60+ Khasiat dan Manfaat Kecambah Beserta Ulasannya yang Membuat Orang Tak Percaya

Kecambah atau biasa dikenal dengan tauge banyak digemari oleh sebagian besar masyarakat karena mudah didapat, harga terjangkau dan rasanya yang segar. Disamping itu tahukan kamu kandungan gizi pada kecambah sangat penting bagi kesehatan tubuh?

manfaat kecambah, khasiat kecambah, manfaat kecambah untuk wanita, manfaat kecambah untuk ibu menyusui, manfaat kecambah untuk rambut, manfaat kecambah kedelai, manfaat kecambah kacang hijau, manfaat kecambah untuk rawon
Manfaat dan Khasiat Kecambah Beserta Ulasannya

Adapun 60+ Khasiat Manfaat Kecambah Beserta Ulasannya yaitu :



Sebagai pakan burung pemakan biji-bijian

Para penyuka burung sebaiknya mengetahui hal ini, bahwa kecambah memberikan stamina yang bagus bagi burung kesayangan. Pasalnya, kandungan manfaat vitamin B komplek, C, dan E pada kecambah meningkat sedangkan kandungan lemak turun. Berikan pakan kecambah dalam menu harian burung anda, niscaya burung kesayangan anda lebih sehat dan kuat.



Dimanfaatkan dalam program diet

Percaya atau tidak, kecambah dapat dijadikan menu andalan dalam program diet penurunan berat badan. Kandungan kalori yang rendah, kandungan lemak yang rendah serta kandungan protein dan vitamin yang tinggi menjadi alasan yang kuat mengapa diet dengan memanfaatkan kecambah sangat dianjurkan. Alhasil, bobot tubuh turun, masa otot bertambah karena tinggi akan protein serta kulit menjadi lebih bercahaya karena tinggi akan vitamin yang baik tubuh dan kulit.


Bahan pelengkap dalam formulasi bubur susu bayi

Protein disebut-sebut sebagai zat pembangun tubuh, karena manfaatnya untuk membantu pembentukan sel-sel tubuh dan meregeberasi sel atau jaringan tubuh yang rusak. Dengan demikian protein selalu dibutuhkan tubuh manusia dari bayi hingga dewasa. Pada bayi, protein membantu dalam proses pertumbuhan serta memberi energi. Kekurangan protein pada bayi akan berdampak pada terhambatnya masa pertumbuhan dan berbagai masalah gizi. Karena kualitas dan kuantitas protein dan vitamin yang tinggi pada kecambah, maka ini berpotensi untuk dimanfaatkan dalam memenuhi kebutuhan gizi pada bayi. Dalam hal ini, kecambah kacang hijau dijadikan sebagai bahan pelengkap dalam formulasi susu bayi.



Menu makanan sehari-hari

Banyak orang yang meyakini bahwa energi, enzim dan vitamin dalam kecambah dapat mencapai 800 % dibandingkan biji kacang aslinya yang siap panen. Bahkan, di dalam kecambah mengandung manfaat protein pra-cerna yang mudah diserap pencernaan sehingga memberi energi dan manfaat lebih besar pada tubuh manusia. Untuk mendapatkan manfaat yang besar dari kecambah ini, banyak bangsa di dunia memanfaatkannya dalam menu sehari-sehari dengan cara pengolahan tertentu, seperti dijadikan lalap, dikukus, dioseng, dijadikan sayuran berkuah, dijadikan pelengkap makanan utama.



Upaya pencegahan dari penyakit kanker kolon

Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama sebelumnya, bahwa kecambah kaya akan kandungan serat. Mengkonsumsi kecambah dalam menu harian secara rutin akan sangat bermanfaat dalam melancarkan pencernaan sehingga BAB terbuang secara trratur. Pembuangan BAB secara teratur berarti pembuangan racun racun dan kotoran dalam tubuh. Kotoran dan racun yang tak terbuang dalam sistem pencernaan akan menyebabkan penyakit kanker kolon (usus).



Mencegah osteoporosis

Estrogen merupakan hormon yang dihasilkan secara alami oleh tubuh manusia. Namun demikian, ternyata kecambah juga memiliki kandungan estrogen yang tinggi. Sebagaimana hormon estrogen pada manusia, kandungan estrogen pada tumbuhan juga bertugas dalam menjaga kepadatan tulang sehingga menghindarkan dari penyakit osteoporosis.



Mengoptimalkan kesuburan

Manfaat vitamin E merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel – sel dalam tubuh sehingga dengan kadar vitamin E yang tinggi pada kecambah akan sangat bermanfaat untuk melindungi sel-sel dalam tubuh dari serangan radikal bebas. Dalam hal ini, vitamin E akan melindungi sel telur dan sperma dari serangan radikal bebas yang akan meningkatkan kesuburan.



Menyehatkan pecernaan

Kandungan manfaat serat yang luar biasa tinggi pada kecambah akan sangat bermanfaat dalam mempercepat sistem pencernaan sehingga BAB akan lebih terpola dan tidak keras.



Tauge mencegah serangan jantung dan stroke

Orang-orang yang beresiko terserang stroke dan serangan jantung karena naiknya kadar lemak dalam darah, dianjurkan untuk mengkonsumsi tauge banyak-banyak. Tauge akan melawan kolesterol jahat tanpa mengganggu lemak baik (HDL). 



Tauge meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan saponin pada tauge akan memperbaiki sistem pertahanan tubuh, terutama dengan cara meningkatkan aktivitas sel-sel pembuluh darah alami, khususnya limfosit T-sel serta interferon. Tauge berlimpah akan kandungan anti-oksidan yang berguna memerangi radikal bebas.




Manfaat tauge untuk menurunkan berat badan

Satu mangkuk tauge hijau, hanya mengandung 0,11 gram lemak, oleh karenanya tauge merupakan sumber makanan yang baik untuk menurunkan berat badan.




Manfaat tauge untuk kecantikan kulit

Tauge juga dapat menjadi makanan yang berperan besar untuk kecantikan dan sangat membantu menyegarkan serta melembutkan kulit Anda. Ini karena tauge mengandung vitamin E dalam jumlah besar. Vitamin E adalah anti-oksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas. 




Manfaat tauge untuk mencegah gangguan menstruasi 

Kemampuan de-oksidasi yang dimiliki tauge dapat dengan meningkatkan sirkulasi aliran darah untuk menghindari serta menetralkan faktor yang dapat mengganggu menstruasi. Jika Anda sering mengkonsumsi tauge sebelum menstruasi, maka Anda akan terhindar dari seluruh masalah yang mungkin terjadi selama menstruasi. 



Manfaat tauge untuk mengatasi anemia

Tauge kaya akan kandungan zat besi yang penting untuk pembentukan hemoglobin dalam tubuh. Hemoglobin sebenarnya adalah protein yang terkandung dalam sel-sel darah merah. Oleh karena itu, mengkonsumsi tauge bisa menurunkan resiko anemia. Tauge juga mengandung vitamin C yang membantu penyerapan zat besi pada usus, sehingga dapat menghentikan anemia yang sering terjadi akibat kekurangan zat besi. Kalau Anda duduk atau jongkok dalam jangka waktu yang lama, trus kemudian berdiri dan langsung puyeng atau berkunang-kunang, berarti Anda kekurangan zat besi.




Tauge menghilangkan racun

Manfaat lain tauge adalah membantu menghilangkan kotoran dalam usus besar karena tauge mengandung banyak serat dan air. Kandungan serat dan air ini akan membantu tubuh untuk menghindari penumpukan bahan kimia beracun yang dapat menyuburkan sel-sel kanker.



Manfaat tauge untuk awet muda

Ini penting, terutama bagi Anda yang mau tetap terlihat muda. Tauge padat akan kandungan anti-oksidan kuat yang baik untuk menghindarkan tubuh dari bahaya radikal bebas sehingga mencegah penuaan dini.




Manfaat tauge untuk wanita

Tauge juga mengandung estrogen alami yang berfungsi seperti estrogen buatan. Estrogen dalam tauge tentu dapat meningkatkan kepadatan serta struktur tulang, dan juga menghentikan pengeroposan tulang (osteoporosis).
Wanita yang mengkonsumsi tauge secara teratur juga terhindar dari risiko kanker payudara, masalah haid dan gejala pra-menopause, serta masalah lain yang menyertai menopause.



Tauge menurunkan resiko beberapa cacat lahir

Sebanyak dua dari setiap 1.000 bayi yang lahir di Amerika Serikat setiap tahun, lahir dengan masalah cacat tabung saraf (sumsum tulang belakang) karena ibu mereka kekurangan nutrisi tertentu saat hamil. Mengkonsumsi suplemen asam folat sebelum hamil dan selama hamil dapat mencegah masalah tersebut.



Manfaat tauge untuk mengatasi stress dan kelelahan

Tauge membantu dalam menghilangkan atau melawan indikasi tekanan mental maupun fisik dan kelelahan.




Manfaat tauge untuk kesehatan hati

Tauge sangat bermanfaat untuk kesehatan hati. Liver maksudnya, bukan menyehatkan hati yang galau dan risau. Tauge mengandung banyak lesitin yang membantu untuk menjaga kadar kolesterol darah dan juga mengurangi lemak hati, yang pada gilirannya membantu mencegah penumpukan lemak dalam hati yang bisa menyebabkan gangguan hati.




Manfaat tauge untuk kesehatan rambut dan kuku

Kerusakan rambut dan kuku biasanya disebabkan karena kekurangan gizi tertentu, terutama seng, vitamin serta protein. Tauge sarat akan kandungan nutrisi yang diperlukan untuk memperbaiki kesehatan rambut dan kuku.



Manfaat tauge untuk mengatasi sembelit

Karena tauge mengandung banyak serat, maka tauge mampu meningkatkan pergerakan usus sehingga mencegah susah buang air besar.



Memiliki Kandungan Lemak

Kandungan lemak yang terdapat pada kecambah kedelai sangatlah baik dalam meningkatkan berat badan. Anda yang memiliki masalah berat badan di mana tubuh anda jadi sangat kurus.  Baik karena faktor metabolisme tubuh yang buruk, maupun faktor stress. Sungguh kandungan lemak pada sayuran kecambah ini baik sekali dalam upaya menambah berat badan.



Mengandung Protein yang Tinggi

Kadar protein jelaslah ditemukan di dalam kecambah ini. Sebab kecambah kedelai memang terbuat dari kedelai yang mana biji ini sangat kaya dengan protein. Dengan memakan kecambah ini, anda akan merasa tubuh lebih enak dan segar. Karena sel-sel berkembang secara sempurna.




Mempercepat Penyembuhan Luka

Anda yang memiliki bekas luka yang parah juga akan cepat sembuh karena sayur kecambah kedelai ini memang baik sekali dalam menyembukan luka. Bekas luka akan cepat pudar karena sel kulit anda mendapatkan nutrisi vitamin C dan D yang cukup dari kecambah kedelai ini.



Melancarkan Regenerasi Sel

Regenerasi sel dapat berjalan lancar karena kandungan asam amino essensial di dalam sayuran kecambah kedelai ini. Sel-sel yang mati akan segera digantikan dengan sel yang baru. Dan anda pun akan memiliki tingkat kesehatan yang lebih baik pada akhirnya.




Membantu Produksi Sel Darah Merah

Sel Darah Merah manusia senantiasa diproduksi. Siklus hidup dan matinya darah selalu terjadi. Agar siklus ini berjalan lancar, maka anda membutuhkan kecambah kedelai yang baik sekali untuk kesehatan sum-sum tulang belakang anda, tempat di mana darah diproduksi.



Mengatasi Radang Tenggorokan

Manfaat kecambah kedelai selanjutnya adalah bisa mengatasi radang. Tenggorokan anda yang rentan radang bisa diobati dengan banyak makan kecambah ini. Namun sekali lagi, sebaiknya direbus saja. Jangan makan mentah atau yang digoreng karena akan memperburuk radang anda.



Melancarkan Metabolisme Energi

Kecambah kedelai pun akan melancarkan metabolisme energi anda. Sehingga anda tak cepat lelah dan gizi terserap dengan baik. Semua ini karena adanya potassium dan kalium yang efektif menjadi elektrolit penghantar energi.


Meningkatkan fungsi tubuh

Kecambah juga mengandung protein yang merupakan bagian penting untuk tubuh kita melakukan semua fungsi kimia. Protein diperlukan untuk hampir semua proses tubuh, khususnya penciptaan dan pemeliharaan sel, perbaikan organ, regenerasi kulit, pertumbuhan tulang, perkembangan otot, dan sejumlah aspek yang sangat penting bagi kesehatan. Hal ini berarti bahwa kecambah merupakan makanan yang dapat meningkatkan fungsi tubuh secara keseluruhan.



Luka dingin

Luka dingin merupakan salah satu gejala yang disebabkan oleh virus HSV 1 (Herpes Simpleks Virus tipe 1) .Kecambah mengandung enzim tertentu yang disebut lisin, yang bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan luka dingin dan mencegah munculnya luka baru.



Kesehatan mata

Vitamin A telah dapat meningkatkan kesehatan mata yang bertindak sebagai antioksidan yang melindungi mata dari radikal bebas. Dengan demikian, vitamin A pada kecambah dapat membantu mencegah glaukoma, katarak, dan degenerasi makula.




Mencegah kekurangan biotin

Kekurangan biotin dapat menyebabkan rambut rapuh dan rusak. Jadi mengkonsumsi kecambah dengan jumlah yang cukup dapat  meningkatkan tingkat biotin dan membantu dalam pertumbuhan rambut. 



 Menstabilkan hormon

Ketidakseimbangan hormon adalah salah satu penyebab terbesar dari rambut rontok pada wanita. Kecambah dapat menyeimbangankan hormon dan mengembalikan vitalitas rambut.



Asam omega untuk rambut sehat

Konsumsi rutin kecambah akan membuat rambut lebih kilau dan bersinar. Kecambah mengandung asam lemak omega 3 yang sangat penting untuk nutrisi folikel rambut. Mencegah rambut kering dan rapuh, dan mengembalikan rambut rontok. Kecambah juga mencegah rambut kusam dan rambut mati.



Anti ketombe

Selenium dalam kecambah membantu membunuh Malassezia, jamur yang mengandung fragmen kering dari kulit kepala. Kecambah  juga membantu meringankan gatal kulit kepala karena mempunyai sifat antijamur.



Mengandung banyak Zinc (zat seng)

Kecambah mengandung seng, nutrisi yang memberikan kontribusi bermanfaat bagi kulit kepala. Membuat kulit kepala dan helai rambut terhidrasi yang akan membuat regenerasi sel-sel kulit kepala.



Kaya zat besi

Kecambah mengandung banyak zat besi yang dibutuhkan untuk membawa oksigen ke kulit kepala dan akar rambut. Rambut yang kekurangan zat besi dapat mudah rontok




Kaya akan Vitamin K

Kecambah mengandung vitamin K, vitamin larut lemak yang membangun protein dalam kulit kepala untuk menjaga akar rambut yang kuat.




Kaya sumber antioksidan

Rambut beruban lebih awal disebabkan karena oksidasi jaringan. Kecambah mempunyai antioksidan yang tinggi untuk mencegah kerusakan jaringan, mengurangi kemungkinan uban datang lebih awal.




Meningkatkan Kesuburan Pria

Kandungan Vitamin E dalam tauge diperaya bisa meningkatkan kesuburan pria, karena berbagai macam hormon pria bisa dihasilkan dengan rangsangan saat mengonsumsi tauge.



Kaya Vitamin B
Kecambah kaya akan vitamin B yang mencegah produksi sebum berlebih, dan membantu pembentukan kulit yang sehat. Minum segelas jus kecambah setiap hari untuk mendapatkan kulit yang terhidrasi dan lembab.



Anti Radikal bebas

Radikal bebas disebabkan oleh paparan sinar matahari dan pencemaran lingkungan. Antioksidan dalam kecambah akan menyingkirkan radikal bebas untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan polusi.



Kecambah Mengandung Nutrisi

Makan makanan yang sehat adalah cara terbaik untuk memastikan kulit agar lebih baik. Kecambah mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan meningkatkan kecerahannya.



Kaya enzim

Kecambah merupakan sumber enzim yang baik dan diperlukan oleh tubuh. Enzim ini dapat menaikkan energi tubuh dan membuat kita merasa bugar dan sehat.



Rendah kalori

Kecambah sangat kaya akan serat dan rendah kalori. Itulah mengapa kecambah baik untuk menu diet harian Anda. Serat bisa melawan sembelit dan memperbaiki pencernaan. Kecambah juga mengandung EFA, asam lemak esensial yang dapat melawan infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 




Memperlancar BAB (Buang Air Besar)

Kecambah mentah memiliki manfaat lebih banyak daripada yang sudah dimasak. Selain bergizi, kecambah lebih mudah dicerna karena mengandung enzim dan serat yang larut. Bahkan, enzim tersebut dapat meningkatkan gerakan usus lho. Jika Anda menderita masalah pencernaan dan kembung, konsumsilah kecambah secara teratur.


Nah itu lah artikel mengenai Manfaat Kecambah dan Khasiat  nya , semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan .

0 Response to "60+ Khasiat dan Manfaat Kecambah Beserta Ulasannya yang Membuat Orang Tak Percaya"

Post a Comment