30 Khasiat dan Manfaat Telur Asin Bagi Kesehatan Dibalik Kelezatannya

Telur asin merupakan hasil olahan telur yang dibuat dari telur itik atau telur bebek, yang telah melalui proses sedemikian rupa sehingga menghasilkan rasa yang gurih, lezat dan lebih tahan lama. Disamping itu telur asin mempunyai kandungan gizi tinggi.

manfaat, khasiat, manfaat telur asin, khasiat telur asin, manfaat telur asin untuk ibu hamil, manfaat telur asin untuk kesehatan, manfaat telur asin untuk diare
Khasiat dan Manfaat Telur Asin Bagi Kesehatan Dibalik Kelezatannya

Adapun 30 Manfaat dan Khasiat Telur Asin Bagi Kesehatan Dibalik Kelezatannya antara lain :



Memperlancar peredaran darah

Manfaat lainnya dari berbagai kandungan mineral yang ada pada telur asin sangatlah baik untuk membantu memperlancar peredaran darah. Dengan lancarnya peradaran darah ini, maka suplai dari darah dan juga mineral lainnya ke organ-organ tubuh akan menjadi lancar. Hal ini juga dapat mencegah terjadinya penggumpalan pada pembuluh darah.



Kaya Antioksidan

Manfaat dari telur asin adalah sebagai antioksidan. Ya, antioksidan merupakan salah satu kandungan yang penting yang dapat menangkal radikal bebas. Kandungan ini dapat mencegah munculnya penyakit, salah satunya adalah penyakit kanker.



Baik untuk perkembangan otak

Telur asin juga memilki kandungan omega 3. Omega 3 merupakan salah satu zat yang sangat penting untuk untuk membantu perkembangan otak. Terutama pada masa 3 tahun pertama kelahiran dan juga ketika masa mengandung. Maka dari itu ibu hamil juga diperbolehkan untuk mengkonsumsi telur asin. Namun jangan berlebihan karena dapat menimbulkan gejala hipertensi atau darah tinggi.



Dapat menjaga kesehatan mata

Ternyata, manfaat telur asin juga memiliki kandungan vitamin A. Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Dengan optimalnya asupan vitamin A pada tubuh kita, maka kita dapat terhindar dai berbagai gangguan kesehatan mata dan membuat kesehatan mata kita akan selalu terjaga dengan baik.



Memberikan asupan energi yang tinggi

Jangan lupa, telur asin juga dapat memberikan energy bagi tubuh. Hal ini dikarenakan selain memiliki kandungan protein, telur asin juga memiliki kandungan lemak, yang dapat menghasilkan kalori. Kalori merupakan bahan bakar yang dibutuhkan oleh tubuh untuk bergerak dan melakukan aktivitas sehari-hari.



Manfaat Telur Asin dapat Mencegah gejala anemia

Telur asin memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Dengan adanya kandungan zat besi yang ada pada telur asin ini, maka dapat membantu tubuh untuk menegah terjadinya gejala anemia atau kekurangan darah. Biasanya gejala anemia adalah tubuh yang terasa lemas dan juga lesu, mudah merasa lelah, mual, pusing dan sakit kepala. Maka dengan adanya kandungan zat besi pada telur asin, semua gejala anemia tersebut dapat dicegah.



Selenium membantu tubuh dalam meningkatkan imunitas dan daya tahan

Telur asin juga memiliki kandungan selenium. Selenium yang terkandung di dalam telur asin ini sangatlah bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh kita. Dengan adanya kandungan selenium ini, maka anda akan terhindar dari berbagi macam gangguan kesehatan yang menyerang sistem kekebalan tubuh, seperti penyakit flu dan juga batuk.



Menjaga kesehatan tulang dan mencegah terjadinya gangguan pada tulang

Manfaat telur asin juga mengandung  fosfor dan kalsium yang cukup banyak untuk membantu menjaga kesehatan dan juga membantu pertumbuhan tulang kita. Hal ini membuat telur asin bermanfaat untuk mencegah osteoporosis dan juga dapat membantu pertumbuhan anak, terutama pada masa pertumbuhan, sehingga dapat meninggikan badan dengan optimal.


Baik untuk kesehatan kulit

Telur asin memilki kandungan vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit kita. Dengan adanya kandungan vitamin E ini, maka kulit kita akan menjadi lebih cerah, bersinar dan juga menjadi lebih halus. Selain itu, dengan adanya kandungan vitamin E ini, kita akan terhindar dari berbagai gangguan pada kulit, seperti ruam, infeksi, iritasi, jamur, eksim dan penyakit kulit lainnya.



Meningkatkan fungsi dari sel darah merah

Manfaat telur asin bagi tubuh juga sangat baik untuk meningkatkan fungsi dari sel darah merah di dalam tubuh. Telur asin juga dapat meningkatkan kandungan sel darah merah di dalam tubuh dan juga baik untuk mencegah terjadinya pendarahan.



Membantu pertumbuhan sel baru

Protein juga dapat membantu untuk membentuk sel-sel baru di dalam tubuh dan meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak. Jadi dengan mengkonsumsi telur asin, sel-sel tubuh yang rusak dapat diregenerasi dengan optimal, sehingga berpengaruh kepada ketahanan tubuh kita.



Tinggi Protein

Seperti halnya telur pada umumnya, telur asin memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Kira-kira dalam satu butir telur asin, terdapat kandungan 9 gr protein yang tentunya sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Protein dapat membentuk otot, menjaga kebugaran tubuh dan baik untuk kesehatan tubuh kita.



Sebagai camilan dan juga teman makan

Manfaat pertama dari telur asin yang paling utama adalah sebagai salah satu camilan dan juga teman untuk makan. Biasanya telur asin sering dimakan begitu saja, karena rasanya yang gurih dan nikmat, selain itu, telur asin juga sering dijadikan makanan pendamping, salah satunya adalah makanan pendamping rawon.



Menambah Sel Darah Merah

Telur asin juga sangat baik bagi anda yang memiliki masalah kekurangan darah. Karena telur asin juga memiliki fungsi untuk menambah kandungan sel darah merah di dalam tubuh. Selain itu, telur asin juga dapat meningkatkan kinerja dari sel darah merah. Sehingga peredaran darah dalam tubuh bisa berjalan dengan lancar.



Menyehatkan Kulit

Telur asin juga sangat baik untuk anda yang ingin memiliki kulit cerah dan sehat. Karena kandungan vitamin E di dalam telur asin berfungsi baik untuk membuat kulit menjadi lebih cerah dan juga lembut. Tak hanya itu, kandungan telur asin juga dapat melindungi kulit dari berbagai serangan penyakit kulit seperti jamur, ruam, iritasi, dan berbagai jenis penyakit kulit lainnya.



Meregenerasi Sel-Sel Baru Dalam Tubuh

Beberapa kandungan yang ada di dalam telur asin juga berfungsi untuk meregenerasi sel-sel baru dalam tubuh. Sehingga sel-sel di dalam tubuh yang telah mati, akan kembali diperbarui dengan sel-sel yang baru. Maka kesehatan dan juga daya tubuh pun akan meningkat.



Cocok Untuk Dijadikan Sebagai Lauk yang Bergizi Tinggi

Rasa asinnya yang khas dan juga nikmat dari telur asin ini. Juga dilengkapi dengan berbagai kandungan gizi di dalamnya. Sehingga telur asin ini menjadi sangat cocok untuk anda konsumsi sebagai lauk pendamping makanan yang memiliki gizi tinggi.


Kaya Protein

Rata-rata telur memang memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Kandungan ini jugalah yang terdapat pada telur asin. Telur asin juga sangat cocok sekali bagi anda yang sedang menjalankan program penambahan massa otot. Karena telur asin juga memiliki fungsi untuk meningkatkan kebugaran dan juga menambah massa otot dalam tubuh.



Manfaat Telur Asin dapat Mencegah Timbulnya Penyakit Kanker Payudara

Telur asin juga memiliki manfaat yang sangat bagus untuk wanita. Karena telur asin memiliki kandungan kolin yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari timbulnya penyakit kanker payudara. Bagi anda yang ingin tampil cantik dan sehat, maka rutinlah untuk mengkonsumsi telur asin.



Cocok Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil

Telur asin juga cocok untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Karena telur asin memiliki kandungan fosfor dan potasium yang berfungsi untuk mengurangi rasa kram pada perut. Selain itu, kandungan kalsium di dalam telur asin juga berfungsi untuk mencegah timbulnya penyakit berbahaya seperti batu ginjal.



Mencegah terjadinya berat badan rendah pada bayi.

Zat besi yang terkandung dalam telur asin memiliki peran dalam mendongkrak metabolisme energi dan kinerja sistem enzim. Pemenuhan Zat besi sangat erat kaitannya dengan pertumbuhan berat badan dan tinggi badan bayi. Kandungan Zat besi dalam telur asin dapat membantu mencegah terjadinya berat badan rendan pada bayi.


