Adsense

40+ Khasiat dan Manfaat Air Kelapa Dibalik Kesegarannya Terlengkap Untuk Kesehatan Tubuh

Air kelapa menyegarkan ketika diminum saat cuaca panas. Namun selain kesegarannya, air kelapa memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

manfaat, khasiat, Manfaat Air Kelapa, khasiat air kelapa, Manfaat Air Kelapa   hijau, Manfaat Air Kelapa wulung,Manfaat Air Kelapa muda, Manfaat Air Kelapa untuk wajah, Manfaat Air Kelapa  untuk ibu hamil
Khasiat dan Manfaat Air Kelapa Dibalik Kesegarannya Terlengkap Untuk Kesehatan Tubuh


Adapun 40+ Manfaat Air Kelapa Dibalik Kesegarannya Terlengkap yaitu :



Manfaat Air Kelapa  untuk Menghilangkan Dehidrasi

Air kelapa telah digunakan untuk mengatasi dehidrasi yang disebabkan oleh disentri, kolera, diare dan flu perut. Keseimbangan elektrolit dan plasma di air kelapa dalam beberapa penelitian digambarkan hampir sama dengan darah. Dengan demikian air kelapa setelah olahraga akan sangat membantu untuk mengisi cairan tubuh yang hilang. Selain air kelapa, manfaat pocari sweat yang merupakan minuman isotonik juga sangat bagus untuk dehidrasi.


Mencegah Penuaan Dini

Air kelapa mengandung asam laurat dan sitokin, dua elemen penting yang digunakan dalam proses pertumbuhan dan regulasi sel. Kadungan ini memiliki peran signifikan terhadap anti-penuaan dini, anti-karsinogenik dan anti-trombotik yang membantu untuk meminimalkan penuaan kulit, menyeimbangkan tingkat PH dan menjaga jaringan kulit.


Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Air ini bisa kita katakan sebagai air super, ia sangat kaya nutrisi dan vitamin seperti riboflavin, niasin, thiamin & piridoksin, dan folat. Air kelapa memiliki sifat anti-virus dan anti-bakteri yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi virus seperti flu.



Penyakit Batu Ginjal

Air kelapa juga membantu dalam melarutkan batu ginjal karena memiliki kandungan kalium yang memainkan peran kunci dalam proses alkali urin dan mencegah pembentukan batu ginjal.



 Baik untuk ibu hamil

Air kelapa merupakan minuman sehat untuk ibu hamil karena dapat meredakan ‘morning sickness’ dan mencegah muntah-muntah. Selain mengandung elektrolit, kalsium, potasium, sodium, air kelapa juga mengandung Vitamin C yang dibutuhkan selama waktu kehamilan.



Penting untuk kesehatan kulit

Memiliki jerawat ? dan mencegah terjadinya jerawat pada wajah ? air kelapa merupakan salah satu nutrisi yang dapat anda usapkan di wajah dan biarkan semalaman. Ia memiliki sifat memperbaiki dan baik untuk kulit bahkan dapat diterapkan pada tangan dan kuku.



Manfaat Air Kelapa  yang Baik untuk pencernaan

Air kelapa terdiri dari enzim bioaktif seperti asam folat, fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, RNA polimerase dan sebagainya. Enzim ini membantu untuk mempermudah pencernaan dan metabolisme tubuh. Air juga memiliki lebih mineral seperti kalsium, mangan dan seng seperti buah-buahan termasuk jeruk. Air kelapa juga merupakan sumber dari vitamin B seperti riboflavin, thiamine, pyridoxine, dan folat.



Menurunkan berat badan

Air kelapa terbukti sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Minuman ini telah dilihat sebagai salah satu cara paling sehat untuk menurunkan berat badan karena merupakan minuman alami dan tidak mengandung bahan kimia apapun. Air kelapa telah digunakan selama berabad-abad di seluruh dunia untuk menurunkan berat badan dan telah menunjukkan hasil yang positif. Bagaimana caranya untuk menurunkan berat badan ? Cobalah minum air kelapa, perut akan terasa terisi full karena sangat mudah diserap tubuh sehingga akan menunda rasa lapar anda.




Kontrol diabetes

Air kelapa juga membantu untuk mengontrol diabetes. Air kelapa, bila dikonsumsi secara teratur memiliki kemampuan untuk meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Proses ini akan sangat membantu untuk melebarkan pembuluh darah yang bisa mengecil karena pembentukan plak dan membantu darah mengalir lancar sehingga akan mengurangi diabetes. Hal ini juga membantu untuk melawan aterosklerosis.



Antioksidan

Air kelapa memiliki kandungan antioksidan yang cukup baik untuk membantu menghilangkan radikal bebas. Efek racun penggunaan antibiotik dan obat sulfa juga bisa di atasi dengan konsumsi buah ini. Pada saat mengkonsumsi obat, air kelapa juga baik karena akan membantu mempermudah penyerapan.


Kesehatan Kardiovaskular

Penelitian telah menunjukan bahwa orang dengan tekanan darah tinggi biasanya memiliki kadar kalium yang rendah. Manfaat minum air kelapa secara teratur sangat efektif dalam mengatur tekanan darah karena ia memiliki kandungan kalium dan asam laurat. Air kelapa juga dipercaya meningkatkan HDL (kolesterol baik) yang sangat baik untuk mencegah penyakit jantung.



Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Manfaat Air Kelapa sangat banyak karena Air kelapa  memiliki kandungan seimpang dari elektrolit sehingga dapat digunakan sebagai penyeimbang elektrolit dalam tubuh. Kandungan elektrolit yang tinggi dalam tubuh dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi.




Mengatasi rambut rontok

Air kelapa mampu melancarkan saluran dan sirkulasi darah di dalam tubuh, yang manfaatnya untuk mengatasi masalah kerontokan pada rambut. Rasa tidak percaya diri mengenakan pakaian hitam karena  khawatir rambut atau ketombe yang rontok jelas terlihat, maka untuk mengatasi ketidaknyamanan ini, hingga nantinya dapat menyebabkan kebotakan. Anda dapat mengatasinya hanya dengan resep  tradisional dari kelapa hijau saja, yang banyak orang telah merasakan manfaatnya, selain juga untuk mengatasi masalah ketombe.



Membantu kerja sistem imun

Kandungan asam laurat yang terdapat di dalam air kelapa hijau, berperan untuk membunuh virus dan bakteri, sehingga membantu tubuh dalam menjaga sistem imun (kekebalan tubuh), seperti untuk membunuh cacing berbahaya dan candida di dalam tubuh. Kandungan yang ada pada air kelapa bisa berperan sebagai anti-biotik, anti-jamur dan anti-bakteri untuk mencegah penyakit. Air kelapa membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat, membantu untuk membersihkan tubuh dari bakteri yang menyebabkan infeksi saluran kemih, penyakit gusi, dan beberapa masalah lainnya.




Mengatasi dan mencegah infeksi

Air kelapa juga bisa berperan sebagai “obat alami” yang berguna untuk menyembuhkan infeksi urin. Di negara-negara Asia di mana kelapa berlimpah, air kelapa digunakan untuk mencegah infeksi saluran kemih. Air kelapa dapat menjadi diuretik alami untuk menghancurkan bakteri dari saluran kemih. Adapun cara yang lebih efektif adalah dengan minum jus cranberry untuk mencegah bakteri E.coli. Bakteri E coli yang paling renran menyebabkan infeksi saluran kemih, yang dapat melekat pada dinding saluran kemih.



Menetralisir racun dalam tubuh

Air kelapa hijau mampu menetralisir racun di dalam tubuh. Sudah lama masyarakat mempercayai bahwa air kelapa hijau sangat efektif diandalkan untuk membuang racun yang terdapat di dalam tubuh. Kandungan Tanin dan antidotum (anti racun) di dalam air kelapa hijau sangat tinggi, selain itu terdapat kandungan enzim yang bekerja untuk mengurai zat racun di dalam tubuh. Air kelapa hijau banyak memiliki kandungan elektrolit dan antioksidan yang membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh. Hal ini menjadi alasan kenapa air kelapa hijau sering disarankan untuk pasien yang sedang sakit.



Mengobati penyakit migran

Kandungan magnesium yang terdapat di dalam air kelapa hijau membantu untuk menurunkan gejala penyakit migran yang dirasakan, sehingga membantu agar aktivitas sehari-hari dapat dilakukan dengan lancar. Menurut Bembu.com, air kelapa dapat membantu untuk mencegah migrain, dengan kandungan magnesium yang dikandungnya. Air kelapa menjadi cara yang lezat untuk memperoleh kandungan magnesium yang cuup ke dalam sistem tubuh. Hal ini lebih baik, dari pada mengandalkan suplemen magnesium, dimana tubuh akan sedikit mengalami masalah untuk menyerapnya.


Menambah energi di dalam tubuh

Jika Anda dalam seharian punya banyak seali aktivitas dan pekerjaan yang berat, maka air kelapa hijau bisa diandalkan sebagai minuman untuk menambah energi secara alami. Kandungan vitamin yang mencukupi tubuh terdapat pada air kelapa hijau, yang mampu menambah energi tubuh saat menjalani beraktifitas sehari-hari. Agar lebih optimal hasilnya dan rasanya lebih lezat, maka Anda bisa menambahkan madu dalam menkonsumsinya.



Manfaat Air Kelapa  untuk Kesehatan kulit

Beberapa alergi kulit karena adanya virus, bakteri, atau jamur. Air kelapa hijau punya sifat untuk mengurai virus, bakteri, dan jamur. Alhasil rajin mengkonsumsi air kelapa hijau membantu untuk menyembuhkan alergi pada kulit. Masalah jerawat, kulit kering, kulit berminyak, dapat ditasi dengan menggunakan air kelapa (metode obat luar), caranya merendam bola kapas di air kelapa, lalu tempelkan pada bagian kulit yang bermsalah.




Menurunkan resiko depresi

Menurut bembu.com, magnesium yang terkandung di dalam air kelapa sudah terbukti secara klinis membantu mengobati gejala-gejala depresi. Minum air kelapa membantu Anda untuk menjaga kondisi pikiran yang sehat, hal itu karena kandungan magnesium merupakan mineral penting untuk menjaga fungsi otak. Dengan, rajin konsumsi air kelapa, dapat membantu Anda untuk mencapai suasana hati (mood) yang lebih positif, sehingga aktivitas sehari-hari dapat dilakukan dengan kegembiaraan dan semangat.



Menurunkan tekanan darah

Berkat kandungan vitamin C, kalium dan magnesium yang terkandung di dalam air kelapa, minuman ini baik untuk mengontrol tekanan darah tinggi. Kandungan kalium-nya yang tinggi sangat membantu menurunkan tekanan darah dengan menyeimbangkan efek negatif dari sodium. Ini berdasarkan hasil sebuah studi yang diterbitkan di West Indian Medical Journal pada tahun 2005, dan mereka menyimpulkan bahwa air kelapa dapat membantu mengontrol hipertensi.



Diuretik alami

Air kelapa juga bertindak sebagai deuretik alami, dengan cara melancarkan urin dan membersihkan tubuh dari racun. Hal ini juga membantu mencegah masalah seperti infeksi saluran kemih. Kandungan kalium yang tinggi dalam air kelapa membantu mengalkali urine dan melarutkan beberapa jenis batu ginjal keluar dari tubuh.



Menyeimbangkan pH tubuh

manfaat air kelapa mudaStres, timbunan racun dan diet makanan yang tinggi asam seperti makanan-makanan cepat saji sering menyebabkan tingkat keasaman pH meningkat hal ini mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap vitamin dan mineral. Ditambah lagi, keasaman pH berkontribusi terhadap masalah rematik, osteoporosis, diabetes, tekanan darah tinggi, dan defisiensi imun. Air kelapa memiliki efek alkalizing yang membantu menyeimbangkan pH dalam tubuh.


Mencegah tumbuhnya rambut beruban

Sama halnya dengan ketombe, rambut beruban bisa mengurangi kepercayaan diri seseorang. Munculnya uban di rambut menandakan usia yang tidak lagi muda. Tidak hanya itu, uban bahkan bisa tumbuh di rambut anak muda lho. Untuk mencegah dan mengurangi rambut beruban, Anda bisa menggunakan air kelapa hijau dengan garam halus. Cara yang dilakukan sama seperti menghilangkan ketombe. Anda bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus dalam satu perawatan.



Merawat infeksi kulit

Jika kulit Anda termasuk yang rentan terhadap bakteri dan jamur sehingga sering muncul ruam atau iritasi pada kulit maka air kelapa dapat membantu mencegah dan mengobati masalah tersebut karena air kelapa muda memiliki sifat antibakteri, antijamur dan antiparasit. Oleskan air kelapa pada area yang terinfeksi untuk mengurangi gejala dan mengobati infeksinya.



Membantu mengurangi pigmentasi

Sejumlah produk-produk yang beredar di pasaran mengklaim produknya dapat mengurangi pigmentasi pada kulit, namun apakah Anda yakin produk-produk tersebut terbebas dari bahan-bahan kimia berbahaya? Jika Anda sedang mencari cara alami untuk mengatasi masalah noda atau warna kulit yang berubah maka Anda bisa mencoba mengkonsumsi air kelapa, karena air kelapa dapat membantu mengurangi pigmentasi secara alami.



Mengurangi kembung

Kembung biasanya berkaitan dengan gas, tapi bisa juga disebabkan karena asupan sodium yang tinggi. Air kelapa dapat membantu Anda untuk menguranginya karena dalam air kelapa mengandung sejumlah kalium yang membantu melawan efek sodium.




Memperkuat tulang

Meskipun sebagian besar tulang kita terdiri dari kalsium, kita juga membuutuhkan sejumlah nutrisi untuk menjaga kekuatan dan kepadatan tulang. Sejumlah penelitian menyatakan air kelapa mengandung sejumlah besar kalsium yang diperlukan untuk kesehatan tulang. Air kelapa juga kaya akan magnesium yang sangat diperlukan untuk membangun kekuatan tulang.




Membantu meringankan kram otot

Kram otot bisa terjadi karena beberapa alasan. Dan tahukah Anda ternyata air kelapa dapat membantu meringankan ketidaknyamanan yang ditimbulkan saat terjadi kram otot. Kram otot atau kejang otot biasanya terjadi karena kekurangan kalium. Olahraga berlebihan juga dapat menyebabkan kram otot. Cara meredakannya adalah dengan mengkonsumsi elektrolit. Air kelapa mengisi ulang air dan kalium yang hilang. Selain itu juga sangat bisa digunakan sebagai pengganti minuman berenergi.



Mengatur gula darah

Air kelapa mengandung asam amino dan serat makanan yang membantu mengatur gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Sehingga air kelapa sangat membantu bagi para penderita diabetes, karena membantu meningkatkan sirkulasi. Air kelapa juga baik untuk mengurangi gejala seperti mati rasa di kaki dan kecenderungan ke arah aterosklerosis. Sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Food and Function yang mempelajari efek terap air kelapa matang dan menemukan bahwa air kelapa membantu menurunkan kadar glukosa darah dan stres oksidatif.



Mempercepat pertumbuhan rambut

Rambut yang panjang dan sehat tentunya menjadi idaman setiap wanit. Kini Anda bisa mendapatkan rambut panjang dengan lebih cepat menggunakan air kelapa. Anda bisa menggunakan air kelapa hijau yang masih muda atau air kelapa tua sekalipun. Manfaat yang Anda dapatkan akan sama. Caranya mudah, gunakan air kelapa setiap kali Anda keramas. Diamkan selama beberapa jam sebelum dibilas dengan air.




Menguatkan akar rambut

Jika akar rambut tumbuh dengan kuat, maka kerontokan rambut bisa dicegah. Salah satu cara alami menguatkan akar rambut adalah dengan air kelapa. Caranya mudah, siapkan 1 buah kelapa tua, ambil airnya saja. Dalam keadaan rambut kering, siramkan air kelapa hingga mengenai kulit kepala. Pijat-pijat kulit kepala dengan lembut selama 15 menit agar air kelapa meresap dengan sempurna. Setelah itu bungkus kepala dengan handuk dan diamkan 15 menit sebelum dibilas dengan air.




Mencegah rambut bercabang

Rambut yang bercabang di ujungnya menunjukkan rambut yang tidak sehat. Ujung rambut yang bercabang biasanya akan kering dan memerah, sehingga membuat penampilan kurang sempurna. Untuk mencegah rambut bercabang, gunakan air kelapa tua sebagai kondisioner rambut setelah keramas. Basahi rambut dengan air kelapa lalu diamkan selama 30 menit setelah Anda keramas menggunakan sampo. Bungkus rambut dengan handuk lalu bilas hingga bersih.



Memberi kilau hitam alami pada rambut

Untuk mendapatkan rambut hitam sehat dan berkilau alami, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya ke salon. Cukup dengan perawatan rutin menggunakan air kelapa, rambut Anda akan menjadi hitam dan berkilau alami. Basahi rambut dengan air kelapa setiap sebelum keramas Diamkan selama 15 menit sebelum dibilas, lalu keramaslah dengan sampo seperti biasa.


Mengatasi kulit kepala gatal

Kotoran dan debu yang menempel pada kulit kepala akan membuat kepala terasa gatal-gatal. Kulit kepala gatal tentu akan membuat siapa saja menjadi tidak nyaman. Atasi masalah ini secara alami dengan menggunakan air kelapa. Campur air kelapa dengan sari jeruk nipis, lalu siramkan pada kulit kepala. Pijat-pijat lembut selama beberapa menit, lalu bungkus dengan handuk dan diamkan selama 15 menit. Lakukan perawatan ini 2 hingga 3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.




Melembabkan rambut yang kering

Rambut yang terkena polusi dan debu setiap hari sangat rentan menjadi kering dan kasar. Kembalikan kelembutan rambut Anda dengan perawatan alami menggunakan air kelapa. Gunakan air kelapa sebagai kondisioner alami rambut untuk merawat rambut yang kering ini. Bungkus kepala dengan handuk dan diamkan selama 30 menit sebelum dibilas.




Mengurangi minyak pada kulit kepala

Penyebab rambut berbau apek adalah kotoran yang bercampur dengan minyak di kulit kepala. Kulit kepala yang tertutup rambut membuatnya sangat rentan berminyak. Untuk mengatasinya, gunakan perawatan dengan air kelapa yang dikombinasikan dengan jus lemon. Gunakan campuran ini sebagai kondisioner setiap kali sehabis keramas. Lemon mampu menyerap kelebihan minyak di kulit kepala.



Mengatasi bau apek pada kepala

Kulit kepala yang berkeringat serta bercampur dengan debu dan kotoran akan menimbulkan bau apek yang tidak sedap. Bau apek ini biasanya akan muncul dengan gatal-gatal di kulit kepala. Gunakan air kelapa yang dicampur dengan jus lemon untuk mengatasi bau apek pada kulit kepala Anda. Lakukan setiap kali Anda keramas dan diamkan selama 15 menit sebelum dibilas denga air.




manfaat, khasiat, Manfaat Air Kelapa, khasiat air kelapa, Manfaat Air Kelapa   hijau, Manfaat Air Kelapa wulung,Manfaat Air Kelapa muda, Manfaat Air Kelapa untuk wajah, Manfaat Air Kelapa  untuk ibu hamil

Nah itu lah artikel mengenai Manfaat Air Kelapa dan Khasiat  nya , semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan .