60+ Khasiat dan Manfaat Wortel Yang Wajib Diketahui

Manfaat Wortel memang sangat mengagumkan bagi kesehatan

Wortel termasuk tanaman keluarga akar yang memiliki rasa manis. Wortel biasanya dikonsumsi dengan dijadikan jus atu diolah menjadi masakan. Selain rasanya yang lezat, wortel memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh.



manfaat, manfaat wortel, khasiat wortel, manfaat wortel untuk wajah, manfaat wortel untuk mata, manfaat wortel untuk bayi untuk ibu hamil, manfaat wortel untuk kesehatan,
Khasiat dan Manfaat Wortel Yang Wajib Diketahui

Adapun 60+ Khasiat dan Manfaat Wortel Yang Wajib Diketahui antara lain :


Mencegah Penyakit Stroke

Penelitian di Universitas Harvard menunjukan jika orang yang mengkonsumsi lebih dari enam buah wortel mentah dalam satu minggu memiliki resiko stroke jauh lebih rendah dibandingkan mereka yang hanya mengkonsumsi wortel satu buah wortel dalam bulan.


Wortel Mentah Untuk Menyehatkan Gigi Dan Gusi

Tidak ada makanan lain yang mampu menyehatkan sekaligus menyehatkan gigi dan gusi selain wortel, khususnya wortel mentah. Ya, dengan mengunyah wortel mentah plak, karang gigi maupun bakteri pembuat gigi berlubang dapat dibersihkan. Dalam hal ini wortel mentah berfungsi sebagai pasta gigi sekaligus sikat gigi yang memicu produksi saliva yang banyak yang berfungsi sebagai alkalin. Alkalin sendiri berfungsi untuk menyeimbangkan asam di dalam mulut dan bakteri pembentuk lubang pada gigi. Sedangkan kandungan mineral dalam wortel mentah berfungsi untuk mencegah terjadinya kerusakan gigi.



Wortel Mentah Sebagai Detoks Alami

Wortel dapat menjadi alternatif detoks yang ampuh. Wortel dapat membantu kerja hati dalam membersihkan racun di dalam tubuh. Kolesterol jahat sekaligus lemak juga bisa dikurangi dengan mengkonsumsi wortel. Hal ini juga yang menjadikan wortel sebagai makanan yang sangat direkomendasikan bagi anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan.



Menurunkan Kolesterol

Kolesterol tinggi? Secara teratur mengkonsumsi wortel, khususnya wortel mentah dapat membantu menurunkan tingkat kolesterol jahat di dalam darah. Ini karena wortel mengandung serat yang mudah dicerna yang mampu mengikat kolesterol jahat.




Mencegah Penyakit Jantung

Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung caretonoids dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung. Caretonoids sangat erat kaitannya dengan dengan pencegahan penyakit jantung ini. Dan wortel tidak hanya mengandung caretonoids tetapi juga sekaligus mengandung beta carotene, alpha carotene serta lutein.



Menyehatkan Kulit Dari Luar

Ingin kulit sehat secara alami? Wortel mentah dapat menjadi alternatif masker yang harganya terjangkau sekaligus efektif untuk membuat kulit lebih sehat dari luar. Cukup dengan mencampurkan wortelyang sudah diparut dengan madu secukupnya, maka masker alami, aman, dan menyehatkan sudah bisa anda aplikasikan pada wajah anda.



Membantu Mencegah Terjadinya Infeksi

Wortel memiliki kemampuan untuk mengobati luka luar dan mencegah terjadinya infeksi. Caranya adalah dengan menghaluskan wortel mentah, bisa juga dengan merebusnya terlebih dahulu selanjutnya tempelkan wortel yang sudah dihaluskan tersebut pada luka anda.


Mencegah penuaan dini

Tingginya vitamin A dan juga anti oksidan dapat mencegah terjadinya kerusakan pada kulit akibat sinar matahari. Kerusakan kulit tersebut juga termasuk keriput, noda hitam, warna kulit tidak merata, jerawat, kulit kering maupun pigmentasi kulit. Hal – hal tersebut dapat terjadi akibat tubuh kekurangan vitamin A.



Manfaat Wortel dapat Membantu Memperlambat Penuaan

Tingginya kandungan beta carotene di dalam wortel juga dapat berguna sebagai anti oksidan yang dapat membantu membersihkan sel – sel mati melalui proses metabolisme. Terjadinya proses tersebut akan membantu memperlambat terjadinya proses penuaan.



Membantu Pencegahan Penyakit Kanker

Berbagai penelitian menunjukan jika wortel mentah terbukti dapat membantu menurunkan resiko kanker usus, kanker payudara hingga kanker paru – paru. Penelitian terbaru bahkan menunjukan jika wortel mentah mengandung zat falcarinol dan falcarindiol yang termasuk ke dalam zat anti kanker. Falcarinol sendiri merupakan sejenis pestida alami yang dihasilkan oleh wortel guna melawan penyakit tanaman yang diakibatkan oleh jamur.



Melindungi Kesehtan Mata

Vitamin A selanjutnya diubah ke dalam bentuk rodopsin di dalam retina. Rodopsin ini merupakan pigmen ungu yang sangat dibutuhkan oleh mata untuk dapat melihat ketika malam hari. Selain itu, penelitian menunjukan jika orang yang banyak mengkonsumsi makanan kaya beta carotene cenderung memiliki kemungkinan menderita katarak dan rabun jauh lebih rendah 40 persen dibandingkan mereka yang jarang mengkonsumsi beta carotene.



Meningkatkan Fungsi Penglihatan

Manfaat wortel untuk mata sudah paten, Wortel sudah dikenal sebagai sumber makanan yang dapat menyehatkan indera penglihatan. Wortel mentah mengandung banyak sekali vitamin A yakni sekitar 16.706 IU atau setara dengan 557 persen dari kebutuhan vitamin A tubuh manusia. Selain itu wortel juga mengandung banyak beta carotene yang nantinya dapat diubah menjadi vitamin A di dalam hati kita.



Mencegah diabetes

Wortel nyatanya mengandung vitamin K yang sangat baik untuk menjaga kadar gula darah. Rasanya yang manis pun tidak perlu menambahkan gula pada minuman atau makanan dengan bahan utama wortel. Nah, beberapa dari anda yang dinyatakan sebagai penderita diabetes, bisa mengonsumsi wortel.



Menjaga sistem pencernaan

Sistem pencernaan merupakan sistem yang dianggap vital. Karena rasa sakitnya akan langsung terasa, seperti sembelit, maag bahkan diare. Sistem pencernaan bisa dijaga dengan mengonsumsi makanan seperti wortel yang mengandung vitamin B dan juga serat yang sangat baik. konsumsi secara baik dan rutin selama satu minggu sebanyak 4 -5 biji. Baik disup dengan sayur atau di jus.



Meningkatkan memotri pada otak

Memori pada otak akan meningkat tajam dengan mengonsumsi makanan seperti ikan atau makanan berprotein tinggi. Ternyata tidak hanya makanan itu saja, namun wortel yang mengandung vitamin B dapat meningkatkan memori pada otak. Sehingga wortel sangat baik dikonsumsi untuk anak-anak.


Janin dalam kandungan

Janin dalam kandungan membutuhkan nutrisi yang sangat baik. maka beberapa makanan sangat disarankan untuk anda yang sedang hamil. Salah satunya adalah wortel yang baik untuk janin. karna wortel mengandung vitamin A yang ternyata baik untuk perkembangan janin, dan menguatkan rahim. Janin juga akan tahan terhadap penyakit dan ketika sang ibu sakit, maka bayi dalam rahim tersebut akan tetap kuat dan aman.



Meningkatkan sistem imun tubuh

Wortel mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Seperti halnya pada makanan sehat lain, vitamin C tentu berguna untuk menaikan imun tubuh agar terus sehat dan terhindari dari penyakit. Selain vitamin c, wortel juga mengandung zat antioksidan yang bisa menaikan imun tubuh. Tentunya untuk melindungi dari radikal bebas atau paparan polusi yang berbahaya.




Mengurangi penyakit jantung

Penyakit kronis lainnya yang bisa dikurangi dengan wortel adalah jantung. Mengonsumsi 5-6 wortel setiap minggunya ternyata membuat zat antioksidan dalam tubuh bekerja dan menghindari sakit jantung dengan sangat cepat dan baik. terutama bagi anda yang sudah terdeteksi memiliki penyakit jantung, ada baiknya mengonsumsi wortel secara rutin.



Mengurangi resiko kanker usus besar

Kanker usus besar merupakan kanker yang membahayakan. Karena menyerang organ vital dalam sistem pencernaan yakni usus besar. Kanker usus besar bisa dicegah dengan wortel yang mengandung bahan seperti zat falcarinol dan zat falcarindol. Zat ini bisa digunakan untuk mengurangi terjadinya akar dari penyakit jamur, akar ini bisa mengikat jaringan sehat pada manusia. Untuk itu, kanker usus besar kemungkinan bisa dihindari jika mengonsumsi wortel secara rutin.



Menghindari kanker payudara

Kenapa konsumsi wortel bisa menghindari kanker yang berbeda. Itulah fungsi dan manfaat lebih pada wortel. Kanker payudara bisa berkurang hingga 17-18% karena wortel mengandung banyak hidrat arang dan juga fosfor. Dengan begitu jaringan yang bisa mengikat payudara yang membahayakan, bisa berkurang bahkan menggugur. Anda bisa mengonsumsi secara rutin terutama bagi para wanita. Konsumsi wortel sebagai jus setiap harinya tanpa gula, dan bisa diganti dengan madu.


Memperkuat tulang dan tubuh

Vitamin K terkenal sebagai fungsinya yang bisa mendukung tulang dan tubuh semakin kuat. Nah, wortel sangat jelas mengandung vitamin K cukup banyak. Sehingga bagi anda yang sudah memasuki usia lanjut, ada baiknya untuk mengonsumsi wortel secara rutin.



 Manfaat Wortel dapat Menjaga kesehatan ginjal

Ginjal merupakan organ yang cukup vital bagi tubuh. Sekarang ini banyak sekali kasus gagal ginjal yang diakibatkan karena kesalahan pola makan kita. Wortel ini membantu ginjal dalam membersihkan dan menyaring sisa sisa metabolisme.



Melembabkan Wajah

Kulit wajah yang kering dapat membuat kulit mengalami iritasi dan mengelupas. Kandungan kalium dalam wortel dapat mencerahkan kulit, caranya dengan meminum jus wortel setiap hari. Selain manfaat wortel untuk melembabkan kulit, manfaat lidah buaya untuk kulit wajah juga mempunyai efek yang sama terhadap kulit.



Relaksasi Kulit

Kulit yang lelah karena sering terkena polusi, debu atau stres akibat pekerjaan serta masalah sehari – hari dapat dirawat menggunakan manfaat wortel untuk kulit. Caranya dengan menghancurkan wortel yang telah dikupas hingga menjadi berbentuk pasta yang kental menggunakan blender. Kemudian campur pasta wortel itu dengan sedikit air mawar, lalu masukkan ke botol semprot. Gunakan ketika wajah terasa lelah. Manfaat air hangat untuk wajah dan manfaat bengkoang untuk kulit juga bisa memberikan efek relaksasi bagi kulit wajah.


Mencerahkan Kulit Wajah

Konsumsi buah dan sayur yang memadai adalah salah satu dari banyak cara merawat kulit agar tidak kusam, selain dari pemakaian pelembab untuk kulit kering dan kusam. Selain itu juga dengan memakai masker wajah dari wortel dan madu untuk merawat wajah. Madu tidak hanya berkhasiat untuk perawatan kulit wajah, tetapi juga untuk perawatan bibir. Cara memerahkan bibir dan cara alami memerahkan bibir juga bisa melalui pemakaian madu.



Mencegah Masalah Kulit

Kandungan antioksidan pada wortel dapat mencegah timbulnya penyakit kulit selain jerawat seperti eksim, dermatitis, ruam kulit. Manfaat wortel untuk mengatasi masalah gatal pada kulit juga mempunyai kesamaan dengan manfaat bubuk kayu manis untuk wajah. Manfaat daun kemuning untuk wajah juga dapat mengatasi masalah eksim.



Mengatasi Wajah Berminyak

Minyak yang berlebihan bisa membuat wajah jadi mengkilap dan sulit mempertahankan make up untuk waktu lama, karena minyak sangat mudah melunturkan rias wajah. Penyebabnya bermacam – macam, misalnya sering tidur larut, terlalu banyak mengonsumsi gorengan, dan lain – lain. Wortel adalah salah satu cara mengatasi muka berminyak. Kandungan minyak berlebih di wajah dapat diatasi dengan masker wortel yang dicampur dengan madu dan minyak zaitun. Sebelum menghaluskannya, wortel harus dikukus terlebih dulu, agar teksturnya menjadi halus. Tekstur masker yang masih kasar akan membuat wajah semakin berminyak.


Menghilangkan Noda di Kulit

Noda bekas jerawat di kulit atau flek hitam terkadang sulit dihilangkan dan sukar ditutupi dengan make up tipis. Diperlukan make up yang agak tebal untuk mengoreksi noda – noda tersebut, hasilnya penampilan tampak tidak alami. Supaya wajah tampak lebih mulus, wortel juga dapat menghilangkan noda – noda di kulit seperti flek hitam dan warna kulit yang tidak merata. Wortel juga bisa menjadi cara menghilangkan flek hitam akibat KB suntik dengan memakainya sebagai salah satu masker untuk kulit kering dan flek hitam.



Mempercepat Penyembuhan Luka

Wortel mempunyai sifat anti inflamasi atau anti peradangan,  dan kandungan vitamin E nya dapat sangat membantu penyembuhan luka yang cepat. Karena itu wortel menjadi salah satu cara menghilangkan bekas luka secara alami. Luka bisa menjadi salah satu penyebab keloid dan cara mengatasi keloid secara alami dan secara cepat bisa menggunakan manfaat dari wortel untuk memperbaiki kondisi kulit tubuh agar mengurangi resiko munculnya keloid pada bekas luka.


Mengencangkan Kulit

Vitamin C yang terkandung dalam manfaat wortel untuk kulit membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh sehingga memelihara kekencangan dan kekenyalan kulit. Dengan cara sederhana seperti meminum jus wortel dan memakai masker wajah yang terbuat dari wortel secara teratur sudah dapat meningkatkan kolagen dalam tubuh dan tidak perlu mencoba solusi yang lebih canggih serta memerlukan biaya lebih, seperti misalnya suntik kolagen yang tidak lepas dari adanya resiko bahaya suntik kolagen yang dapat terjadi pada tubuh Anda.



Menghilangkan Jerawat

Kandungan vitamin A dalam wortel memperbaiki pencernaan tubuh, dengan demikian juga memperlancar aliran darah dalam tubuh sehingga mengurangi resiko timbulnya jerawat serta mengurangi peradangan pada jerawat. Untuk menghilangkan masalah jerawat bisa dengan beberapa cara lain misalnya menggunakan manfaat daun mint untuk wajah.



Sebagai Antioksidan

Warna oranye dari wortel ini berasal dari kandungan beta karoten yang merupakan salah satu dari sumber anti oksidan dalam tubuh. Beta karoten yang diserap usus akan diubah menjadi vitamin A melalui proses pencernaan. Antioksidan juga merupakan salah satu dari manfaat daun kelor bagi kecantikan.


Manfaat Wortel dapat Mencegah Penuaan Dini

Kandungan beta karoten dalam tubuh yang berfungsi sebagai sumber antioksidan membantu memperlambat penuaan sel sehingga kulit menjadi tidak mudah mengalami keriput. Paparan sinar matahari yang terlalu sering merupakan salah satu penyebab keriput di usia muda. Dengan rajin mengonsumsi jus wortel atau menggunakannya sebagai masker wajah, wortel menjadi salah satu cara mengatasi keriput pada wajah secara alami dan salah satu cara mencegah penuaan dini pada wajah.



Dapat menenangkan kulit wajah selepas bekerja

Membiarkan wajah terlalu lama terkena paparan cahaya matahari adalah hal yang tidak baik bagi kesehatan kulit. Selain itu, pasti Anda pernah merasa kulit wajah seakan tidak nyaman tak lama sesudahnya. Perasaan tersebut hadir karena kulit wajah tegang, kotor, berdebu, dan lelah akibat seharian dibiarkan terpancar terik matahari.


Berguna sebagai pemblokir sinar matahari

Banyak produk sun-block yang menggunakan wortel sebagai campuran bahan atau komposisinya. Dari sini Anda pasti sangat percaya bahwa wortel secara alami memberi efek pemblokir sinar matahari. Jika Anda ingin merasakan manfaat wortel yang satu ini, jangan gunakan pemakaian luar. Sebelum beraktivitas, buatlah secangkir jus wortel segar. Kandungan antioksidan dan beta-karotennya yang diubah menjadi vitamin A akan membantu melindungi kulit dari panasnya sinar matahari. 



Mengatasi kulit kering

Kulit kering merupakan masalah klasik yang biasa dialami oleh kaum pria, namun tidak menutup kemungkinan kaum perempuan juga mengalaminya. Kekurangan kalium merupakan salah satu faktor pemicu kulit menjadi kering.  Wortel menjadi agen yang menawarkan kalium untuk kulit. Dengan suplai kalium yang cukup, maka kulit tubuh akan lembab dan kenyal. Jika Anda mengalami dehidrasi, jus wortel juga mampu menghidrasi tubuh dengan efektif.



Mengobati berbagai penyakit kulit

Wortel dapat digunakan untuk mencegah sekaligus mengobati berbagai jenis penyakit yang menyerang kulit, seperti jerawat, ruam merah, dermatitis atau radang kulit, dan penyakit kulit lain yang terjadi karena defisiensi vitamin A. Kandungan antioksidan yang bertugas menangani semua penyakit tersebut. Tetapi Anda tidak diperkenankan untuk makan wortel berlebihan karena justru membahayakan kesehatan kulit, seperti warna permukaan kulit berubah menjadi oranye kekuningan.


Memberi efek penyembuhan luka

Wortel menawarkan efek mempercepat penyembuhan luka pada kulit. Ini dikarenakan sifat anti-inflamasi pada wortel mampu merevitalisasi sekaligus meratakan warna kulit. Anda bisa memarut wortel mentah, kemudian tutupi luka dengan parutan wortel. Lakukan pengobatan ini dengan rutin agar Anda tahu bahwa manfaat wortel untuk menyembuhkan luka benar-benar terbukti.



Meningkatkan Kualitas Sperma

Bagi para pria, khususnya yang berencana untuk memiliki anak, cobalah untuk mengkonsumsi wortel mental selama periode ovulasi.



Pemurnian Darah

Pemurnian darah sangat diperlukan oleh pria. Cukup dengan menggiling wortel hingga menjadi jus dan minum sekali seminggu, darah pria akan lebih bersih.





Nah itu lah artikel mengenai Manfaat Wortel dan Khasiat  nya , semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan .

0 Response to "60+ Khasiat dan Manfaat Wortel Yang Wajib Diketahui"

Post a Comment