Meminimalisir Kram Perut

Pasca melahirkan bagian perut dan rahim akan mengalami rasa yang berbeda dari kondisi normal terlebih lagi apabila proses persalinan dilakukan secara operasi caesar. Kondisi perut harus dijaga dari berbagai permasalahan yang menganggu, salah satunya kram perut. Kandungan kalsium dalam telur asin dapat mencukupi asupan fosfor dan potasium dalam tubuh sehingga mencegah terjadinya kram perut.



Meningkatkan Kualitas ASI

Banyaknya kandungan vitamin dan mineral dalam telur asin sangat membantu meningkatkan nilai gizi pada ASI yang diberikan ibu menyusui kepada bayinya. Vitamin dan mineral yang terkadung dalam telur asing mudah dicerna oleh tubuh. Nilai gizi dan kualitas ASI sangat pentung dalam perkembangan dan pertumbuhan bayi yang baru lahir.



Mencukupi Kebutuhan Kolin

Kolin merupakan zat yang sangat penting perannya bagi perkembangan struktur otak, saraf, dan memori bagi bayi. Selain untuk bayi, kolin dapat menjaga kesehatan dari ibu menyusui. Kandungan kolin dalam telur asin memiliki peran dalah hal pemenuhan zat tersebut bagi ibu menyusui. Zat kolin bagi ibu menyusui dibutuhkan lebih banyak daripada wanita lain sehingga penting untuk memperhatikan pemenuhan kebutuhannya.



Sebagai Sumber Vitamin D

Vitamin D merupakan salah satu vitamin ibu menyusui agar bayi gemuk dan sehat serta memiliki pertumbuhan yang baik. Pemenuhan vitamin D bagi ibu menyusi bisa didapatkan dengan mengkonsumsi telur asin. Kandungan vitamin D dalam telur asin mampu digunakan sebagai tambahan pemenuhan nutrisi dalam ASI.


Sebagai Sumber Kalsium

Kandungan kalsium dalam telur asin lebih banyak dibandingkan dengan kalsium yang ada pada telur biasa. Peningkatan jumlah kalsium pada telur asin bisa mencapai 2,5 kali lebih banyak akibat dari proses pengasinan. Pemenuhan kalsium dapat mencegah dampak yang dapat timbuk akibat kekurangan kalsium pada ibu menyusui. Kandungan kalsium yang tinggi dalam telur asin bermanfaat sebagai pemenuhan nutrisi dan kualitas ASI yang diberikan kepada bayi.



Sumber Vitamin A

Diantara sekian banyak vitamin yang ada, telur asin merupakan sumber vitamin A. Sedemikian sehingga sangat baik apabila dikonsumsi oleh Ibu hamil karena kandungan vitamin A ubtuk ibu hamil tersebut dapat menjaga pertumbuhan visual (penglihatan/mata) janin, menangkal toksin serta radikal bebas, memperkuat kesehatan tulang dan gigi, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Tentunya daya tahan tubuh di sini ialah daya tahan sang Ibu daripada berbagai serangan patogen yang menyebabkan penyakit, yang nantinya juga akan mempengaruhi kesehatan janin (bayi) dalam kandungannya.



Kandungan Zat Besi Tinggi

Seorang Ibu hamil yang mengalami anemia juga dapat disembuhkan dengan cara mengkonsumsi telur asin secara rutin dan teratur. Hal ini dikarenakan manfaat telur asin bagi ibu hamil memiliki kandungan manfaat zat besi untuk ibu hamil yang tinggi dan berfungsi sebagai pemberi energi. Di mana lebih direkomendasikan untuk memilih telur asin yang berasal dari telur bebek.

Karena telur bebek memiliki kandungan zat besi yang lebih banyak daripada telur lainnya. Jadi, apabila Anda menderita anemia selama masa kehamilan yang dapat membahayakan kondisi kandungan, cobalah untuk mengkonsumsi telur asin sebagai lauk ketika makan.


Baca Juga : Manfaat Lompat Tali 

manfaat, khasiat, manfaat telur asin, khasiat telur asin, manfaat telur asin untuk ibu hamil, manfaat telur asin untuk kesehatan, manfaat telur asin untuk diare

Nah itu lah artikel mengenai Manfaat Telur Asin dan Khasiat  nya , semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan .

0 Response to "30 Khasiat dan Manfaat Telur Asin Bagi Kesehatan Dibalik Kelezatannya"

Post a Comment