan bersepeda hingga mengeluarkan keringat, yang berarti Anda akan memperoleh manfat yang besar.



Memperkuat otot tubuh

Hampir semua anggota tubuh yang terlibat bergerak saat bersepeda, mulai dari kaki yang mengayuh, juga tangan, punggung, dan bagian tubuh yang lainnya akan terpicu bergerak. Bersepeda akan membuat otot-otot tubuh Anda menjadi lebih kuat dan kencang. Pelatih kebugaran di St. Catharines, Ontario, Jenny Brown mengatakan “Bersepeda membantu menguatkan tubuh bagian bawah seperti paha depan, paha belakang dan bokong dengan mengembangkan otot tersebut secara bersamaan".



Memperkuat Kerangka Tubuh

Mungkin orang mengira jika bersepeda, maka posisi tubuh sedikit membungkuk. Jangan berpikir itu akan membuat tubuh menjadi bungkuk. Sebaliknya, kerangka tubuh Anda akan semakin kuat dan tegak dengan bersepeda setiap hari.



Mengatur Pernapasan

Anda tentu akan terengah-engah ketika mengayuh sepeda dalam waktu lama dan jarak berkilo-kilo meter. Namun itu akan menyehatkan pernapasan Anda. Anda akan lebih dapat tertaur dalam bernapas. Sebelum olahraga ada baiknya melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudahnya. Manfaat pemanasan dan pendinginan ini sangat penting untuk mengatur ritme saat berolahraga.



Mengencangkan Otot

Bersepeda akan membuat otot-otot tubuh Anda menjadi lebih kencang. Sebab semua bagian tubuh Anda mau tidak mau harus digerakkan. Walaupun kaki untuk mengayuh, namun tangan, punggung, dan bagian tubuh yang lain akan terpicu untuk ikut bergerak.


Tidak Mudah Terserang Penyakit

Dengan Anda bersepeda, maka tubuh akan sehat. Terjaganya daya tahan tubuh, maka penyakit akan susah tumbuh di tubuh Anda.



Mampu Mengontrol Suplai Oksigen Tubuh

Bersepeda, maka napas Anda akan terengah-engah. Aliran oksigen akan banyak terkuras karena energi yang besar Anda gunakan. Namun dengan begitu, tubuh Anda mampu menontrol suplai dari oksigen tubuh. Tidak perlu khawatir oksigen tubuh Anda berkurang.



Menghalau Keluhan Sakit Pada Punggung

Masih muda, maka sehatkan tubuh dengan cara yang benar yaitu, bersepeda. Dijamin jika Anda sering mengeluhkan sakit pada punggung, asalkan Anda rutin bersepeda, maka keluhan itu tidak akan Anda rasakan kembali.



Menyeimbangkan Koordinasi Tubuh

Orang yang bersepeda, maka perhatiannya harus benar-benar fokus. Tubuh harus mampu dikoordinasikan dengan baik. Dengan kebiasan bersepeda, maka koordinasi tubuh Anda akan dapat diseimbangkan.



Kendaraan Yang Dapat Menghemat Waktu

Bagi yang belum terbiasa bersepeda, tentu untuk menempuh jarak seratus kilometer saja terasa lambat. Namun jika sudah terbiasa dan mampu mengatur kayuhan, maka akan cepat. Ketika Anda sedang terburu-buru menuju ke sebuah tempat dan mendapati jalanan macet, maka tdak perlu khawatir jika dengan sepeda. Waktu Anda jauh akan lebih cepat dari yang diduga.



Mudah Dalam Perawatan

Sepeda jarang sekali mengalami kerusakan. Dalam hal perawatan, sepeda termasuk mudah. Asalkan Anda setiap hari mengeceknya, maka sepeda akan baik-baik saja. Selama Anda gunakan untuk bersepeda, maka sepeda akan baik-baik saja. Namun paling tidak sebulan sekali harus Anda service.



Menjaga Kesehatan

Bersepeda tidak hanya dapat membantu dalam menurunkan berat badan, tetapi juga mampu untuk membantu dalam meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Menurut womenshealthmag, pengendara sepeda hidup 2 tahun lebih lama daripada yang jarang bersepeda dan menderita 15% lebih sedikit terserang penyakit. Bersepeda juga memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan jantung. Oleh karena itu, meningkatkan kesehatan internal dan juga dapat meningkatkan umur panjang. 



Metabolisme Yang Baik

Menurut penelitian dari Universitas Michigan di AS, para ibu yang rutin berolahraga selama masa kehamilan memiliki kesehatan yang lebih baik, lebih cepat sembuh, dan dapat menikmati suasana yang lebih baik secara keseluruhan sepanjang sembilan bulan. Bersepeda juga dapat mengurangi risiko 50% terkena obesitas. 



Menyeimbangkan Sistem Metabolisme

Dengan bersepeda dapat mencegah Anda untuk mengalami berbagai gangguan metabolisme. Sehatkan tubuh Anda dan jaga sistem metabolisme dengan bersepeda secara teratur. 


Usia Berapapun Boleh Bersepeda

Jika usia Anda pada saat ini dikatakan sebagai lanjut usia namun masih ingin bersepeda, maka tentu bukan menjadi masalah. Anda tidak akan dilarang untuk bersepeda. Namun, apabila Anda masih berumur dibawah 15 tahun, alangkah baiknya untuk tidak bersepeda di jalan besar dan ramai kendaraan, hal ini dapat membahayakan diri Anda. Bagi para orang tua, tetap awasi anak Anda dalam hal bersepeda. 



Menghindari Polusi

Mungkin Anda pernah berpikir seorang pengendara sepeda di kota-kota besar akan menyedot lebih banyak polusi daripada pengendara dan penumpang di kendaraan seperti mobil atau motor. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Imperial College London, para peneliti menemukan bahwa penumpang di bus, taksi, dan mobil menghirup lebih banyak polusi secara substansial lebih banyak daripada polusi yang dihirup dari pengendara sepeda dan pejalan kaki. Diperkirakan bahwa pengendara sepeda menghirup asap yang lebih sedikit karena bersepeda naik di tepi jalan dan tidak seperti pengendara bermotor yang berada di dekat sumber polusi. 



Menghabiskan Waktu Yang Berkualitas

Apabila Anda banyak memiliki waktu luang, bersepeda merupakan salah satu kegiatan yang dapat Anda lakukan terlebih pada saat pagi hari. Anda dapat bersepeda dengan pasangan Anda sehinngga dapat mempererat hubungan Ada. 



Mengatasi Sering Lelah

Apakah Anda sering mengeluh kelelahan apabila sedang mengerjakan aktivitas sesuatu? Bersepedalah. Bersepeda merupakan salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi sering lelah. Lakukan bersepeda ketika hari-hari santai. 


Memiliki Banyak Pengalaman

Bersepeda ke kantor, maka Anda dapat menemukan berbagai pengalaman. Hal ini karena jalanan yang ditempuh menuju ke kantor dengan menggunakan sepeda dapat terbilang bebas. Anda juga dapat menyusuri gang-gang kecil yang tidak dapat dilalui kendaraan lainnya seperti mobil, atau Anda juga akan mendapatkan jalan yang sepi sehingga terhindar dari kemacetan. 



Gaya Hidup Sehat

Bersepeda merupakan salah satu latihan aerobik yang mudah untuk dilakukan secara rutin. Bersepeda adalah olahraga yang ideal, karena dapat dilakukan oleh hampir segala usia. Bahkan dengan bersepeda tubuh akan memperoleh udara yang segar dan pemandangan yang bebas untuk dilihat. 



Mendapatkan Tubuh Fit Tanpa Olahraga Keras

Bersepeda secara teratur memiliki manfaat yang besar untuk membuat tubuh menjadi fit. Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang banyak untuk berolahraga seperti pergi ke gym. Menurut Forum Nasional di Amerika Serikat Coronary Heart Disease Foundation, pengendara sepeda biasa menikmati tingkat kebugaran yang fit atau sama dengan seseorang yang 10 tahun lebih muda.



manfaat, manfaat bersepeda bagi wanita, manfaat bersepeda sore hari, manfaat bersepeda bagi kesehatan, manfaat bersepeda setiap hari, manfaat bersepeda statis,

Nah itu lah artikel mengenai Manfaat ikan Patin dan Khasiat  nya , semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan .

0 Response to "50 Khasiat dan Manfaat Bersepeda Yang Sangat Menakjubkan"

Post a Comment