20 Khasiat dan Manfaat Bawang Merah Yang Diperlukan Oleh Tubuh

Bawang merah merupakan salah satu tanaman yang menjadi bahan utama dalam mengolah makanan karena mempunyai cita rasa yang dapat melezatkan bahan makaan. Selain kegunaannya sebagai bumbu dapur, bawang merah juga kaya manfaat.

manfaat, khasiat, manfaat bawang merah, khasiat bawang merah, manfaat bawang merah untuk wajah, manfaat bawang merah untuk bayi, manfaat bawang merah mentah
Khasiat dan Manfaat Bawang Merah Yang Diperlukan Oleh Tubuh


Adapun 20 Manfaat dan Khasiat Bawang Merah Yang Diperlukan Oleh Tubuh yaitu :



Baik Untuk Jantung

Kandungan sulfida methylallyl dan asam-amino sulfur pada bawang merah, memberikan efek penurunan pada kadar kolesterol jahat dalam darah dan peningkatan pada kadar kolesterol baik. Manfaat bawang putih juga mengontrol tekanan darah tinggi dan membuka arteri yang tersumbat, sehingga mampu meningkatkan kesehatan jantung.


Mengatur Tidur dan Suasana hati

Folat ditemukan dalam bawang, dapat membantu depresi dengan mencegah kelebihan homosistein dari pembentukan dalam tubuh, yang dapat mencegah darah dan nutrisi lain untuk mencapai otak. Homosistein mempengaruhi produksi hormon serotonin, dopamine, dan norepinephrine, yang mengatur tidak hanya suasana hati, tetapi juga tidur dan nafsu makan dengan baik.



Esofagus dan kanker perut

Asupan allium dalam sayuran yang berbanding terbalik dengan risiko terserang kanker perut. Beberapa penelitian pada manusia berbasis survei telah menunjukkan potensi dampak protektif konsumsi alliums, serta laporan dari penghambatan tumor setelah pemberian senyawa allium pada hewan percobaan.



Kanker Prostat

Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of National Cancer Institute, para peneliti menggunakan studi kasus terkontrol yang berbasis pada populasi untuk menyelidiki hubungan antara asupan allium sayuran dan kanker prostat. Mereka menemukan bahwa pria dengan asupan allium sayuran yang tertinggi, memiliki risiko terendah terhadap kanker prostat.



Manfaat Bawang Merah untuk Pencegahan Kanker

Sayuran allium telah dipelajari secara ekstensif dalam hubungannya dengan kanker, terutama lambung dan kanker kolorektal. Efek yang menguntungkan dari bawang merah, cenderung karena sebagian senyawa organosulfur mereka yang kaya. Meskipun mekanisme yang tepat dimana senyawa ini menghambat kanker belum diketahui. Namun beberapa hipotesis memungkinkan penghambatan pertumbuhan tumor dan mutagenesis.



Mengatasi Sembelit

Bagi sebagian orang yang mengalami sembelit maka perlu mengkonsumsi bawang merah dalam keadaan mentah. Hal ini dilakukan karena bawang merah dapat membantu prses pembuangan racun pada tubuh. Sehingga proses apabila terjadi sembelit, maka boleh mencoba mengatasinya menggunakan bawang merah mentah.


Menurunkan Berat Badan

Bagi sebagian orang yang memiliki gangguan dengan berat badan, mengkonsumsi bawang  merah bisa jadi alternatif yang dapat dilakuakan untuk menurunkan kandungan lemak yang ada di dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena di dalam bawang merah terkandung kromium yang dapat membantu menurunkan berat badan. Hanya dengan mengkonsumsi sekitar 3-4 siung tiap hari maka masalah berat badan dapat dihindari.



Mengatasi Radang Tenggorokan

Selain dapat digunakan untuk mengatasi bau mulut, dan juga infeksi pada mulut dan gusi, bawang merah mentah juga dapat mengatasi radang tenggorokan yang sering dialai oleh sebagian besar masyarakat. Radang tenggorokan dapat disebabkan oleh beberapa hal, yakni dari pergantian musim, konsumsi es dan minyak yang berlebihan. Untuk itu bagi yang memiliki tenggorokan yang sensitif, mungkin dapat mengkonsumsi bawang merah mentah agar tidak terjadi radang tenggorokan seperti yang biasa dialami.


Masalah Pendarahan

Pendarahan yang sering dialami seperti pendarahan pada hidung atau yang sering kita sebut mimisen dapat disembuhkan dengan menggunakan irisan bawang merah mentah. Caranya mudah, yakni dengan menghirup irisan bawang merah mentah, darah yang keluar dari hidung akan berhenti. Selain mengobati mimisen, bawang merah mentah juga dipercaya sangat efektif dalam mengobati wasir atau dengan nama lain hemoroid.



