Adsense

25+ Khasiat dan Manfaat Jinten Hitam Untuk Kesehatan Yang Mengagumkan

Banyak orang mengetahui kemampuan jinten hitam dalam menyembuhkan berbagai penyakit. yup memang benar jinten hitam ini memang banyak sekali khasiat dan manfaatnya untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Hitam hanya kulit luarnya, tetapi dalamnya hmzz tidak diragukan lagi bukan, oleh karena itu ada pepatah yang mengatakan, jangan menilai sesuatu dari luarnya hehe . Ok langsung saja kita simak seberapa banyak manfaat dari jinten hitam ini

manfaat, khasiat, manfaat jinten hitam, khasiat jinten hitam, manfaat jinten hitam , manfaat jintan hitam, manfaat jinten hitam adalah, manfaat jinten hitam untuk kesehatan
Khasiat dan Manfaat Jinten Hitam Yang Mengagumkan

Adapun 25+ Khasiat dan Manfaat Jinten Hitam Untuk Kesehatan Yang Mengagumkan yaitu :


Menangkal radikal bebas

Radikal bebas yang terlalu lama menyerang tubuh Anda akan mengakibatkan efek yang buruk, seperti timbulnya penyakit dan banyak penurunan kinerja organ tubuh. Lindungi tubuh Anda sejak dini dari radikal bebas dengan mudah menggunakan biji jintan hitam. Biji ini mengandung anti oksidan alami untuk tubuh.

Pencegah kanker

Manfaat biji jintan hitam bisa memberikan perlindungan jangka panjang dengan kandungan anti kankernya untuk tubuh Anda. Biji jintan ini mempunyai nutrisi yang cocok untuk mengusir gejala kanker, terutama menahan pertumbuhan sel kanker yang menyerang sel tubuh Anda yang rusak.



Mencegah sesak nafas

Rasa sesak nafas bisa diakibatkan oleh penyakit asma atau penyakit lainnya. Jika Anda termasuk salah satu orang dengan sistem pernapasan yang tidak terlalu sehat, konsumsilah lebih banyak bahan herbal yang ampuh untuk menyehatkan pernapasan seperti biji jintan hitam yang satu ini.



Obat herbal ambeien

Penyakit ambeien bisa menjadi salah satu penyakit yang sering kambuh dan menggangu kegiatan sehari-hari, terutama bagi Anda yang mempunyai banyak pekerjaan dengan posisi duduk. Obatilah ambeien dengan biji jintan hitam. Biji ini menjadi solusi alami yang menyehatkan tanpa efek samping.


Baik untuk kesehatan pencernaan

Kesehatan pencernaan Anda akan lebih terjaga jika Anda rajin mengonsumsi biji jintan hitam. Biji hitam ini mempunyai pengaruh yang besar terhadap pencernaan, yaitu melancarkan pencernaan dan membantu membasmi kuman dan bakteri yang sering menimbulkan penyakit pencernaan.


Menyehatkan otot tubuh

Khasiat biji jintan hitam bisa Anda gunakan untuk membuat otot tubuh lebih sehat. Beberapa gejala penyakit otot seperti kram dan nyeri serta otot kaku bisa Anda sembuhkan dengan biji jintan berwarna hitam ini. Hasilnya, Anda akan lebih leluasa dalam bergerak dan beraktivitas.



Obat perut yang sakit

Khasiat  biji jintan hitam sangat bermanfaat untuk mengatasi perut yang sakit. Biji jintan ini dapat menghilangkan rasa nyeri dan sakit pada perut yang disebabkan oleh banyak faktor, termasuk kram, nyeri haid, dan asam lambung yang tinggi. Jangan lupa untuk diimbangi dengan banyak minum air putih untuk menetralisir rasa sakit prut.



Mencegah penyakit tekanan darah tinggi

Khasiat biji jintan hitam bisa berguna untuk mencegah penyakit tekanan darah tinggi atau lebih dikenal dengan nama penyakit hipertensi. Kandungan nutrisi yang ada dalam biji hitam ini akan memberikan kesehatan pada tubuh dengan menurunkan tekanan darah yang naik terlalu tinggi.



Melancarkan sirkulasi darah

Khasiat biji jintan hitam sangat bagus untuk digunakan dalam rangka melancarkan sirkulasi darah. Biji ini tentunya perlu diberikan kepada penderita penyakit penyumbatan pembuluh darah agar tidak terjadi penyempitan pembuluh darah yang membuat aliran darah Anda tidak merata ke seluruh tubuh.



Penurun berat badan

Khasiat biji jintan hitam yang pertama yaitu sebagai biji herbal penurun berat badan alami. Berat badan Anda bisa turun dengan cepat bukan karena Anda tidak mengonsumsi apapun, namun karena Anda perlu menjaga jenis makanan yang akan Anda makan. Dengan menambah biji jintan ini, maka berat badan Anda akan menjadi lebih ideal.




Mengatasi asma

Thymoquinone, salah satu unsur aktif utama dalam Nigella sativa (jintan hitam), lebih unggul dari pada obat fluticasone untuk mengatasi asma studi kasus pada hewan. Studi lain, dengan menggunakan subyek manusia menemukan bahwa ekstrak air jintan hitam yang direbus memiliki efek antiasthmatic yang kuat untuk mendukung membuka saluran asma. Riset lain yang dilakukan telah membuktikan bahwa mengkonsumsi ekstrak jintan hitam dengan mulut meningkatkan batuk, mengi, dan fungsi paru-paru pada penderita asma. Namun, black seed mungkin tidak seefektif obat teofilin atau salbutamol.



