Adsense

32 Khasiat dan Manfaat Jahe Sebagai Penyembuh Mujarab

Jahe selain sebagai bumbu dapur, juga biasa diseduh sebagai minuman pengangat badan. Selain itu masih banyak lagi manfaat yang dapat dirasakan tubuh karena mengkonsumsi jahe.

manfaat, khasiat, manfaat jahe, khasiat jahe, manfaat jahe dan sereh, manfaat jahe merah, manfaat jahe untuk kesehatan, manfaat jahe untuk wajah, manfaat jahe dan jeruk nipis
Khasiat dan Manfaat Jahe Sebagai Penyembuh Mujarab


Adapun 32 Khasiat dan Manfaat Jahe Sebagai Penyembuh Mujarab yaitu :



Manfaat Jahe untuk Mengatasi Memar dan Rasa Nyeri

Ketika tubuh mengalami sebuah benturan benda tumpul, terkadang menyebabkan memar. Senyawa di dalam sari jahe merupakan anti inflamasi, dapat digunakan untuk meredakan nyeri secara alami akibat benturan tersebut. Manfaat jahe dengan kandungan anti inflamasi juga dapat mengurangi nyeri pada gejala penyakit rematik.



Melancarkan Pencernaan

Mungkin pada awalnya kita berfikir hanya manfaat buah-buahan saja yang dapat berguna bagi masalah pencernaan. Saat ada acara-acara perayaan, mungkin kita memakan banyak makanan. Pilihlah minuman jahe yang dapat membantu kelancaran pembuangan sisa makanan. Jahe membantu penyerapan makanan dan mencegah kemungkinan sakit perut, karena sifatnya yang mengurangi peradangan.


Mengatasi Masalah Pernafasan

Masalah pernafasan yang paling umum diderita adalah batuk atau pilek. Jahe termasuk jenis ekspektoran alami yang berfungsi dalam melegakan sistem pernafasan, dengan yang memecah dan menghilangkan lendir (dahak) dapat dengan mudah keluar dan memulihkan sistem pernafasan seperti sedia kala.



Pencegahan Timbulnya Kanker

Ekstrak jahe ternyata dapat menekan pertumbuhan beberapa sel kanker, seperti mencegah penyebaran gejala kanker kulit,pankreas,kanker ginjal dan gejala kanker patu-paru.



Manfaat Jahe untuk Menghangatkan tubuh

Sifat jahe yang hangat dapat membantu meningkatkan suhu tubuh. Sejenis minuman yang sering dinikmati yaitu wedang jahe ini, memang sudah menjadi konsumsi wajib bagi penduduk daerah pegunungan. Selain itu jahe, juga memiliki anti virus dan anti toksin dengan membantu mempromosikan keringat yang dapat membantu mengobati batuk dan masuk angin.




Menghilangkan ketombe

Sari jahe dapat digunakan sebagai bahan pencuci rambut yang dengan alami membantu mengurangi ketombe, seperti yang ditemui manfaat jeruk nipis. Ekstrak jahe ini juga dapat mencegah timbulnya masalah kerontokan pada rambut.




Mengatasi Kulit Berminyak

Bahan mineral alami pada jahe dapat dipercaya ampuh mengurangi kulit yang cenderung berminyak. Caranya :
-Campur bahan-bahan yaitu jahe parut, garam laut, bubuk kayu manis dan pala bubuk
-Haluskan dengan ditambah air, hingga wujudnya seperti pasta
-Kemudian oleskan pada titik-titik wajah yang banyak menghasilkan minyak
-Lalu diamkan selama 10 menit
-Bilas kulit dengan air dingin


Meningkatkan Kesuburan Pria

Pada penelitian yang dilakukan para ahli, menemukan bahwa jahe memiliki kandungan di dalamnya yang mampu bermanfaat untuk meningkatkan kebuburan pria, sehingga vitalitas seorang pria nantinya bisa lebih kuat.



Membantu Menghilangkan Jerawat

Jahe dapat juga dimanfaatkan untuk mengatasi masalah jerawat. Anda hanya perlu membuat parutan jahe, lalu tinggal ditempelkan pada bagian wajah yang mengalami jerawat. Jahe memiliki kandungan zat yang berkhasiat untuk membantu menghilangkan jerawat di wajah, selain itu juga membuat kulit wajah menjadi lebih bersih dan sehat.



Mengatasi Perut Mulas

Keadaan perut yang muncul rasa mulas terjadi akibat seseorang jarang mengonsumsi makanan berserat. Jahe dapat diandalkan untuk mengatasinya, dimana Anda hanya perlu minum air jahe yang rasanya nikmat dan menghangatkan tubuh ini. Disarankan minum air jahe sebanyak 2 kali dalam sehari, yang nantinya membuat perut menjadi sangat nyaman.



Melancarkan Peredaran Darah

Minum jahe berkhasiat untuk membantu melancarkan peredaran darah, dengan kondisi lancarnya peredaran darah di dalamnya sangat penting untuk terjaganya kesehatan tubuh. Kandungan di dalam jahe merangsang pelepasan yang bisa memperlebar pembuluh darah di dalam tubuh. Hal ini bermanfaat untuk menjadikan tubuh bisa hangat, menjaga kestabilan tekanan darah dan aliran darah menjadi lebih lancar.



Membantu Mencegah Stres

Minum segelas wedang jahe tidak hanya memberikan kehangatan, juga cukup ampuh untuk meredakan gejala stres. Jahe memiliki aroma yang bisa membantu menenangkan jiwa, yang dapat menurunkan rasa stres dan tegang.


Mengobati Penyakit Flu dan Sakit Kepala

Kandungan di dalam air jahe berkhasiat dalam mengobati flu yang bersamaan dengan munculnya rasa sakit kepala. Selain pengobatan dengan mengonsumsi wedang jahe, Anda juga bisa membuat ramuan luarnya, pertama-tama tumbuk jahe hingga halus, lalu jadikan seperti pasta, lalu tambahkan minyak zaitun. Setelah itu aplikasikan ramuan ke bagian hidung, kening kepala, dada, dan leher. Selain itu, ramuan juga dapat dibalurkan pada bagian tubuh yang mengalami sakit atau nyeri.



Meredakan Rasa Sakit Saat Menstruasi.

Disarankan agar minum jahe bagi para wanita yang mengalami timbulnya rasa sakit di perut dan punggung saat menstruasi, hal ini secara ampuh mampu menanggulangi gangguan tersebut.




Kesehatan Kardiovaskular

Sebuah Penelitian yang dipublikasikan oleh Planta Med pada tahun 2013, menyebutkan bahwa kandungan senyawa aktif di dalam jahe yaitu 6-gingerol, bermanfaat untuk mendukung kesehatan jantung.




Manfaat Jahe untuk Menjaga Kestabilan Gula Darah

Penelitian diterbitkan oleh Evid Based Complement Alternat Med tahun 2012 telah menemukan bahwa konsumsi jahe memiliki dampak positif berupa keseimbangan kadar gula darah yang baik, guna menghindari penyakit diabetes. Dimana kandungan di dalam jahe bisa memberikan pengaruh yang baik pada proses pelepasan insulin dan sensitivitasnya, serta mendukung proses metabolisme karbohidrat dan lipid yang baik di dalam tubuh. Selain manfaatnya yang efektif untuk menstabilkan gula darah, jahe juga bermanfaat sebagai protektif yang kuat dari resiko komplikasi diabetes ginjal, mata dan organ hati .



Menjaga Kesehatan dan Fungsi Otak

Masalah stres oksidatif dan inflamasi kronis bisa mempercepat proses penuaan, yang termasuk bisa memicu penyakit Alzheimer, dimana itu adalah penyakit penurunan kognitif dan kemampuan berpikir yang berkaitan dengan usia.




Mengobati Migraine

Migraine memiliki rasa sakit yang lebih terasa dibandingkan sakit kepala biasa. Konsumsilah jahe secara rutin yang manfaatnya mampu mencegah dan meredakan gejala migraine yang muncul. Selain itu, air jahe mempunyai sifat yang menenangkan, dan membuat kepala menjadi lebih ringan. Aroma jahe juga khas.



Mengatasi Mabuk Kendaraan

Banya orang yang mengalami masalah mabuk perjalanan, hal ini cukup menganggu sekaligus membuat Anda menjadi tidak menikmati perjalanan. Jika mengalami mabuk perjalanan, disarankan untuk minum air jahe sebelum berangkat. Disarankan agar Anda juga menyediakan permen mint atau jahe, yang berguna untuk mencegah mual.



Melawan Pertumbuhan Tumor dan Sel Kanker

Jahe memiliki gingerol yang bermanfaat untuk menangkal perkembangan tumor dan kanker berbahaya di dalam tubuh.



Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Jahe kaya akan kandungan vitamin C, magnesium dan zat-zat antioksidan yang penting lainnya. Manfaatnya sangat penting untuk memperkuat daya tahan tubuh, sehingga tubuh tidak mudah untuk jatuh sakit.



Mengatasi Masuk Angin

Masuk angin menimbulkan rasa yang tidak nyaman pada tubuh. Konsumsi minuman jahe akan membuat tubuh menjadi hangat, serta angin yang menumpuk di dalam tubuh secara berlebihan akan bisa dikeluarkan secara maksimal.



Mengurangi Pembengkakan dan Peradangan

Jahe berkhasiat untuk mengurangi gejala peradangan dan pembengkakan yang muncul. Dengan begitu, jahe juga bisa Anda manfaatkan utuk meredakan rasa nyeri di sendi dan otot.



Mengatasi Gangguan Pernapasan.

Di dalam jahe terkandung zat-zat antioksidan yang berkhasiat untuk mengobati masalah di pernafasan, contohnya flu, batuk, asma dan termasuk demam yang meuncul bersamaan dengan penyakit tersebut. Manfaat kandungan yang di dalam jahe berfungsi untuk memaksimalkan proses detoksifikasi paru-paru.


Sebagai Obat Batuk Alami

Munculnya batuk akibat bakteri yang menyerang di bagian tenggorokan (utamanya). Ketika mengalami batuk, maka akan memunculkan gejala berupa gatal pada tenggorokan. Minum air jahe hangat bisa membantu untuk menghilangkan rasa gatal di tenggorokan.



Manfaat Jahe untuk Mengobati penyakit rematik

Caranya dengan membakar dua rimpang jahe di atas api panas atau bara. Setelah itu tumbuk sampai halus, terakhir Anda aplikasikan pada bagian tubuh yang terkena rematik. Itulah manfaat jahe untuk mengobati rematik.




Mengobati alergi

Manfaat jahe sebagai anti-alergi, sebab di dalamnya terdapat kandungan senyawa yang efektif dalam mengurangi rasa gatal akibat alergi sekaligus mengobatinya.



Mengatasi morning sickness

Ibu hamil terkadang mengalami mual pagi atau istilah populernya morning sickness karena pencernaan sedikit terganggu. Untuk mengurangi rasa mual tersebut Anda bisa minum kopi atau wedang jahe yang hangat setiap kali merasakan mual ketika bangun tidur.





Nah itu lah artikel mengenai Manfaat Jahe dan Khasiat  nya , semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan .