Adsense

20 Khasiat dan Manfaat Ketan Hitam Yang Selama Ini Tidak Diketahui

Ketan hitam banyak digemari sebagai pendamping bubur kacang hijau. Banyak orang yang mengkonsumsinya karena ringan ketika dimakan namun mengenyangkan. Namun siapa sangka ketan hitam sendiri memiliki sejumlah manfaat penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

manfaat, khasiat, manfaat ketan hitam, khasiat ketan hitam, manfaat ketan hitam untuk diabetes, manfaat ketan hitam untuk kulit, manfaat ketan hitam untuk ibu menyusui, manfaat ketan hitam bagi ibu hamil, manfaat ketan hitam untuk kesehatan
Khasiat dan Manfaat Ketan Hitam

Adapun 20 Khasiat dan Manfaat Ketan Hitam Yang Selama Ini Tidak Diketahui yaitu :



Manfaat Ketan Hitam Sebagai antioksidan

Kandungan antioksidan pada beras ketan hitam dapat berguna bagi tubuh manusia untuk menjaga daya tahan tubuh serta mengobati dari beberapa macam penyakit. Selain itu kandungan antioksidan ini juga sangat berguna untuk menangkal radikal bebas dan membantu tubuh untuk mencegah tumbuhnya sel-sel dalam tubuh yang memicu penyakit kanker dan tumor. Ohya, antioksidan juga sangat membantu dalm mencegah terjadinya penuaan dini pada seseorang.



Membantu dalam proses penyembuhan luka

Konsumsi beras ketan hitam dapat membatu tubuh dalam mencukupi kebutuhan protein sehingga dapat membantu tubuh dalam proses penyembuhan luka maupun regenerasi sel dalam tubuh.



Membatu menjaga kesehatan tulang dan gigi

Kandungan fosfor dan kalsium pada beras ketan hitam dapat berguna untuk membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Fosfor dan kalsium ini memiliki peranan penting dalam membuat tulang dan gigi menjadi kuat, bahkan kekurangan fosfor dalam menyababkan penyakit tulang keropos atau osteoporosis pada orang dewasa.



Membantu menjaga kesehatan otak

Konon, konsumsi beras ketan hitam dapat membantu fungsi otak agar tetap baik yang berguna dalam pertumbuhan kognitif dan perkembangan otak. Menurut penelitian yang telah ada, kekurangan fosfor dalam tubuh dapat menimbulkan resiko masalah kognitif dan masalah neurologis lain pemicu penyakit alzhemeir dan dimensia.



Manfaat Ketan Hitam untuk Membantu mencegah anemia

Kandungan zat besi dalam beras ketan hitam dapat membantu Anda dalam mencegah penyakit anemia. Anda dapat mendapatkan manfaat ini dengan cara mengkonsmsi beras ketan hitam sesekali sebanyak 2-3 kali dalam dalam seminggu. Hal ini dikarenakan zat besi yang juga terkandung dalam beras ketan hitam dapat berguna untuk membantu memproduksi hemoglobin dalam darah yang dibutuhkan oleh penderita anemia.




Membantu menjaga kesehatan kulit

Beras ketan hitam dapat digunakan untuk menjaga kelembabab kulit seperti jenis beras lainnya karena bersifat mendinginkan kulit dan membuat kulit tampak lebih halus dan cerah. Cara memanfaatkannnya adalah dengan menggunakannya sebagai lulur maupun masker wajah untuk mengangkat sel-sel kulit mati guna menggantikannya dengan sel-sel kulit yang baru.



Sebagai cadangan bahan makanan bagi tubuh

Kandungan energi dan karbohidrat yang tinggi pada beras ketan hitam dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama dikarenakan makanan ini dapat dijadikan sebagai cadanga bahan makanan yang sewaktu-waktu dibutuhkan oleh tubuh.





Sebagai bahan olahan makanan

Beras ketan hitam memang tidak populer untuk digunakan serta merta sebagai bahan makanan lansung konsumsi seperti beras lainnya. Namun beras ketan hitam dapat diolah menjadi berbagi penganan lezat yang tidak kalah menarik seperti bubur ketan hitam, tape ketan hitam, bugis ketan hitam, martabak ketan hitam maupun bolu ketan hitam.




Membantu Menyuburkan Rambut

Jika anda mengalami rambut yang kurang sehat karena tidak subur mengkonsumsi ketan hitam juga bisa bermanfaat untuk menyuburkan rambut kita karena menurut penelitian medis kandungan nutrisi yang ada pada ketan hitam ternyata memang bagus untuk membantu menyuburkan rambut kita


Membantu Mengurangi Kolestrol dalam Darah

Di jaman sekarang ini memang makanan berminyak gampang sekali di jumpai dan banyak juga yang menyukai makan-makanan berminyak untuk itu mengkonsumsi ketan hitam bisa membantu menetralisir atau membersihkan kolesterol pada darah sedikit demi sedikit.




Manfaat Ketan Hitam dapat Memperlambat Proses Penuaan

Bila anda ingin awet muda mengkonsumsi ketan hitam bisa jadi pilihan untuk memperlambat proses penuaan di karenakan kandungan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas yang di mana menjadi salah satu faktor penyebab penuaan dini.




Menyehatakan Sistem Pencernaan

Kandungan serat yang ada pada ketan hitam bukan hanya bagus untuk menurunkan berat badan saja tetapi sangat baik juga untuk membantu menyehatkan sistem pencernaan dalam tubuh asal teratur mengkonsumsi olahan dari beras ketan hitam.



Mencegah Resiko Terkena Kangker dan Tumor

Salah satu penyakit yang mengerikan karena masih belum 100% ada obat yang bisa mengobati penyakit ini yaitu kangker dan tumor bisa kita cegah asal kita teratur mengkonsumsi ketan hitam di karenakan kandungan yang adal dalam ketan hitam memiliki senyawa atau zat yang bisa menjaga kita dari serangan kangker.


Mensetabilkan Aktivitas Hormon Tiroid

Hormon tiroid yang di mana berfungsi sebagi pengatur pembuluh darah agar bekerja dengan baik sehingga sangat penting untuk memberikan nutrisi agar hormon tiroid yang ada tubuh berjalan seperti seharusnya, mengkonsumsi ketan memang bisa di jadikan pilihan mengatasi permasalahan ini karena kandungan yang ada di dalamnya smemiliki selenum sebanyak 9,7 mg yang di mana sekitar 18% dari rekomendasi asupan harian yang di butuhkan.




Memperbaiki Kerusakan Sel Hati

Kerusakan pada hati bisa menjadi masalah besar karena hati merupakan organ penting bagi tubuh kita karena mempunyai tugas sebagai menetralisir racun di dalam tubuh untuk itu mengkonsumsi ketan sebagi makanan sehat adalah pilihan yang tepat sebagi pencegahan kerusakan hati atau bisa juga sebagai nutrisi untuk memperbaiki kerusakan pada hati.





Mencegah Terkena Resiko Penyakit Jantung

Dengan mengkonsumsi ketan hitam akan membantu kita menurunkan berat badan kita sehingga bisa membantu kita menurunkan resiko terkena penyakit jantung di karenakan kandungan serat yang tinggi yang ada pada secangkir beras ketan yang di jadikan olahan makanan sebanyak kurang lebih 1,7 gr serat sehingga membantu proses penurunan berat badan anda.





Mencegah Terkena Resiko Diabetes

Mengkonsumsi ketan hitam secara teratur bisa membantu kita agar terhindar dari salah satu penyakit berbahaya yaitu diabetes, hal ini dikarenakan kandungan yang ada pada ketan bersifat sebagai anti-inflamasi dan kaya antioksidan.




Memiliki Sumber Energi yang Baik

Dengan mengkonsumsi ketan hitam yang teratur bisa memenuhi jumlah energi yang di perlukan tubuh karena setiap gelas kecil beras ketan hitam yang di masak bisa mengandung kalori sebanyak 169 klori atau sekitar 8% rekomendasi asupan kalori yang di butuhkan tubuh dan juga 4% tiamin, niacin yang juga sangat bermanfaat untuk memenuhi sumber energi dengan membantu metabolisme makanan menjadi bahan bakar.



Menjaga Sistem Daya Tahan Tubuh

Manfaat yang bisa kita ambil jika kita memakan ketan hitam secara teratur adalah bisa membuat ketahanan tubuh kita atau sistem daya tubuh kita menjadi kuat sehingga bisa terhindar dari berbagi gangguan penyakit yang bisa menyerang tubuh kapan saja apalagi di musim pancaroba yang tidak tentu.



Manfaat Ketan Hitam Dapat membantu menurunkan berat badan atau diet

Selain dapat membantu menguatkan otot tubuh, kandungan kalori di dalam makanan ini dipercaya dapat menurunkan berat badan sehingga cocok bagi anda yang sedang ingin diet. Selain itu, kandungan kalori di dalamnya juga dapat memenuhi kebutuhan kalori dalam tubuh. Jadi anda tidak perlu khawatir berat badan anda naik jika mengkonsumsi makanan ini.



Membantu menguatkan otot tubuh

Berbagai kandungan yang dimiliki di dalam bubur ketan hitam ini memang memiliki banyakk manfaat seperti yang sudah dijelaskan beberapa diatas. Selain itu, makanan ini juga memiliki manfaat untuk membuat otot tubuh menjadi padat atau membantu menguatkan otot tubuh. Mungkin anda menginginkan mempunyai otot tubuh yang padat seperti binaragawan, maka anda dapat mengkonsumsi makanan ini untuk mengekarkan otot.




Nah itu lah artikel mengenai Manfaat Ketan Hitam dan Khasiat  nya , semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, ingat terus untuk tetap dan selalu utamakan kesehatan .