Anti alergi

Tahun 1993 Nirmal Chakravaty MD, dalam penelitiannya membuktikan kristal nigellone memberikan efek supressive, kristal inilah yang menghambat sebuah zat yang memmicu pelepasan histamin. Histamin ini yang dilepaskan tubuh yang berakibat pada reaksi alergi



Meningkatkan imun

Jintan hitam dapat meningkatkan pertumbuhan sel-sel T sebagai pembunuh yang alami. Pernyataan Direktur Institut Imunologi pada Universitas Munich, mengiyakan ekstrak jintan hitam digunakan sebagai bioregulator. Hal ini menunjukkan, jintan hitam dapat melawan penyakit yang menyerang sistem imunitas tubuh seperti timbulnya gejala kanker.



Menetralisir racun

Racun yang mengganggu organ vital dalam tubuh seperti hati dan paru-paru dapat mengakibatkan kinerja organ tersebut. Kandungan saponin yang terdapat pada jintan hitam, membersihkan racun dalam tubuh. Gangguan pernapasan maupun gejala diare yang disebabkan oleh racun dapat dikurangi.



Meningkatkan konsentrasi otak

Asam linoleat (omega 6) dan asam linolenat (omega 3) sangat membantu memberikan nutrisi yang baik untuk meningkatkan kecerdasan otak dan juga membantu melancarkan peredaran darah ke otak.


Sumber nutrisi

Asam amino yang dihasilkan oleh tubuh tidak dapat mencukupi kebutuhan yang diperlukan tubuh. Jintan hitam yang mengandung 9 jenis asam amino essensial, tentunya sangat baik untuk dijadikan suplemen.



Mengatasi epilepsi

Biji jintan hitam secara tradisional dikenal memiliki sifat anticonvulsive. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2007 dengan subjek anak-anak yang mengalami epilepsi, yang kondisinya refrakter terhadap terapi obat konvensional, menghasilkan penemuan yang sangat mengejutkan yakni ekstrak air jintan hitam ternyata dapat mengurangi aktivitas kejang.




Merawat Rambut Rontok

Rambut rontok jika dibiarkan begitu saja bisa menyebabkan kebotakan yang tentu saja bisa mengurangi rasa percaya diri Anda. Pijat kulit kepala secara lembut dengan minyak jintan hitam dan minyak zaitun. Kemudian, biarkan selama beberapa saat agar bisa menyerap ke dalam pori-pori kulit kepala. Yang terakhir, cucilah dengan bersih rambut Anda.




Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Sering lupa menaruh barang? Atau konsentrasi Anda cepat sekali terpecah belah? Keadaan yang seperti ini bisa jadi karena otak kurang asupan nutrisi, sehingga tidak maksimalnya otak dalam bekerja. Bila dibiarkan, hal ini tentu saja tidak baik. Jintan hitam mengandung asam linoleat dan asam linolenat yang sangat dibutuh otak jadi bisa meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.




Mengatasi Insomnia

Waktu tidur yang ideal dalam sehari untuk orang dewasa selama 7 jam. Jika Anda penderita insomnia, tentu mengurangi waktu tidur Anda. Padahal, ada banyak sekali manfaat tidur bagi kecantikan dan kesehatan. Saponin pada jintan hitam mampu mempengaruhi karbohidrat, protein dan lemak serta fungsi jantung, ginjal, otot tubuh dan syaraf sehingga bisa mengatasi insomnia.


Baca Juga  : Obat Sakit Kepala Untuk Ibu Hamil Paling Aman dan Efektif 30+


Pembasmi Jerawat

Jerawat adalah momok untuk hampir seluruh wanita di dunia. Sebelum jerawat datang, ada baiknya mencegah munculnya monster kecil satu ini dengan masker alami jintan hitam. Tumbuk jintan hitam dengan madu atau minyak zaitun sampai halus. Lalu oleskan secara merata pada seluruh wajah. Biarkan sampai beberapa menit, terakhir bilas dengan air bersih.



Facial Scrub yang Ampuh

Banyak ditemukan produk-produk facial scrub dipasaran dengan bermacam merek. Facial scrub diperlukan paling tiap seminggu sekali untuk mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga skincare yang digunakan dapat meresap ke dalam kulit secara sempurna. Dalam memilih produk facial scrub haruslah berhati-hati karena salah sedikit bisa membuat iritasi. Apalagi untuk yang memiliki kulit sensitif. Minyak jintan hitam bisa dijadikan pilihan sebagai facial scrub Anda. Dengan bahan alami, tentu saja minim resiko. Minyak jintan hitam dicampurkan dengan gula, lalu gosok secara pelan dan lembut agar kulit tidak terluka secara merata diseluruh wajah.



Anti Inflamasi

Anti inflamasi adalah radang yang disebabkan bukan karena mikroorganisme atau bakteri. Contohnya seperti terbentur benda keras. Thymoquinine pada jintan hitam sangat efektif sebagai anti inflamasi. Selain itu, bisa mengurangi rasa sakit karena peradangan tersebut. Campurkan minyak jintan hitam bersama cuka makan dan madu, lalu pijat lembut pada anggota tubuh yang meradang.




Meremajakan Kulit

Kulit yang senantiasa sehat, kencang dan muda adalah dambaan setiap wanita. Tapi, pada usia 25 tahun ke atas mulai berkurangnya elastisitas dan keremajaan kulit. Kulit yang didambakan bisa diwujudkan dengan rutin menggunakan minyak jintan hitam. Setelah membersihkan wajah, oleskan minyak jintan hitam pada wajah Anda. Kemudian, tutup dengan handuk lembab selama kurang lebih 15 menit. Terakhir, bilas wajah Anda dengan bersih. Lakukanlah hal ini beberapa kali dalam seminggu agar menjaga keremajaan kulit serta dapat menghilangkan kerutan yang mulai muncul.

Nah itu lah artikel mengenai Manfaat Jinten Hitam dan Khasiat  nya , semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan .