50 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami dan Secara Medis, Bandingkan !

Kita wajib tau cara mengatasi rambut rontok secara alami, Mengapa ?
Tidak bisa dipungkiri bahwa rambut adalah salah satu kebanggan perempuan bahkan sering disebut sebagai mahkotanya perempuan, namun bagaimana bila rambut yang merupakan hal penting tersebut rontok? Apakah Anda Akan diam saja? Nah untuk itu di sini akan dibahas, bagaimana cara mengatasi rambut rontok secara alami :

Mengatasi rambut rontok dapat diupayakan menjadi 2 macam penanganan, yaitu secara medis dan secara non medis.

cara, cara alami, cara mengatasi rambut rontok secara alami, cara mengatasi rambut rontok secara medis, rambut,
Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami dan Secara Medis, Bandingkan !

Adapun 50 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami Maupun  Medis yaitu :



1. Medis


Transplantasi rambut

Nggak hanya mata atau jantung, ternyata rambut juga bisa ditransplantasi. Langkah ini dilakuin buat numbuhin ambut di area botak sehingga terlihat sangat nyata. Langkah ini sudah dilakukan oleh ateelt sepak bola manca negara yaitu Wayne rooney. Rooney telah mengalami kebotakan sejak beberapa tahun lalu kemudian ia memutuskan untuk melakukan transplantasi rambut sehingga rambutnya dapat tumbuh secara normal di bagian atau area kebotakan seperti yang dapat kamu lihat sekarang. Proses ini dilaksanakan dengan operasi. Operasi yang dilakukan dengan penjelasan secara sederhananya dilakukan pengambilan sebagian kecil kulit kepala yang pertumbuhan rambutnya normal lalu dicanglokkan atau ditanamkan pada bagian kulit kepala yang mengalami kebotakan. Biaya yang dibutuhkan untuk menggelar atau melakasanakan operasi transplantasi rambut ini cukup mahal namun hasilnya akan terlihat sangat nyata, permanen dan membuat penampilan jadi semakin kece. Waktu yang dibutuhi buat laukan operasi ini juga nggak sebentar tapi sangat lama. Efek samping terburuk yang bisa terjadi pascaoperasi adalah terjadinya pendarahan serta infeksi yang bisa muncul kapan saja nggak pandang bulu. Tapi efek atau dampak buruk ini jarang banget terjadi dan hampir semua proses transplatasi rambut di dunia mengalami keberhasilan.




Losion minoxidil

Loison minoxidil adalah salah satu obat yang sangat berkhasiat untuk pria atau wanita yang mengalami kebotakan karena rambut rontok dalam jumlah sangat banyak. Obat ini dapat diaplikasikan dengan cara dioles pada kulit kepala yang mengalami kebotakan. Obat ini hanya dapat dipakai sama yang usianya sudah di atas 18 tahun. Anjuran pemakaian obat oles yang satu ini hampir mirip dengan obat-obat oles lainnya yaitu harus dioles selama dua kali dalam sehari. Penggunaan obat oles ini akan bekerja secara efektif selama 12 hingga 16 hari. Jadi, selama hari itu lakukan pengolesan pada kulit kepala yang alami kebotakan dan lihat hasilnya kalau udah 16 hari, pasti akan membuat tampilan menjadi lebih percaya diri lagi. Obat oles yang satu ini memiliki efek samping yang sebenarnya jarang ditemui antara lain terjadi iritasi kulit biasanya gatal-gatal, denyut nadi dan jantung meningkat dan tumbuh rambut halus disekitar wajah dan tangan. Kalau setelah beberapa hari setelah pengaplikasian obat oles Losion minoxidil muncul beberapa indikasi efek samping tersebut, sebaiknya kamu berkonsultasi ke dokter supaya diberikan solusi dan tindak lanjut yang aman dan direkomendasikan oleh pihak medis yang terpercaya.




Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Medis dengan Tablet Finasteride

Kerontokan rambut khususnya pada pria yang bisa banget berpotensi jadi botak ternyata bisa dipicu oleh perubahan hormon testosteron menjadi dihydrosetestosterone atau DHT. Makanya, nggak heran kalau banyak pria yang mengalami kebotakan setelah dicek penyababnya adalah banyaknya perubahan hormon tersebut. tablet finasteride bisa banget mengatasi kebotakan karena bisa numbuhin rambut lagi karena bisa secara optimal menghalau perubahan hormon-hormon tersebut. Tapi, ternyata konsumsi obat ini juga bisa kasih efek samping walaupun jarang terjadi seperti mengalami kanker prostat, gairah sex menjadi menurun, disfungsi ereksi hingga hipotensi. Namun efek samping itu jarang banget terjadi jadi nggak usah cemas. Cara konsumsi obat ini buat pria yang ingin mengatasi kebotakan adalah dengan mengkonsumsi setiap hari dan khasiat dari obat ini dapat dirasakan jauh selama 3 hingga 6 bulan ke depan. Tapi sayangnya, kalau konsumsi obat ini dihentikan, ada kemungkinan besar rambut akan mulai rontok kembali pada hitungan bulan saat berhenti konsumsi. Sangat perlu diperhatikan kalau wanita hamil sangat dilarang keras untuk menyentuh obat ini apalagi saat sudah dalam keadaan pecah. Mengapa? Karena kandungannya dapat membahayakan janin yang ada di dalam perut. Untuk itu, buat para bumil yang mengalami kerontokan rambut, nggak usah coba-coba buat atasi kerontokan rambut sama langkah ini. rambut rontok saat hamil itu hal biasa karena hormon-hormon dalam tubuh masih ngelakuin penyesuaian yang salahs atu dampaknya bisa jadi rambut rontok. Rambut akan kemabli sehat dan normal setelah pasca kelahiran nanti. Jadi, nggak usah cemas ya.




Terapi steroid

Cara mengatasi rambut rontok secara medis yang selanjutnya yaitu dengan melakukan terapi steroid. Terapi ini nggak bisa dilakukan dengan sembarangan karena khusus dilakukan buat orang-orang yang mengalami masalah kerontokan rambut akibat masalah sistem imun atau sistem kekebalan tubuh yang menyerang akar rambut. Terapi steroid yang dilakukan pada penderita bekerja secara efektif dalam menekan kinerja sistem kekebalan tubuh sehingga rambut dapat tumbuh secara normal kembali. Kerontokan yang disebabkan oleh masalah sistem imun tubuh ini sifatya cuma sementara, jadi nggak usah cemas. Kalau sistem kekebalan tubuh udah bisa bekerja secara nomal kembali, maka rambut-rambut yang rontok dan meninggalkan kulit kepala dapat tumbuh kembali menjadi rambut baru. Tapi kalau rambut sudah rontok secara berlebihan dan membuat kepala hampir botak seluruhnya, pengembalian rambut untuk bisa numbuh lagi perlu waktu dan proses kurang lebih setahun dengan melakukan terapi ini secara rutin. Terapi steroid bisa dilakuin dengan dua macam cara. Cara yang pertama adalah dengan suntikan dan cara yang kedua adalah dengan olesan pada bagian kulit kepala yang mengalami kerontokan rambutnya.




Imunoterapi

Kalau kondisi kerontokan rambut udah parah banget, imunoterapi adalah cara jitu buat ngatasin masalah rambut tersebut. Imunoterapi adalah krim yang digunakan secara oles yang mengandung diphencyprone atau DPCP. Krim ini cocok banget buat diolesin di kulit kepala yanh udah mulai pitak dan hampir botak karena kerontokan rambut parah dan terus menerus. Proses pengolesan imunoterapi biasanya butuhin waktu kurang lebih 12 minggu buat lihat hasil atau cara bekerjanya krim ini. Dokter bener-bener nyaranin, sebaiknya waktu mengaplikasikan krim oles ini ke kulit kepala yang petak selama 24 jam, seluruh bagian kepala dan rambut ditutup dengan topi atau sejenisnya biar nggak terkena dampak atau efek samping negatif dari krim ini. Imunoterapi merupakan obat oles yang memiliki sensitivitas cukup tinggi. Hal ini ngebuat pemakaiannya di beberapa jenis kulit bisa nimbulin efek samping seperti vitiligo atau perubahan warna kulit, ruam, dermatitis sampai kerontokan rambut yang lebih parah dari sebelumnya jika obat ini berhenti diaplikasikan. Tapi efek samping-efek samping itu hanya terjadi sama kulit yang sensitif saja dan akan bekerja secara normal sama kulit yang tidak sensitif atau normal.





Metode tato

Tato atau yang lebih dikenal dengan metode dermatografi juga bisa dijadikan langkah untuk ngatasi rambut rontok bagi para wanita maupun pria. Metode ini umumnya dilakukan pada rambut atau alis dan hasilnya bisa dirasakan dalam kurun waktu yang cukup singkat. Dengan hasil yang muasin ini, makanya nggak heran kalau biaya pelaksanaan dermatografi cukup merogoh kocek. Tapi kamu nggak bakal nyesel keluarin biaya yang cukup banyak karena hasilnya benar-benar memuaskan dan sempurna. Tingkat kegagalan dalam proses pelaksanaan metode ini juga tipis banget dan selama ini hampir semua tindakan dengan metode ini selalu berhasil dan buat para konsumennya bahagia dengan hasil yang optimal.

Baca Juga  : Tips Mengurangi Resiko Infeksi Akibat Lensa Kontak

Terapi sinar ultraviolet

Pada umumnya, wanita berhijab akan mengalami masalah rambut yang tak kalah banyak dibanding rambut yang tidak tertutup. Karena keringat yang bercampur dengan kotoran rambut di kulit kepala dan tidak dapat menguap dengan baik karena terhalang oleh hijab atau kerudung seringnya dapat menimbulkan rambut rontok atau kerusakan rambut lainnya jika tidak diatasi dengan cara yang tepat. Salah satu cara mengatasi rambut rontok berjilbab yang saat ini banyak dikeluhkan adalah dengan melakukan terapi sinar ultraviolet. Pasien yang hendak melakukan terapi ini akan lebih dahulu diberikan obat psoralen yang berfungsi sebagai penambah sensitivitas kulit. Setelah itu barulah mulai terapi terpaan sinar UV A dan UV B pada kulit kepala yang kana mengembalikan pertumbuhan rambut yang rontok atau hilang.





2. Non medis


Saat Basah, Biarkan Rambut Kering Secara Alami

Banyak orang yang memiliki kebiasaan menggunakan hair dryer ketika mereka selesai mandi dengan harapan rambut mereka cepat kering. Ada juga orang yang memiliki kebiasaan menggosok rambut yang masih basah secara kasar dengan menggunakan handuk. Nah, tahukah kamu bahwa ternyata kebiasaan tersebut dapat mengakibatkan rambut mudah rontok? Ketika kamu menggunakan hair dryer, maka rambutmu akan menjadi panas. Nah, ketika rambutmu diberikan panas secara berlebihan, maka rambut akan menipis dan hal itulah yang membuat rambut cepat rontok. Selain itu, rambut juga akan menjadi mudah rontok ketika rambut dalam keadaan basah. Oleh karena itu, jangan heran jika rambut yang rontok akan semakin banyak jika kamu menggosok rambut yang basah dengan handuk.




Olahraga

Ini mungkin kedengarannya aneh, tetapi ternyata berolahraga secara rutin mampu membuat rambutmu menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok. Nah, mengapa demikan? Hal ini dikarenakan ketika kamu berolahraga, maka otak akan memproduksi hormon endorfin. Hormon endorfin ini akan memberikan rasa bahagia di dalam dirimu, sehingga kadar stress bisa menurun. Jika kadar stress menurun, maka tentu saja sirkulasi darah ke kulit kepala akan semakin lancar. Jika sudah begitu, maka sel folikel rambut pun akan semakin kuat dan rambut yang rontok pun akan semakin sedikit.




gaya hidup sehat

Tahukan kamu, tubuh yang sehat memberikan dampak pada rambut kamu. Jika tubuh kamu sehat rambut kamu mungkin akan terlihat lebih indah dan sehat pula. Apa gunanya kamu rutin melakukan perawatan diatas tanpa memperhatikan gaya hidup sehat. Ada baiknya kamu mulai melakukan gaya hidup sehat dengan cara berolahraga ringan, konsumsi makanan yang bernutrisi tinggi dan kaya akan protein.






sarapan

Selain untuk mengisi tenaga kita sebelum seharian memulai aktifitas, manfaat sarapan lainnya adalah untuk kesehatan rambut kita. Saat sarapan sebaiknya konsumsi makanan yang kaya akan protein, gizi dan vitamin yang baik untuk tubuh dan rambut. Kekurangan protein seperti (daging merah, telur, ayam dan lain sebagainya) dapat menghambat pertumbuhan keratin rambut. Maka dari itu kalau diantara kalian yang suka malas sarapan, ada baiknya mulai sekarang dicoba untuk tidak melewatkan waktu makan pagi ini.




Kendalikan Tingkat Stress

Tidak bisa dihindari bahwa banyak hal dalam kegiatan kita sehari-hari yang dapat membuat kita menjadi stress, mulai dari masalah pekerjaan, pendidikan, kesehatan, hingga masalah asmara. Nah, sangatlah penting bagi kamu untuk mengendalikan kadar stress-mu karena seperti yang telah dijelaskan diatas, stress akan membuat rambutmu menjadi lebih mudah rontok. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meredakan stress, misalnya dengan melakukan meditasi, yoga, mandi dengan air hangat, atau sekedar melakukan segala hal yang menjadi hobimu. Dengan melakukan hal-hal tersebut, maka sirkulasi darah ke seluruh tubuh akan tetap lancar. Jika sirkulasi darah ke seluruh tubuh lancar, maka tentu saja kulit kepala akan mendapatkan nutrisi yang cukup. Jika sudah begitu, maka tentu saja rambutmu akan menjadi kuat dan tidak mudah rontok.




minyak lavender

Minyak lavender adalah salah satu minyak aromaterapi yang memiliki berbagai manfaat untuk tubuh dan rambut kita. Minyak lavender dapat menghilangkan rasa gatal pada kulit kepala dan ketombe. Minyak lavender memiliki antiseptik yang sangat kuat yang berfungsi sebagai desinfektan untuk kulit kepala kita. Untuk mendapat manfaat minyak lavender sebagai obat rambut rontok adalah dengan cara meteteskan sekitar 10 tetes minyak lavender, kamu juga bisa menambahkan minyak esensial seperti minyak zaitun kedalamnya lalu oleskan ke kulit kepala hingga merata. Diamkan selama 20 menit lalu berishkan rambut.


jeruk nipis

Jeruk nipis mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan rambut, selain untuk mampu mengatasi ketombe. Jeruk nipis juga mampu untuk mengatasi masalah rambut rontok. Penggunannya juga mudah, kamu cukup memotong jeruk nipis menjadi beberapa bagian lalu gosok-gosok potongan jeruk nipis ke rambut. Setelah 15 menit bilas cuci rambut hingga bersih.



jahe

Selain memberikan manfaat hangat dari dalam tubuh ternyata jahe juga bisa digunakan untuk kesuburan rambut kita. Kandungan Zingeron pada jahe inilah yang mampu membantu untuk mengatasi rambut rontok. Untuk dapat menfaatkan tanaman ini juga tidak terlalu sulit. Caranya sangat mudah, siapkan satu ruas jahe lalu bersihkan dan kupas kulitnya setelah bersih parut jahe tersebut lalu aplikasikan parutan jahe kebagian rambut yang rontok. Diamkan sekitar 20 menit agar jahe menstimulasi sel-sel rambut. Setelah 20 menit bersihkan rambut dengan shampo dan air besih.




santan

Selain untuk mengkilaukan rambut santan juga mampu untuk mengatasi rambut rontok. Cara penggunanya kamu hanya perlu menyiapakan segelas atau bisa disesuaikan dengan kondisi ketebalan rambut kamu. Lalu oleskan keseluruh permukaan rambut hingga mengenai kulit kepala hingga merata. Setelah 30 menit kamu bisa langsung bilas dengan shampo dan air bersih. Setelah menggunakan santan, hasil yang dapat dirasaan langsung adalah rambut kamu akan terasa licin dan murah diatur serta berkilau. Untuk hasil yang maksimal gunakan santan ini minimal 2 kali dalam seminggu.




bawang merah

Selain bawang putih, bawang merah juga mengandung sulfur yang tinggi sehingga hal ini yang menjadikan bawang sebagai obat alami untuk mengatasi rambut rontok. Cara aplikasinya pun tidak sulit bahkan hampir sama dengan bawang putih, kamu tinggal haluskan bawang merah seperti jus lalu oleskan pada rambut hingga rata. Setelah 30 menit kamu bisa bilas menggunakan shampo untuk sedikit mengurangi bau yang ditimbulkan oleh bawang merah ini.



bawang putih

Selain untuk mencegah rambut rontok, bawang putih juga mampu untuk mengatasi rambut yang sudah terlanjur rontok karena bawang putih dipercaya dapat menghentikan kerontokan pada rambut baik yang parah sekalipun. Kandungan antibakteri yang terkandung pada bawang putih inilah yang berfungsi untuk memusnakan parasit serta dapat mengobati infeksi pada kepala. Cara penggunaanya ambil beberapa potong siung bawang putih lalu haluskan, kamu juga bisa menambahkan minyak ziatun beberapa tetes lalu usapkan kepada rambut hingga merata. Diamkan sekitar 30 menit lalu bilas hingga bersih. Selain itu kandungan sulfur pada bawang putih juga mampu memperlancar sirkulasi darah pada folikel rambut. Untuk hasil yang maksimal lakukan kebiasaan ini setiap hari sebelum keramas.




jus kentang

Kentang dapat membantu menyuburkan rambut dengan sangat cepat. Untuk bisa mendapatkan manfaatnya kita hanya perlu membuatnya menjadi jus. Setelah itu kamu bisa langsung aplikasikan pada rambut sebagai masker. Untuk hasil yang maksimal kamu bisa menambahkan madu dan putih telur lalu di blender hingga tercampur rata. Setelah itu diamkan sekitar 30-60 menit setelah itu bilas hingga bersih. Selain menjadi salah satu cara mengatasi rambut rontok, jus kentang juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi rambut kering dan beruban.




lidah buaya

Tanaman yang satu ini sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Lidah buaya sudah sangat terkenal sekali manfaatnya untuk mengatasi rambut rontok. Cara penggunanya pun sangat mudah. Kamu cukup mengambil 1 potong lidah buaya dan gunakan bagian dalamnya atau daging lidah buaya lalu oleskan pada rambut hingga merata. Diamkan sekitar 15-25 menit lalu kamu bisa membersihkan rambut dengan shampo dengan air bersih. Pada saat keramas sangat disarankan untuk menggunakan air yang mengalir.


Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami dengan kemiri

Menggunakan minyak kemiri untuk mengatasi rambut rontok bukanlah hal yang baru, sejak jaman dahulu kemiri sudah dimanfaatkan untuk membantu menyuburkan rambut. Pada biji kemiri mengandung 60-66% minyak. Minyak inilah yang dimanfaatkan untuk mengatasi rambut rontok pada jaman dahulu hingga sekarang. Namun pada jaman sekarang, kita tidak perlu lagi ribet untuk mendapatkan minyak kemiri seperti dahulu. Kini kita sangat mudah untuk mendapatkan minyak kemiri di toko-toko sekitar obat herbal di sekitar rumah kita.



campuran mangga, yoghurt dan kuning telor

Cara mengatasi rambut rontok lainnya dengan buah mangga, yoghurt dan kuning telur. Pertama-tama siapkan beberapa potongan buah mangga dan 1 sendok makan yoghurt serta 2 butir kuning telur. Blender sampai halus dan kental setelah itu saring serat-serat kasar yang masih ada. Kamu hanya membutuhkan serat yang halus untuk dioleskan kerambut rontok kamu. Jika sudah terpisah, oleskan masker mangga, yoghurt dan kuning telur ke kepala kamu secara merata. Beri sedikit pijatan di kepala. Diamka selama 10-15 menit, lalu bilas hingga bersih.




masker buah-buahan

Sebagain besar wanita pasti pernah melakukan perawatan creambath entah itu di salon atau melakukan sendiri dirumah. Masker yang biasa digunakan untuk creambath ini bisa kamu buat sendiri dirumah dengan beberapa jenis buah seperti pisang, alpukat, semangka dan melon. Membuat masker dari beberapa macam buah, cukup ampun untuk mengatasi rambut rontok. Cara membuatnya sangat mudah. Blender sampai halus ke 3 macam buah tersebut lalu tambahakan 1 sendok yoghurt tanpa rasa aduk sampai merata. Setelah itu oleskan keseluruh rambut, tunggu sekitar 10-15 menit lalu bilas hingga bersih.

Tahukah kamu jenis buah diatas menganduk asam sitrat dan antioksidan yang baik untuk rambut kita. Pada buah alpukat dan yoghurt berkhasiat sebagai pelembab untuk rambut. Sedangkan buah pisang, semangka dan melon bisa membuat rambut kamu menjadi lebih berkilau dan sehat.



minyak zaitun

Cara menghilangkan rambut rontok yang pertama adalah menggunakan minyak zaitun. Kita semua tahu, olive oil atau minya zaitun memiliki banyak manfaat mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki bisa dimanfaatkan khasiatnya. Untuk mengobati rambut yang rontok dengan minyak zaitun caranya cukup mudah. Tuangkan minyak zaitun pada 1 sendok makan minimal 30 menit sebelum keramas, oleskan minyak zaitun dari akar sampai ujung rambut sambil memijat selama kurang lebih 2-4 menit secara perlahan. Setelah itu lakukan keramas seperti biasa menggunakan shampoo hingga bersih.




Fenugreek

Fenugreek merupakan salah satu biji-bijian yang sangat bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok dengan cepat. Fenugreek memiliki kandungan protein dan juga asam nikotinik yang akan memicu pertumbuhan rambut. Selain itu, fenugreek juga memiliki hormon antecedents yang akan menjaga kesehatan sel folikel pada rambut, sehingga rambut akan tetap sehat dan tidak mudah rontok.

Cara Pemakaian:

Siapkan satu mangkuk berisi biji fenugreek, kemudian rendam biji tersebut di dalam wadah berisi air semalaman penuh.
Pagi harinya, tiriskan biji fenugreek dari air, kemudian haluskan biji fenugreek tersebut.
Oleskan biji fenugreek yang telah dihaluskan ke kulit kepala dan diamkan selama 40 menit.
Setelah itu, segera cuci rambutmu dengan air dan lakukan langkah diatas secara rutin.





Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami dengan Indian Gooseberry

Indian Gooseberry atau yang biasa juga disebut dengan amla merupakan bahan herbal yang sudah sangat dikenal sebagai penguat rambut. Hal ini dikarenakan amla memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi. Sebagai informasi, kekurangan Vitamin C dalam tubuh merupakan salah satu penyebab timbulnya rambut rontok. Selain itu, amla juga memiliki sifat anti-bakteri, antioksidan, anti-inflammasi, dan eksfoliate yang bermanfaat untuk memperkuat rambut dan juga menghilangkan bakteri yang dapat mengiritasi sel folikel rambut. Hasilnya, tentu saja rambutmu tidak akan rontok lagi.

Cara Pemakaian:

Siapkan 1 sendok teh sari buah amla.
Kemudian, segera oleskan sari buah amla tersebut ke area kulit kepala. Setelah itu, diamkan semalaman.
Pada pagi harinya, segera cucui rambutmu dengan air dan juga shampoo yang biasa kamu gunakan.

Baca Juga  : Cara Alami Agar Kulit Putih Dalam 1 Hari


Teh Hijau

Minuman tradisional seperti teh hijau akan sangat bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok. Nah, teh hijau akan sangat bermanfaat untuk rambut rontok karena kandungan antioksidannya yang sangat tinggi. Kandungan antioksidan seperti catechin yang ada dalam teh hijau akan memicu pertumbuhan rambut. Selain itu, kandungan antibakteri pada teh hijau juga akan membasmi bakteri yang akan menyebabkan infeksi pada rambut dan menyebabkan rambut rontok.

Cara Pemakaian:

Seduh teh hijau seperti kamu membuat teh pada umumnya.
Jika sudah, cukup aplikasikan teh hijau pada kulit kepala dan tunggu hingga 30 menit.
Setelah itu, cuci kulit kepala dengan menggunakan air dan juga shampoo yang biasa kamu gunakan.




Minyak Kelapa

Bisa dibilang, minyak kelapa merupakan jenis minyak alami yang paling ampuh untuk mengatasi rambut rontok. Minyak kelapa mengandung asam lauric yang akan membasmi segala bakteri dan juga kuman yang akan menyebabkan infeksi di sel folikel rambut. Selain itu, minyak kelapa juga akan menjaga kelembaban rambutmu secara alami, sehingga rambutmu akan menjadi semakin kuat dan tidak mudah rontok.

Cara Pemakaian:

Oleskan beberapa tetes minyak kelapa ke telapak tangan.
Setelah itu, oleskan minyak kelapa ke kulit kepala dengan menggunakan tanganmu dengan gerakan memijat.
Diamkan selama 1 jam, kemudian cuci rambutmu dengan menggunakan shampoo.






Minyak Zaitun

Selain kedua minyak alami diatas, minyak zaitun tentunya juga merupakan minyak alami yang sangat ampuh untuk mengatasi rambut rontok. Minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, sehingga akan sangat bermanfaat untuk memicu pertumbuhan rambut. Selain itu, kandungan Vitamin E dan asam lemak tak jenuh pada minyak zaitun juga sangat bermanfaat untuk memberikan nutrisi pada rambut dan membuat rambutmu menjadi lebih kuat.

Cara Pemakaian:

Oleskan beberapa tetes minyak zaitun ke telapak tangan.
Setelah itu, aplikasikan minyak zaitun ke kulit kepalamu, kemudian diamkan selama 1 jam.
Terakhir, cuci kulit kepala dengan menggunakan shampoo dan juga air.





Daun Neem

Daun neem merupakan salah satu sumber herbal yang juga bisa kamu gunakan untuk mengatasi rambut rontok. Hal ini dikarenakan daun neem memiliki kandungan antibakteri dan juga antijamur yang akan membasmi segala bakteri dan juga jamur yang berpotensi akan menginfeksi kulit kepala dan membuat rambut menjadi mudah rontok. Selain itu, daun neem juga akan melembabkan kulit kepala, sehingga sel folikel rambut akan tetap kuat dan rambut menjadi tidak mudah rontok.

Cara Pemakaian:

Siapkan beberapa helai daun neem, kemudian haluskan daun neem tersebut.
Setelah itu, campurkan daun neem yang telah dihaluskan dengan air.
Setelah itu, aplikasikan campuran daun neem dan air ke kulit kepala, diamkan selama 30 menit.
Terakhir, bilas kulit kepala dengan menggunakan air dan rambutmu pun akan bertambah kuat.





Madu

Madu merupakan bahan herbal yang tidak boleh kamu lewatkan jika kamu memiliki masalah dengan rambut rontok. Selain mudah didapat, madu juga akan sangat ampuh untuk mengatasi rambut rontok. Hal ini diakrenakan madu memiliki kandungan antibakteri yang akan membasmi berbagai macam bakteri penyebab infeksi di kulit kepala. Selain itu, berdasarkan sebuah studi yang telah dipublikasikan dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health, para pasien yang menderita gatal-gatal pada kulit kepala dan juga rambut rontok mengalami peningkatan pada kondisi mereka, dimana pada akhir studi tersebut, rambut rontok dan juga gatal-gatal pada kulit kepala mereka semakin berkurang.

Cara Pemakaian:

Siapkan 1 sendok teh madu dan juga air, kemudian campurkan kedua bahan tersebut.
Aplikasikan campuran air dan madu ke kulit kepala, kemudian diamkan selama 30 menit.
Setelah itu, cuci rambut dengan menggunakan shampoo dan juga air biasa.





Yogurt

Yogurt merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah kerontokan rambut. Caranya sangat mudah, anda dapat mengoleskannya pada bagian kulit kepala dan biarkan 10 hingga 15 menit. Terapkan cara ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu hingga anda mendapatkan hasil yang anda inginkan.




Buah Alpukat

Cara selanjutnya adalah dengan memanfaatkan buah alpukat. Anda dapat menggunakan buah alpukat sebagai masker rambut, karena kandungan protein yang terdapat pada buah yang satu ini sangat effektif untuk menguatkan rambut dan mampu memberi nutrisi pada rambut anda. Selain mampu menguatkan rambut, buah ini juga mampu merangsang pertumbuhan rambut anda. Caranya cukup dengan menghaluskan buah alpukat kemudian balurkan pada rambut serta kulit kepala anda. Diamkan 20 menit lalu bilas dengan shampo agar bersih.




Hair Tonic

Jika anda mempunyai uang lebih mungkin anda bisa membeli hair tonic. Sekarang hair tonic sudah disediakan dalam berbagai merk. Tinggal Anda pilih mana hair tonic yang paling bagus dan tentunya terbuat dari bahan alami






Nah itu lah artikel mengenai Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami dan Medis , semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan .

0 Response to "50 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami dan Secara Medis, Bandingkan !"

Post a Comment