Manfaat Bawang Merah untuk Mengontrol Diabetes

Penyakit diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh kurangnya produksi insulin pada tubuh. Sedangkan kandungan yang ada dalam bawang merah mentah berfungsi untuk meningkatkan produksi insulin dalam tubuh. Untuk itu, bagi penderita diabetes dapat mengkonsumsi bawang merah mentah secara teratur untuk menjaga kadar insulin yang ada dalam tubuh untuk meningkatkan kesehatan terlebih bagi penderita diabetes.




Mengobati Gangguan Urin

Apabila ketika sedang melakukan buang air kecil terkadang ada beberapa orang yang merasakan rasa sedikit panas atau rasa terbakar pada kemaluan. Efek terbakar ini dapat dihilangkan atau dikurangi dengan mengkonsumsi bawang merah. Hanya perlu merebus bawang merah kemudian meminum airnya setelah dingin dapat membantu mengurangi rasa panas pada kemaluan ketika sedang melakukan buang air kecil.



Mengobati Masuk Angin pada Anak

Penyakit masuk angin tidak hanya dialami oleh orang dewasa dan orang tua saja, anak kecilpun dapat mengalami masuk angin seperti yang orang dewasa alami. Sebagian besar masyarakat menggunakan metode kerokan menggunakan kepingan uang logam untuk mengurangi maupun mengobati masuk angin yang mereka alami. Namun tidak mungkin anak kecil juga akan di kerok menggunakan kepingan logam karena kulitnya masih sensitif dan dapat terkelupas apabila di kerok menggunakan uang logam. Maka, banyak orang tua yang mengganti uang logam tersebut menggunakan bawang merah. 



Mengontrol Kadar Gula Dalam Darah

Satu lagi manfaat bawang merah yang sangat luar biasa adalah mampu mnengontrol kadar gula dalam darah yang dapat menyebabkan diabetes. Untuk menetralisir kadar gula darah dalam tubuh, Anda hanya perlu minum ramuan bawang merah agar gula darah terkontrol. Disamping itu kandungan kromium dan mineral di dalamnya dapat mengurangi resistensi insulin.



Kanker Prostat

Secara khusus bawang merah bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena kanker prostat, hal ini didasarkan pada studi yang diterbitkan oleh Journal of National Cancer Institute, para peneliti menggunakan studi kasus terkontrol yang berbasis pada populasi untuk menyelidiki hubungan antara asupan allium sayuran dan kanker prostat. Mereka menemukan bahwa pria dengan asupan allium sayuran yang tertinggi, memiliki risiko terendah terhadap kanker prostat.



Mengatur Tidur dan Suasana hati

Bagi anda yang sering resah atau galau, ternyata bawang merah bisa membantu anda mengatasinya. Kandungan Folat dalam bawang membantu mencegah kelebihan homosistein dari pembentukan dalam tubuh, yang dapat mencegah darah dan nutrisi lain untuk mencapai otak. Homosistein mempengaruhi produksi hormon serotonin, dopamine, dan norepinephrine, yang mengatur tidak hanya suasana hati, tetapi juga tidur dan nafsu makan dengan baik.



Mengatasi Ketombe

Ketombe membuat hari-hari Anda penuh dengan rasa gatal dan rasa tidak nyaman. Campuran perasan jeruk nipis dan bawang merah mampu mengurangi intensitas ketombe Anda.



Menguatkan Rambut

Haluskan beberapa siung bawang merah bersama madu secukupnya. Oleskan pada rambut Anda sampai merata. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih dan shampo. Lakukan langkah ini secara rutin dan rasakan perubahannya pada rambut Anda.



Mengatasi Kebotakan

Rambut adalah mahkota diri, jadi ketika kebotakan mulai nampak, segeralah mencari solusi agar tidak semakin parah. Cobalah untuk menghaluskan beberapa siung bawang merah sampai halus. Usapan pada kulit rambut Anda dan beri sedikit pijatan. Kandungan sulfur pada umbi ini mampu merangsang pertumbuhan rambut.


manfaat, khasiat, manfaat bawang merah, khasiat bawang merah, manfaat bawang merah untuk wajah, manfaat bawang merah untuk bayi, manfaat bawang merah mentah


Nah itu lah artikel mengenai Manfaat Bawang Merah dan Khasiat nya , semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan .

0 Response to "20 Khasiat dan Manfaat Bawang Merah Yang Diperlukan Oleh Tubuh"

Post a Comment