Adsense

50 Khasiat dan Manfaat Timun Yang Dirasakan Tubuh

Timun biasanya dimakan sebagai pelengkap lauk pauk atau dapat juga dimasak menjadi makanan yang lezat. Namun tahukah Anda terdapat banyak manfaat yang bisa didapatkan dari timun?


manfaat, manfaat timun, khasiat timun, manfaat timun untuk mata, manfaat timun untuk wajah, manfaat timun untuk kesehatan, manfaat timun suri, manfaat timun mini,
Khasiat dan Manfaat Timun Yang Dirasakan Tubuh

Adapun Khasiat dan Manfaat Timun Yang Dirasakan Tubuh yaitu :


Mencegah kerutan pada kulit

Manfaat ketimun memberikan rasa kesegaran yang alami bagi kulit, karena sifatnya yang mengandung air sehingga baik untuk membersihkan wajah dan melembabkan kulit. Potongan timun cukup di tempelkan pada kulit secara rutin.

Sebagian besar makanan alami memang memberikan manfaat sejumlah nutrisi yang penting bagi tubuh, seperti ketimun ini. Konsumsi setiap ragam jenis buah dan sayur untuk mencukupi setiap kebutuhan nutrisi tubuh.


Mengurangi bintik hitam

Parutan ketimun yang dibaluri ke daerah wajah dan leher, dipercaya mampu mengurangi bintik-bintik hitam akibat paparan matahari. Hal ini karena timun dapat digunakan sebagai tonik alami.



Manfaat Timun dapat Mengurangi lingkaran hitam pada mata

Manfaat ketimun pada kandungan zat silika pada timun dapat membantu peremajaan kulit sekitar mata. Cukup kompres saja dengan potongan ketimun pada mata.



Membantu menyembuhkan gejala penyakit rematik dan asam urat

Vitamin A, B, Folat, Kalium, Magnesium dalam mentimun yang dicampur dengan jus wortel untuk mendapatkan manfaat wortel, mampu meredakan nyeri astritis dan kadar asam urat dalam tubuh.



Menjaga Berat Badan yang Sehat

Ketimun sangat rendah kalori, namun mereka membuat camilan mengisi (satu cangkir irisan mentimun hanya mengandung 16 kalori) .8 serat larut dalam mentimun larut ke tekstur seperti gel dalam usus Anda, membantu untuk memperlambat pencernaan Anda. Ini akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan merupakan salah satu alasan mengapa makanan kaya serat dapat membantu dengan kontrol berat badan.



Mendukung Pencernaan Yang Sehat

Pada mentimun terdapat 2 komposisi dasar yang paling kaya keberadaannya, dan paling diperlukan n untuk pencernaan yang sehat yaitu air dan serat. Kandungan serat dan air yang melimpah membersihkan usus dari racun. Kulit mentimun mengandung serat larut, yang membantu menambah kebutuhan buang air besar. Hal ini membantu makanan bergerak melalui saluran pencernaan yang lebih cepat untuk pencernaan sehat.


Baik untuk kesehatan gigi dan gusi

Mengunyah mentimun dapat merangsang kelenjar air liur untuk memproduksi lebih banyak dan dapat mengurangi zat asam pada rongga mulut serta bekteri yang tumbuh di dalamnya. Penyakit gusi lain seperti pyorrea secara efektif dapat diobati oleh ketimun.



Menjaga Berat Badan yang Sehat

Ketimun sangat rendah kalori, yang bekerja seperti manfaat apel untuk diet. Membuat camilan dengan mengisi satu cangkir mentimun, hanya mengandung 16 kalori. Serat larut dalam mentimun bertekstur seperti gel dalam usus, yang membantu untuk memperlambat pencernaan. Perut akan merasa kenyang lebih lama dan inilah yang merupakan salah satu alasan, mengapa makanan kaya serat dapat membantu mengontrol berat badan.


Manfaat Timun dapat Menyehatkan Jantung

Kandungan dalam jus mentimun berupa kalium seperti pada manfaat pisang, juga magnesium dan serat yang sangat baik dikonsumsi bagi penderita darah tinggi atau pun rendah. Keseimbangan kalium di dalam maupun di luar sel-sel sangat penting bagi tubuh, untuk mengontrol keadaan tekanan darah dalam tubuh.

Sebagai elektrolit, kalium adalah ion yang memiliki muatan positif yang harus dipertahankan dalam konsentrasi tertentu (sekitar 30 kali lebih tinggi dalam daripada di luar sel) dalam rangka melaksanakan fungsinya. Hal ini meliputi interaksi zat terhadap sodium, untuk membantu transmisi impuls kontrol saraf, kontraksi otot, dan fungsi jantung.



Menjaga asupan air bagi tubuh

Ketimun mengandung 96% kadar air yang lebih baik dibanding air biasa. Memekan ketimun, dapat menghindarkan diri dari dehidrasi dan tentunya membantu menetralkan toksin dalam tubuh.



Asupan Antioksidan

Ketimun memang kaya dengan beragam jenis antioksidan juga terdiri dari flavonoid, quercetin, apigenin, luteolin, kaempferol, vitamin C dan beta karoten, antioksidan yang dapat membantu melawan pertumbuhan gejala kanker dan menurunkan resiko penyakit kronis termasuk penyakit jantung.



Manfaat Timun dapat Melindungi Otak

Di dalam ketimun terdapat sejumlah zat yang bernama flavanol (fisetin), yang memiliki manfaat dalam peningkatan memori dan melindungi sel-sel saraf, dari penurunan fungsi otak yang berkaitan dengan usia. Pada penelitian yang dilakukan oleh tikus, senyawa fisetin ini memberikan perlindungan secara progresif terhadap gangguan Alzheimer.


Baik untuk kesehatan kulit

Pengaplikasian masker mentimun pada kulit wajah sudah dipercaya sejak lama memberikan efek baik pada kulit. Bukan hanya dagingnya, bahkan biji mentimun mengandung vitamin E dan potassium yang bermanfaat bagi kesehatan kulit




Menjaga kesehatan gigi dan gusi

Kandungan serat dan sifat mentimun yang dingin dapat mengatasi masalah peradangan termasuk radang gusi. Mengkonsumsi mentimun dapat meningkatkan produksi air liur dan menetralisir asam dan basa di dalam rongga mulut sehingga gigi dan gusi tidak mudah terserang penyakit.



Manfaat Timun dapat Menjaga kesehatan mata

Mungkin Sobat hanya mengetahui kalau wortel lah makanan yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Ternyata mentimun juga bermanfaat bagi mata karena mentimun juga mengandung vitamin A. Meletakkan irisan mentimun pada kelopak mata juga mampu merelaksasi otot dan saraf mata sehingga mata tidak mudah lelah yang dapat memicu penurunan kesehatan mata itu sendiri. Selain itu, mengkonsumsi mentimun juga dapat mencegah retensi air yang dapat memicu pembengkakan di sekitar mata.


Mencegah kanker

Mentimun mengandung lariciresol, pinoresol, dan secoisolariciresinol. Ketiga kandungan tersebut sangat berperan dalam menghambat pertumbuhan kanker antara lain kanker usus, kanker payudara, kanker ovarium, kanker rahim, dan kanker prostat. Ingin mengetahui makanan yang dapat mencegah kanker lainnya? Simak Manfaat Jus Wortel Untuk Kesehatan.



Manfaat Timun dapat Meningkatkan daya tahan tubuh & mencegah dehidrasi

Vitamin C pada mentimun berperan aktif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit baik karena perubahan cuaca atau lainnya. Kandungan air pada mentimun juga mampu mencegah tubuh mengalami dehidrasi.



Menurunkan kadar kolesterol

Bagi Sobat yang memiliki kolesterol tinggi ada baiknya mulai rutin mengkonsumsi mentimun. Di dalam buah mentimun terkandung senyawa sterol yang berkhasiat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh. 


Menurunkan kadar gula dalam darah

Mengkonsumsi mentimun baik bagi penderita diabetes karena mentimun mengandung mineral mangan yang bermanfaat selama proses sintesa hormon insulin dalam tubuh. 



Kesehatan ginjal

Manfaat Timun ternyata juga mampu menjaga kesehatan ginjal dan kantung kemih. Kandungan air pada mentimun membantu kinerja ginjal dalam memproduksi urine (urinasi).



Memperlancar pencernaan

Kandungan serat yang terdapat pada mentimun terbukti dapat memperlancar pencernaan. Mengkonsumsi mentimun secara teratur dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti gastritis, maag, perut mulas atau konstipasi (kondisi susah buang air besar).


Mengontrol tekanan darah tinggi

Bagi Sobat yang mengalami tekanan darah tinggi dapat mencoba mengkonsumsi jus mentimun atau mengkonsumsi mentimun langsung. Kandungan kalium, magnesium dan serat alami yang terdapat pada mentimun berkhasiat dalam menurunkan tekanan darah tinggi.



Manfaat Timun dapat Mengurangi peradangan

Ekstrak mentimun juga dikenal untuk mengurangi peradangan, karena aktivitas enzim inflamasi pro seperti cyclo – oxyenase yang bekerja mencegah produksi oksida nitrat yang menyebabkan peradangan yang berlebihan.




Menghilangan mabuk

Ketimun juga bisa digunakan untuk menyembuhkan mabuk dan sakit kepala. Hal ini karena mereka membantu rehidrasi nutrisi tubuh, serta menghilangkan racun dari asupan alk*hol. Makan beberapa iris mentimun sebelum tidur, vitamin B dan elektrolit dalam sayuran ini akan mengurangi intensitas mabuk dan sakit kepala.


Menghasilkan sel darah

Jus mentimun mengandung hormon yang sangat dibutuhkan oleh pankreas dalam memproduksi insulin yang sangat bermanfaat bagi pasien diabetes. Tembaga yang juga terkandung dalam mentimun juga membantu untuk menghasilkan sel darah yang sehat, dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.  seperti manfaat pete



Menghilangkan selulit

Manfaat Timun juga bisa membantu untuk membuang selulit padapaha. Campurkan beberapa sendok kopi bubuk ,  jus mentimun dan madu untuk membuat pasta tebal. Terapkan ini pada daerah yang terkena selulit, bungkus dengan kain muslin dan kelupas secara perlahan setelah 30 menit. Makan sayuran ini dalam keadaan segar juga dapat mengobati selulit .



Meredakan nyeri sendi dan encok

Mentimun merupakan sumber silika yang dikenal dapat memperkuat jaringan sendi. Jus mentimun mengandung kalsium, folat, potassium, magnesium, dan vitamin A, C, D, B1 dan B6. Mengonsumsi mentinun setiap hari dapat mengurangi nyeri persendian, encok, dan menurunkan kadar asam urat.


Membantu penurunan berat badan

Mentimun merupakan makanan rendah kalori sehingga bermanfaat menurunkan berat badan berlebihan atau setidaknya tidak membuat berat badan terus bertambah. Mentimun membantu Anda mencapai berat badan ideal.



Melawan Panas di Luar dan Dalam

Mengkonsumsi timun dapat membantu meredakan rasa terbakar di dalam dada. Selain itu, meletakkan timun di atas kulit anda juga dapat membantu meredakan rasa panas pada kulit akibat terbakar oleh sinar matahari.



Membantu Rehidrasi Tubuh

Timun mengandung banyak air, sekitar 90% timun merupakan air. Jika anda tidak dapat mengkonsumsi banyak air putih karena berbagai alasan, penuhilah kebutuhan cairan anda dengan mengkonsumsi timun.


Melembutkan Rambut dan Kuku

Silika yang ada di dalam timun dapat membuat rambut dan kuku anda lebih kuat dan lebih berkilau. Selain itu, sulfur dan silika yang terdapat di dalam timun juga dapat membantu menstimulasi pertumbuhan rambut anda.



Mengatasi Bau Mulut

Timun juga dapat membantu proses penyembuhan berbagai gangguan gusi dan membuat mulut terasa lebih segar (mengatasi bau mulut). Caranya adalah masukkan sepotong timun di dasar mulut anda (di bawah lidah) dan tekanlah potongan timun tersebut selama 30 detik. Zat fitokimia yang terdapat di dalam timun dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut.



manfaat, manfaat timun, khasiat timun, manfaat timun untuk mata, manfaat timun untuk wajah, manfaat timun untuk kesehatan, manfaat timun suri, manfaat timun mini,


Nah itu lah artikel mengenai Manfaat timun dan Khasiat  nya , semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan .